Umum

Jurusan Kuliah Untuk Kerja di Pertambangan

Apa saja sih jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan ?  Bagi anda yang ingin bekerja di perusahaan pertambangan bisa mengambil jurusan kuliah yang sesuai. Namun karena jurusan pada teknik pertambangan di perguruan tinggi cukup banyak, banyak lulusan SMA yang bingung dalam memilih program studi yang diinginkannya.

Salah satu yang menjadi idaman banyak lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta adalah bekerja di sektor yang potensial dan menawarkan penghasilan tinggi. Karena itu cermat memilih jurusan kuliah yang sesuai kepribadian dan menjanjikan masa depan tentunya perlu menjadi pertimbangan penting.

Bekerja di sektor pertambangan juga merupakan salah satu harapan banyak lulusan SMA. Apabila anda yakin ingin bekerja di dunia pertambangan dengan gaji tinggi maka anda perlu mengambil jurusan kuliah yang sesuai. Sehingga setelah lulus jurusan perminyakan atau pertambangan lainnya Anda bisa memilih berbagai perusahaan tambang, seperti Pertamina, PTBA (Perusahaan Tambang Bukit Asam), dan perusahaan swasta dalam dan luar negeri.

Kebanyakan calon mahasiswa saat ini sudah sangat cerdas. Mereka tak lagi sembarangan dalam memilih jurusan kuliah. Mereka akan memilih jurusan kuliah yang menjanjikan dan prospektif di masa depan, seperti halnya jurusan pertambangan. Selain melihat prospek kerjanya yang menjanjikan, memilih jurusan pertambangan juga perlu dengan passion yang anda miliki.

Jurusan Kuliah Untuk Kerja di Pertambangan

Siapa yang tak kenal dengan jurusan kuliah teknik pertambangan di bangku kuliah? Tentu saja banyak mahasiswa akan mengenal jurusan ini minimal pernah tertarik untuk mengambil jurusan tersebut. Jurusan pertambangan adalah prodi yang memiliki popularitas tinggi dan banyak peminat.

Jurusan Teknik Pertambangan merupakan salah satu jurusan kuliah di perguruan tinggi yang sangat bergengsi dan menjanjikan. Lulusannya akan mudah bekerja dalam bidang perminyakan maupun pertambangan dengan gaji terbesar. Gaji yang tinggi dari lulusan sarjana pertambangan seimbang dengan biaya kuliah di jurusan  pertambangan yang lebih mahal dari biaya kuliah pada jurusan yang lain.

Fakultas Teknik Pertambangan tidak selalu ada pada setiap perguruan tinggi negeri maupun swasta di Indonesia. Beberapa universitas di Jakarta, Surabaya, Makasar, Semarang, Medan, Yogyakarta  dan Bandung terdapat kampus yang membuka jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan dengan jumlah peminatnya sangat tinggi.

Yang menjadi pekerjaan sehari-hari  mahasiswa dan mahasiswi jurusan teknik pertambangan di kampus adalah mempelajari teknik pertambangan sehingga dapat melakukan eksplorasi dan eksploitasi atas barang-barang tambang yang terdapat di perut bumi sebagai sumber daya alam mineral yang tak bisa diperbaharui. Contohnya batu bara, bijih besi, tembaga, alumunium, perak, emas, gas alam dll.

Setelah lulus kuliah, mahasiswa teknik pertambangan bisa melakukan penyelidikan sendiri untuk menentukan letak daerah yang mempunyai kandungan sumber daya mineral. Kemudian melakukan pengeboran. Selanjutnya melakukan pengolahan terhadap barang tambang sampai pengangkutan dan dipasarkan.

Mereka yang lulusan teknik pertambangan sesuai jurusan maka mereka bisa melamar kerja ke berbagai perusahaan pertambangan nasional maupun asing. Pekerjaan sebagai ahli pertambangan diberikan gaji yang sangat besar perbulannya. Itulah sebab banyak peminatnya dari jurusan kuliah teknik pertambangan di kampus. Bagaimana anda tertarik kuliah di teknik pertambangan?

Memilih jurusan kuliah di teknik pertambangan merupakan pilihan yang bagus disebabkan negara Indonesia mempunyai kekayaan barang tambang di perut bumi yang belum dimanfaatkan secara baik. Kebanyakan kegiatan penambangan di tanah air dilakukan oleh perusahaan asing dengan tenaga ahli pertambangan dari luar negeri. Contohnya saja di Papua dalam eksplorasi emas dilakukan oleh perusahaan asing bernama Freeport.

Mata Kuliah Jurusan Teknik Pertambangan

Sebenarnya untuk mengetahui apa saja yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan dapat kita ketahui dari mata kuliah apa saja yang dipelajarinya.

Adapun mata kuliah yang diajarkan pada mahasiswa jurusan teknik pertambangan di Indonesia pada awal perkuliahan adalah Pengantar Teknologi Sumber Daya Bumi, Geologi Dasar, Eksplorasi tambang, Fisika Dasar dan Kalkulus yang dilanjutkan dengan mata kuliah lainnya.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa mata kuliah pada jurusan kuliah pertambangan, antara lain:

  • Mekanika tanah
  • Mekanika teknik
  • Gambar teknik
  • Hukum pertambangan dan Ketenagakerjaan
  • Evaluasi proyek tambang
  • Sistem penyaluran tambang
  • Pengolahan bahan galian
  • Geoteknik tambang
  • Hidrogeologi
  • Kesehatan dan keselamatan kerja
  • Amdal pertambangan
  • Teknik peledakan
  • Teknik eksplorasi
  • Ganesa bahan galian
  • Pemetaan geologi
  • Metalurgi umum
  • Kebijakan mineral
  • Mekanika batuan
  • Geomorfologi
  • Manajemen Pertambangan
  • Komputasi tambang
  • Ekonomi mineral
  • Fisika teknik
  • Teknik reservoir
  • Teknik Gas Bumi
  • Matematika Teknik
  • Kristalografi dan mineralogi

Karakter Yang Dibutuhkan Pada Jurusan Teknik Pertambangan

Bagi mereka yang mau memilih mengambil jurusan teknik pertambangan pastikan memiliki minat dalam bidang pertambangan. Adapun karakter yang dibutuhkan oleh mereka yang memilih jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan antara lain meliputi:

  1. Dapat melakukan kerja sama bersama team secara baik
  2. Suka menyelesaikan masalah secara mandiri
  3. Suka melakukan analisa
  4. Suka melakukan penghitungan secara cermat
  5. Independen dan terstruktur
  6. Berpikir seorang observan dan rasional
  7. Detil, tekun dan teliti

Demikianlah beberapa sikap dan sifat yang bisa mendukung keberhasilan seorang mahasiswa mahasiswi dalam menempuh pendidikan tinggi pada jurusan teknik pertambangan.

Prospek Kerja Lulusan Pertambangan

Salah satu yang dilihat orang dalam mengambil kuliah jurusan pertambangan adalah melihat prospek kerjanya yang sangat cerah. Mengingat lulusan teknik pertambangan umumnya akan disalurkan untuk bekerja di perusahaan pertambangan nasional dan luar negeri dengan gaji bulanan hingga ratusan juta rupiah.

Adapun jenis pekerjaan bisa sebagai pekerja lapangan, konsultan, analis maupun surveyor  pertambangan. Alternatif berikutnya dapat jadi seorang akademisi seperti dosen pada jurusan kuliah pertambangan. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini prospek kerja lulusan jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan yang wajib Anda tahu.

  • Ahli teknik energi
  • Teknisi Laboratorium non klinis
  • Ahli tambang
  • Ahli geologi
  • Ahli pengeboran bumi
  • Admin database
  • Ahli hidrologi

Lulusan jurusan pertambangan dapat bekerja di badan swasta atau badan pemerintah mencakup Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, Perusahaan BUMN dan Perusahaan Pertambangan nasional dan asing.

Pendek kata, mahasiswa dan mahasiswi jurusan pertambangan dinilai mempunyai prospek kerja yang cerah baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Gaji lulusan teknik pertambangan bisa mencapai ratusan juta rupiah perbulan.

Biaya Jurusan Kuliah di Pertambangan

Berkaitan dengan biaya jurusan kuliah di pertambangan berbeda-beda pada setiap perguruan tinggi. Hal ini juga tergantung program studi yang diambil. Misalkan untuk program studi S1, biaya kuliah teknik pertambangan di Universitas Pertamina di Jakarta sekitar Rp 10 juta per semester.

Namun secara rata-rata biaya perkuliahan jurusan teknik pertambangan di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air  memberikan tarif biaya kuliah per semester sebesar Rp 14 juta yang mencakup biaya sumbangan, SKS, UKT dll.

Bagi anda yang berada dalam keluarga miskin bisa tetap memilih jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan dengan mengambil program beasiswa kuliah yang tersedia di kampus maupun luar kampus. Seperti beasiswa dari pemerintah seperti beasiswa Bidik Misi maupun beasiswa dari pihak swasta seperti beasiswa PT Djarum.

Jurusan kuliah Pertambangan merupakan bagian dari ilmu teknik. Sehingga anda yang memilih kuliah di jurusan Pertambangan pada dasarnya belajar teknik. Adapun tekniknya secara khusus adalah mempelajari teknik pertambangan yang lebih detailnya pada bidang eksploitasi dan eksplorasi sumber daya alam dalam perut bumi. Seperti minyak bumi, batu bara, besi, alumunium, perak, emas, intan, timah, dan lain-lain.

Bagi anda yang sudah memilih kuliah di pertambangan maka hal-hal seperti itulah yang dipelajari oleh mahasiswa pertambangan di bangku kuliah. Ilmu ini berhubungan dengan teknik pertambangan sumber daya mineral dalam perut bumi.

Yang meliputi aktivitas penyelidikan yang dilanjutkan eksplorasi barang tambang, eksploitasi atau mengolah barang tambang, mengangkut barang tambang hingga dengan urusan penjualan barang tambang.

Alasan Memilih Jurusan Teknik Pertambangan

Jika dilihat secara sekilas antara jurusan teknik pertambangan dengan jurusan kuliah perminyakan mempunyai kemiripan. Kedua jurusan tersebut berusaha mengeksplorasi barang tambang di perut bumi dan kedua jurusan tersebut sama-sama memiliki peminat yang sangat besar. Disebabkan lulusannya menjanjikan untuk memperoleh pekerjaan bergaji tinggi.

Berikut ini beberapa alasan orang lebih memilih teknik Pertambangan sebagai jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan.

1.Banyak Dibutuhkan Pasar

Lulusannya selalu dibutuhkan selama sumber daya alam mineral masih ada di dalam perut bumi Indonesia. Apalagi Indonesia sangat dikenal sebagai negara yang diberikan kekayaan alam melimpah dari perut bumi dari barang-barang tambang.

2.Pekerjaan Bergaji Tinggi

Lulusan jurusan pertambangan S1 selalu dibutuhkan oleh industri pertambangan maupun perminyakan di dalam negeri maupun luar negeri untuk bekerja sebagai ahli pertambangan dan perminyakan dengan gaji yang sangat fantastis.

3.Bakti pada Negara

Negara Indonesia mempunyai sumber daya mineral di perut bumi yang sangat banyak seperti emas, perak, batu bara, minyak bumi, nikel, bauksit dan lain-lain. Hal seperti itu jarang dimiliki oleh negara lain. Namun pada kenyataannya, mereka yang mengeksplorasi kekayaan perut bumi di Indonesia adalah kebanyakan perusahaan dan pekerja asing.

Di sinilah letak manfaatnya anda mengambil jurusan kuliah pertambangan untuk memajukan Indonesia agar bisa mandiri dalam menggali dan mengeksplorasi hasil tambang dalam perut bumi di Indonesia yang melimpah.

Berdasarkan fakta, sejumlah daerah di Indonesia mempunyai sumber daya kekayaan alam mineral yang sangat besar dan mayoritas dikelola oleh perusahaan asing. Sehingga  anda yang lulusan pertambangan bisa ikut serta dalam mengeksplorasi hasil perut bumi di Indonesia.

Bekerja di perusahaan pertambangan secara tak langsung untuk memakmurkan rakyat Indonesia. Namun jika anda ingin mempunyai gaji lebih tinggi maka anda bisa mengambil peluang kerja di perusahaan pertambangan di luar negeri.

Universitas Jurusan Teknik Pertambangan

Berikut ini beberapa perguruan tinggi yang membuka jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan yang sebaiknya Anda tahu. Anda bisa memilih yang sesuai dengan keinginan.

  1. Universitas Pertamina yang membuka program studi S1 Teknik Pertambangan
  2. Universitas Negeri Padang
  3. Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta
  4. Universitas Lambung Mangkurat
  5. Universitas Sriwijaya
  6. Universitas Syiah Kuala
  7. Universitas Islam Bandung (UNISBA)

Sedangkan untuk universitas terbaik dalam jurusan teknik pertambangan adalah Universitas Hasanuddin dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Menentukan Jurusan Kuliah Pertambangan

Menentukan jurusan kuliah merupakan suatu hal yang kadang membingungkan setiap calon mahasiswa. Kemanakah mereka akan menentukan nasib dan pekerjaannya kelak? Setiap orang pastinya akan memilih jurusan kuliah yang memberikan prospek kerja yang mudah dan cerah dengan penghasilan yang tinggi. Salah satunya adalah kuliah di fakutas teknik pertambangan di jurusan kuliah teknik pertambangan.

Tidak setiap perguruan tinggi di Indonesia mempunyai program studi teknik pertambangan. Hanya beberapa kecil perguruan tinggi negeri dan swasta maupun universitas di Indonesia yang membuka jurusan teknik pertambangan. Anda bisa mencari informasi beberapa perguruan tinggi di lokasi terdekat rumah anda yang membuka jurusan teknik Pertambangan.

Anda bisa memilih perguruan tinggi terbaik tempat kuliah di jurusan teknik pertambangan. Selepas lulus dari studi jurusan kuliah pertambangan dalam program studi S1 selama 4 tahun maka anda akan berhak mendapatkan gelar sebagai sarjana pertambangan.

Untuk biaya jurusan kuliah di pertambangan terbilang lebih tinggi dibandingkan dengan jurusan kuliah lainnya. Hal tersebut sangat wajar karena propek kerja lulusan pertambangan yang sangat menjanjikan dengan gaji besar. Adapun biaya kuliah yang lebih mahal disebabkan dalam proses pendidikannya melakukan praktek yang membutuhkan biaya cukup besar.

Selain anda dapat kuliah di Indonesia pada jurusan Teknik Pertambangan di sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta, anda pun bisa mengambil jurusan kuliah untuk kerja di pertambangan di luar negeri. Beberapa kampus di luar negeri membuka program studi teknik pertambangan seperti di perguruan tinggi yang terdapat di negara Amerika Serikat, Tiongkok, dan Australia.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago