Umum

Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar, Ini Rekomendasinya!

Memilih jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar mungkin tiddak mudah. Namun orang tua bisa membantu memilihkan jurusan kuliah seperti ini bagi anak tercintanya. Terutama bagi anaknya  yang memiliki tingkat kepintaran biasa-biasa saja. Dalam arti, seorang anak tidak terlalu pintar dan tidak terlalu bodoh.

Seorang anak dapat dikatakan berbeda-beda tingkat kecerdasannya masing-masing. Ada yang memiliki otak yang pintar dan ada pula anak yang tidak terlalu pintar. Bagi anak yang pintar tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam memilih jurusan kuliah apapun. Namun bagi kalangan anak atau orang yang tidak pintar mesti dimasukkan pada jurusan kuliah yang sesuai kecerdasan anak.

Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Bagi orang tua yang mempunyai anak dengan  tingkat kecerdasannya yang standar saja atau tidak terlalu pintar bisa bersikap tenang dan bijak. Salah satu langkah tepat yang mesti dilakukannya adalah memasukkannya pada jurusan kuliah untuk orang yang memang tidak terlalu pintar.

Berikut ini beberapa jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar yang semoga bisa menjadi alterrnatif pilihan kalian.

1.Jurusan Desain

Satu jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar dan sangat cocok dimasukinya adalah jurusan desain. Jurusan ini tidak memerlukan otak yang cerdas. Yang dibutuhkan adalah keterampilan dalam mendesain. Seperti desain produk, desain busana, desain grafis, desain interior dan desain lain sebagainya.

Jurusan desain sangat cocok bagi seseorang yang menyadari dirinya mempunyai kepintaran yang kurang atau tidak terlalu pintar. Akan tetapi memiliki kemampuan mendesain. Sehingga langkah yang dilakukan dapat memilih jurusan desain di perguruan tinggi negeri atau swasta tersebut. Semua  berdasarkan kesesuaian bakat, minat dan kemampuan yang dimilikinya.

2.Hubungan Internasional

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar berikutnya adalah jurusan Hubungan Internasional. Jurusan IPS ini tidak membutuhkan otak yang cerdas. Namun yang dibutuhkan adalah kemampuan seseorang dalam bergaul dan berkomunikasi secara internasional.

Jurusan ini sangat cocok bagi orang yang tidak terlalu pintar tapi memiliki kemampuan dalam berbahasa asing yang baik. Seperti bahasa inggris, mandarin dll.

Adapun prospek kerja dari lulusan jurusan Hubungan Internasional  sangat luas. Seperti dapat bekerja pada perusahaan multinasional, PBB, Kementerian luar negeri sebagai diplomat dan lain sebagainya.

3.Perhotelan dan Pariwisata

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar selanjutnya adalah jurusan perhotelan dan pariwisata.

4.Jurusan Tata Boga

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar lainnya adalah jurusan tata boga. Jurusan ini tidak memerlukan otak yang cerdas atau kemampuan menghafal atau menghitung yang baik dari seseorang. Yang dibutuhkan adalah keterampilan memasak dan membuat hidangan yang lezat dan menarik.

Keterampilan memasak bisa dilatih melalui berbagai kursus memasak disamping kuliah pada jurusan tata boga. Ini termasuk jurusan kuliah IPS yang menjamin masa depan karena prospek kerja jurusan tata boga sangat bagus.

Lulusan jurusan tata boga dapat bekerja sebagai tukang masak pada perusahaan perhotelan dalam negeri maupun luar negeri. Gaji yang bisa diterimanya sampai ratusan juta rupiah perbulan. Belum termasuk tips dari pelanggan dan konsumen yang baik hati.

5.Ilmu komunikasi

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar yaitu jurusan ilmu komunikasi. Hal inilah yang membuat jurusan ilmu komunikasi banyak diminati oleh lulusan SMA yang memiliki tingkat kepintaran yang tidak terlalu pintar. Yang dituntut adalah kemampuan dan keterampilan yang baik dalam  berkomunikasi secara lisan dan tulisan.

Adapun jurusan ilmu komunikasi yang dapat dipilih seseorang, antara lain :

  • Analis Media
  • Periklanan
  • Public relation
  • Jurnalistik

6.Jurusan Ilmu Sejarah

Selanjutnya, jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar adalah jurusan ilmu sejarah. Jurusan sejarah menjadi jurusan yang paling mudah dikuasai secara baik. Yang dipelajari dari jurusan sejarah adalah berkenaan dengan peristiwa-peristiwa di masa lalu.

Yang diperlukan dalam kuliah pada ilmu sejarah di kampus adalah kemampuan daya ingat yang baik. Semua itu tanpa menuntut seseorang memiliki kemampuan berhitung atau kecerdasan yang tinggi.

Sehingga jika anda merasa mempunyai otak yang tidak terlalu pintar bisa mempertimbangkan untuk mengambil jurusan sejarah. Jurusan sejarah termasuk daftar jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar.

7.Jurusan Ilmu Hukum

Bagi orang yang tidak terlalu pintar. Seperti pada bidang matematika maka dapat mengambil jurusan kuliah ilmu hukum. Baik itu hukum Islam maupun hukum positif Indonesia. Hal ini karena jurusan hukum sangat sedikit terhadap perhitungan matematika yang rumit dan kadang dihindari oleh para pelajar.  Sehingga jurusan hukum adalah jurusan yang tepat dipilih oleh mereka yang tidak terlalu pintar matematika.

8.Jurusan Bahasa dan Sastra

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar berikutnya adalah jurusan bahasa dan sastra. Misalkan jurusan bahasa arab, Prancis, Belanda, Jerman, Spanyol, dan lain sebagainya. Jurusan bahasa dan sastra hanya mementingkan kekuatan hafalan kosa kata, dan keterampilan berbincang-bincang dalam berbagai bahasa. Ini tak berbeda dengan jurusan musik.

Adapun orientasi kerja bagi lulusan bahasa dan sastra adalah menjadi penterjemah bahasa maupun pembuat atau penulis karya seni jurnalistik dalam berbagai bahasa.

Rekomendasi Jurusan Kuliah Untuk Orang yang Tidak Terlalu Pintar

Berikut ini beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar matematika, antara lain:

1.Sosiologi

Rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar matematika terbagi dua yakni jurusan kuliah IPS dan jurusan kuliah IPA. Salah satu rekomendasi jurusan kuliah untuk orang tidak terlalu pintar matematika adalah memilih jurusan IPS yakni Sosiologi.

Jurusan sosiologi mempelajari tentang tindakan manusia atau masyarakat dalam interaksi di kehidupan masyarakat. Profesi yang bisa dijalani oleh lulusan ilmu sosiologi adalah bekerja pada perusahaan CSR atau perusahaan swadaya masyarakat.

2.Antropologi

Rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar berikut adalah jurusan antropologi. Jurusan antropologi membahas mengenai aktifitas manusia. Meliputi hak asasi manusia, agama, bahasa, dan budaya.

Untuk jenis pekerjaan yang bisa ditekuni oleh lulusan jurusan antropologi, antara lain :

  • Pustakawan
  • Kurator
  • Peneliti sosial kemasyarakatan
  • Peneliti budaya

3.Filsafat

Jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar selanjutnya dalam bidang matematika adalah jurusan filsafat. Yang dipelajari dari jurusan filsafat banyak hal. Karena filsafat itu sendiri adalah ibu dari semua cabang keilmuan di dunia.

Profesi pekerjaan bagi alumni lulusan jurusan filsafat, antara lain :

  • Filosof
  • Aktivis
  • Penulis buku dan artikel
  • Tenaga pengajar
  • Dosen

Demikianlah beberapa rekomendasi jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar matematika. Namun pilihan alternatif dari semua itu bagi orang yang tidak terlalu pintar bisa memilih jurusan kuliah yang paling mudah  dipelajari dan santai baginya.

Jurusan Kuliah Paling Mudah Dipelajari dan Santai

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang paling mudah dipelajari dan santai yang tidak menuntut kecerdasan tinggi.

  1. Jurusan Perhotelan dan Pariwisata
  2. Jurusan Bahasa dan Sastra
  3. Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan
  4. Jurusan Ilmu Sejarah
  5. Jurusan Ilmu Komunikasi

Dampak Buruk Kuliah pada Jurusan Yang Paling Sulit

Bagi orang yang tidak terlalu pintar mesti cerdik mengukur kemampuan dirinya. Hal utama yang harus dilakukan adalah memilih jurusan kuliah yang sesuai passion, paling gampang dipelajari dan sangat enteng dikuasai oleh dirinya. Karena orang yang tidak terlalu pintar jika dipaksakan untuk memilih jurusan kuliah yang paling sulit akan membawa dampak negatif.

Berikut ini beberapa akibat buruk seseorang yang tak terlalu pintar mengambil jurusan kuliah yang paling sulit yang sebaiknya diketahui.

1.Belajar tidak menyenangkan

Ciri seseorang yang mengambil jurusan kuliah yang paling sulit adalah adanya perasaan tak nyaman selama perkuliahan di kampus. Apa yang diajarkan oleh dosen di ruang perkuliahan tidak dapat dicerna dan dipahami baik.

Sehingga perlahan-lahan orang yang tidak terlalu pintar tersebut mulai bolos kuliah.  Pada akhirnya, pada waktu ujian tengah semester dan akhir semester tidak dapat menjawabnya dengan baik.

2.Dropout

Yang paling parah bagi seseorang yang tidak terlalu pintar memilih jurusan kuliah yang rumit dan susah adalah mengalami dropout atau dikeluarkan dari kampus. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh mahasiswa abadi tersebut yang sering bolos kuliah dan tidak lulus-lulus  kuliah dalam jangka waktu yang sangat lama.

Oleh sebab itu, bagi mahasiswa yang ingin cepat lulus kuliah bisa mengambil jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar atau yang termudah sesuai passion. Namun kalaupun memilih jurusan kuliah tersulit mesti melakukan salah satu hal penting berikut ini yakni fokus kuliah.

Seorang mahasiswa yang ingin lulus dengan cepat maka ia mesti fokus kuliah. Berbagai kegiatan organisasi yang mengganggu pembelajaran kuliah atau skripsi harus diatur secara baik. Sehingga waktu tersedia banyak untuk menuntaskan perkuliahan pada jurusan kuliah untuk orang tidak terlalu pintar tersebut.

Tips Memilih Jurusan Kuliah

Ditengah beragamnya jurusan kuliah yang bisa ditempuh oleh lulusan SMA/SMK sederajat terbaru membuat banyak pilihan. Hal tersebut terkadang jadi bingung terhadap jurusan yang mesti dipilih.

Untuk memudahkan dalam memilih jurusan yang tepat, berikut ini sejumlah tips memilih jurusan kuliah yang penting kalian ketahui.

1.Memilih jurusan kuliah sesuai passion

Langkah pertama dalam memilih jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah berdasarkan passion yang dimiliki. Misalkan passion anda dalam bermusik maka anda bisa mengambil jurusan musik.

Begitu pula jika passion anda dalam membuat karya seni rupa maka dapat memilih jurusan seni rupa. Dengan memilih jurusan SBMPTN berdasarkan passion maka kemungkinan besar perkuliahan akan berjalan maksimal sesuai yang diharapkan.

2.Mengukur kemampuan dari segi kecerdasan

Selanjutnya, tips memilih jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar. Artinya pilihlah jurusan kuliah berdasarkan kemampuan dan kecerdasan yang anda miliki. Jika anda tidak menyukai mata pelajaran matematika maka anda wajib menghindari memilih jurusan kuliah yang terdapat mata kuliah berhitung.

3.Berdasarkan kepribadian

Tips berikutnya dalam memilih jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah berdasarkan kepribadian yang dimiliki. Misalkan apabila anda memiliki kepribadian  jiwa yang kreatif dan menyukai kesenian yang tinggi maka anda bisa mengambil jurusan seni atau desain komunikasi visual.

4.Menyesuaikan dengan kondisi keuangan

Tips berikut dalam pemilihan jurusan kuliah harus berdasarkan kemampuan keuangan yang dimiliki. Mengingat saat ini biaya kuliah terbilang semakin mahal. Sehingga di kampus terdapat beberapa jurusan kuliah yang berbiaya pendidikan sangat mahal sampai termurah.

Jurusan kuliah yang terbilang tinggi biaya perkuliahannya secara umum adalah jurusan perminyakan  dan pertambangan. Sedangkan jurusan kuliah dengan biaya perkuliahan paling murah umumnya jurusan pendidikan agama Islam, tarbiyah, ushuluddin, syariah dan lainnya.

5.Memperhatikan prospek kerja

Tips memilih jurusan kuliah berikut adalah  melihat prospek kerja dari jurusan kuliah tersebut. Anda jangan sampai menyesal dalam memilih jurusan kuliah yang salah.

Hal ini karena ada sebagian jurusan IPS yang prospek kerjanya sangat rendah ataupun peluang kerjanya sangat terbatas.  Anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan yang mempunyai prospek kerja yang cerah dan luas serta gaji tertinggi.

Demikian sejumlah jurusan kuliah untuk orang yang tidak terlalu pintar yang bisa menjadi alternatif pilihan kamu. Namun karena tingkat persaingan untuk bisa kuliah tidak ringan alangkah baiknya kalian mempersiapkan diri dengan mengikuti les privat SMA agar peluang lulusnya semakin besar.

Yusuf C

Recent Posts

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar Sebelum Ujian

Cara mengatasi stress saat belajar merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan siswa saat ini.…

19 jam ago

Panduan Mengenal Sekolah untuk Nakhoda yang Tepat

Sekolah untuk Nakhoda merupakan tiga kata yang mungkin saja terdengar asing di telinga kalian. Tahukah…

3 hari ago

Mengenal Taman Kanak-Kanak Luar Biasa

Taman kanak-kanak luar biasa adalah tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar dan berkembang…

3 hari ago

Mengenal Sekolah Dasar Luar Biasa untuk Mengembangkan Potensi Anak

Sekolah dasar luar biasa merupakan sebuah tempat di mana anak-anak istimewa dapat belajar dan tumbuh…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ABK

Peran penting shadow teacher ABK terhadap anak berkebutuhan khusus yang memerlukan dorongan khusus untuk mencapai…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ADHD

Sebelum membahas shadow teacher ADHD, anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) banyak tantangan yang…

4 hari ago