Umum

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi Untuk Wanita, Ini Pilihannya!

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita tentunya menjadi incaran dan harapan setiap perempuan yang akan melanjutkan kuliah. Apalagi berdasarkan data dari Kementerian Keuangan Indonesia bahwa rata-rata perempuan di Indonesia mempunyai gaji lebih kecil sebanyak 23 persen ketimbang gaji yang didapatkan laki-laki.

Namun fakta itu tentunya tidak akan nmembuat para wanita pesimis. Hal tersebut justru dapat memicu seorang perempuan berusaha lebih keras untuk mendapatkan penghasilan yang tinggi. Beberapa wanita sukses mengalahkan pencapaian gaji yang diterimanya melebihi gaji yang diterima kalangan laki-laki.

Jurusan Kuliah yang Cocok Untuk Wanita

Ada banyak pilihan jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita. Namun tidak setiap jurusan kuliah pada perguruan tinggi cocok bagi kalangan wanita. Sebab ada beberapa jurusan kuliah yang tak cocok bagi wanita. Khususnya yang menggunakan tenaga fisik yang berat. Namun semua itu prosentasenya sangat kecil.

Ketimbang memikirkan jurusan kuliah yang tak cocok bagi wanita maka bagi seorang wanita bisa fokus dalam memilih jurusan kuliah yang cocok bagi perempuan.

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang cocok untuk wanita yanggbisa menjadi referensi.

1.Akuntansi

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita dan cocok sekali untuk wanita adalah akuntansi. Hal tersebut tak terlepas dari sifat wanita yang rajin, telaten, teliti dan cekatan yang sangat cocok pada jurusan akuntansi. Jurusan akuntansi mengajarkan kepada mahasiswa dan mahasiswi tentang cara menyusun dan membuat atau mencatat sebuah  laporan keuangan.

2.Tata Boga

Jurusan kuliah yang sangat cocok bagi wanita untuk dipilih selanjutnya adalah jurusan tata boga. Dikarenakan kegiatan memasak atau berurusan dengan tata boga menjadi kesukaan dan kegiatan sehari-hari seorang wanita. Apalagi wanita tersebut telah berumahtangga.

Jurusan tata boga adalah jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita. Untuk memilih jurusan ini, menuntut seorang wanita untuk bersikap telaten dan pintar serta hobi memasak. Semua itu terdapat pada jiwa seorang perempuan. Sehingga bagi perempuan sangat bagus direkomendasikan untuk memilih jurusan kuliah tata boga selepas lulus SMA atau SMK sederajat.

3.Ilmu Komunikasi

Jurusan kuliah yang juga cocok sekali bagi wanita adalah jurusan ilmu komunikasi. Semua itu didasarkan atas fakta sifat perempuan yang alami yakni sangat luwes, supel dan suka berkomunikasi secara lisan maupun tulisan dengan orang  yang berada di sekitarnya.

4.Sistem Informasi

Jurusan kuliah yang cocok untuk wanita umumnya jenis pekerjaan yang tidak memerlukan kekuatan otot yang besar. Namun hanya mengandalkan keterampilan dan kekuatan otak. Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita tersebut adalah jurusan sistem informasi.

Jurusan sistem informasi sangat cerah dalam segi prospek kerjanya. Seorang wanita lulusan sistem informasi dapat memilih bekerja sebagai digital marketing, pakar informasi medis, dosen jurusan sistem informasi, programmer, data scientist, konsultan IT, insinyur aplikasi dan  pekerjaan lainnya bergaji tinggi dan cocok bagi wanita.

5.Jurusan Keguruan

Jurusan kuliah yang cocok untuk wanita selanjutnya adalah jurusan keguruan. Jurusan keguruan akan mendidik seorang wanita untuk menjadi seorang guru yang handal dan terampil. Misalkan guru olahraga, guru bahasa inggris, guru biologi, guru fisika, dan guru mata pelajaran yang lain.

Profesi sebagai guru dapat dilakukan dengan bekerja di sekolah swasta maupun sekolah negeri. Jurusan keguruan pada universitas terbaik akan mempersiapkan seorang wanita lulusan SMA sederajat menjadi guru yang baik dan siap mendidik siswa secara baik.

6.Kedokteran Anak

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita dan sangat cocok dipilih wanita adalah jurusan kuliah bidang kesehatan.Seperti  jurusan kedokteran anak, jurusan keperawatan, jurusan kebidanan dan lain sebagainya. Hal tersebut tak terlepas dari dukungan seorang wanita sangat suka dan naluriah untuk mencintai dan merawat semua kalangan. Sepeti orangtua maupun anak-anak.

7.Psikologi

Jurusan yang sangat cocok bagi kalangan wanita sekaligus jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita adalah jurusan psikologi.  Jurusan psikologi menjadi sangat cocok bagi wanita berdasarkan karakteristik wanita yang sangat peka terhadap situasi dan kondisi yang ada di sekitarnya.

Cara Mendapatkan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Berikut ini beberapa hal yang mendorong seorang wanita bisa mendapatkan gaji tinggi, antara lain :

1.Mampu mengembangkan potensi diri secara baik

Hal pertama seorang wanita bisa mendapatkan gaji tinggi mengalahkan gaji kaum laki-laki adalah kalangan perempuan tersebut  mampu mengembangkan potensi dirinya secara maksimal setiap hari. Untuk mencapai semua itu dapat diwujudkan dengan mengambil jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita.

2.Desakan ekonomi yang tinggi

Ditengah kebutuhan yang sangat tinggi dan naiknya berbagai harga kebutuhan pokok membuat seorang wanita berpikir keras dan melakukan berbagai upaya untuk mendapatkan gaji tertinggi.  Seperti memilih melakukan wirausaha berpenghasilan besar.

Ada banyak jenis dan bidang wirausaha yang bisa ditekuni oleh seorang wanita dengan potensi penghasilan tinggi setiap harinya. Misalkan wirausaha dalam bidang kuliner, jasa perdagangan, wisata, waralaba, pertanian dan lain sebagainya.

3.Memilih pekerjaan bergaji tinggi yang cocok untuk perempuan

Faktor ketiga yang membuat wanita bisa mempunyai gaji yang tinggi adalah perempuan tersebut  memilih dan melakoni pekerjaan dengan gaji tinggi. Lalu apa saja pekerjaan yang menawarkan gaji tinggi bagi wanita?

Pekerjaan dengan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Memilih jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita bukanlah perkara mudah. Begitu juga untuk mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi. Nah, berikut ini beberapa jenis pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita yang bisa menjadi alternatif pilihan.

1.CEO

Salah satu profesi pekerjaan yang menawarkan gaji tertinggi bagi wanita adalah CEO. Pada mulanya, profesi sebagai CEO didominasi oleh kalangan pria. Akan tetapi seiring dengan perubahan jaman dan kemampuan wanita mengembangkan potensi dirinya membuat posisi sebagai CEO dapat mereka lakoni. Bahkan seringkali kemampuan CEO seorang wanita dinilai lebih baik dari kaum laki-laki.

Gaji seorang wanita yang memilih pekerjaan sebagai seorang CEO berkisar rata-rata Rp 600 juta sampai milyaran rupiah perbulan. Hal tersebut tentu sangat bergantung kepada kemampuan CEO wanita tesebut dan skala usaha yang dijalankannya.

2.Apoteker

Jenis pekerjaan kedua yang memberikan gaji tinggi untuk wanita adalah apoteker. Karena itu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita ini bisa menjadi pilihan.

Adapun yang menjadi tugas pekerjaan apoteker adalah melakukan peracikan obat, pengelolaan obat  dan dapat memberikan suatu saran mengenai pemakaian obat serta pemberian obat berdasarkan resep dokter.

Sekarang ini, apoteker menjadi salah satu jenis profesi pekerjaan yang banyak dicari dan dibutuhkan oleh berbagai industri. Seperti apoteker untuk usaha apotek, apoteker di rumah sakit, sampai apoteker pada bagian research and development pada industri farmasi.

Cara menjadi apoteker dapat dilakukan  dengan melakukan dua cara. Berikut ini dua tahapan cara menjadi seorang apoteker wanita, antara lain :

  1. Kuliah. Cara pertama yang dapat dilakukan oleh seorang wanita untuk menjadi seorang apoteker adalah menjalani perkuliahan. Perkuliahan yang diambil adalah pada  jurusan farmasi. Sehingga dapat lulus pada program studi Sarjana Farmasi dalam kurun waktu sekitar empat tahun.
  2. Setelah lulus dari program studi Sarjana Farmasi dilanjutkan dengan menempuh pendidikan profesi Apoteker dalam waktu sekitar satu tahun. Sehingga selepas lulus berhak memperoleh gelar S.Farm, Apt dan bekerja sebagai apoteker.

Adapun profesi apoteker disebut sebagai pekerjaan dengan gaji tinggi bagi wanita. Disebabkan gaji apoteker secara umum di Indonesia cukup besar. Gaji apoteker berkisar Rp 280 juta sampai Rp 500 juta per tahun. Sehingga bagi seorang wanita yang ingin mendapatkan gaji tertinggi dan lebih tinggi dari kebanyakan gaji pria dapat memilih profesi sebagai seorang apoteker.

3.Chemical Engineer

Profesi dan pekerjaan dengan gaji tinggi untuk wanita lainnya adalah chemical engineer. Gaji dari profesi ini tak kalah dengan gaji wanita yang berprofesi sebagai apoteker yakni kisaran Rp 500 juta lebih pertahun.

Adapun yang menjadi tugas dan pekerjaan sehari-hari seorang chemical engineer adalah melakukan perancangan dan pengembangan manufaktur bahan kimia. Sedangkan dunia industri yang membutuhkan  tenaga chemical engineer adalah industri pangan. Seorang wanita tidak akan kesulitan dalam mendapatkan  gaji besar dari pilihan pekerjaan atau profesi ini.

Jurusan Kuliah yang Menjanjikan Gaji Tinggi Untuk Wanita

Jurusan kuliah yang bisa dipilih oleh kalangan wanita berbagai macam jenis jurusan serta fakultas. Pada dasarnya setiap wanita bisa memilih berbagai jurusan kuliah yang diminatinya. Seperti jurusan keguruan, jurusan ilmu pertambangan, jurusan teknik industri, jurusan mesin, jurusan bisnis digital, jurusan kedokteran, jurusan psikologi dan jurusan lain sebagainya.

Namun diantara jurusan kuliah tersebut yang sangat cocok dipilih oleh wanita terbagi ke dalam beberapa kategori. Salah satunya jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita.

Penasaran ingin mengetahui jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi bagi wanita? Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang memberikan penghasilan yang tinggi bagi kalangan perempuan atau wanita, antara lain :

1.Teknik Komputer

Perkembangan kemajuan teknologi komputer membuat angin segar bagi kalangan yang bergelut dalam dunia komputer dan masyarakat secara luas.  Berbagai jenis dan bentuk perangkat komputer hadir di masyarakat. Seperti komputer jinjing atau laptop, komputer layar tipis dan super ringan, komputer android, dan lain-lain. Setiap orang sudah bisa menggunakan komputer saat ini.  Karena harga komputer sudah semakin terjangkau.

Salah satu jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita adalah teknik komputer. Lulusannya banyak dicari oleh industri atau perusahaan komputer. Beberapa perusahaan komputer menawarkan gaji tinggi bagi lulusan sarjana teknik komputer sekitar Rp 500 juta sampai 900 juta pertahun. Jurusan teknik komputer dapat dipilih oleh seorang wanita untuk mendapatkan gaji tertinggi.

2.Manajemen

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita selanjutnya adalah jurusan manajemen. Pada  jurusan manajemen, mahasiswa mahasiswi akan belajar tentang ilmu yang berkaitan dengan bisnis dan ekonomi. Sehingga lulusannya sangat terampil dan mampu mengelola serta mengatur perusahaan.

Program studi manajemen adalah jurusan kuliah yang sangat bagus dipilih oleh kalangan wanita di kampus. Disebabkan prospek kerja yang sangat luas dan cerah. Seperti bekerja di perusahaan dalam negeri, perusahaan asing, BUMN, ataupun bekerja di badan pemerintahan. Pendek kata, bagi lulusan jurusan kuliah manajemen akan  banyak tawaran pekerjaan bergaji tinggi dari berbagai perusahaan.

3.Teknik Kimia

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita lainnya adalah Teknik Kimia. Berbagai industri kimia dan farmasi membutuhkan lulusan teknik kimia sebagai analis kimia atau ahli kimia. Adapun gaji yang ditawarkannya mulai dari Rp 400 juta sampai Rp 900 juta pertahun.

4.Jurusan Tata Busana

Jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita berikutnya yaitu jurusan tata busana. Jurusan ini memberikan peluang bagi seorang wanita untuk bekerja sebagai produsen busana, marketing busana, sampai manajer perusahaan busana.

Adapun gaji yang bisa diterima oleh wanita lulusan tata busana sangat besar. Secara umum, gaji yang bisa diterima sebesar puluhan juta  rupiah hingga ratusan juta rupiah setiap bulan.

Demikianlah beberapa jenis jurusan kuliah yang menjanjikan gaji tinggi untuk wanita. Sehingga seorang wanita tidak usah ragu lagi dalam mengambil jurusan kuliah yang memberikan tawaran gaji tertinggi tersebut. Namun untuk mencapai apa yang menjadi harapannya tentunya perlu persiapan yang matang. Termasuk dengan mengikuti les privat SMA yang terpercaya agar berhasil masuk PTN yang diharapkan.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Penemu Jam: Sejarah dan Perkembangannya

Tampaknya aneh untuk berpikir bahwa penemu jam adalah orang yang jarang dipikirkan orang, namun ada…

3 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Jerman: Kenapa Penting, Tahapan Awal, dan Metode Belajar yang Cocok

Kenapa Belajar Bahasa Jerman? Dengan belajar Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh…

8 jam ago

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

1 hari ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

1 hari ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

1 hari ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

2 hari ago