Umum

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja, Ini Daftarnya!

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja cukup banyak ragamnya. Hal ini tentu menjadi salah satu bahan pertimbangan dan suatu pilihan jurusan yang sangat menjanjikan bagi lulusan SLTA untuk memasukinya. Hal ini karena kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan. Apalagi dengan tawaran pekerjaan bergaji tinggi selepas lulus kuliah.

Ada banyak alasan dan tujuan bagi lulusan SLTA terbaru untuk memilih melanjutkan kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta. Disamping untuk kemudahan dalam  mendapatkan jenjang pekerjaan yang terbaik, juga untuk menambah skill dan pengetahuan. Tentu saja hal tersebut berkenaan terhadap disiplin ilmu yang diminatinya dalam level lebih tinggi lagi di perguruan tinggi.

Hal yang paling sering dialami oleh seorang lulusan SLTA yang ingin melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi adalah kebingungan untuk memlih jurusan kuliah yang diinginkannya. Namun ada satu cara termudah untuk menentukan jurusan kuliah yang tepat. Salah satunya dengan mengetahui terlebih dahulu dari tujuan melanjutkan kuliah.

Diantara banyak tujuan dan alasan seseorang melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi adalah dalam rangka mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi selepas lulus kuliah. Sehingga dari tujuan tersebut, seseorang dapat memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dengan gaji tinggi.

Pendek kata, salah satu hal yang diinginkan oleh seseorang yang memilih kuliah pada perguruan tinggi adalah mendapatkan kesempatan kerja yang lebih luas dengan tawaran pekerjaan bergaji tinggi. Hal tersebut dapat diwujudkan. Salah satunya dengan memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja.

Kebutuhan Dunia Kerja di Masa Depan

Pada jaman sekarang sangat berbeda dengan jaman-jaman sebelumnya. Pada jaman sekarang berbagai sarana teknologi digital dan internet tumbuh subur membuat setiap orang sangat dimanjakan dengan teknologi yang ada.

Semua perusahaan berlomba-lomba mentransformasi diri menjadi perusahaan yang menggunakan teknologi digital yang ada. Hal tersebut dilakukan agar perusahaan dapat tetap eksis dan bertahan sesuai perkembangan jaman.

Seiring dengan perkembangan jaman, setiap perusahaan atau industri di masa mendatang mengalami kebutuhan yang berbeda. Untuk lebih lengkap, berikut ini beberapa kebutuhan dunia kerja di masa depan, antara lain:

1.Kebutuhan terhadap Tenaga Kerja Terampil

Kebutuhan dunia kerja di masa depan terhadap tenaga kerja terampil akan sangat bertambah besar. Hal tersebut tak terlepas dari tuntutan jaman yang mengharuskan setiap karyawan memiliki daya saing yang sangat tinggi. Persaingan dunia kerja bukan hanya dari kalangan sesama karyawan di dalam negeri. Tapi juga terjadinya persaingan kerja dengan tenaga kerja asing.

Tuntutan seorang karyawan mempunyai skill yang memadai dan berdaya saing tinggi karena perkembangan jaman yang menuntutnya.  Karena di saat perkembangan teknologi canggih yang tumbuh pesat membuat seorang karyawan harus mampu menguasai teknologi canggih yang ada.

Oleh sebab itu, semua hal tersebut mulai disadari  oleh pihak perguruan tinggi. Upaya menghadapi tantangan jaman tersebut, salah satunya dengan mengadakan pendidikan dan pelatihan yang intensif dan berkualitas tinggi bagi mahasiswa.

2.Kebutuhan terhadap Lulusan Kuliah yang Siap Kerja

Untuk memenuhi permintaan terhadap lulusan perguruan tinggi yang siap kerja dan profesional maka setiap mahasiswa bukan hanya diberikan teori di kelas tapi juga praktek di lapangan. Sehingga terjadi kesesuaian antara teori dan praktek di lapangan. Disamping itu, lulusan perguruan tinggi dapat langsung bekerja secara profesional berdasarkan disiplin ilmu yang dikuasainya.

3.Kebutuhan terhadap Lulusan Kuliah yang Sesuai Kebutuhan Jaman

Dunia kerja saat ini membutuhkan lulusan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan sesuai perkembangan jaman terkini. Salah satu jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja adalah jurusan ilmu komputer atau pemasaran digital. Berdasarkan penelitian, saat sekarang kebutuhan dunia kerja sangat besar terhadap lulusan mahasiswa jurusan teknik komputer atau digital yang berbau teknologi terbaru sangat tinggi.

Bahkan di masa mendatang diperkirakan kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan sarjana teknik komputer, ilmu komputer, digital pemasaran ataupun teknik informatika akan semakin besar.

4.Kebutuhan Tenaga Kerja yang Kompeten dan Skill yang Baik

Dunia kerja juga membutuhkan tenaga kerja karyawan yang mempunyai skill yang baik dan etos kerja yang bagus.

Itulah beberapa kebutuhan dunia kerja di masa depan. Selanjutnya akan dibahas juga skill atau kemampuan yang dibutuhkan oleh seseorang di masa mendatang untuk bisa sukses dalam karir pekerjaannya.

Kemampuan yang Dibutuhkan Seseorang pada Masa Depan

Dengan tingginya tingkat persaingan dunia kerja membuat seorang calon karyawan berusaha menampilkan keterampilan sofskill dan hardskill yang baik yang dimilikinya.

Secara umum, berikut ini beberapa skill atau kemampuan yang dibutuhkan oleh seseorang di masa mendatang dalam dunia kerja, antara lain:

1.Skill Penyelesaian Masalah Secara Baik

Kemampuan berikutnya yang perlu dimiliki oleh seseorang di masa depan dalam karir dan pekerjaan adalah kemampuan menyelesaikan masalah secara baik. Memiliki kemampuan menyelesaikan masalah yang baik dapat dipelajari dibangku kuliah lewat mengikuti organisasi. Selain itu juga  bisa memilih jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja berdasarkan kemampuan yang dimiliki.

2.Kreatif

Salah satu kemampuan yang mesti dimiliki oleh seseorang di masa sekarang dan masa depan adalah kemampuan bersikap kreatif. Hal ini akan membangkitkan perusahaan untuk menjadi pemenang dan mencari jalan keluar atas setiap persoalan yang dihadapinya.

Sebuah perusahaan akan lebih memilih mempekerjakan tenaga kerja yang lebih berani dan kreatif. Oleh sebab itu, sebelum terjun ke dunia kerja yang sesungguhnya, seorang mahasiswa mahasiswi bisa berlatih terlebih dahulu untuk bersikap kreatif.

Dengan sikap kreatif yang dimiliki oleh seorang karyawan akan membuat segala permasalahan perusahaan dapat diatasi secara baik dan mudah. Hal inilah yang membuat perusahaan dapat lebih berkembang dan maju.

Untuk membentuk pribadi kreatif yang siap menghadapi masa depan maka cara yang bisa dilakukan antara lain dengan rajin nonton video youtube yang bermanfaat, rajin baca buku atau berita dan lain lain.

Jurusan Kuliah yang Paling Dibutuhkan di Dunia Kerja

Ditengah perkembangan jaman yang selalu berubah-ubah membuat penentuan jurusan kuliah harus dilakukan secara cermat dan matang. Memilih jurusan kuliah tidak boleh sembarangan. Pemilihan jurusan kuliah yang tidak dibutuhkan dunia kerja hanya akan membuat lulusannya sangat kesulitan untuk mendapatkan kerja.

Oleh sebab itu, salah satu pilihan jurusan kuliah terbaik yang sangat perlu dipertimbangkan untuk dipilih adalah jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini. Sehingga lulusannya tidak akan mengalami kesulitan untuk mendapatkan pekerjaan, terutama yang bergaji tinggi.

Nah, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang semoga bisa menjadi referensi kalian.

1.Manajemen Transportasi

Salah satu rekomendasi jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja dan menjanjikan adalah Manajemen Transportasi. Mahasiswa jurusan Manajemen Transportasi mempelajari banyak hal. Yang meliputi manajemen transportasi, bahan bakar yang dipakai, penghitungan penentuan tarif yang ditetapkan, penghitungan biaya operasional, dan lain-lain.

Jurusan Manajemen Transportasi merupakan jurusan kuliah yang sangat diperlukan dalam dunia kerja di masa sekarang dan masa mendatang. Mengingat kebutuhan terhadap sarana transportasi di masa mendatang akan lebih tinggi lagi.  Ada banyak perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta yang membuka jurusan Manajemen Transportasi dalam program strata S1 di kampusnya.

2.Teknik Perkapalan

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah Teknik Perkapalan. Berbagai instansi di dalam negeri maupun luar negeri membutuhkan  sumber daya manusia lulusan teknik perkapalan. Sehingga lulusan jurusan Teknik Perkapalan sangat jarang terdengar menganggur selepas lulus kuliah. Semuanya terserap oleh dunia kerja dengan gaji yang sangat besar.

Adapun hal yang dipelajari oleh mahasiswa mahasiswi jurusan Teknik Perkapalan adalah seputar produksi kapal,  cara perbaikan sistem transportasi laut sampai navigasi kapal. Bagaimana anda tertarik kuliah di jurusan Teknik Perkapalan? Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Indonesia menyediakan jurusan Teknik Perkapalan dengan akreditasi A.

3.Seni Peran

Jurusan seni peran merupakan jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja berikutnya. Hal ini berdasarkan fakta bahwa jurusan ini sangat jarang dipilih orang. Padahal permintaan yang sangat tinggi terhadap lulusan jurusan seni peran sangat tinggi dari beberapa dunia industri hiburan atau perfilman.

Beberapa profesi yang dapat dilakoni oleh lulusan jurusan seni peran adalah talent iklan, aktor, aktris,  dan lain-lain. Sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta membuka jurusan seni peran dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan berpenghasilan tinggi.

4.Filsafat

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja selanjutnya adalah jurusan filsafat. Lulusannya sangat diperlukan bagi keperluan ahli politik.  Lulusan jurusan ini sangat pandai berargumentasi dan memiliki penalaran yang baik dan logis.  Berbagai kalangan perusahaan dan lembaga pemerintah atau swasta membutuhkan banyak lulusan filsafat.

5.Teknik Komputer

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini dan sesuai perkembangan jaman yang ada adalah Teknik Komputer. Hal ini tak terlepas dari seluruh sendi kehidupan manusia tak bisa dilepaskan dari komputer. Khususnya pada bidang ekonomi, penjualan dan perdagangan pada berbagai perusahaaan besar, sedang sampai perusahaan kecil.

Untuk menangani urusan komputer di suatu perusahaan atau kantor membuat banyak perusahaan saat ini membuka lowongan kerja karyawan bagian komputer. Perusahaan-perusahaan tersebut membutuhkan tenaga kerja lulusan jurusan teknik komputer sebanyak mungkin.

Pada tahun 2021, jumlah lulusan Teknik Komputer sebanyak satu jiwa orang seluruhnya terserap oleh dunia kerja. Pada tahun 2025, diprediksi kebutuhan dunia kerja terhadap lulusan jurusan kuliah IPA ini semakin meningkat pesat sampai 1,97 juta karyawan. Semua itu berdasarkan pertumbuhan yang sangat pesat dari perusahaan berbasis digital di Indonesia. Hal itu terutama pada perusahaan startup yang berfokus pada pengembangan website dan aplikasi.

6.Desain Komunikasi Visual

Desain Komunikasi Visual disingkat DKV menjadi bagian dari jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja pada saat ini. Hal tersebut menyikapi pertumbuhan yang sangat pesat dari media audio visual seperti Youtube dan berbagai perusahaan yang bergerak dalam industri kreatif.  Sehingga melahirkan kebutuhan yang tinggi terhadap lulusan sarjana desain komunikasi visual.

Lulusan Desain Komunikasi Visual bisa bekerja sebagai video editor, ilustrator, web designer, dan graphic desaigner pada berbagai perusahaan teknologi digital dan kreatif. Adapun gaji yang diterima bisa mencapai puluhan juta rupiah perbulannya.

7.Ilmu Komputer

Jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja berikutnya disamping jurusan teknik komputer adalah ilmu komputer. Lulusan jurusan ilmu komputer sangat dicari oleh perusahaan-perusahaan besar startup di Indonesia.  Mereka akan dipekerjakan dengan gaji tinggi dengan pekerjaan utama dalam rangka pengembangan aplikasi, website dan software.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini permintaan yang sangat tinggi dari dunia kerja khususnya perusahaan startup kepada lulusan ilmu komputer untuk dijadikan tenaga karyawan di perusahannya dengan bagian, antara lain :

  • Konsultan IT
  • Business analyst
  • Database administrator
  • Multimedia programmer
  • Data Scientist
  • Software Engineer
  • Web Developer

Disamping bisa bekerja secara mudah di berbagai perusahaan kreatif dan startup, lulusan ilmu komputer juga bisa memilih berwirausaha dengan membuka bisnis jasa konten kreator.

8.Arsitektur

Terakhir, jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja sekarang ini adalah jurusan arsitektur. Lulusan arsitektur akan bekerja sebagai seorang arsitek ataupun konsultan.

Jurusan ini disebut memiliki prospek sangat cerah. Karena berbagai lembaga swasta dan pemerintah sangat membutuhkan tenaga kerja lulusan arsitektur khususnya dengan spesialisasi  architectural  engineering dengan gaji hingga 1,2 milyar rupiah pertahun.

Demikian informasi tentang daftar jurusan kuliah yang paling dibutuhkan di dunia kerja yang semoga bermanfaat. Untuk meningkatkan peluang diterima di PTN atau PTS favorit sangat penting jika kalian mengikuti bimbel atau les privat SMA terbaik. Seperti Edumaster Privat, sebuah lembaga privat online berpengalaman yang terbukti telah banyak membantu para lulusan SMTA mendapatkan perguruan tinggi terbaik.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago