Umum

Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika, Ini Rekomendasinya!

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika cukup banyak. Hal ini menjadi alternatif jurusan kuliah bagi seseorang yang tak menyukai matematika. Berdasarkan hasil riset, jumlah jurusan kuliah yang tak ada pelajaran atau unsur matematika lebih banyak ketimbang jurusan kuliah yang terdapat unsur matematika.

Semenjak duduk di jenjang pendidikan SD, SMP, SMA hingga perguruan tinggi, matematika menjadi salah satu pelajaran yang menjadi momok bagi sebagian besar pelajar. Banyak pelajar yang kurang menyenangi mata pelajaran matematika. Disebabkan matematika memerlukan perhitungan yang cermat. Apalagi kesan guru matematika yang galak dan tegas.

Bagi yang tidak suka matematika, hal itu akan bisa diantisipasi dengan tidak memilih jurusan kuliah yang menerapkan perhitungan matematika. Lalu apakah ada jurusan kuliah yang tidak ada matematika-nya? Itulah sebagian hal yang sering ditanyakan orang dalam pemilihan jurusan kuliah.

Tentu saja banyak sekali jurusan kuliah yang jauh dari pelajaran matematika. Bahkan jumlahnya lebih banyak ketimbang  jurusan kuliah yang terdapat matematika.

Sebagian pelajar yang tidak menyukai matematika tentu akan memilih untuk tidak masuk pada jurusan kuliah yang terdapat matematika. Sebelum mengetahui apa saja jurusan kuliah yang tidak ada matematika maka anda bisa mempelajari dulu tentang jurusan kuliah yang terdapat matematika.

Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Untuk mengetahui lebih lanjut, berikut ini beberapa jurusan kuliah yang tidak ada matematika yang bisa menjadi pilihan yang menarik.

1.Seni Musik

Kuliah jurusan musik merupakan salah satu jurusan kuliah yang tidak memiiki unsur matematikanya. Semua perkuliahan berkaitan dengan musik. Seperti pergelaran musik, pembuatan musik, kritik musik, aliran jenis musik, teori musik, teknik vokal dan lain sebagainya.

2.Seni Tari

Jurusan kuliah di kampus berikutnya yang tidak ada matematika adalah jurusan seni tari. Seni tari adalah jurusan yang membahas tentang gerakan badan manusia yang estetis, ekspresif, beirama dan filosofis.

3.Kriminologi

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika selanjutnya adalah jurusan kriminologi. Jurusan kriminologi membahas tentang kejahatan yang dilakukan oleh manusia disertai pembahasan mengenai penyebab dan motifnya.

4.Ilmu Sejarah

Jurusan kuliah berikutnya yang tidak ada matematikanya adalah jurusan ilmu sejarah.  Ilmu sejarah tidak membahas sama sekali tentang matematika . Sehingga aman dipilih oleh mereka yang benci terhadap matematika.

5.Hubungan Internasional

Jurusan kuliah Hubungan Internasional (HI) merupakan jurusan kuliah yang membahas tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan interaksi  manusia dalam dunia internasional. Ini meliputi pengaruh personal kepada dunia internasional, dinamika antara negara di dunia, kerjasama secara internasional, dan berkaitan dengan organisasi internasional.

Untuk mendukung kesuksesan, seorang mahasiswa dan mahasiswi jurusan Hubungan Internasional memerlukan kemampuan dalam berbicara bahasa asing. Seperti bahasa inggris. Adapun prospek kerjanya bisa meniti karir sebagai konsultan pendidikan, jurnalis, eksportir, bekerja di kantor Kementerian Luar Negeri, konsulat, bekerja di kedutaan, diplomat,  dan lain-lain.

6.Filsafat

Untuk anda yang tidak menyukai matematika dapat menghindari untuk memilih jurusan yang ada matematika. Anda dapat memilih jurusan kuliah yang tidak ada matematika. Salah satu jurusan kuliah tanpa matematika adalah jurusan filsafat.

Jurusan filsafat sangat tepat dipilih oleh mereka yang suka berfalsafah, berpikir logis, berdebat dan berpikir secara kritis.

7.Antropologi

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika juga terdapat pada jurusan kuliah antropologi. Antropologi merupakan suatu cabang keilmuan yang membahas mengenai manusia atas dasar perkembangan sejarahnya, hasil kebudayaan, wujud fisik manusia, evolusi manusia, dll.

8.Animasi

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika selanjutnya dan cocok dipilih bagi mereka yang benci matematika adalah jurusan animasi. Jurusan animasi berhubungan tentang penciptaan suatu gambar visual memakai teknologi mutakhir. Sehingga dapat menghasilkan gambar tiga dimensi dan dua dimensi.

Beberapa pelajaran yang akan diberikan pada mahasiswa jurusan animasi, antara lain :

  • Pengeditan video
  • Menuliskan skrip
  • Membuat game, video, musik dan film.

9.Sastra

Jurusan kuliah yang tidak ada matematika lainnya adalah jurusan sastra dan jurusan bahasa. Hal ini disebabkan yang dipelajari dari jurusan bahasa dan sastra bukanlah bilangan angka-angka. Yang dipelajari adalah keterampilan berbahasa secara lisan dan tulisan. Berikut ini contoh-contoh jurusan sastra yaitu sastra Sunda, Sastra Jawa, Sastra Inggris, sastra Jerman, Sastra Rusia dan Sastra Indonesia.

Jurusan Kuliah yang Ada Matematika

Berikut ini beberapa jurusan kuliah yang terdapat perhitungan matematika jika kalian senang bidang ini.

  • Teknik Informatika
  • Statistika
  • Ilmu Ekonomi
  • Matematika Bisnis
  • Matematika

Manfaat Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Pada jenjang perguruan tinggi terdapat beberapa kategori jurusan kuliah. Salah satunya jurusan kuliah yang ada matematika. Ada pula jurusan yang tidak mengandung materi matematikanya. Berikut ini beberapa manfaat dari kehadiran jurusan kuliah yang tidak ada matematika, antara lain :

1.Banyak pilihan

Dengan tidak adanya matematika pada jurusan kuliah tertentu akan membuat calon mahasiswa mahasiswi lebih banyak pilihan.

2.Memilih yang sesuai minat

Mereka yang kurang pintar dan tidak minat terhadap matematika akan memilih jurusan kuliah yang tidak ada matematika.

Jurusan Manajemen yang Tidak Ada Matematika

Jurusan manajemen merupakan salah satu jurusan favorit bagi lulusan SLTA atau SMK sederajat dari jurusan IPS atau juga IPA bahkan bahasa.  Jurusan manajemen berasal dari asal katanya yakni manajemen berarti mengelola dan mengatur.  Sehingga yang dipelajari dari manajemen adalah pengelolaan dan mengatur orang lain secara baik.

Disamping itu, pada jurusan ekonomi IPS ini seseorang akan belajar pengelolaan keuangan pada suatu usaha, perekrutan dan pengembangan sumber daya manusia, mengelola pemasaran, prosedur dalam suatu perusahaan, pembuatan rencana bisnis dan strateginya.

Dengan apa-apa saja yang dipelajari jurusan kuliah manajemen tampaklah jurusan kuliah ini hampir tidak fokus pada matematika. Sehingga dapat dikatakan tidak ada matematikanya. Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa jurusan manajemen yang tidak ada matematika.

1.Manajemen Operasi

Adapun mata kuliah yang dipelajari pada manajemen operasi, antara lain :

  • Perencanaan dan Pengendalian Kualitas
  • Seminar Manajemen Operasi
  • Manajemen Logistik
  • Manajemen Proyek

2.Manajemen Sumber Daya Manusia

Berikut ini sejumlah mata kuliah yang dipelajari oleh jurusan manajemen sumber daya manusia, antara lain :

  • Perencanaan Karir dan Pengembangan Diri
  • Manajemen Potensi Sumber Daya Manusia
  • Perencanaan SDM dan MSDM
  • Sistem informasi Manajemen SDM

3.Manajemen Pemasaran

Adapun yang menjadi konsentrasi dari jurusan manajemen pemasaran adalah tentang pemasaran produk itu sendiri. Berikut ini beberapa mata kuliah yang dipelajari pada jurusan kuliah manajemen pemasaran, antara lain :

  • Manajemen merek
  • Perilaku konsumen
  • Strategi Pemasaran
  • Manajemen Pemasaran internasional
  • Sistem Informasi Pemasaran

4.Manajemen Keuangan

Jurusan manajemen pun terdapat konsentrasi manajemen keuangan. Yang dipelajari pada jurusan kuliah manajemen keuangan, antara lain :

  • Manajemen Keuangan
  • Manajemen Resiko Seminar
  • Manajemen Investasi dan Portofolio
  • Manajemen Keuangan internasional

Ragam Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematika

Itulah jurusan manajemen yang tidak ada matematika. Dalam arti, tidak berarti pada jurusan manajemen tidak ada sama sekali matematikanya. Dalam jurusan manajemen tetap ada matematika. Namun matematikanya hanya matematika dasar.

Jurusan kuliah berdasarkan kandungan materi matematika yang terdapat di dalamnya terbagi dua yang meliputi:

  1. Jurusan kuliah mengandung materi matematika
  2. Jurusan kuliah tanpa matematika

Bagi orang yang benci terhadap materi matematika karena dinilai sangat sulit maka dapat menentukan beberapa jenis jurusan kuliah tanpa matematika.

Berikut ini beberapa jenis dan ragam jurusan kuliah yang tidak ada matematika di dalamnya, antara lain :

1.Jurusan ilmu filsafat

Jurusan kuliah pertama yang direkomendasikan tanpa adanya kandungan materi matematika adalah jurusan ilmu filsafat. Ilmu filsafat mempelajari  tentang hakikat. Seperti hakikat alam semesta, hakikat sains dll.

Ilmu filsafat berbeda sekali pada jurusan matematika. Ilmu filsafat tak ada proses berhitung lewat angka-angka. Yang ada adalah proses berpikir untuk memikirkan segala sesuatu secara hakikatnya.

2.Jurusan Antropologi

Jurusan berikutnya yang tidak ada matematika adalah antropologi.  Antropologi merupakan jurusan yang mempelajari tentang budaya dan kebudayaan manusia. Tidak terdapatnya materi matematika di dalam jurusan ini. Disebabkan jurusan antropologi hanya berkonsentrasi pada budaya manusia dan komponennya.

3.Jurusan advertising atau periklanan

Jurusan kuliah selanjutnya yang tidak ada kajian matematika di dalamnya adalah jurusan periklanan atau advertising.  Advertising adalah jurusan kuliah bagian dari jurusan ilmu komunikasi yang di dalamnya tidak terdapat materi matematika yang sulit sama sekali. Kalaupun ada hanyalah matematika dasar.

4.Kriminologi

Jurusan kuliah yang tidak ada matematikanya pula adalah kriminologi. Jurusan ini tidak membahas matematika sama sekali. Sehingga nyaris tanpa matematika. Kriminologi adalah jurusan yang cocok bagi seseorang yang tak suka pada matematika.

Jurusan kriminologi berfokus pada materi tentang hukum dan sosial. Tiidak ada proses berhitung. Namun yang dilakukan adalah proses menjalankan pemikiran yang kritis, analisa data dan evaluasi bukti.

5.Jurusan Hubungan internasional, sejarah, sastra, ilmu komunikasi, seni

Terakhir, ragam jurusan kuliah yang tidak ada matematika adalah Hubungan Internasional (HI), Ilmu Sejarah, ilmu komunikasi, ilmu desain dan jurusan seni serta jurusan sastra.

Dengan anda mengetahui beberapa jenis jurusan yang tidak ada matematika maka terjawablah beberapa pertanyaan. Seperti yang sering dilontarkan oleh lulusan SMA atau SMK sederajat terbaru adalah apakah semua jurusan ada matematika?

Bahwasanya tidak semua jurusan kuliah terdapat matematika. Ada jurusan kuliah yang tanpa matematika. Salah satunya jurusan sastra ataupun jurusan bahasa.

Sedangkan untuk jurusan hukum apakah ada matematika? Pada dasarnya pada jurusan hukum tidak membahas soal matematika. Tapi yang dibahas tentang materi hukum dan dasar hukum. Dengan demikian sangat jelas, pada jurusan hukum  tidak  terdapatnya  matematika pada jurusan hukum tersebut. Kalaupun ada porsinya hanya sangat kecil dan sekilas.

Seperti pada jurusan hukum Islam atau positif yang berkaitan dengan waris terdapat proses perhitungan pembagian waris. Setiap ahli waris mendapatkan bagian warisan masing-masing yang sudah ditetapkan berdasarkan ketentuan hukum yang berlaku.

Begitu juga pada hukum tentang pajak dan zakat yang terdapat materi matematika. Namun skala matematika adalah skala dasar dan hanya dipergunakan pada pokok bahasan tersebut. Sedangkan pada pokok pembahasan lain yang lebih banyak tidak terdapat kandungan materi matematika atau berhitung.

Sedangkan dilihat dari segi kemudahan dalam mendapatkan kerja terdapat jurusan kuliah yang mudah kerja. Namun ada pula jurusan kuliah yang tidak ada matematika yang sangat tidak mudah mendapatkan kerja.

Jurusan Kuliah yang Tidak Ada Matematka Gampang Cari Kerja

Berikut ini salah satu jurusan kuliah tidak ada matematika yang gampang cari kerja yaitu jurusan Desain komunikasi Visual. Lulusan jurusan desain komunikasi visual sangat mudah mencari pekerjaan. Karena banyak perusahaan dan industri yang membutuhkan lulusan jurusan desain komunikasi visual.

Umumnya lulusan jurusan kuliah yang tidak ada matematika yakni desain komunikasi visual direkrut oleh berbagai kalangan perusahaan swasta maupun pemerintah. Lulusannya sangat dibutuhkan untuk dijadikan sebagai sutradara film, editor video, animator video, product desainer dan profesi lain sebagainya.

Demikianlah sejumlah jurusan kuliah yang tidak ada matematika yang bisa menjadi pilihan untuk kalian yang membenci pelajaran ini. Untuk mempersiapkan diri memperebutkan bangku kuliah kalian sebaiknya mengikuti bimbel atau les privat SMA terbaik yang telah berpengalaman.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago