Umum

Jurusan Oseanografi dan Prospek Kerjanya

Jurusan oseanografi mungkin masih terasa asing bagi banyak orang. Program studi ini mempelajari dunia kelautan yang masih menyimpan banyak misteri.  Ini tentunya bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan. Jika anda tertarik mempelajari hal berkaitan dengan tabiat dan fenomena laut , anda bisa memilih jurusan kuliah ini.

Oseanografi adalah salah satu jurusan atau fakultas di perguruan tinggi yang mengulik tentang seluk beluk fenomena yang ada di laut. Namun program studi ini juga mengaplikasikannya pada aspek kehidupan seperti bidang mitigasi bencana, perikanan, bencana laut, lingkungan, dan bidang rekayasa.

Ada banyak hal yang unik dan menarik dari laut. Berbagai fenomena di laut banyak yang belum diketahui. Inilah yang menjadi tugas para mahasiswa jurusan oseanografi untuk mempelajari semua fenomena yang ada di laut yang selama ini belum terkuak. Berbagai fenomena dan kehidupan yang tersembunyi di laut menjadi obyek kajian prodi oseanografi.

Indonesia adalah negara maritim yang mempunyai lautan terbilang luas. Inilah yang membuat disiplin ilmu oseanografi berperan penting dalam memanfaatkan laut bagi kepentingan masyarakatnya. Berbagai fenomena yang terjadi di laut perlu dieksplorasi untuk mengetahui lebih dalam. Dari fenomena laut itu dapat diaplikasikan pada berbagai bidang kehidupan manusia.

Laut masih menyimpan misteri tersendiri yang belum banyak terkuak dan diketahui orang. Yang selama ini sudah kita kenal adalah fenomena laut yang bersifat umum seperti gelombang tinggi, tabiat laut yang sukar sekali diduga dan lain-lain. Berbagai musibah di Indonesia yang memakan banyak korban jiwa salah satunya akibat fenomena laut yang sukar ditebak.

Fenomena laut yang sekarang ini sedang tren dan populer adalah soal tabiat laut yang mengalami kenaikan hingga sampai ke permukaan. Hal tersebut tentu saja ada dampaknya. Yang terasa adalah dalam beberapa tahun ke depan sejumlah pulau kecil diperkirakan akan tenggelam akibat kenaikan air laut tersebut. Oseanografi juga mempelajari fenomena laut lainnya seperti tsunami dan badai di laut yang selama ini belum kita ketahui.

Jurusan Oseanografi

Seiring dengan perkembangan jaman yang berubah-ubah membuat ada sebagian jurusan yang ketinggalan jaman dan ada sebagian jurusan kuliah baru yang muncul seiring dengan keperluan jaman dan tuntutan perkembangan jaman yang ada. Salah satu jurusan yang lahir berkat perkembangan jaman terbaru tersebut adalah jurusan Oseanografi.

Dengan kata lain, apabila anda tertarik dengan seluk beluk laut maka anda sangat cocok untuk memilih prodi oseanografi. Karena jurusan ini mempelajari tentang kelautan berikut fenomena dan peristiwa yang terjadi di dalamnya. Apalagi prospek lulusan jurusan ini akan selalu dibutuhkan sebab Indonesia adalah negara maritim yang sebagian besar wilayahnya terdiri dari lautan.

Lingkungan laut yang tersebar luas di Indonesia belum diolah secara maksimal. Ada banyak orang yang belum mengetahui tentang kelautan di tanah air. Hal tersebut berbeda dengan mahasiswa Oseanografi yang belajar tentang seluk beluk kelautan.

Diharapkan dengan dibukanya jurusan atau prodi Oseanografi di universitas negeri maupun swasta dapat membuat laut di Indonesia tetap lestari dan dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kehidupan masyarakat Indonesia.

Dari gambaran di atas, anda dapat mengetahui bahwa jurusan Oseanografi mempelajari tentang ilmu kelautan. Lalu pertanyaannya sekarang apakah prodi Oseanografi sama dengan ilmu kelautan? Oseanografi merupakan bagian dari ilmu kelautan. Dalam hal ini, ilmu kelautan cakupannya sangat luas. Salah satunya yang dipelajari dalam prodi Oseanografi.

Perbedaan Oseanografi dan Ilmu Kelautan

Alasan seseorang memilih jurusan, prodi, atau fakultas oseanografi mungkin berbeda-beda. Namun yang paling nyata adalah luas lautan di Indonesia yang lebih luas ketimbang daratan perlu lebih digali dan diambil manfaatnya secara lebih optimal.

Berikut ini beberapa perbedaan antara ilmu kelautan dengan prodi Oseanografi yang sebaiknya Anda tahu.

Perbedaan pertama telah dijelaskan bahwa ilmu Oseanografi merupakan bagian dari ilmu kelautan yang sifatnya lebih spesifik. Sedangikan ilmu kelautan mempunyai pengertian lebih luas yang meliputi mempelajari biologi, geologi, kimia dan fisika.

Jurusan Oseanografi  menekankan proses eksplorasi situasi fisik laut. Sedangkan ilmu kelautan hanya bersifat akademis atau studi ilmiah. Semua fenomena laut menjadi pokok bahasan dari oseanografi yang mengandung hikmah dan manfaat bagi manusia.

Fenomena laut itu sebagai informasi berharga untuk kemudian dipergunakan dalam praktek pemanfaatan bagi kehidupan manusia dalam segala sektor. Seperti sektor mitigasi bencana, perikanan, bencana laut dan lingkungan serta rekayasa.

Sementara itu, prodi Oseanografi adalah ilmu yang mempelajari tentang fenomena laut tentunya banyak orang yang bertanya-tanya. Apakah mahasiswa yang mau mengambil Oseanografi disyaratkan harus bisa berenang? Jawabannya tidak perlu.

Namun setelah anda bisa menjadi mahasiswa jurusan ini maka anda wajib untuk bisa berenang. Di dalam prodi Oseanografi akan diberikan juga mata kuliah berenang sehingga mereka yang belum bisa renang akan terbiasa dengan kegiatan berenang dan menyelam.

Fakultas Untuk Jurusan Oseanografi

Apa yang dipelajari oleh jurusan Oseanografi? Oseanografi mempelajari banyak hal tentang ilmu laut yang lebih spesifik yaitu tentang sifat dinamis laut dan fenomenanya. Laut menjadi sebuah lingkungan besar yang menjadi perhatian orang saat ini. Laut mempunyai karakteristik unik dan fenomena di dalamnya yang semua dapat diketahui hanya dengan mempelajari Oseanografi.

Jika ditanya Oseanografi termasuk fakultas apa? Jawabannya berbeda-beda. Untuk Universitas Diponegoro (Undip ) yang membuka Oseanografi maka jurusan ini dimasukkan ke dalam fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan. Sedangkan di Institut Teknologi Bandung (ITB) memasukkan Oseanografi ke dalam fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian.

Untuk lengkapnya, berikut ini beberapa perguruan tinggi yang membuka program studi atau fakultas untuk prodi oseanografi.

  1. Institut Pertanian Bogor
  2. Universitas Padjajaran Bandung
  3. Universitas Jenderal Soedirman Jawa Tengah
  4. Universitas Diponegoro
  5. Universitas Trunojoyo Madura
  6. Universitas Hasanuddin

Bagi anda yang ingin menempuh program Pascasarjana prodi Oseanografi maka anda bisa melanjutkan kuliah S2 di ITB.

Jurusan Oseanografi Terbaik di Indonesia

Negara Indonesia diberikan kekayaan laut yang sangat luas dan melimpah dengan aneka ragam hayati dan binatang laut. Semua kekayaan laut tersebut harus dijaga dengan baik. Laut memegang peran penting bagi kehidupan manusia seperti sumber ikan yang bermanfaat bagi manusia dalam kebutuhan protein hewani. Kemudian laut juga terbukti turut serta memberikan oksigen bagi kehidupan manusia di daratan.

Jika anda berminat untuk kuliah dalam bidang ilmu kelautan atau Oseanografi, berikut ini beberapa fakultas untuk jurusan oseanografi terbaik di Indonesia.

1.Universitas Brawijaya

Universitas Brawijaya yang membuka Oseanografi pada fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan merupakan salah satu kampus yang meraih predikat kampus terbaik bagi prodi Oseanografi di tanah air. Prodi Oseanografi PTN ini berstatus akreditasi A.

2.Institut Pertanian Bogor (IPB)

Perguruan tinggi negeri yang kedua yang terbaik membuka prodi Oseanografi di Indonesia dengan akreditasi A adalah Institut Pertanian Bogor.

3.Universitas Diponegoro

Universitas Diponegoro (Undip) adalah perguruan tinggi negeri berikutnya yang terbaik dalam membuka Oseanografi di nusantara. Sama seperti pendahulunya, ini juga merupakan jurusan oseanografi terbaik di indonesia karena sudah terakreditasi A yang tergabung dalam Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan.

4.Universitas Hasanuddin

Selanjutnya perguruan tinggi yang memiliki jurusan oseanografi terbaik di Indonesia adalah Universitas Hasanuddin di Makasar.

Yang terakhir, PTN yang dinilai menyelenggarakan fakultas untuk prodi oseanografi terbaik lainnya adalah universitas Padjadjaran dan Universitas Sriwijaya serta Universitas Jenderal Soedirman.

Syarat Masuk Kuliah Program Studi Oseanografi

Salah satu yang dilihat oleh para pelajar tingkat SMK, SMA atau MA dalam menentukan jurusan kuliah adalah memilih jurusan kuliah yang memiliki prospek kerja yang bagus. Dalam arti, lulusannya mudah bekerja dengan gaji tinggi. Begitu juga prospek kerja lulusan jurusan oseanografi yang cukup menjanjikan.

Mereka yang mengambil kuliah Oseanografi akan belajar mata kuliah oseanografi kimia, Oseanografi geologi dan fisik. Berikut ini daftar mata kuliah dalam Oseanografi, antara lain Bioteknologi Laut, Pengelolaan Wilayah Pesisir, Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Pencemaran Laut, Pemetaan Sumber Daya Hayati Laut,Ekologi Laut Tropis, Zoologi Laut, Ichtyologi dan mata kuliah lainnya.

Untuk syarat masuk kuliah program studi Oseanografi di Universitas Diponegoro, ITB dan universitas lainnya yang membuka prodi Oseanografi antara lain:

  1. Siswa siswi adalah lulusan SMA, SMK, MA
  2. Umur maksimal 22 tahun
  3. Memilih jalur masuk SBMPTN, SNMPTN atau jalur mandiri. Kemudian anda lolos dari salah satu jalur masuk tersebut.

Selain itu ada sejumlah syarat masuk kuliah program studi oseanografi terkait karakter atau kepribadian. Mereka yang mau mendaftarkan diri kuliah pada prodi Oseanografi harus mempunyai sejumlah karakter berikut ini.

1.Senang Melakukan Analisis

Objek yang dipelajari oleh mahasiswa Oseanografi adalah fenomena laut. Sehingga tugas dan pekerjaaan sehari-hari mahasiswa Oseanografi adalah melakukan analisis terhadap keadaan laut dan tabiat laut.

2.Senang Berhitung

Pada prodi Oseanografi, anda dituntut memiliki keterampilan berhitung. Misalkan berhitung mengukur kedalaman air laut, mengukur ketinggian air laut dan berhitung objek di laut dan sebagainya

3.Observan dan Kritis

Mereka yang hendak kuliah di Oseanografi harus memiliki sifat seorang observan yang suka mengamati dan meneliti objek laut serta berpikir kritis apabila terjadi segala sesuatu dengan kondisi laut. Jurusan kuliah sesuai kepribadian seperti ini cocok untuk Anda.

4.Tekun dan Berwawasan Luas

Mereka yang mau kuliah Oseanografi juga disyaratkan memiliki pengetahuan yang luas dan tekun. Mengingat objek yang diteliti dan dipelajari tentang kelautan.

5.Terstruktrur dan Rasional

Dalam melakukan analisa tentang fenomena laut dibutuhkan cara berpikir terstruktur dan rasional sebagai bagian kaidah penelitian ilmiah yang kemudian dijadikan sebuah laporan, makalah atau skripsi.

Demikianlah sejumlah ketentuan dan syarat masuk kuliah program studi oseanografi. Dengan memenuhi syarat di atas maka anda akan bisa diterima pada prodi Oseanografi sesuai yang anda impikan.

Prospek Kerja Lulusan Jurusan Oseanografi

Mereka yang sudah lulus program S1 Oseanografi akan mendapatkan gelar akademik sebagai sarjana Kelautan. Kemudian jika ingin melanjutkan dapat mengambil program pascasarjana Oseanografi di universitas dalam negeri maupun universitas di luar negeri.

Prospek kerja lulusan jurusan oseanografi juga sangat cerah. Gaji lulusan prodi ini bisa mencapai kisaran Rp 10 juta lebih per bulan. Berikut ini beberapa tempat yang membuka diri bagi lulusan Oseanografi, antara lain :

  • Lembaga riset
  • Perguruan tinggi sebagai dosen
  • Konsultan Lingkungan
  • Lembaga Swadaya Masyarakat
  • Industri Migas dan Mineral

Beberapa perguruan tinggi negeri membuka prodi Oseanografi. Salah satunya Universitas Diponegoro(Undip) dan Institut Teknologi Bandung (ITB). Lulusan Oseanografi dapat bekerja di beberapa lembaga pemerintahan maupun swasta. Berikut ini sejumlah lembaga yang bisa dimasuki sebagai tempat kerja oleh lulusan Oseanografi, antara lain:

  1. Lembaga Penelitian BMKG, LIPI, BNPB, dan Pusat Pengembangan Dan Penerapan Geologi Kelautan.
  2. Lembaga pemerintahan seperti Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian ESDM, Kementerian Kelautan

Lantas berapa sih gaji lulusan Oseanografi? Berikut ini prospek kerja lulusan jurusan oseanografi beserta gajinya yang perlu Anda tahu.

  1. Ahli Ekologi gaji Rp 7,5 juta
  2. Metocean Engineer atau Peneliti di perusahaan migas nasional dan mancanegara gaji Rp 8,7 juta
  3. Konsultan Lingkungan gaji Rp 8,3 juta perbulan
  4. Teknik Kelautan gaji Rp 7 juta
  5. Manajer Akuakultur gaji Rp 5 juta
  6. Coastal Modeler Rp 8 juta
  7. Akademisi seperti jadi dosen Oseanografi gaji Rp 4,5 juta
  8. Spesialis Konservasi Alam Rp 5 juta

Demikianlah apa itu program studi Oseanografi, syarat masuk,  prospek kerja dan gaji lulusan jurusan Oseanografi. Bagi anda yang ingin mengetahui seluk beluk laut maka pilihan jurusan kuliah yang tepat bagi anda adalah Oseanografi.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

5 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

1 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago