Umum

Jurusan S1 Hubungan Internasional, Ini Rekomendasinya!

Jurusan S1 Hubungan Internasional merupakan salah satu program studi yang populer dan banyak peminatnya. Banyaknya lulusan SMA yang memilih jurusan kuliah di perguruan tinggi negeri atau swasta ini mebuat persaingan menjadi tidak mudah. Apakah Anda termasuk yang berminat memilih jurusan Hubungan Internasional?

Meskipun termasuk jurusan kuliah yang populer namun masih banyak orang yang belum mengetahiui prodi Hubungan Internasional yang sering disingkat HI. Oleh sebab itulah, artikel kali ini akan menjelaskan secara lengkap tentang prodi Hubungan Internasional beserta apa saja yang dipelajarinya, prospek kerja dan universitas yang membuka jurusannya.

Jurusan S1 Hubungan Internasional

Mahasiswa dan mahasiswi jurusan S1 Hubungan Internasional akan belajar banyak tentang bagaimana suatu negara beserta aparat pemerintahan di dalamnya seperti staf Kemenlu dan diplomatnya dapat menjalankan pola dan sistem kerja dalam membangun hubungan yang baik dengan negara lain dalam pergaulan internasional.

Dari namanya saja sudah tergambar bahwa jurusan HI berkaitan dengan suasana hubungan negara pada level internasional lewat forum atau pertemuan penting. Temasuk lewat sidang di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Pendek kata, mahasiswa Hubungan Internasional akan  belajar mengenai cara membangun hubungan yang baik suatu negara dalam tataran dunia.

Ada sejumlah syarat masuk jurusan Hubungan Internasional yang harus dipenuhi. Secara umum ada beberapa materi kuliah yang akan dipelajari oleh mahasiswa S1 jurusan Hubungan Internasional yang perlu Anda tahu, seperti:

  1. Sejarah Hubungan Internasional
  2. Teori Politik Internasional
  3. Negosiasi dan Resolusi Konflik
  4. Ekonomi Internasional
  5. Strategi dan Tatakelola Strategis
  6. Studi Perang dan Damai
  7. Geopolitik dan Geostrategi
  8. Globalisasi dan Strategi
  9. Manajemen Strategik untuk Hubungan Internasional

Syarat Masuk Jurusan Hubungan Internasional

Untuk bisa masuk ke jurusan S1 Hubungan Internasional dibutuhkan beberapa persyaratan tertent. Beriut ini syarat masuk jurusan Hubungan Internasional yang wajib Anda tahu.

  1. Mempunyai keterampilan yang baik dalam berkomunikasi terutama terampil melakukan komunikasi berkaitan diplomasi dan negosiasi
  2. Mempunyai kemampuan analisa yang sangat baik
  3. Mampu berpikiran terbuka dan kritis
  4. Menguasai keterampilan berbahasa inggris secara baik secara lisan dan tulisan
  5. Mempunyai ketertarikan yang sangat tinggi terhadap isu global

Jurusan Hubungan Internasional Kerja Apa?

Sebenarya jurusan Hubungan Internasional kerja apa? Prospek kerja bagi lulusan jurusan HI sangat bagus. Mereka bisa bekerja di Kementerian Luar Negeri bagian diplomatik dan hubungan internasional. Bisa juga bekerja sebagai konsultan serta akademisi.

Beberapa pekerjaan dapat dilakoni oleh lulusan S1 jurusan Hubungan Internasional. Seperti  yang paling terkenal yaitu menjadi seorang diplomat.  Disamping itu, pekerjaan lainnya dapat dimasuki oleh lulusan prodi Hubungan Internasional seperti menjadi jurnalis, dosen, pegawai di organisasi internasional dll.

Untuk bisa masuk ke jurusan S1 Hubungan Internasional seseorang dituntut untuk menguasai bahasa inggris. Karena bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan internasional resmi yang diakui dan biasa dipakai sehari-hari di dalam tataran dunia.

Berapa Lama Kuliah Jurusan Hubungan Internasional?

Kuliah pada jurusan hubungan internasional program strata 1 atau S1 dapat ditempuh sebanyak 8 semester atau empat tahun. Adapun gelar bagi lulusan jurusan hubungan internasional banyak macam ragamnya tergantung universitas. Misalkan S.Sos, S.Hub.Int, S.H.Int, atau S.IP.

Untuk gaji bagi lulusan jurusan Hubungan Internasional bervariasi. Yang dimulai dari gaji Rp 4 juta sampai Rp 7 juta.  Seiring dengan bertambahnya pengalaman, membuat gaji akan semakin tinggi tentunya.

Universitas Dengan Jurusan Hubungan Internasional

Di tengah kebutuhan yang sangat tinggi dari kalangan pemerintahan dan swasta terhadap lulusan prodi Hubungan internasional membuat beberapa perguruan tinggi membuka jurusan HI.

Beberapa perguruan tinggi di Indonesia membuka program studi S1 jurusan Hubungan Internasional dari jenjang pendidikan S1, Magister hingga S3. Berikut ini beberapa universitas dengan jurusan Hubungan Internasional  (HI) yang wajib Anda tahu.

  1. Universitas Airlangga Surabaya
  2. Universitas Indonesia (UI) Depok
  3. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
  4. Universitas Muhammadiyah Malang
  5. Universitas Padjadjaran Bandung
  6. Universitas  Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta
  7. Universitas Pasundan
  8. Universitas Islam Bandung

Rekomendasi PTN Dengan Jurusan S1 Hubungan Internasional Akreditasi A di Indonesia

Salah satu yang diinginkan oleh mereka yang ingin mengambil jurusan Hubungan Internasional tentu ingin kuliah di kampus yang memberikan kualitas pembelajaran yang baik.

Berikut ini rekomendasi PTN dengan jurusan S1 Hubungan Internasional Akreditasi A di Indonesia yang perlu Anda perhatikan.

1.Universitas Indonesia

Universitas Indonesia merupakan universitas tertua dan paling tersohor di Indonesia dengan jurusan hubungan internasionalnya.

2.Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada berada di Yogyakarta yang dijuluki sebagai kota pelajar. Untuk meningkatkan kemampuan generasi muda soal hubungan internasional dan memenuhi kebutuhan pemerintah terhadap diplomat diadakanlah jurusan hubungan internasional di UGM.

3.Universitas Padjajaran

Rekomendasi PTN dengan jurusan S1 Hubungan Internasional Akreditasi A di Indonesia lainnya adalah Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung. Kampus ini bahkan termasuk universitas negeri di Jawa Barat yang menyediakan jurusan HI sejak lama.

Pada tahun 2011, jurusan Hubungan Internasional di universitas Padjajaran (UNPAD) Bandung mendapatkan akreditasi A dari BAN PT. Yang menjadikan UNPAD menjadi salah satu kampus favorit bagi mahasiswa mahasiswi yang ingin menimba ilmu pada jurusan Hubungan Internasional di Jawa Barat.

4.Universitas Jember

Universitas Jember membuka program studi Hubungan internasional akreditasi A yang cukup banyak diminati oleh para pelajar di Kabupaten Jember dan propinsi Jawa Timur. Kualitas pendidikan di jurusan hubungan internasional di Universitas Jember setara dengan  UGM, UI dan UNPAD yang sama-sama telah terakreditasi A.

5.Universitas Riau

Yang terakhir, perguruan tinggi negeri di Indonesia yang membuka jurusan S1 Hubungan Internasional dengan sudah mengantongi akreditasi A adalah Universitas Riau yang berada di Kepulauan Riau.

Universitas Jurusan Hubungan Internasional Terbaik di Indonesia

Mungkin ada banyak jurusan kuliah yang belum ada paham sama sekali terhadap jurusan tersebut. Semisal jurusan aktuaris atau jurusan hubungan internasional. Bagi anda yang ingin mengetahui jurusan hubungan internasional bahwasanya jurusan yang sering disingkat HI ini menjadi salah satu jurusan kuliah yang banyak peminat di kampus. Jurusan Hubungan Internasional  mempunyai prospek kerja yang sangat menjanjikan.

Ilmu politik merupakan induk dari disiplin pada jurusan hubungan internasional. Sehingga biasanya universitas dengan jurusan Hubungan Internasional berada dalam naungan Fakultas FISIP atau Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

Namun bagi mereka yang tertarik masuk ke jurusan hubungan internasional dalam pemilihan kampus terkadang kebingungan. Hal ini karena banyak kampus atau universitas swasta maupun negeri yang menyediakan jurusan hubungan internasional.

Para lulusan SMA sederajat yang berminat masuk ke jurusan hubungan internasional tentu memilih perguruan tinggi yang terbaik. Berikut ini beberapa universitas jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia yang bisa menjadi referensi pilihan Anda.

1.Universitas Gadjah Mada

Universitas Gadjah Mada menjadi salah satu kampus jurusan hubungan internasional terbaik di Indonesia. Hal tersebut membuat para peminat jurusan hubungan internasional lebih memilih UGM sebagai pilihan pertama dalam PTN yang hendak dimasukinya pada SBMPTN ataupun SNMPTN.

Akreditasi A telah disandang oleh jurusan hubungan internasional di UGM Yogyakarta sejak tahun 2014 sampai sekarang. Biaya kuliah jurusan hubungan internasional di UGM sangat terjangkau dengan biaya subsidi dari pemerintah.

2.Universitas Indonesia (UI) Depok

Di peringkat kedua, universitas yang mempunyai kualitas bagus di Indonesia dalam jurusan Hubungan Internasional adalah Universitas Indonesia (UI) Depok.

Sama seperti jurusan Hubungan Internasional di UGM yang telah meraih akreditasi A dari Lembaga Akreditasi Nasional BAN PT. Jurusan Hubungan Internasional di UI menjadi jurusan yang paling banyak diminati sesudah jurusan akuntansi.

3.Universitas Airlangga

Universitas Airlangga juga termasuk universitas jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia. Jurusan S1 Hubungan Internasional di Universitas Airlangga telah lebih dulu memiliki akreditasi A ketimbang di UI dan UGM.

Perguruan Tinggi Swasta Jurusan Hubungan Internasional

Setelah menjelaskan jurusan Hubungan Internasional kerja apa dan perguruan tinggi negeri yang membuka progrm studi  S1 Hubungan Internasional akreditasi A. Sekarang kita beralih ke daftar perguruan tinggi swasta yang membuka S1 prodi ini .

Berikut ini beberapa universitas jurusan Hubungan Internasional terbaik di Indonesia d kampus swasta yang juga banyak diminati di Indonesia,.

  1. Universitas Katolik Parahyangan (UNPAR) yang berada di kawasan Bandung
  2. Universitas Pasundan (UNPAS)
  3. Universitas Jenderal Achmad Yani (UNJANI)
  4. Universitas Paramadina Jakarta
  5. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Demikianlah penjelasan lengkap tentang jurusan S1 Hubungan Internasional. Sekarang anda yang menentukan sendiri apakah berminat untuk memasuki dan sudah sesuai bakat dan minat pada jurusan Hubungan Internasional? Atau apakah anda mau melanjutkan kuliah ke jurusan kuliah yang berbeda dari jurusan Hubungan internasional?

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago