Anak

Kartun Belajar Matematika dan Fungsinya untuk Anak

Kartun belajar matematika menjadi suatu media menarik yang akan membuat anak menjadi lebih semangat dalam mempelajari materinya. Metode ini tidak hanya diterapkan oleh sekolah saja, melainkan juga les privat Edumaster. Diantara banyaknya siswa, hampir keseluruhan menyukai animasi gambar jika dibandingkan hanya berisikan tulisan-tulisan saja pada buku yang dibacanya.

Apalagi jika penyajiannya itu sesuai dengan standarnya dan menarik, itu akan menjadi penyemangat tersendiri bagi anak. Ada banyak faktor yang menjadikan gambar kartun belajar matematika menjadi media favorit anak, salah satunya adalah mudah untuk dimengerti karena dianggap sebagai ilustrasi penyampai materi dan bisa dinikmati.

Fungsi Media Kartun Belajar Matematika

  • Pelajaran terlihat lebih menarik

Matematika selalu menjadi tantangan tersendiri bagi anak karena membutuhkan kecerdasan yang cukup untuk bisa menguasainya. Tentu saja hal ini membutuhkan solusi supaya semua anak dapat tertarik dengan materi-materinya dan bersemangat ketika dijelaskan oleh guru atau pembimbingnya.

Untuk itu terciptalah gambar kartun belajar matematika yang akan membantu dalam memberikan kesan menarik pada pelajaran tersebut. Nantinya pengaruh ini tidak hanya terletak pada semangat anak dalam mengikuti pembelajaran, namun juga pemikiran mereka untuk tidak menganggap matematika sebagai materi yang sulit.

  • Bahan materi bisa lebih jelas maknanya

Adanya media kartun belajar matematika sebagai pengisi dalam bahan materi akan membantu anak dalam memperjelas makna dari apa yang disampaikan oleh tenaga pengajar. Dengan begitu guru tidak perlu menjelaskan panjang dan lebar yang ujung-ujungnya siswa tidak mengerti karena sudah ada perwakilan gambar yang lebih singkat, padat, dan jelas.

  • Membuat metode pembelajaran bervariasi

Metode pembelajaran yang monoton juga dapat membuat anak bosan untuk terus mengikutinya. Oleh sebab itu cara terbaik guna menanggulanginya adalah memberikan selipan gambar yang menarik supaya menciptakan kondisi yang semata-mata tidak hanya komunikasi verbal saja namun juga ada animasi yang bermaksud memberikan kejelasan terhadap materi matematika.

  • Merangsang anak supaya berpikir dan beranalisa

Dalam dunia pendidikan anak tidak hanya dituntut untuk bisa mengerjakan soal dengan pikirannya saja, melainkan juga harus mampu untuk menganalisa suatu hal. Pasalnya semua ini akan sangat berpengaruh kepada anak ketika sudah dewasa nanti. Maka dari itu, sedikit menggunakan kartun belajar matematika dapat memberikan rangsangan supaya daya pikir dan analisanya bekerja dengan baik.

  • Membantu anak memahami materi secara sistematis

Umumnya setiap anak memiliki pemahaman terhadap materi yang berbeda-beda. Ada yang langsung cekatan untuk menerimanya dengan mudah, namun ada pula kriteria anak yang sulit dalam memahami penyampaian gurunya. Dalam kasus ini tentu saja pihak pendidiklah yang harus bisa memutar otak agar siswa-siswinya mudah memahami penjelasan darinya.

Dengan cara apa? Tentu saja menggunakan media ilustrasi gambar yang berwarna dan kombinasi. Selain menyenangkan hati anak ketika mengamati gambar tersebut, hal ini juga akan membantunya dalam memahami materi secara sistematis. Karena memang animasi-animasi yang disuguhkan mewakili satu makna pada setiap materi.

Tips Memilih Media Gambar Kartun Belajar Matematika untuk Anak

  • Validitas gambar

Validitas gambar kartun anak belajar matematika untuk anak yang berkualitas menunjukkan bentuk yang representative dengan penampilan pesan yang faktual dan teruji kebenarannya. Hal ini ditunjukkan supaya tidak terjadi miss komunikasi sehingga apa yang ditangkap oleh anak berbeda dengan materi yang diajarkan. Menurut ilmu pengetahuan adalah gambar bermaksud pengajaran yang tepat serta sahih.

  • Fotografi gambar harus memadai

Menggunakan kartun belajar matematika dengan fotografi gambar yang memadai haruslah menjadi pilihan yang diutamakan. Artinya dalam penyajian gambar harus pantas untuk menjadi pendukung proses pembelajaran yakni memperlihatkan bagian gagasan, informasi, dan konsep yang jelas. Dengan begitu anak tidak hanya berpaku pada model animasinya saja namun memahami makna yang tersirat di dalamnya.

  • Gambar harus memenuhi persyaratan artistik yang berkualitas

Dalam penyajian gambar kartun matematika haruslah memenuhi persyaratan artistik yang berkualitas, dimana setiap animasi satu dengan lainnya tidaklah sama. Adapun kriteria yang terbaik meliputi pewarnaan yang cukup efisien dengan pemakaian warna yang harmonis dan tidak kontras, komposisi yang baik, teknik pengambilan animasi yang terstruktur  dan lain sebagainya.

  • Menarik

Menarik atau bisa dikatakan memikat perhatian dari anak-anak merupakan gambar yang memiliki pusat minat yang baik. Hal ini tentu saja juga berkaitan dengan ilustrasi kehidupan dari anak-anak. Ada lima syarat yang dapat dijadikan acuan yakni sesuai dengan sudut seni, sederhana, autentik, memperlihatkan suatu aktivitas, dan ukurannya relatif.

  • Sesuai dengan umur

Untuk memilih gambar kartun anak belajar matematika untuk anak yang terbaik adalah bisa menyesuaikan dengan umurnya. Jika anak sudah masuk ke tingkat SD maka tidak usah terlalu glamour dan bermacam-macam jenis, cukup beberapa saja yang terpenting berisikan inti dari tujuannya. Namun apabila anak masih ada di TK  maka boleh-boleh saja untuk menampilkan gambar dengan aneka jenis bentuk agar mendorong motivasinya untuk belajar.

Ciri-Ciri Gambar Kartun Anak Belajar Matematika yang Baik

  • Bersahaja

Ciri-ciri gambar kartun anak yang baik adalah bersahaja. Artinya tidak terlalu rumit atau kompleks. Mengingat jika tujuan utama memberikan ilustrasi adalah membuat anak memperoleh garis besar akan tujuan pokok materi maka hal ini haruslah diperhatikan dengan baik.

  • Nyata

Ilustrasi atau gambar memanglah tidak harus menunjukkan kenyataan, namun akan jauh lebih baik lagi jika animasi ini dibuat seolah-olah benar-benar ada. Maksudnya bentuk yang digunakan ini sudah pernah ditemui anak dalam kegiatan sehari-harinya dan diberikan sedikit sentuhan supaya ada kesan artistiknya.

  • Sesuai dengan materi

Gambar belajar matematika kartun untuk anak yang berkualitas juga haruslah memperhatikan penempatannya. Artinya tiap materi diberikan ilustrasi yang berbeda supaya menjelaskan isian yang lebih spesifik. Jadi nantinya anak tidak akan merasa bingung ketika membuka materi tersebut.

  • Dapat dipegang oleh tangan

Ada beberapa orang yang mempunyai anggapan bahwa gambar merupakan suatu hal yang suci. Namun sebagai sebuah media pembelajaran gambar haruslah bisa dipegang ataupun diraba oleh tangan anak-anak. Dengan demikian anak bisa memberikan analisa dan tidak hanya berpusat pada satu titik saja yakni pelajaran verbal.

  • Tidak mengandung unsur yang buruk

Dalam dunia seni ada beberapa gambar yang terdapat unsur-unsur kurang baik seperti menyindir ataupun hal lainnya. Inilah gambar belajar matematika kartun yang tidak boleh ditampilkan kepada anak-anak karena dapat mempengaruhi mental dan pemikirannya. Tentu jika sampai ini terjadi maka yang menjadi korbannya adalah sikap serta perilaku anak di masa yang akan datang.

Itulah penjelasan mengenai kartun belajar matematika untuk anak yang dapat menjadi inspirasi supaya membangkitkan gairah siswa dalam belajar. Media ini bukanlah menjadi sesuatu yang baru bagi tempat belajar karena les privat matematika Edumaster juga menggunakannya untuk para anak yang menimba ilmu disana. Perlu diketahui juga bahwa bimbingan ini tidak hanya menekankan pada ilmu pengetahuan saja melainkan juga pelajaran kreativitas.

Les Privat

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

1 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago