Umum

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari raya. Akan tetapi, hal tersebut bukanlah halangan untuk tetap merayakan Idul Adha bersama dengan teman anda dengan suka cita. Kegiatan saat Idul Adha akan menjadi momen yang tidak ingin kita lewatkan walau hanya sebentar. Shalat yang dirayakan saat Idul Adha di masjid lebih baik daripada dilaksanakan di rumah. Tidak lupa untuk saling bermaaf-maafan setelah shalat.

Apa itu Hari Raya Idul Adha?

Sebelum kita membahas kegiatan saat Idul Adha, kita bisa dapat mempelajari apa itu Hari Raya Idul Adha. Kita sering menyebutkan Idul Adha dengan hari raya Idul Qurban. Karena hari tersebut merupakan peristiwa penting dalam sejarah bagi umat islam.

Pada zaman dahulu, Nabi Ibrahim mendapat perintah langsung melalui wahyu dari Allah SWT untuk menyembelih anaknya Nabi Ismail. Karena ketaatan Nabi Ibrahim untuk melaksanakan perintah Allah untuk menguji keikhlasannya. Sebagai seorang Nabi, Nabi Ibrahim patuh dan beriman atas perintah penciptanya sangat ikhlas dalam melaksanakan perintah untuk mengorbankan anaknya tersebut. Sesaat sebelum Ismail terpenggal, Allah mengganti tubuh Nabi Ismail dengan seekor domba. Dari saat itulah, Hari Raya Idul Adha biasanya disebut dengan Hari Raya Kurban. Hal yang menarik disini yaitu hewan kurban yang terdapat di setiap negara sangat berbeda.

Di daerah Timur Tengah, hewan yang biasa dikurbankan biasanya yaitu seekor domba ataupun unta. Berbeda dengan Indonesia yang biasa menjual kambing, domba ataupun sapi. Pada hari raya kurban ini menjadi kesempatan emas bagi para peternak atau penjual hewan kurban. Beberapa penjual menaikkan harga hewan kurban yang dijual dan sering dipamerkan di jalan yang sering dilewat dan dikunjungi banyak orang. Tidak mengherankan, menjelang Hari Raya Idul Adha, kita banyak melihat kambing atau sapi yang dipajang di pinggir jalan.

Untuk harga seekor kurban yang tersediapun sangatlah beragam. Dimulai dari Rp2,3 juta dan yang termahal hingga ratusan juta rupiah. Harga yang berbeda ini sangat tergantung dari berat dan ukuran hewan kurban tersebut. Pada pembagian hewan kurban akan dibagi menjadi 3 bagian yang sesuai dengan proporsinya yaitu satu porsi keluarga inti yang melaksanakan kurban, satu porsi untuk kerabat, tetangga dan sahabat dekat. Pembagian porsi terakhir merupakan yang terbanyak yaitu untuk para fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Kegiatan Saat Idul Adha yang Sering Dilakukan

Kegiatan saat idul Adha pada tahun ini yang berada pada tanggal 17 Juni 2024 yang bertepatan pada hari senin. Anda harus membuat rencana untuk merayakan hari libur pada hari raya ini pada jauh hari sebelumnya untuk menghindari kepadatan.

Berikut ini merupakan beberapa kegiatan saat Idul Adha yang dapat dilakukan agar berkesan yaitu 

1. Sholat Idul Adha Berjamaah

Kegiatan saat Idul Adha yang penting dilaksanakan setiap tahun ialah seluruh umat Muslim pergi ke Mesjid untuk melaksanakan ibadah Shalat Idul Adha dua rakaat pada pagi hari. Selain di Masjid terdekat, pelaksanaan Shalat Idul Adha dilaksanakan di lapangan yang cukup luas dengan seorang Imam yang memimpin ibadah shalat.

Pada hari libur ini anda dapat menggunakan kesempatan ini untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Maha Pencipta. Anda juga dapat melaksanakan ibadah dengan mengunjungi masjid terdekat atau beribadah shalat bersama dengan teman dan keluarga tercinta. Shalat Idul Adha biasa dilakukan pada pagi hari sekitar pukul 6.30 atau pukul 07.00 pagi, berbeda di setiap tempatnya.

2. Membantu Para Panitia Hewan Kurban di Masjid

Pada saat kegiatan Idul Adha, masyarakat sekitar berkumpul disekitar dengan berdiri untuk melihat proses penyembelihan hewan kurban yang merupakan hiburan tersendiri bagi mereka. Selain tidak akan dirasakan pada hari besar lainnya, prosesi ini juga mengajarkan kita tentang banyak hal.

Dimulai dari proses penyembelihan hewan kurban yang mungkin saja terlihat menyeramkan bagi beberapa orang yang menyaksikannya secara langsung hingga para warga sekitar yang berkumpul dengan mengantre untuk mendapatkan jatah hewan kurban. 

Daripada anda tidak mempunyai kegiatan saat libur hari raya, anda dapat mempertimbangkan dengan menjadi seorang panitia hewan kurban di masjid. Dengan mengikuti kegiatan saat Idul Adha dengan menjadi panitia hewan kurban, anda dapat membantu petugas kurban lain yang sukarela dalam membagikan dan memproses pemotongan daging kurban yang cukup banyak.

Selain membantu panitia kurban, dengan mengikuti kegiatan kurban ini anda dapat menjadikan amal ibadah untuk diri sendiri. Anda juga tidak perlu turut serta  dalam menyembelih hewan karena cukup berbahaya dan hanya dilakukan oleh profesional.  Dengan menjadi petugas panitia hewan kurban anda dapat bertanggung jawab mengatur orang yang berdatangan dan membagikan daging hewan kurban tersebut.

3. Melihat Hewan Kurban yang Disembelih

Kegiatan saat Idul Adha yang hanya dilakukan setahun sekali yaitu penyembelihan hewan kurban. Proses penyembelihan hewan kurban saat idul Adha sangat disukai oleh anak-anak yang penasaran dengan proses kurban hewan tersebut. Kamu dapat mengajak anak atau adik untuk menyaksikan proses penyembelihan hewan kurban dan mengajarkan mereka tentang sejarah serta arti berkurban dalam ajaran Islam.

Akan tetapi, psikolog menyarankan agar para orang tua sebaiknya tidak mengajak anak yang berusia di bawah 7 tahun dalam melihat proses kurban tersebut. Karena kegiatan tersebut dapat disalahpahami oleh anak usia di bawah 7 tahun. Kalaupun sang anak meminta dengan merengek untuk menonton proses penyembelihan hewan tersebut, keputusan terbaik ada di tangan orang tua.

Orang tua anak juga perlu menilai apakah sang anak mampu melihat proses penyembelihan tersebut. Apabila anak belum siap secara mental dapat menyebabkan sang anak tersebut mengalami ketakutan. Karena itu, peran orang tua juga penting untuk memberitahukan anak tentang proses kurban tersebut bukan untuk menyakiti hewan. Selain kebijakan tentang orang tua yang mengizinkan atau tidaknya anak untuk melihat proses penyembelihan hewan kurban. Orang tua juga perlu memberikan makna dan sejarah tentang pelaksanaan hewan kurban tersebut dari segi agama.

4. Mengolah Hasil Daging Kurban

Kegiatan saat Idul Adha ini juga merupakan salah satu kegiatan yang paling ditunggu yaitu mengolah hasil daging kurban. Karena mengolah daging hasil pemotongan kurban merupakan kegiatan yang menyenangkan untuk dilakukan bersama pasangan atau keluarga anda. Pada umumnya, hasil daging kurban tersebut akan diolah menjadi sate dengan memanggangnya bersama-sama, memasaknya menjadi gulai atau mengolahnya menjadi masakan khas Indonesia lainnya. Masakan yang dipilih biasanya merupakan makanan yang dapat dimakan secara beramai-ramai.

Waktu kumpul bersama keluarga ini juga dapat kamu gunakan untuk menanyakan kabar sesama untuk bersilaturahmi. Kamu juga dapat mencoba untuk bereksperimen dalam mengolah daging agar dinikmati secara bersama. Melakukan kegiatan ini dapat kamu lakukan dengan mengajak teman yang beragama lain. Selain meningkatkan nilai toleransi antar agama juga dapat memperkenalkan adat dan budaya baru dan menjelaskan makna dibalik kegiatan saat Idul Adha.

5. Menjalin Silaturahmi Kembali Bersama dengan Keluarga dan Teman

Kegiatan saat Idul Adha lain yang juga ditunggu ialah menjalin silaturahmi dengan teman dan keluarga. Kalau anda tidak memiliki tujuan pasti saat libur hari raya Idul Adha anda dapat mengunjungi rumah teman atau keluarga untuk menjalin silaturahmi dan menanyakan kabar keadaan mereka sekarang.

Dengan memanfaatkan liburan untuk berkumpul bersama orang terdekat seperti keluarga dan teman. Anda juga dapat menikmati hidangan makanan daging kurban bersama dan terasa menyenangkan.Jika kamu tidak bisa berpergian jauh, kamu bisa menghubungi mereka lewat aplikasi pesan ataupun melalui panggilan video. Dengan melakukan panggilan video bersama keluarga dan teman terdekat, anda tetap dapat menjalin silaturahmi dengan mereka dan saling bermaafan.

5. Mengunjungi Tempat Wisata

Kegiatan saat Idul Adha bagi yang tidak merayakannya dapat kamu manfaatkan dengan berlibur mengunjungi tempat wisata. Pastikan kamu juga memilih tempat wisata yang bagus dan menyenangkan untuk mengajak teman atau keluarga.

Banyak pilihan tempat wisata yang dapat kamu kunjungi seperti museum dan taman kota secara gratis. Dan tempat wisata lain yang berbayar seperti tempat bermain dan lainnya. Kamu juga dapat memilih tempat hiburan dengan mencarinya melalui agen travel ataupun agen pariwisata online. Dengan cara tersebut, kamu dapat mengajak keluarga atau teman untuk menikmati liburan tanpa harus memikirkan biaya. Mengunjungi tempat wisata yang belum pernah anda kunjungi ataupun tempat wisata masa kecil dapat membangkitkan memori tentang kenangan bersama keluarga dulu.

6. Berbagi Daging Kurban ke Sesama

Kegiatan saat Idul Adha selain kita mengolah dan memasak daging kurban dengan kumpul bersama keluarga, setelah proses penyembelihan daging kurban selesai, kamu juga dapat berbagi daging kurban ke sesama. Kegiatan saat Idul Adha dengan berbagi kepada sesama ini biasa yang dilakukan oleh panitia masjid dan telah selesai melakukan proses penyembelihan hewan kurban dengan membantu aktivitas membagikan daging kurban tersebut.

Selain kita membantu dalam berbagi daging kurban dan panitia masjid yang dapat anda bagikan daging kurban sendiri. Selain memperoleh pahala dan amal baik, kegiatan ini juga meningkatkan tali silaturahmi kepada sesama. Daging kurban yang dibagikan harus kepada pihak atau orang yang membutuhkan seperti kaum duafa, anak-anak yatim, piatu atau keduanya, serta para janda yang membutuhkan bantuan.

7. Me Time atau Luangkan Waktu Sendiri

Kegiatan lain saat Idul Adha dengan meluangkan waktu sendiri. Walaupun kamu disarankan untuk berkumpul dengan keluarga atau teman, jangan lupa untuk meluangkan waktu untuk diri sendiri beristirahat. Dengan melakukan apa yang kamu suka sendirian, ini dapat kamu manfaatkan dengan beristirahat di tengah padatnya pekerjaan yang menyita banyak waktu. Di sela-sela kegiatan silaturahmi, menyembelih hewan kurban, dan memasak hidangan khas Idul Adha, sempatkanlah untuk menikmati momen kedamaian dan ketenangan. Kamu dapat berjalan sendirian di taman, nonton film favorit ataupun hanya tidur untuk beristirahat.

Berbagai kegiatan saat Idul Adha dapat dilakukan untuk memeriahkan momen istimewa ini. Sholat Idul Adha di masjid bersama keluarga dan kerabat, mendengarkan khotbah Idul Adha yang mencerahkan, dan menyembelih hewan kurban merupakan kegiatan inti yang tak boleh dilewatkan. Selain itu, berbagai kegiatan lain seperti lomba shalawat, bazar, dan silaturahmi antar keluarga juga dapat dilakukan untuk menambah kesemarakan Idul Adha. Demikian pembahasan mengenai kegiatan saat Idul Adha yang dapat kamu lakukan agar berkesan. Semoga artikel tersebut dapat bermanfaat dan membantu menambah wawasan anda. Kamu sedang bingung mencari solusi tambahan untuk anak? Ikuti bimbingan les privat Edumaster yang merupakan solusi terbaik untuk anak anda dalam membantunya dengan program belajar yang terstruktur rapi dan memiliki guru yang berpengalaman di bidangnya.

Januar

Recent Posts

Mengenal Penemu Jam: Sejarah dan Perkembangannya

Tampaknya aneh untuk berpikir bahwa penemu jam adalah orang yang jarang dipikirkan orang, namun ada…

3 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Jerman: Kenapa Penting, Tahapan Awal, dan Metode Belajar yang Cocok

Kenapa Belajar Bahasa Jerman? Dengan belajar Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh…

9 jam ago

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

1 hari ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

1 hari ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

1 hari ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

2 hari ago