Umum

Kegiatan Saat Libur Sekolah yang Bisa Dilakukan Anak

Siapa sih yang tidak senang dengan masa libur sekolah? Setiap anak sekolah dari jenjang PAUD, TK, SD dan SMP serta SMA  pastinya akan sangat senang dan gembira menghadapi masa-masa liburan. Apalagi jika waktu liburannya yang panjang. Seperti liburan pasca kenaikan kelas atau liburan saat puasa dan lebaran. Hal tersebut sudah ditentukan oleh pemerintah sesuai jadwal kegiatan pembelajaran di sekolah.

Terbayang di mata seorang anak akan banyak hal yang bisa dilakukan oleh seorang anak di masa liburan yang panjang. Seperti bermain dengan teman sebayanya. Contoh bermain kelereng, bermain layangan, bermain catur, monopoli, ataupun berkunjung ke rumah kakek atau nenek di kampung.

Salah satu cara paling mudah untuk mengisi waktu liburan anak sekolah adalah dengan memberikan kebebasan pada anak untuk menekuni hobinya. Misalkan menonton film kartun yang mendidik atau hobi anak memancing maka orangtua bisa menemani anak.

Jika hobi anak camping maka orangtua bisa menemani anak camping di suatu tempat yang menyenangkan. Pendek kata, mengisi waktu libur sekolah anak yang panjang bisa dilakukan dengan membiarkan anak melakukan hobinya yang positif.

Libur Sekolah

Dalam mengisi waktu liburan sekolah tidak melulu harus dilakukan di luar rumah. Di dalam rumah pun sang anak bisa melakukan kegiatan seru dan mengasyikkan untuk mengisi waktu liburan yang panjang. Misalkan dengan menekuni hobi baru anak di dalam rumah. Seperti hobi melukis atau menggambar, hobi menulis, hobi bernyanyi dan lain-lain.

Akan tetapi, kenyataannya sang anak akan mudah merasa jenuh berada di dalam rumah dalam mengisi liburannya. Maka inisiatif mengisi liburan sekolah disamping dengan berdiskusi dengan anak sendiri  bisa juga dari orangtua.

Ada banyak cerita liburan sekolah. Yang paling mudah dan umum biasanya yang dilakukan oleh orangtua adalah dengan mengajak anaknya piknik ke tempat wisata yang seru dan menarik serta menghibur di daerah terdekat. Karena di setiap kota atau daerah pastinya memiliki objek wisata tertentu yang seru bagi anak-anak dalam mengisi libur sekolah.

Kegiatan Saat Libur Sekolah  Yang Bisa Dilakukan Anak

Untuk mengisi liburan sekolah anak di luar rumah bisa memberikan kesempatan anak main hujan-hujanan saat turun hujan gerimis ataupun lebat. Namun pastikan keselamatan anak terjamin aman. Oleh sebab itu, orangtua mesti mengawasi tingkah laku anak. Sang anak tentu akan senang dengan bermain hujan-hujanan. Apalagi ditemani dengan teman-teman sebayanya.

Berikut ini beberapa kegiatan yang bisa dilakukan oleh seorang anak dalam mengisi waktu liburan sekolah yang panjang maupun pendek, antara lain :

1.Merawat hewan piaraan

Salah satu cara yang bisa dilakukan oleh anak sekolah dalam mengisi waktu liburan di rumah adalah memelihara binatang. Seperti burung, ayam, tikus putih, kelinci, ikan dan lain sebagainya.

Orangtua bisa memberikan pada anak hewan piaraan yang disukai anak. Biarkan anak yang memberiikan pakan dan minum pada binatang tersebut. Hal tersebut bermanfaat bagi anak dalam mengisi waktu luang dengan kegiatan positif sekaligus meningkatkan kepedulian dan kecintaan anak pada makhluk hidup di sekitar. Cara ini sangat cocok diberikan pada anak laki-laki.

2.Menanam tumbuhan untuk dipelihara

Cara kedua yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan sekolah adalah mengajak anak bertani atau bertanam tumbuh-tumbuhan tertentu yang bermanfaat bagi kebutuhan di dapur. Misalkan tanaman singkong, bawang, mentimun, sosin, kol, kacang tanah, jagung dan lain-lain.

Anda bisa memberikan pengajaran pada anak cara menanam tumbuhan beserta cara perawatan setiap hari. Hal tersebut pastinya akan bermanfaat bagi anak untuk meningkatkan sikap disiplin dan kecintaan anak terhadap lingkungan alam yang hijau.

3.Main air

Kegiatan ketiga yang dapat dilakukan oleh seorang anak dalam mengisi waktu libur sekolah adalah mengajak anak membersihkan sepeda motor atau mobil sambil bermain air. Hal itu akan membuat anak akan senantiasa riang gembira saat mencuci mobil atau motor sambil memainkan air.

Untuk lebih menyenangkan bagi anak maka anda bisa menyediakan kolam air atau pistol air  bagi anak tercinta untuk bermain yang terbuat dari bahan plastik.

Cara Mengisi Liburan Sekolah Yang Bermanfaat

Setelah melakukan berbagai aktifitas mengisi liburan dan anak masih merasa bingung untuk melakukan aktifitas liburan lainnya yang lebih seru maka orangtua bisa mengajak anak untuk berdiskusi bersama.

Diskusi berkaitan dengan membuat daftar kegiatan yang seru dan mengasyikkan yang bisa dilakukan oleh anak di masa liburan. Berikut ini beberapa  cara mengisi liburan sekolah yang bermanfaat bagi anak.

1.Belajar sambil bermain

Kegiatan belajar sambil bermain seperti membuat karya seni berupa craft dan art maupun kerajinan tangan dari bahan yang mudah ditemukan di sekitar rumah.

2.Memainkan alat musik

Hal berikutnya cara mengisi liburan sekolah yang bermanfaat bagi anak adalah belajar alat musik tertentu. Seperti gitar.

3.Mempelajari bahasa asing sambil bermain

Cara selanjutnya yang bisa dipergunakan mengisi waktu libur adalah dengan belajar bahasa asing. Ada banyak aplikasi di internet yang bisa anak anda unduh dan mainkan di hp untuk belajar bahasa asing.

Yang Harus Dilakukan Saat Libur Sekolah

Dalam memberikan kesempatan bagi anak mengisi waktu libur sekolah dengan kegiatan positif maka sebagai orangtua bisa mengarahkan anak pada berbagai kegiatan positif yang bermanfaat bagi anak.

Namun jika sang anak kebingungan dalam melakukan aktifitas liburan tersebut maka orangtua bisa memberikan inspirasi ide kegiatan liburan anak-anak di rumah maupun luar rumah. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan saat libur sekolah.

1.Mengisi waktu liburan dengan kegiatan yang aman

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, orangtua bisa memberikan pengertian pada anak tentang  beberapa kegiatan yang boleh dan yang tak boleh dilakukan oleh anak dalam mengisi waktu libur sekolah.

Seperti melarang anak untuk mengisi liburan dengan berenang di air sungai yang dalam. Karena hal tersebut bisa mengakibatkan kecelakaan. Apalagi anak belum bisa berenang.

2.Memperhatikan waktu dengan baik

Hal yang tak boleh dilupakan oleh orangtua adalah mengingatkan pada anak untuk berhenti bermain pada saat waktu bermain selesai. Ketika selesai bermain maka sang anak bisa beristirahat atau tidur di rumah maupun makan dan beribadah.

3.Tetap mengerjakan PR dan membaca

Berikutnya yang harus dilakukan saat libur sekolah adalah tetap membaca. Karena hal itu akan lebih meningkatkan keterampilan anak membaca dan menambah ilmu dan wawasan anak. Anda bisa memberikan buku pada anak yang disukai anak untuk dibaca seperti buku mata pelajaran yang disukainya, buku cerita, novel, buku dongeng, dan buku lainnya yang diminati anak.

Cerita Liburan Sekolah

Pada waktu usai mengisi waktu libur sekolah dengan berbagai kegiatan maka biasanya sang anak suka menceritakan pengalamannya ketika sedang menjalani liburan kepada teman-teman sebayanya.

Misalkan sang anak menceritakan kegiatan barunya yang ia tekuni semenjak libur tahun baru. Contoh pengalamannya bermain roller coaster, main sepeda, bermain lumpur di sawah dan lain-lain.

Yang paling umum cerita liburan sekolah yang disampaikan oleh anak-anak dalam bentuk lisan maupun tulisan adalah pengalaman tentang hobinya. Contohnya sang anak yang suka main piano menceritakan pengalamannya bermain alat musik piano. Atau anak suka menggambar maka akan menceritakan pengalaman yang menyenangkan ketika menggambar.

Sebagai orangtua tentunya memastikan liburan anak tercinta diisi dengan berbagai kegiatan anak yang positif di dalam rumah maupun luar rumah. Seperti membersihkan rumah, memberikan makanan hewan piaraan, merawat kembang atau bunga, dll. Karena itu akan bermanfaat bagi perkembangan anak dan sang anak akan mempunyai banyak kenangan dan bahan cerita dengan pengalaman menarik saat libur sekolah.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

4 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago