Tak jarang orang tua kerap melakukan kesalahan dalam mendidik anak usia dini. Hal ini karena dalam prakteknya ada berbagai kendala dan hambatan untuk mendidik dengan cara yang baik. Karena itu kesalahan ini sebaiknya segera dihentikan karena akan berdampak buruk saat anak tumbuh dewasa.

Sudah menjadi keharusan bagi orang tua untuk mendidik anaknya secara baik dan benar. Hal itu membuat mereka berusaha mencari cara mendidik anak dengan cara yang baik dan benar agar tumbuh kembang anak berjalan baik tanpa gangguan.

Setiap orang tua tentu mempunyai pola didik tersendiri bagi anak tercintanya. Hal tersebut biasanya berdasarkan pengalaman dan pengetahuan yang dimilikinya. Namun terkadang pola didik yang diterapkan kepada anaknya sangat salah atau keliru. Tentu hal tersebut harus diperbaiki sesegera mungkin agar perkembangan anak bisa tumbuh sehat secara fisik dan psikis.

mendidik anak usia dini

Teknik dan cara mendidik anak yang terdapat pada setiap keluarga berbeda-beda. Ada yang melakukan pola didik pada anak secara salah atau belum tepat. Hanya sebagian kecil saja orang tua mampu memberikan pendidikan pada anak secara baik dan benar. Selebihnya lebih banyak orang tua yang keliru atau melakukan kesalahan dalam mendidik anak usia dini.

Setiap orang tua mesti melakukan intropeksi diri dalam membesarkan dan  mendidik anak-anaknya telah dijalankannya sudah benar atau tidak. Didikan orang tua pada anak yang tidak benar bukan hanya merusak perkembangan psikis anak. Kesalahan ini juga dapat mengganggu kesehatan mental anak ke depannya terutama ketika remaja dan dewasa.

Kesalahan Dalam Mendidik Anak Usia Dini

Setiap orang tua tentunya berharap mempunyai anak dengan sikap dan karakter yang baik saat dewasa. Untuk mencapai semua itu tentu membutuhkan proses dan upaya mendidik anak secara baik dan benar serta diarahkan agar sesuai dengan yang diharapkan oleh orang tua.

Namun pada kenyataannya mendidik anak secara baik dan benar sesuai harapan tidak semudah seperti yang diucapkan. Pada kondisi tertentu disadari atau tidak orang tua sering melakukan kesalahan dalam mendidik anak. Hal tersebut tentunya bisa menjadi bumerang bagi orang tua.

Alih-alih mendapatkan anak dengan sikap dan sifat atau karakter yang orang tua inginkan. Justru sang anak bertingkah laku tidak baik, tak sopan, perilaku buruk dan tidak etis lainnya yang tidak sesuai dengan keinginan orang tua.Hal itu terjadi karena umumnya sikap salah orang tua dalam mendidik anak sejak usia dini.

kesalahan dalam mendidik anak

Bagi pasangan pengantin yang baru menikah kemudian melahirkan seorang anak bayi hingga balita tentu akan merasasakan bingung dan kesulitan dalam mendidik anak sejak usia dini. Hal tersebut bisa karena kurang pengalaman dan kekurang pengetahuan mereka terhadap cara mendidik anak yang benar.

Tentang beberapa kesalahan yang dilakukan orang tua dalam mendidik anak perlu diketahui secara baik oleh anda. Hal tersebut sebagai bahan pembelajaran. Beberapa kesalahan utama yang sering dibuat oleh orang tua dalam mendidik anak mereka yaitu memaksakan kehendak maupun dengan memberikan terlalu banyak pilihan.

Sang anak yang diberikan banyak pilihan akan membuat anak bingung dan tidak percaya diri. Anda bisa memberikan pilihan pada anak tapi tidak memaksanya. Biarkan anak menentukan pilihannya dan pastikan pilihan itu terbaik bagi anak. Tugas orang tua adalah memberikan arahan dan bimbingan.

Kesalahan yang sering dilakukan orang tua lainnya pada anak adalah memanjakan anak dan memberikan imbalan atas setiap perbuatan baiknya. Hal tersebut bisa membuat anak kecanduan dan tidak mendidik anak dengan baik. Hanya menjadikan anak menjadi pemalas dan peminta-minta.

Kesalahan Orang Tua Dalam Mendidik Anak

Sangat besar dampak negatifnya jika seorang anak sejak usia dini sudah mendapatkan perlakuan dan didikan yang tidak tepat dari orang tuanya. Sang anak dapat jauh dari harapan orang tuanya. Justeru sang anak akan kesulitan dalam mengembangkan bakat dan minatnya.

Oleh sebab itu, setiap orang tua harus memastikan bahwa selama ini telah melakukan didikan yang baik pada anaknya dan tidak melakukan kesalahan dalam membesarkan anak-anaknya.

mendidik anak dengan kekerasan

Berikut ini beberapa kesalahan dalam mendidik anak usia dini yang sering dilakukan oleh orang tua, baik disadari atau tanpa disadari.

1.Suka berbicara pada anak dengan kalimat-kalimat yang kasar

Dalam hubungan antara orang tua dan anak terkadang terjadinya hubungan yang tidak harmonis. Seperti sang anak melakukan perbuatan yang menjengkelkan orang tua atau karena orang tua stres kerja. Contohnya sang anak sukar sekali diatur oleh orang tua.Yang pada akhirnya orang tua jadi kesal dan marah dengan mengeluarkan kata-kata makian yang sangat kasar.

Orang tua yang suka mengeluarkan kata-kata kasar pada anak secara tak langsung dapat merusak psikis dan mental  anak. Apalagi sampai mengutuk anak. Karena setiap perkataan orang tua adalah doa bagi anaknya. Jika orang tua marah dan mengeluarkan kata yang mengutuk anak maka doa itu akan mewujud pada anak itu sendiri.

Oleh sebab itu, mengeluarkan kata yang baiklah pada anak. Jangan sampai mengeluarkan kata kasar pada anak. orang tua yang berbicara kasar pada anaknya akan membuat sang anak merasa dirinya sudah tidak dicintai dan disayangi lagi oleh orang tuanya.

2.Suka membandingkan anak dengan orang lain

Kesalahan dalam mendidik anak usia dini berikutnya yang dapat menyakiti hati anak adalah orang tua suka melakukan perbandingan antara anaknya dengan anak orang lain. Seperti dalam ruang lingkup anak keluarga, saudara dan tetangga.

Hal itu bukan langkah bijak dalam mendidik anak bahkan sebuah kesalahan besar dalam alur mendidik anak. Anda bisa menghentikan segera jika anda sering melakukan hal demikian.

kesalahan dalam mendidik anak usia dini

Mungkin akibat kesal terhadap perilaku anak, orang tua melakukan perbandingan anak orang lain dengan anaknya sendiri. Semua itu dilakukan mungkin bertujuan baik agar sang anak menyadari kesalahan dan dapat memperbaiki sikapnya sesegera mungkin.

Tapi kenyataannya suka membandingkan anak dengan orang lain adalah kesalahan besar dalam mendidik anak usia dini. Karena hal tersebut akan mengakibatkan sang anak semakin turun rasa percaya dirinya dan memudahkan sang anak menjadi murung  dan rendah diri.

3.Memarahi anak dan membentak anak di depan khalayak umum

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua dalam mendidik anaknya yang masih usia dini adalah membentak dan memarahi anak usia dini di depan orang banyak. Membentak anak saja sudah tak baik. Apalagi memarahi dan membentak anak di depan banyak orang.

Hal itu bisa menimbulkan luka bekas yang tak menyenangkan secara mendalam tentang perlakuan orang tua terhadapnya dan bisa memunculkan perasaan dendam untuk melakukan kekerasan sama seperti orang tuanya.

4.Mengatur anak

Kesalahan yang sering dilakukan oleh orang tua lainnya adalah bersikap sok mengatur hidup anak sesuai keinginan orang tua. Hal tersebut membuat ruang kebebasan anak tertutup rapat, begitu pula dalam soal kreatifitas. Misalkan memaksa anak mengikuti kelas les privat atas suatu bidang atau mata pelajaran yang tak disukai anak.

Memaksakan keinginan orang tua pada anak akan membuat anak merasa tidak nyaman dengan kehidupannya dan apa yang dilakukannya selama ini. Pada akhirnya dalam jangka panjang sang anak bisa mengalami stres hingga depresi berat yang berkepanjangan yang dapat merusak kesehatan tubuhnya.

5.Senantiasa menuntut anak untuk memperoleh nilai yang baik

Kesalahan orang tua yang sering tidak disadarinya dalam mendidik anak adalah selalu menuntut anak untuk mendapatkan nilai yang terbaik di sekolahnya. Hal tersebut memberikan beban pada anak untuk melakukan hal tersebut.

kesalahan mendidik anak-anak

Maka berbagai upaya akan dilakukan oleh anak untuk mendapatkan nilai yang baik sesuai keinginan orang tuanya. Yang paling berbahaya adalah jika anak melakukan cara curang untuk mendapatkan nilai baik di sekolah. Seperti dengan menyontek.

Tuntutan orang tua pada anak seperti nilai hasil ujian harus paling bagus hanya akan membuat sang anak bisa menjadi stres dalam jangka waktu panjang.  Jika anda melakukan hal demikian maka anda bisa segera menghentikan kebiasan buruk itu pada anak dengan pembelajaran yang inovatif..

Alih-alih mendidik anak secara baik, tuntutan pada anak berupa nilai ujian yang akan dihadapi yang harus bagus akan membuat  sang anak akan mengalami depresi dan tidak nyaman.

Cara Mendidik Anak Yang Baik Tanpa Kekerasan

Menjadi orang tua yang baik dan  bijak bagi anak tidaklah sulit. Anda sebagai orang tua bisa mendapatkan berbagai tips dan cara menjadi orang tua baik dalam mendidik anak usia dini di sejumlah majalah dan artikel parenting di internet atau website.

kesalahan mendidik anak

Namun seiring bertambah umur anak pastinya orang tua akan kesulitan dalam mendidik anak. Kesalahan dalam mendidik anak usia dini kadang dilakukan oleh orang tua secara disadari maupun tidak disadari.

Oleh sebab itu, setiap orang tua bisa menempuh berbagai cara mendidik anak usia dini dengan baik. Berbagai pengetahuan dan keterampilan pendidikan berkarakter perlu dikuasai orang tua secara baik. Misalkan orang tua hendaknya menahan marah secara baik dan tenang  pada anaknya apabila didapatkan terjadinya perilaku anak yang tidak menyenangkan hati.

Tantangan besar bagi setiap orang tua yang mempunyai anak nakal dan bandel serta sulit diatur. Dibutuhkan keterampilan khusus untuk mendidik anak bandel. Namun disamping sifat bandel seorang anak tentu saja ada sisi positifnya. Misalkan anak bandel umumnya memiliki sifat dan pendirian yang teguh.

Berikut ini tips mendidik anak yang baik, bandel tanpa kekerasan yang sebaiknya Anda tahu.

1.Bersikap tenang dalam pembagian tugas

Dari hari ke hari, tugas dan kewajiban orang tua dalam keluarga akan semakin bertambah besar dan banyak. Baik itu peran dan kewajiban seorang istri maupun suami. Apalagi orang tua atau suami isteri yang memilih bekerja di kantor ditambah lagi mempunyai anak lebih dari satu. Pembagian tugas di rumah tangga harus dilakukan secara efektif.

cara mendidik anak usia dini

Permasalahan mengurusi anak, mendidik anak usia dini serta membiayai dapur rumahtangga menjadi permasalahan tersendiri bagi setiap orang tua. Tak ayal menghadapi permasalahan tersebut membuat orang tua menjadi stres dan mendapatkan tekanan batin. Oleh sebab itu, dibutuhkan sikap tenang sebagai tips dasar untuk mendidik anak yang baik dan benar.

2.Tidak memarahi anak di depan publik

Tips mendidik anak usia dini adalah kebalikan dari kesalahan dalam mendidik anak usia dini.  Salah satunya orang tua jangan pernah mencoba untuk memarahi anak di depan umum. Karena dampak negatif buruk pada anak sangat besar. Seperti dalam segi kesehatan. Dimana syaraf kognitif pada anak bisa rusak.

Dampak lainnya juga bisa terjadi pada mental atau psikis anak. Anak akan menjadi  pribadi rendah diri dan malu di depan banyak orang. Cara mendidik anak yang terbaik adalah dengan memberikan kasih sayang pada anak.

Jangan biarkan anak anda hilang rasa percaya dirinya dengan memarahi anak di depan orang lain. Berilah sang anak pujian dengan rasa cinta yang tulus agar anak tumbuh sehat dan cerdas dengan dipenuhi kasih sayang.

Marah pada anak di depan umum tidak dibenarkan. Hal itu pula tidak menyelesaikan masalah dan termasuk kesalahan dalam mendidik anak usia dini. Apabila anda sebagai orang tua hendak marah  pada anak maka dipikirkan matang-matang. Pastikan marah dapat dikontrol secara baik dengan mengeluarkan kata-kata yang baik dan doa-doa yang baik pada anak.