Umum

Keterampilan yang Harus Diajarkan Ketika Anak Berumur 10 Tahun

Apa saja keterampilan yang harus diajarkan ketika anak berumur 10 tahun? Kebanyakan orang tua tidak mengetahui hal ini. Padahal tantangan jaman yang semakin maju dan kompetitif menuntut ketrampilan tertentu agar anak-anak mampu untuk menghadapinya.

Setiap anak tumbuh kembang dari waktu ke waktu. Seiring bertambahnya usia,  maka keterampilan yang dimiliki anak akan makin banyak. Namun orang tua tentunya perlu mempersiapkan dengan baik agar kemampuan dan keterampilan yang dimiliki anak sesuai dengan usia maupun tantangan jaman.

Menjadi kewajiban orang tua dalam segi pola asuh dan pendidikan anak. Namun pendidikan bagi anak bukan hanya dilakukan di sekolah secara formal. Tapi orang tua juga perlu memberikan pendidikan secara non formal di rumah. Misalkan pemberian bekal keterampilan yang bisa dimiliki oleh anak. Yang sangat bermanfaat kelak bagi anak.

Dalam menerapkan pola asuh pada anak dapat dibilang gampang-gampang susah. Ada orang tua yang menerapkan pola asuh yang keliru. Sebagian lagi menerapkan pola asuh yang benar. Contohnya saja dalam pemberian kasih sayang.

Seringkali orang tua berusaha memberikan kasih sayang pada anak dengan baik. Tapi cara yang dilakukan orang tua kadang tidak benar. Ini akan membuat anak senantiasa dimanjakan dengan sikap orang tua tersebut. Alih-alih menjadi anak mandiri. Justru tindakan orang tua hanya membuat anak semakin manja yang malah menjadi kesalahan dalam mendidik anak.

Memang sangat tipis antara sikap orang tua yang memberikan kasih sayang pada anak dengan sikap orang tua memanjakan anak. Orang tua harus mampu membuat anak mandiri. Manja adalah sikap anak yang kurang baik. Hal itu biasanya dipicu oleh kebiasaan sehari-hari anak yang kurang baik.

Keterampilan Yang Harus Diajarkan Ketika Anak Berumur 10 Tahun

Peran penting orang tua adalah membentuk anak agar bersikap mandiri. Misalkan pada usia tertentu, orang tua bisa mengajarkan beberapa keterampilan pada anak. Semua itu dilakukan agar anak bisa lebih bersikap mandiri.

Ada dua hal yang bisa dilakukan oleh orang tua pada pola pengasuhan kepada anak tercinta. Seperti memanjakan anak atau memberikan keterampilan yang harus diajarkan ketika anak berumur 10 tahun. Ini penting sebagai bekal agar anak bisa hidup mandiri. Kasih sayang orang tua dengan memanjakan anak secara berlebihan adalah sebuah tindakan salah. Yang hanya membuat anak semakin tidak mandiri.

Sebuah kebahagiaan orang tua melihat anaknya bisa bersikap secara mandiri sesuai umur anak. Namun semua itu tentu memerlukan didikan yang baik dari orang tua.

Keterampilan Yang Perlu Diajarkan orang tua Ketika Anak Berumur 10 Tahun

Hal yang diharapkan orang tua kepada anaknya adalah sang anak bisa tumbuh besar secara pintar dan sehat serta mandiri. Kecerdasannya berkembang dari segi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Sang anak bisa semakin terampil dalam memecahkan masalah dan mengambil keputusan yang tepat.

Pola asuh yang tepat pada anak perlu diperhatikan oleh setiap orang tua. Pola asuh yang tepat, baik dan benar akan sangat berguna bagi perkembangan anak di masa dewasanya.

Salah satu pola asuh yang kadang dilakukan oleh orang tua adalah mengerjakan pekerjaan anak. Misalkan membantu anak dalam merapikan tempat tidur sampai menyelelesaikan PRnya. Yang padahal semua itu merupakan tugas dan kewajiban anak.

Sikap orang tua yang selalu mengerjakan pekerjaan anak maka secara tak langsung bisa berakibat buruk bagi perkembangan anak. Anak tidak terlatih untuk bersikap mandiri. Ketika remaja atau dewasa, anak akan kesulitan untuk bersikap mandiri. Oleh sebab itu, sejak dini semisal pada saat anak usia 10 tahun, orang tua bisa mengajarkan kepada anak  beberapa keterampilan yang melatih sikap mandiri anak.

Orang tua hanya bertugas mengawasi dan membimbing anak agar bersikap mandiri dalam mengerjakan suatu hal. Segala tugas dan pekerjaan yang menjadi kewajiban anak maka  wajib dilakukan oleh anak tanpa bantuan orang tua.

Berikut ini beberapa kemampuan ataupun keterampilan yang perlu diajarkan orang tua ketika anak berumur 10 tahun yang bisa Anda lakukan.

1.Keterampilan mencuci pakaian

Keterampilan mencuci pakaian adalah keterampilan pertama yang bisa diajarkan oleh orang tua pada anaknya yang sudah mencapai umur 10 tahun. Keterampilan ini sangat penting bagi keperluan anak di masa depan. Contohnya ketika anak sudah remaja hingga kuliah maka anak bisa belajar bersikap mandiri dengan mencuci pakaian oleh tangan sendiri. Apalagi saat mahasiswa yang mengharuskan anak berada di tempat kost.

Keterampilan mencuci pakaian pada anak membuat anak terampil dan terlatih dalam cuci pakaian. Hingga dewasa, anak tak akan kesulitan dalam mencuci pakaian. Ia lebih menghemat uang dengan memilih mencuci pakaian sendiri ketimbang menggunakan jasa laundry.

2.Keterampilan menyiapkan makanan

Keterampilan yang harus diajarkan ketika anak berumur 10 tahun berikutnya adalah keterampilan menyiapkan makanan. Orang tua bisa melatih anak untuk membuat makanan. Seperti nasi goreng, sandwich, burger, masak mie rebus, menggoreng ikan, memasak telor, pizza dan lain-lain. Namun pengawasan orang tua pada anak mesti tetap dilakukan untuk menghindarkan hal yang tidak diinginkan.

3.Keterampilan memecahkan masalah sendiri

Orang tua juga penting untuk mengajarkan kemampuan menyelesaikan masalah anak sendiri sebagai keterampilan yang perlu diajarkan orang tua ketika anak berumur 10 tahun. Hal tersebut berguna untuk kepentingan anak dalam menghadapi masalahnya secara mandiri.

4.Membuat dan membungkus kado

Berikutnya keterampilan yang perlu diajarkan oleh orang tua pada anaknya yang sudah berusia 10 tahun adalah kemampuan mengemas kado. Sehingga tampil menarik yang berguna untuk segala keperluan seperti memberikan kado sebagai hadiah ulang tahun.

Kemampuan Dasar Yang Perlu Dimiliki Anak Umur 10 Tahun

Seorang anak memerlukan bekal pengetahuan dan keterampilan dalam hidupnya. Hal tersebut agar sang anak mampu dalam menjalani hidup dengan penuh ceria dan bahagia. Karena menghadapi  masa dewasanya kelak bagi seorang anak tidak mudah.

Ada beberapa kemampuan dan keterampilan dasar yang perlu dimilikinya. Yang semua itu bisa dilatih oleh orang tua pada anak berkaitan kemampuan dasar pada anak sejak dini. Berikut ini beberapa kemampuan dasar yang perlu dimiliki anak umur 10 tahun.

1.Kemampuan menjaga keselamatan dan kesehatan

Kemampuan menjalani hidup yang sehat dan selamat merupakan kemampuan dasar yang mesti dimiliki anak. orang tua sangat perlu mengajarkan kemampuan tersebut pada anak untuk menjamin anak dapat hidup sehat dan selamat.

Misalkan dengan mengajarkan pada anak tentang cara menjalankan kegiatan sehari-hari anak dengan aman dan sehat, mengajarkan pola makan yang sehat dan teratur dan mengajarkan pola tidur yang baik dan sehat serta mengajarkan anak untuk berolahraga.

2.Kemampuan membaca dan menulis yang baik

Membaca dan menulis juga merupakan keterampilan yang harus diajarkan ketika anak berumur 10 tahun. Sang anak bisa mengerti apa yang ia baca. Misalkan membaca tutorial., membaca cerita, membaca resep masakan dll.

3.Mengurus sendiri

Ketrampilan atau kemampuan dasar yang perlu dimiliki anak umur 10 tahun berikutnya adalah kemampuan anak dalam mengurusi dirinya sendiri.

4.Komunikasi secara baik

Kemampuan dasar yang perlu dimiliki oleh anak terutama anak yang sudah berumur 10 tahun adalah kemampuan anak untuk berkomunikasi. Sang anak yang sudah berusia 10 tahun harus bisa memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik dengan orang lain. Misalkan bisa berkenalan, bertanya, bercerita,berbincang-bincang dengan teman sebayanya maupun bersosialisasi dengan teman-temannya.

5.Kemampuan melayani orang lain dengan baik. Yang dimulai dari lingkup keluarga. Seperti kemampuan dalam memberikan bantuan tenaga dan pikiran pada keluarga. Seperti membantu menyiram tanaman di halaman rumah, membersihkan rumah, mengepel lantai, menyetrika, memberikan sumbangan bagi yang membutuhkan, mencuci pakaian adiknya dll.

6.Membuat makanan

Kemampuan dasar selajutnya yang perlu dimiliki oleh seorang anak berumur 10 tahun adalah kemampuan membuat makanan sendiri dan menghidangkannya.

7.Membuat karya

Terakhir, kemampuan dasar yang perlu dimiliki anak umur 10 tahun adalah kemampuan membuat karya. Semisal membuat karya tulisan berupa artikel atau cerita pendek, membuat puisi , membuat gambar, musik, video dan lain sebagainya.

Keterampilan Hidup Yang Perlu Diajarkan Sebelum Anak 10 Tahun

Setiap anak perlu dibekali keterampilan tertentu. Yang berguna baginya dalam menempuh hidup saat remaja hingga dewasa. Karena semua keterampilan dasar menjadi wajib dikuasai seorang anak supaya sang anak bisa menghadapi kehidupan secara baik pada saat remaja dan dewasa. Sebab akan banyak tanggung jawab dan tuntutan pada saat seseorang dewasa.

Diibaratkan sama seperti makhluk hidup di alam liar maka keterampilan hidup yang diajarkan binatang adalah keterampilan berburu. Begitu juga manusia yang sejak dulu sudah diajarkan keterampilan untuk bertahan hidup (survive).

Keterampilan yang akan diberikan orang tua pada anak pastinya yang memberikan manfaat pada anak itu sendiri untuk masa sekarang dan masa mendatang. Terdapat sejumlah keterampilan dasar yang harus dimiliki anak. Sebagaimana ada pula keterampilan yang perlu ditambahkan pada anak. Dalam hal ini, orang tua harus memprioritaskan memberikan kemampuan dasar bagi anak. Yang kemudian disertai kemampuan pelengkap.

Berikut ini beberapa keterampilan hidup yang perlu diajarkan sebelum anak 10 tahun yang orang tua harus tahu.

1.Berlatih mengambil keputusan

Keterampilan hidup yang pertama dapat diajarkan pada anak adalah kemampuan anak dalam mengambil keputusan yang tepat. Hal tersebut merupakan bagian dari proses menciptakan pribadi anak yang mandiri dan cerdas.

Sebagai contoh, anak bisa memilih baju yang akan digunakannya saat sekolah, anak bisa menentukan toping es krim yang diinginkannya, anak bisa menentukan jenis permainan yang akan dilakukan bersama teman-temannya, dll.

Tentu sebelum memutuskan, sang anak akan berpikir tentang bagaimana konsekuensi keputusan yang akan diambilnya. Sang anak akan melihat beberapa manfaat yang akan diperolehnya ketika mengambil suatu keputusan dan berbagai konsekuensinya.

2.Keterampilan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan

Keterampilan hidup yang perlu diajarkan sebelum anak 10 tahun lainnya adalah keterampilan menjaga kebersihan dan kesehatan anak. Sang anak tidak boleh jajan sembarangan yang penuh debu dan kotor serta banyak dihinggapi lalat. Karena itu bisa menjadi sumber penyakit.

Keterampilan yang harus diajarkan ketika anak berumur 10 tahun juga dalam menjaga kesehatannya. Seperti kesehatan gigi. Dengan menggosok gigi sesudah makan atau sebelum tidur. Kemudian diajarkan pula menjaga kesehatan badan. Dengan cara mandi secara rutin minimal dua kali dalam sehari. Atau rajin menjaga kesehatan tubuh dengan rajin mencuci tangan pakai sabun mandi dan air bersih yang mengalir.

3.Keterampilan mengelola waktu

Keterampilan yang perlu diajarkan oleh orang tua berikutnya pada anak sebelum usianya 10 tahun adalah keterampilan dalam mengatur waktu. Ajarkan pada anak untuk masuk sekolah tepat waktu dan mengajarkan pada anak untuk menyelesaikan PR dalam jangka waktu tertentu. Ajarkanlah pada anak untuk membuat jadwal bagi anak sehari-hari beserta jam yang harus diselesaikan.

4.Keterampilan mengatur keuangan

Keterampilan hidup yang perlu diajarkan pada anak sebelum 10 tahun adalah keterampilan anak dalam mengatur keuangan secara baik. Orang tua bisa mengajarkan pada anak bukan hanya berhitung uang. Tapi juga mengatur uang secara bijak.

Ajarkan pada anak tentang uang jajan yang bisa dipergunakan oleh anak. Beri  arahan dan saran pada anak sebisa mungkin agar bisa sebagian uang jajan ditabungkan atau dihemat dan diinvestasikan.

Demikianlah beberapa keterampilan yang harus diajarkan ketika anak berumur 10 tahun. Sebenarnya masih ada banyak lagi keterampilan yang bisa diajarkan pada anak. Dari mulai keterampilan mendasar hingga keterampilan tambahan yang berguna untuk masa depan anak.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

4 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

7 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago