Umum

Keunggulan SIG: Pengertian, Fungsi dan Keunggulannya

Keunggulan SIG ternyata sangat besar bagi kemajuan kehidupan kita. Dengan system inilah kita bisa menghasilkan pemetaan wilayah beserta potensi yang ada didalamnya. Informasi ini tentunya sangat penting sebagai bahan meninggkatkan kemajuan suatu wilayah atau negara.

Pembahasan tentang SIG merupakan salah satu materi pokok bahasan yang sudah familiar bagi siswa siswi SMP kelas 8 yang sedang mempelajari mata pelajaran Geografi. Sebelum mengetahui lebih lanjut apa yang menjadi keunggulan atau kelebihan SIG perlu diketahui apa itu SIG dan kepanjangannya.

Apa Itu SIG?

Mendengar kata SIG mungkin banyak orang yang masih sangat asing mendengarnya.  SIG merupakan kepanjangan dari Sistem Informasi Geografis. Ada berbagai keuntungan dan keunggulan sistem ini bagi manusia.

Untuk mengetahui apa itu SIG perlu dilihat dari pengertian SIG itu sendiri. SIG merupakan singkatan dari Sistem Geografi. Lalu apa itu Sistem Informasi Geografis?

Pengertian Sistem Informasi Geofrafis (SIG) secara istilah adalah suatu sistem yang terdapat pada komputer yang dipakai dalam kepentingan menginput, menyimpan, melakukan pemeriksaan data, maupun pengintegrasian data. Sistem ini juga melakukan manipulasi data, analisa data hingga  memperlihatkan hasilnya yang berkaitan dengan lokasi-lokasi pada permukaan bumi.

Pengertian SIG Secara Bahasa

Untuk pengertian Sistem Informasi Geografis (SIG) secara bahasa bisa dilihat dari kata-kata penyusunnya. SIG terdiri dari tiga buah kata yakni Sistem, Informasi dan Geografis. Sehingga dapat ditelaah pengertiannya secara menyeluruh. Pengertian Sistem Informasi Geografis  (SIG) secara bahasa dan menyeluruh adalah suatu pemakaian dari sistim informasi tentang situasi bumi pada angle atau sudut ruang.

Berkaitan dengan Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sistem  yang istimewa yang khusus diperuntukan bagi pengolahan database yang memuat data-data penting seputar geografis atau mempunyai info referensi teraktual dan akurat.

Adapun data-data yang terdapat pada Sistem Informasi Geografis (SIG) berasal dari inputan indera jauh.  Kemudian dilakukan proses data memakai teknologi komputer. Selanjutnya data tersebut diolah dan digabungkan hingga jadi suatu data yang dikehendaki. Itu merupakan bagian dari keunggulan SIG.

Pendek kata, Sistem Informasi Geografis (SIG) adalah sebuah sistem yang mempunyai fungsi tersendiri dalam melakukan pengumpulan data. Kemudian berlanjut pada pengelolaan data, hingga penyimpanan data dan penyajian semua data yang berhubungan pada situasi geografis di sebuah kawasan atau daerah.

Komponen Sistem Informasi Geografis (SIG)

Sistem informasi geografis (SIG) mempunyai beberapa komponen. Berikut ini komponen-komponen yang membentuk keunggulan SIG, antara lain :

A.Hardware atau perangkat keras

Perangkat keras yang sangat support SIG bisa dalam berbagai bentuk. Seperti flash disk, VDU, -CD rom, plotter, scanner, digitizer, printer, monitor, dan CPU. Adapun fungsi dari perangkat-perangkat keras tersebut, meliputi:

1.Visual Display Unit (VDU)

VDU berfungsi sebagai media untuk memperlihatkan hasil sebuah proses yang berasal dari CPU. Sehingga bisa juga disebut manfaatnya seperti layar monitor.

2.Central Processing Unit (CPU)

CPU berfungsi sebagai perangkat komputer paling inti dalam kegiatan proses data dari segala program atau perintah

3.Disk drive

Perangkat keras berikutnya yang terdapat pada SIG adalah disk drive. Adapun fungsinya dalam menjalankan sebuah program. Disk drive merupakan bagian dari Central Processing Unit (CPU)

4.Printer

Printer adalah suatu hardware yang memiliki fungsi untuk melakukan pencetakan data. Seperti dalam bentuk peta dengan ukuran umumnya lebih kecil.

5.Plotter

Sama seperti printer, plotter berfungsi untuk melakukan pencetakan atas data seperti data peta. Tapi umumnya gambar yang dicetak lebih besar atau lebih lebar dari hasil cetakan pada printer.

6.Digitizer

Adapun perangkat keras digitizer berfungsi sebagai peralatan pengubah data teristris jadi sebuah data digital. Dengan alat ini pula yang menjadi keunggulan SIG dalam mengeksplorasi suatu wilayah.

7.Tape drive

Hardware berikutnya dari SIG adalah tape drive. Adapun tugas dan manfaatnya adalah sebagai alat penyimpanan data dari hasil proses dan merupakan bagian pada CPU.

B.Software (Perangkat Lunak)

Komponen Sistem Informasi Geografis (SIG) kedua adalah software atau perangkat lunak. Adapun perangkat lunak (software) mempunyai beberapa program yang support langsung terhadap performa Sistem Informasi Geografis. Seperti yang juga digunakan dalam kartografi.

Misalkan dalam bentuk output data, proses data, dan diawali dari input data. Adapun untuk contohnya software Sistem Informasi Geografis  (SIG) yaitu ArcGis, ArchView, dan Q-GIS.

C.Pengguna

Terakhir yang menjadi komponen sistem informasi geografis (SIG) adalah manusia atau pengguna (user). Hal itu disebabkan oleh manusia pengguna SIG itu sendiri. Manusia sebagai orang yang bertangggungjawab dalam melaksanakan perintah sesuai SIG. Yang dimulai dari mengumpulkan data, pemrosesan data, analisa serta publikasi pada data geografis.

Pengguna melakukan pengumpulan data hingga memprosesnya hingga terbentuk digitalisasi peta atau pencetakan hasil datanya secara lengkap.

Fungsi SIG

Masih banyaknya orang yang belum mengetahui sama sekali tentang kelebihan atau keunggulan SIG sekaligus fungsi SIG. Padahal fungsinya sangat penting untuk diketahui.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa fungsi Sistem Informasi Geografis  (SIG), antara lain:

1.Sebagai upaya inventarisasi SDA

Fungsi Sistem informasi Geografis yang pertama adalah sebagai inventarisasi terhadap sumber daya alam. Negara Indonesia adalah negara yang kaya terhadap sumber daya alam sehingga dapat diinventarisasi sumber daya alam tersebut.

Dengan keunggulan SIG maka setiap sumber  daya alam di Indonesia yang tersebar di berbagai daerah dapat diketahui persebarannya.  Contohnya pada persebaran besi, emas dan benda-benda tambang dan berharga lainnya.

Fungsi sistem informasi geografis  (SIG) berikutnya dari segi inventarisasi sumber daya alam adalah mampu diketahui daerah-daerah mana saja yang mempunyai lahan yang kritis maupun potensial.

Tak kalah penting lainnya, dari fungsi sekaligus keunggulan SIG dari segi inventaris SDA mampu mengenali daerah mana saja yang mempunyai lahan perkebunan maupun pertanian.

2.Memetakan wilayah tanah yang subur dan tidak subur

Sistem informasi geografis mempunyai peranan dan fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Salah satunya berfungsi dalam pemetaan tanah yang subur dan yang tidak subur. Termasuk sumber air dan sungai. Sehingga dapat diketahui di kawasan mana saja sebuah lahan cocok dijadikan lahan pertanian atau tidak.

3.Merencanakan pembangunan dengan baik

Fungsi selanjutnya dari Sistem Informasi Geografis  (SIG) adalah untuk merencanakan pembangunan dengan baik, efektif dan tepat guna. Masalah pembangunan adalah persoalan yang sangat penting bagi kemakmuran manusia seluruhnya. Namun semua itu memerlukan proses perencanaan yang matang. Salah satunya dengan menggunakan perangkat SIG.

Pembangunan yang direncanakan dengan matang dan efektif, salah satu caranya dengan mendayagunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG). Dengan keunggulan SIG akan membuat proses analisa yang baik hingga pembangunan terstruktur dengan jelas melalui peta tematik.

Analisa yang merupakan bagian dari keunggulan SIG akan membuat pengetahuan yang memadai tentang kondisi lahan. Misalkan pada rencana pembangunan pada terminal stasion kereta api. Semua dapat mendayagunakan pada peta harga tanah, peta trayek kereta api, peta tingkat kepadatan penduduk, peta tata guna lahan dan peta jaringan jalan.

4.Merencanakan tata ruang wilayah

Fungsi SIG yang juga hampir mirip pada poin ketiga adalah menentukan ruang. Sebuah wilayah mesti ditata secara baik. Salah satunya pada aspek keruangan. Hal ini mencakup analisis pembangunan memakai sistem informasi geografis (SIG), pendataan pusat-pusat pertumbuhan dilanjutkan dengan pusat-pusat pengembangan. Termasuk dalam hal ini, keunggulan SIG berfungsi dalam memahami dari persebaran dari banyaknya penduduk dan persebaran pemakaian lahan.

Keunggulan SIG

Untuk mengetahui lebih lengkapnya, berikut ini beberapa keunggulan Sistem Informasi Geografis (SIG), antara lain :

1.Kecepatan dalam waktu cepat dalam hal proses data

Kelebihan dan keunggulan SIG paling utama adalah dalam memproses data dilakukan dalam waktu relatif sangat cepat. Bahkan beberapa tugas pemrosesan data dapat dilakukan bersamaan. Hal ini berkat dukungan teknologi komputer dari segi hardware maupun software yang sangat mendukungnya.

2.Kemudahan dalam mengelola data secara terstruktur

Sistem informasi geografis  (SIG)  adalah suatu aplikasi yang menggunakan basis graphics user interface (GUI). Dengan sistem ini membuat penyusunan database dapat dikelola lebih gampang dan terstruktur.

3.Proses visual data jauh lebih fleksibel

Keunggulan SIG berikutnya adalah dalam proses visual data dapat dilakukan secara lebih gampang. Hal ini berkat Sistem Informasi Geografis (SIG) yang menggunakan basis graphics user interface yang sangat mendukung.

4.Lebih murah biayanya

Keunggulan SIG selanjutnya adalah dari segi biaya yang  relatif lebih murah ketimbang mengggunakan analisa fisik.

5.Lebih gampang dalam mengolah dan menganalisis data

Software SIG merupakan perangkat lunak yang bermanfaat dalam pengolahan data sehingga hasil yang didapatkan bisa lebih cepat, gampang dan akurat. Hal ini berbanding terbalik jika menggunakan sistem pengolahan data yang manual.

6.Terobosan canggih

Keunggulan SIG adalah suatu terobosan yang canggih dalam bidang ilmu pengetahuan yang sangat berguna bagi kehidupan manusia sehari-hari. SIG merupakan aplikasi yang mampu memetakan data-data dari segi ruang  untuk menyamai persis seperti aslinya. SIG akan mampu bekerja melakukan penyimpanan data. Tapi juga mampu melakukan manipulasi data sesuai kehendak seseorang.

7.Memberikan solusi

Keunggulan SIG yang tak kalah penting adalah mampu memberikan solusi atas setiap problematika yang terjadi.  Dengan dimulai dari melakukan analisis data secara berarti dan otomatisasi.

Itulah beberapa keunggulan dari Sistem Informasi Geografis (SIG). Dengan keunggulan-keunggulan inilah membuat banyak ilmuwan menjadikannya sebagai andalan untuk dipergunakan dalam berbagai penelitian bidang ilmu sosial. Misalkan geosains, geodesi, perencanaan wilayah, dan geografi.

Kelemahan SIG

Tak adil rasanya jika hanya membahas mengenai keunggulan-keunggulan SIG tanpa memperhatikan kelemahannya. Oleh karena itu, berikut ini beberapa kelemahan Sistem Informasi Geografis (SIG), antara lain :

1.Mahal

Kelemahan Sistem informasi geografis yang pertama adalah dari segi pengunaan SIG yang relatif lebih mahal. Begitu juga dari segi pemeliharaan SIG yang juga relatif membutuhkan biaya sangat mahal.

2.Sering error

Kelemahan berikutnya dari SIG adalah suka mengalami error

3.Memerlukan banyak data

Yang tak kalah penting, kelemahan dari sistem informasi geografis (SIG) adalah memerlukan data yang banyak.

4.Buramnya gambar

Kelemahan SIG berlanjut pada resolusi gambar yang sangat rendah sehingga kerap mengalami buram

5.Bisa menghancurkan  rahasia seseorang

Selain keunggulan SIG ada juga kelemahannya dari segi privasi seseorang yang dapat hancur akibat penggunaan sistem ini.

6.Tenaga ahli

Yang menjadi kekurangan berikutnya dari sistem informasi geografis adalah dari segi membutuhkan tenaga ahli untuk mengoperasikannya.

7.Kerap dipakai bagi menampilkan berita hoax

Kelemahan SIG yang perlu disadari selanjutnya adalah sering dipakai dalam menampilkan berita-berita hoax. Tentu hal tersebut bisa merugikan pihak orang lain.

8.Komputer mutakhir

Berikutnya, kelemahan SIG adalah dari segi kebutuhan terhadap komputer yang mutahir dan super cepat.

9.Mesti up to date

Kelemahan SIG berlanjut pada pengggunaannya mesti senantiasa up to date data dari masa ke masa yang akan menghabiskan lebih banyak memori pada suatu hardware.

10.Komputer tak semuanya support SIG

Yang terakhir, kelemahan SIG adalah dari segi penggunaannya yang tak semua  komputer support terhadap SIG.

Demikianlah ulasan tentang keunggulan SIG beserta pengertian, fungsi dan kelemahannya. Walaupun terdapat kekurangan SIG namun system ini terbukti telah memberikan manfaat yang sangat besar bagi kehidupan manusia. Mudah-mudahan informasi singkat ini dapat bermanfaat khususnya bagi para siswa SMP kelas 8 dalam belajar pelajaran Geografi. Untuk meningkatkan prestasi pelajaran di sekolah kalian bisa mengikuti les privat yang ada di wilayah setempat.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

46 menit ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

20 jam ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago