Categories: Uncategorized

Kimia SMP: Konsep Pembelajaran, Materi, Rumus dan Contoh Soalnya

Kimia SMP merupakan salah satu bagian dari ilmu dalam bidang studi IPA di bangku sekolah menengah pertama. Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terbagi ke dalam berbagai kategori cabang keilmuan. Seperti Astronomi, IPA kimia, IPA Biologi dan IPA fisika. Untuk IPA kimia diperkenalkan kepada siswa siswi SMP sejak duduk di bangku kelas 7.

Kimia SMP merupakan salah satu mata pelajaran yang akan dihadapi oleh siswa siswi tingkat SMP. Namun anggapan sebagian pelajar bahwa mata pelajaran kimia sama halnya fisika yang dinilai mempunyai tingkat kesulitan tinggi dalam pembelajaran pada setiap materinya. Oleh karena itu, guru kimia berusaha semaksimal mungkin menyajikan materi kimia secara lebih menarik dan tak membosankan bagi para peserta didik.

Konsep Pembelajaran Kimia di SMP

Salah satu konsep pembelajaran kimia di SMP sesuai kurikulum tahun 2013 adalah menciptakan kondisi pembelajaran pada bidang studi kimia terasa menyenangkan. Karena selama ini stigma di kalangan para pelajar SMP, materi kimia dinilai lebih sulit atau sejajar dengan materi pada fisika dan matematika.

Sebagian pelajar menilai pembelajaran kimia lebih sulit disebabkan banyaknya teori dan rumus yang kadang berbelit dan belum dipahami secara baik. Oleh karena itu, untuk mendapatkan nilai raport atau nilai ujian pada mata pelajaran kimia SMP dengab sangat bagus memerlukan sebuah proses perjuangan dan tantangan yang sangat keras.

Pembelajaran kimia di SMP terkadang membuat pusing peserta didik untuk memahami secara baik. Namun pembelajaran materi IPA kimia pada SMP sangat penting dan harus dikuasai secara baik. Hal ini sebagai langkah penting persiapan untuk memahami dan menguasai materi kimia SMP di tingkatan lebih lanjut yakni kimia SMA atau materi kimia SMK dan sederajat.

Namun ditengah kesukaran yang dihadapi oleh para peserta didik tingkat SMP tersimpan sebuah harapan. Beberapa guru kimia di kelas SMP mampu memberikan mata pelajaran ini berdasarkan konsep pembelajaran kimia di SMP secara lebih mudah dipahami dan lebih mengasyikkan.

Materi pelajaran kimia SMP bukan hanya belajar kimia secara konsep atau teori. Tapi sebagiannya mesti dilakukan praktek atau latihan percobaan. Dari percobaan tersebut dapat dilihat hasilnya.  Percobaan yang dilakukan untuk menguji kebenaran tidaknya  dari konsep atau teori dari ilmu kimia yang diajarkan.

Manfaat Pembelajaran Kimia di SMP

Adapun manfaat pembelajaran Kimia di SMP, antara lain :

1.Menumbuhkan sikap kritis siswa

Menumbuhkan sikap kritis pada siswa siswi sekolah menengah pertama. Sehingga bisa membentuk siswa siswi SMP yang lebih cerdas dan berwawasan luas dalam bidang kimia.

2.Siswa dapat mengenal dirinya

Tubuh manusia terbentuk dari senyawa-senyawa kimia.  Dengan mempelajari IPA Kimia SMP maka setiap siswa dapat mengetahui senyawa atau unsur apa saja yang terdapat di dalam tubuhnya.

3.Mendapatkan wawasan baru lebih luas dan banyak

Peserta didik mampu memperbanyak pengetahuan siswa bersangkutan, penambah pengetahuan khusus  terhadap kimia dan benda-benda yang dipelajari  yang sebelumnya tak tahu sama sekali.

4.Mengenal kandungan makanan dan minuman yang dikonsumsi

Peran makanan atau asupan nutrisi bagi tubuh manusia sangat penting. Makanan atau minuman yang dikonsumsi dalam kondisi baik dan sehat akan membuat badan semakin sehat dan bugar. Sebaliknya makanan  yang tidak sehat dan mengandung zat kimia yang membahayakan tubuh manusia bisa mendatangkan banyak penyakit bagi manusia.

Oleh sebab itu, manusia dituntut untuk mengetahui kandungan zat apa saja yang terdapat pada suatu makanan ataupun minuman yang hendak dikonsumsi.  Salah satu caranya dengan mempelajari dan mengusai ilmu IPA kimia SMP.

5.Meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah SWT

Terakhir, manfaat pembelajaran kimia di SMP adalah mampu meningkatkan ketakwaan dan keimanan kepada Allah swt. Hal tersebut dengan seseorang paham ilmu kimia akan menyadari kekuasaan Allah swt pada dirinya sangat besar.  Hal ini dilihat dari organ tubuhnya yang berfungsi baik dengan kandungan zat kimia di dalamnya.

Pada tubuh manusia mengandung beberapa unsur dan senyawa kimia yang terdapat di dalamnya. Senyawa atau unsur kimia tersebut sangat berperan penting dalam menjaga kesehatan tubuh manusia. Proses kimiawi yang terdapat pada badan manusia secara alami menunjukkan kebesaran dan kekuasaan Allah swt.

Materi Kimia di SMP

Pada jenjang pendidikan SMP, siswa siswi mulai secara khusus mempelajari mata pelajaran kimia meskipun masih masuk dalam pelajaran IPA. Ini sesuai dengan ketentuan dalam Kurikulum Merdeka sebagai kurikulum baru yang mulai diterapkan pada tahun ajaran 2022/2023.

Adapun yang dipelajari dari mata pelajaran SMP bidang kimia terbagi ke dalam tiga kelompok besar adalah campuran, senyawa dan unsur. Semuanya akan dibahas satu persatu yang dimulai dari materi pelajaran pada semester satu dan semester dua.

Materi Kimia di SMP Kelas 7

Materi kimia SMP yang diajarkan pada siswa siswi adalah seputar materi, karakter zat, struktur dan komposisi zat.

Adapun materi kimia di SMP kelas 7 terdiri dari pokok pembahasan yang meliputi:

1.Zat dan Perubahannya

Pada materi IPA kelas 7 ini mempelajari tentang zat dan perubahannya. Juga akan dipelajari mengenai sifat zat dan juga pemisahan dari campuran. Semua materi mencakup sub materi, antara lain :

  • Pengertian zat dan materi
  • Perubahan wujud materi zat
  • Susunan dan gerak pada partikel dalam berbagai bentuk zat
  • Massa jenis dan pengukurannya
  • Kapilaritas
  • Kohesi dan adhesi
  • Massa jenis dalam kehidupan sehari-hari

Materi Kimia di SMP Kelas 8

Berikut ini sejumlah materi kimia di SMP kelas 8 yang penting diketahui para pelajar.

1.Zat Aditif dan Zat Adiktif

Materi ini pada dasarnya penyempurnaan dari materi tentang Kimia dalam kehidupan dalam kurikuluum lama. Pada bab ini yang menjadi topik bahasan adalah kimia dalam kehidupan yang mencakup zat aditif dan zat adiktif.

Zat aditif adalah bahan kimia yang terdapat pada makanan, bahan makanan dan bahan kimia yang terdapat di rumah tangga lainnya. Kemudian dilanjutkan dengan topik pembahasan tentang zat adiktif yang meliputi narkoba dan psikotropika.

Secara garis besar, materi kimia SMP kelas 8 mempelajari juga sejumlah pokok bahasan yang meliputi:

  • Bahan kimia dalam makanan. Bahan-bahan  kimia yang terdapat dalam makanan terdiri dari pemanis makanan, penyedap makanan, pewarna makanan, dan pengawet makanan.
  • Bahan kimia dalam rumah tangga. Dijelaskan pada materinya bahwa pada semua rumah tangga umumnya berhubungan dengan beberapa bahan kimia. Contohnya pada bahan pembersih. Seperti  sabun detergent, pembersih lantai, sabun mandi, pasta gigi dan shampoo.
  • Bahan kimia dalam pertanian. Yang meliputi bahan kimia dalam pestisida dan bahan kimia yang terdapat dalam pupuk.
  • Bahan kimia dalam kesehatan. Yang mencakup bahan kimia dalam radioaktif dan bahan kimia yang terdapat pada obat-obatan
  • Zat adiktif dan psikotropika. Yang termasuk pada liputan tentang narkotika dan zat adiktif lain sebagainya.

Materi Kimia di SMP Kelas 9

Berikut ini beberapa materi kimia di SMP kelas 9 pada kurikulum 2013 dengan revisi 2018 yang meliputi:

1.Partikel Penyusun Benda dan Makhluk Hidup

Materi ini akan membahas partikel-partikel penyusun benda dan makhluk hidup yang wajib kita ketahui. Pokok bahasannya meliputi partikel materi, molekul, ion, dan atom serta hubungan atom, ion dan molekul dengan produk kimia.

Materi Kimia SMP Kurikulum Internasional

Pada pembelajaran kimia di SMP internasional menggunakan kurikulum internasional. Salah satu contohnya kurikulum Cambridge. Hal tersebut berdampak positif pada pembelajaran mata pelajaran IPA kimia SMP menggunakan bahasa pengantar bahasa inggris. Sehingga siswa bukan hanya pintar berbahasa inggris. Tapi pintar juga dalam bidang kimia.

Materi kimia SMP kurikulum internasional akan memberikan keleluasaan dan kemudahan bagi para peserta didik tingkat SMP untuk memahami materi kimia IPA dengan baik. Pembelajaran kimia menggunakan kuruikulum internasional  dinilai lebih efektif dan efisien. Para anak didik akan belajar kimia sesuai dengan minat dan kemampuannya masing-masing.

Dengan banyak keunggulan yang terdapat pada kurikulum internasional membuat sebagian orangtua memilihkan bagi anaknya untuk mengikuti pembelajaran materi kimia SMP kurikulum internasional.

Pembelajaran materi kimia untuk jenjang SMP pada kurikulum internasional tidak memberikan beban berat kepada siswa berupa hasil akhir yang baik. Namun targetnya lebih menekankan kepada pentingnya proses yang sedang dilakukan ketimbang hasil akhir.

Pada kurikulum internasional dalam pembelajaran terhadap materi IPA kimia SMP, setiap siswa tidak dipaksa untuk belajar atau menghafal. Namun setiap siswa diberikan kebebasan dalam mempelajari materi kimia yang diinginkan. Dengan demikian tidak adanya belenggu kreatifitas kepada peserta didik. Justru peserta didik diberikan keleluasaan untuk berpikir dan bertindak kreatif. Sedangkan tugas guru sebagai fasilitator.

Salah satu kurikulum internasional yang dipakai di sekolah swasta di Indonesia adalah kurikulum Cambridge. Kurikulum internasional Cambridge berusaha semaksimal mungkin menumbuhkembangkan minat dan bakat setiap peserta didik secara optimal. Karena kurikulum Cambridge menyadari tanpa adanya minat yang tinggi terhadap suatu materi kimia tidak akan mendapatkan pembelajaran yang baik.

Pendek kata, materi kimia yang dijalankan oleh kurikulum internasional lebih mengutamakan karakter dan kepribadian anak dalam menghadapi persaingan globalisasi saat ini. Anak SMP diberikan kebebasan memilih mata pelajaran yang diminati beserta materinya.

Alasan Tidak Menyukai Materi Pelajaran Kimia SMP dan Cara Mengatasinya

Ada banyak hambatan yang dialami oleh seorang pelajar SMP dalam mempelajari materi studi kimia. Seperti rasa malas yang timbul dari internal dirinya. Namun hal itu bisa juga terjadi berdasarkan aspek eksternal. Seperti guru kimia yang judes atau galak.

Untuk mengetahui lebih lengkap, berikut ini beberapa alasan bagi seseorang tidak mencintai dan menyukai terhadap ilmu IPA kimia di SMP, antara lain :

1.Terlalu banyak rumus

Salah satu faktor yang membuat sebagian pelajar SMP tidak menyukai mata pelajaran IPA SMP khususnya kimia. Ini utamanya karena banyaknya rumus kimia yang perlu dihafal.

2.Termakan hasutan pelajar lain

Hal berikutnya yang membuat pelajar tak menyukai mata pelajaran kimia SMP akibat  pengaruh teman-teman satu kelasnya juga yang tak menyukai mata pelajaran kimia. Dengan demikian, pada saat pembelajaran kimia di SMP tak dilakukan secara antuasias. Pada akhirnya nilai ujian dan nilai raport pada bidang studi kimia sangat rendah.

Untuk memudahkan dalam pembelajaran IPA SMP, guru kimia di kelas memberikan modul pembelajaran Kimia SMP. Pemberian modul berupa latihan bagi siswa siswi SMP tentang tugas materi kimia.

3.Tidak dimengerti

Penyebab yang paling umum suatu materi kimia SMP tidak begitu disukai sebagian besar pelajar adalah materi yang disampaikan sangat sulit untuk dipahami. Belajar kimia IPA mesti paham dari dasar. Tanpa pemahaman yang baik dari dasar akan sulit memahami materi IPA Kimia pada jenjang berikutnya. Seperti pada tingkat SMA atau SMK.

4.Membosankan

Alasan lainnya seorang pelajar SMP tidak menyukai mata pelajaran kimia IPA SMP adalah materi pada mata pelajaran tersebut sangat membosankan. Hal tersebut dapat disebabkan karena pemahaman siswa kurang baik terhadap kimia dasar. Hingga tak menguasai dan memahami materi kimia IPA di SMP selanjutnya.

Namun yang paling umum turut jadi penyebabnya adalah ketidak mampuan tenaga pengajar dalam mengajarkan materi kimia SMP secara menarik, mudah dan menyenangkan. Sebelum guru kimia datang masuk ke kelas, para pelajar sudah terasa tegang dan ketakutan. Hal ini sudah harus ditinggalkan. Kegiatan pembelajaran IPA kimia mesti dilakukan dengan antusias dan menyenangkan.

Apalagi dengan kecanggihan internet terdapat berbagai bahan materi kimia SMP yang dapat dipelajari secara mudah. Pertanyaan sesulit apapun dapat dijawab oleh mesin internet dalam mata pelajaran kimia.

Sekarang saatnya para pelajar SMP bersenang-senang dan bergembira ria mempelajari kimia SMP. Stigma materi kimia yang dianggap membosankan harus dibuang jauh-jauh dan diubah menjadi lebih menyenangkan dan menantang.

Rumus Penting Kimia SMP

Setiap benda tersusun dari senyawa-senyawa atau unsur.  Misalkan contoh senyawa adalah garam dan air.  Setiap senyawa mempunyai rumusnya masing-masing.

Berikut ini rumus-rumus penting Kimia SMP yang harus dipelajari dan dihafal oleh siswa siswi SMP.

  • Natrium Sulfit dengan rumus Na2So3
  • Litium Bromida dengan rumus LiBr
  • Kalsium Klorida dengan rumusan CaCl2
  • Aspirin dengan rumusan C9H8O4
  • Belerang Trioksida dengan rumusan  SO 3
  • Natrium Karbonat dengan rumus Na2CO3
  • Karbon Dioksida dengan rumus : CO2
  • Kalsium Karbonat dengan rumus CaCO3
  • Air dengan rumus H2O

Contoh Soal Kimia SMP

Contoh soal mata pelajaran kimia untuk SMP terbagi dalam berbagai jenis soal. Seperti soal dalam bentuk pilihan ganda ataupun esay. Berikut ini contoh soal kimia SMP kelas 7, 8 dan 9 dalam bentuk soal pilihan ganda yang bisa untuk latihan kamu.

Contoh soal 1

Senyawa yang terdapat pada detergent yang mengakibatkan pencemaran air yaitu …

A.Fosfat: kandungan detergen

B, Kresol: bahan pembersih lantai

C.Klorin:  pemutih pakaian

D.Kalsium: bahan pembuat pasta gigi

Pembahasan :

Jawaban yang benar adalah A.

Pembahasannya adalah sebagai berikut: Ada sejumlah bahan kimia yang terdapat pada barang-barang di dalam rumah tangga yang meliputi:

  1. Fosfat : kandungan yang terdapat pada detergen dan merusak terjadinya pencemaran air
  2. Kresol : bahan pembersih lantai
  3. Klorin : pemutih pakaian
  4. Kalsium sebagai bahan pembuat pasta gigi.

Contoh soal 2

Kandungan bahan kimia yang terdapat pada sabun mandi apakah itu?

A.Natrium florida

B.Kaporit

C.Rhodamin

D.Gliserin

Jawaban yang tepat bahan kimia yang berada dalam sabun mandi yaitu gliserin atau jawaban yang benar D.

Alasannya, natrium fluoride sebagai bahan pembuatan pasta gigi, kaporit sebagai bahan penjernih air, dan rhodamin sebagai bahan pewarna tekstil.

Contoh soal 3

Daun jati kerap dijadikan sebagai pewarna makanan pada pengolahan makanan untuk warna apa?

  1. Hijau
  2. Kuning
  3. Jingga
  4. Merah

Jawaban yang benar adalah D.

Dengan alasan, daun jati sering digunakan untuk pewarna makanan berwarna merah.  Sedangkan untuk yang lainnya, seperti pewarna makanan berwarna  hijau sering memakai daun suji, untuk warna kuning sering menggunakan kunyit, dan untuk pemberian warna jingga menggunakan wortel.

Contoh soal 4

Di bawah ini yang merupakan bagian dari psikotropika kecuali…

A.Morfin

B.Metamfitamin

C.Barbiturat

D.Amfetamin

Jawaban yang benar adalah morfin atau A.

Hal ini karena morfin bukan termasuk psikotropika. Tapi termasuk dalam kategori narkotika.

Demikian ulasan mengenai pelajaran kimia SMP, baik tentang konsep pembelajaran, materi, rumus hingga contoh soalnya. Jika kamu ingin lebih memperdalam mata pelajaran ini penting mengikuti les privat SMP terbaik agar hasilnya lebih optimal.

Yusuf C

Recent Posts

Cara Mengatasi Stress Saat Belajar Sebelum Ujian

Cara mengatasi stress saat belajar merupakan salah satu hal yang sangat diperlukan siswa saat ini.…

18 jam ago

Panduan Mengenal Sekolah untuk Nakhoda yang Tepat

Sekolah untuk Nakhoda merupakan tiga kata yang mungkin saja terdengar asing di telinga kalian. Tahukah…

3 hari ago

Mengenal Taman Kanak-Kanak Luar Biasa

Taman kanak-kanak luar biasa adalah tempat di mana anak-anak berkebutuhan khusus dapat belajar dan berkembang…

3 hari ago

Mengenal Sekolah Dasar Luar Biasa untuk Mengembangkan Potensi Anak

Sekolah dasar luar biasa merupakan sebuah tempat di mana anak-anak istimewa dapat belajar dan tumbuh…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ABK

Peran penting shadow teacher ABK terhadap anak berkebutuhan khusus yang memerlukan dorongan khusus untuk mencapai…

4 hari ago

Mengenal Shadow Teacher ADHD

Sebelum membahas shadow teacher ADHD, anak-anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD) banyak tantangan yang…

4 hari ago