Kuliah jurusan musik merupakan salah satu pilihan favorit para lulusan SMTA yang menyukai atau memiliki bakat dalam bidang seni ini. Tak sedikit kampus baik negeri maupun swasta yang juga menyediakan program studi musik. Anda bisa memilih perguruan tinggi mana yang anda inginkan.

Saat ini ada banyak perguruan tinggi yang membuka jurusan musik. Selain perguruan tinggi dalam negeri, tak sedikit pula universitas di manca negara yang memiliki prodi musik bergengsi. Jurusan ini sangat cocok menjadi pilihan mereka yang senang dan ingin memperdalam ilmu musik. Seperti pencipta lagu, penyanyi, composer, produser, dan penata musik.

Bagi anda yang menggemari dunia musik maka tak ada salahnya untuk memilih dan melanjutkan kuliah jurusan seni musik di perguruan tinggi untuk mengembangkan karir bermusik. Selepas lulus dari jurusan musik maka gelar yang anda raih adalah Sarjana Seni atau S.Sn.

Pilihan Kuliah Jurusan Musik

Sebelum memulai membahas universitas dan perguruan tinggi mana saja yang membuka kuliah jurusan musik di Indonesia maka kita mulai dari memahami arti musik itu sendiri. Musik adalah sekumpulan nada-nada yang indah yang disusun rapi berdasarkan ritme.

kuliah jurusan musk

Dengan kata lain, musik adalah salah satu bentuk ekspresi diri seseorang dalam bentuk alunan nada dan bunyi yang teratur. Nah, berikut ini sejumlah perguruan tinggi di Indonesia yang mempunyai jurusan musik.

1.Institut Kesenian Jakarta (IKJ)

Institut Kesenian Jakarta (IKJ) adalah salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang membuka kuliah jurusan seni musik Strata 1 (S1). Banyak seniman tanah air yang sukses di dalam negeri sampai mancanegara berasal dari lulusan Institut Kesenian Jakarta. Contoh Naif atau Iwan Fals.

Selain menyediakan jurusan musik, IKJ juga membuka program studi ilmu antropologi tari, etnomusikologi, seni teater, seni tari dan bidang seni lainnya yang lengkap.

Baca juga Penyanyi Jazz Indonesia Paling Terkenal

IKJ juga merupakan universitas satu-satunya di tanah air yang menyediakan program studi seni secara lengkap dalam satu kampus. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang jurusan seni yang terdapat di kampus ini, anda bisa mengunjungi website resminya ikj.ac.id

2.Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta

Salah satu kota di Indonesia yang mempunyai perguruan tinggi khusus memperdalam bidang seni selain Jakarta, Padang Panjang, dan Bandung adalah Yogyakarta.

Di kota Gudeg ini terdapat kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta yang khusus mempelajari bidang seni dan sudah berdiri sejak lama. Seperti seni musik, seni tari, seni teater, pendalangan, karawitan, cipta musik, etnomusikologi, dan lain sebagainya. Anda bisa kuliah jurusan musik pada perguruan tinggi ini.

Status ISI merupakan perguruan tinggi negeri (PTN) yang melahirkan banyak seniman ternama di Indonesia. Misalkan Didik Nini Thowok, Edhi Sunarso, Butet Kartaredjasa, dll. Anda yang berminat dalam mendalami musik maka bisa kuliah dengan mengambil program studi fakultas Seni Pertunjukan di kampus ini yang terkenal dengan program studi musik S1.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai kampus Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta maka anda bisa berkunjung ke situs resminya di : isi.ac.id.

3.Institut Seni Indonesia Padang Panjang

Institut Seni Indonesia Padang Panjang sudah hadir di Indonesia pada tahun 1956. Kampus ini diperuntukkan bagi siswa siswi lulusan SLTA yang tertarik mendalami seni musik, seni karawitan, seni teater, dan seni tari. Perguruan tinggi negeri ini sudah tersohor di pulau Sumatera sampai mancanegara.

prospek pekerjaan jurusan musik

Lulusan kampus ini akan mendapatkan gelar S.Sn atau Sarjana Seni dengan program studi S1 yang ditempuh sekitar 4 tahun. Website resminya di : isi-padangpanjang.ac.id.

4.Sekolah Tinggi Seni Musik Bandung

Kota Bandung merupakan salah satu kota besar di Indonesia yang terkenal dengan kuliner, kreatifitas anak muda dan tempat sekolah terbaik. Salah satunya adalah Sekolah Tinggi Seni Musik Indonesia (STIMB) yang mempunyai prodi musik.

Ada dua program studi musik yang bisa dipilih yakni program S1 Seni Musik dan D3 Penyanyi Musik Populer. Keterangan lebih lanjut tentang kampus ini, anda dapat mengunjungi website resminya di : sekolahtinggimusik.com

5.Universitas Pelita Harapan

Alternatif lain untuk kuliah jurusan musik, anda dapat memilih Universitas Pelita Harapan (UPH) yang menyediakan layanan pendidikan tinggi dalam bidang seni musik program srata 1 (S1). Untuk jenis musik yang bisa diperdalami di Universitas Pelita Harapan (UPH), antara lain :

  • Music composition and film scoring
  • Sound design and Music production
  • Performing arts production and management
  • Church music ministry
  • Music therapy
  • Music education
  • Jazz and Pop music performance
  • Classical performance

6.Institut Musik Indonesia

Bagi anda yang ingin mempunyai kemampuan spesialisasi dalam dunia musik maka anda bisa menuntut ilmu di Institut Musik Indonesia (IMI). Perguruan tinggi ini membuka layanan pendidikan tinggi S1 musik kontemporer yang berkualitas terbaik.

Baca juga Les Privat Vokal, Materi dan Biayanya

Lulusan Institut Musik Indonesia telah banyak yang berhasil berkiprah dalam dunia musik Indonesia dan luar negeri. Berikut ini beberapa orang lulusan Institut Musik Indonesia yang telah sukses dalam dunia musik nasional dan mancanegara, antara lain:

  • Figgy Papilaya
  • Adrian Martadinata
  • W.A.R Bands
  • Petra Sihombing
  • Kerispatih

7.Universitas Negeri Jakarta

Salah satu perguruan tinggi negeri di Jakarta yang membuka kuliah jurusan musik S1 adalah Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Salah satu lulusan kampus ini jurusan musik adalah Sundari Soekotjo.

8.Universitas Negeri Semarang

Semarang juga mempunyai perguruan tinggi negeri yang membuka jurusan musik yaitu Universitas Negeri Semarang (UNNES). Ada beragam program studi musik yang bisa dipilih. Seperti program sarjana strata satu musik, S2 Magister musik sampai doktor musik. Untuk info lebih jelas, buka saja situs resminya di unnes.ac.id

Apa Saja Yang Dipelajari Kuliah Jurusan Musik

Sebenarnya apa saja yang dipelajari kuliah jurusan musik? Tak sedikit lulusan SMTA yang bingung dan belum mengetahui pilihannya, termasuk tentang prodi musik. Asal anda tahu, program studi musik akan mempelajari berbagai hal tentang musik secara lengkap.

apa saja yang dipelajari kuliah jurusan musik

Ada banyak sekali mata kuliah jurusan musik yang akan dipelajari saat kuliah di prodi ini. Dari mulai sejarah musik, pengertian musik, macam-macam musik, cara bernyanyi yang baik dan benar, cara memainkan alat musik, cara membuat lagu, komposisi musik, manajemen industri musik, produksi musik, teori musik dan lain sebagainya.

Bagi sebagian orang bermain musik adalah sebuah hobi. Namun tak ada salahnya anda mengubah hobi tersebut menjadi profesi yang memberikan pundi-pundi uang. Apalagi dalam era entertainment saat ini ada banyak sekali media yang bisa anda manfaatkan untuk menyalurkan hobi dan bakat anda menjadi uang yang melimpah.

Untuk menambah kemampuan bermusik maka anda bisa mengambil jurusan musik secara reguler maupun kelas karyawan. Lulusan sarjana musik akan berkiprah dalam dunia musik. Dengan memilih prodi musik akan membuat anda mudah dalam memperoleh pekerjaan bergaji tinggi yang berhubungan dengan musik.

Bekerja berdasarkan passion atau hobi adalah sesuatu yang menyenangkan. Jika anda passion atau menyukai kegiatan bermusik maka anda bisa memilih jurusan musik. Musik sendiri hampir semua orang menyukai. Namun hanya sebagian kecil yang piawai memainkan musik.

Karena itulah dengan memperdalam apa saja yang dipelajari tentang musik akan membuat anda menjadi ahli atau expert. Sehingga orang yang mahir bermusik umumnya akan menghasilkan uang yang banyak. Seperti penyanyi yang menjual suara atau pencipta lagu yang menjual lagu.

Mata Kuliah Jurusan Musik

Pelajaran seni musik sudah termasuk dalam kurikulum pendidikan nasional. Mata pelajaran seni musik mulai diperkenalkan kepada para siswa yang duduk di bangku SMP. Namun yang diajarkan pada fase ini adalah seputar pengetahuan tentang seni musik secara dasar. Misalkan membaca not-not lagu.

mata kuliah jurusan musik

Untuk pendidikan tinggi dalam bidang seni musik maka yang diajarkan lebih luas dan spesifik lagi. Berikut ini sejumlah mata kuliah jurusan musik program Strata 1 yang diambil dari sejumlah universitas seni musik.

  1. Filsafat seni
  2. Sejarah musik
  3. Harmoni
  4. Kontrapung
  5. Teori musik
  6. Solfegio
  7. Kelas Partitur
  8. Instrumen Dasar Piano
  9. Koor atau Ansambel
  10. Kondukting

Kuliah Musik di Luar Negeri

Kuliah musik di luar negeri siapa takut? Dalam menuntut ilmu musik bisa ke mana saja. Walaupun sampai ke negeri China. Demikianlah peribahasa yang mengungkapkan pentingnya menuntut ilmu tanpa batasan negara dan wilayah.

Sejumlah negara di dunia mengalami perkembangan pesat dalam dunia musik seperti Amerika Serikat. Hal ini hendaknya memicu anda untuk menimba ilmu musik di negara maju yang seni musiknya.

Lihat juga Belajar Bernyanyi dengan Cara yang Baik dan Benar

Untuk menguasai musik dengan baik tidak bisa dilakukan sendiri. Anda memerlukan mentor atau guru yang handal dan pengalaman. Salah satu cara tercepat menguasai seni musik adalah bergabung dalam sekolah musik terbaik di dunia.

Salah satu kiblat musik terbaik di dunia adalah Amerika Serikat. Beberapa universitas dan perguruan tinggi di Negara Amerika Serikat membuka program studi musik dengan metode pengajaran terbaik.

Untuk sekolah di universitas jurusan musik di luar negeri bisa dilakukan dengan dua cara yaitu cara gratis dengan layanan beasiswa dan layanan berbayar dengan merogoh kocek sendiri. Kedua cara itu bisa anda lakukan sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang anda miliki.

Jika anda memutuskan untuk kuliah musik di luar negeri berarti anda mesti memulai membiasakan diri berjauhan dengan keluarga tercinta. Itu semua dapat anda lakukan demi memulai karir yang lebih baik dalam dunia musik. Kamu kelak selepas lulus bisa menjadi aransemen lagu, pencipta lagu, pengiring musik, dll.

kuliah musik di luar negeri

Berikut ini beberapa perguruan tinggi dan universitas di luar negeri yang menyelenggarakan kuliah jurusan musik terbaik di dunia. Anda bisa memilih agar bisa kuliah musik di luar negeri yang bergengsi.

  1. The Julliard School
  2. The Royal Academy Of Musik yang berada di negara Inggris Raya
  3. Conservatoire de Paris
  4. Cleveland Institute Of Music
  5. Berklee College of Music
  6. Curtis Institute of Music
  7. Manhattan School Of Music

Prospek Pekerjaan Jurusan Musik

Salah satu pertimbangan dalam melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi adalah memilih jurusan yang memiliki prospek cerah. Lantas apa prospek pekerjaan jurusan musik?

Memang, program studi yang tepat akan memberikan jaminan lulusannya dapat bekerja dengan gaji tinggi. Seperti kuliah di sekolah ikatan dinas, kuliah di jurusan perminyakan, kuliah kedokteran, kuliah di STPDN, kuliah di jurusan musik, dan lain-lain.

manfaat kuliah jurusan musik

Kuliah di jurusan musik termasuk jurusan yang sangat cerah. Karena penggemar musik banyak sekali di Indonesia dan dunia. Banyak orang yang berprofesi sebagai penyanyi menjadi kaya raya. Namun demikian, masih ada orang beranggapan bahwa pekerja seni musik tidak perlu sekolah tinggi.

Ada anggapan bahwa mempelajari seni musik dapat dilakukan sendiri dan bisa dipelajari secara autodidak. Anggapan tersebut keliru. Sepandai apapun anda dalam musik, anda tetap harus belajar. Salah satunya dengan mengenyam kuliah jurusan musik di universitas.

Ada banyak lapangan pekerjaan bagi mereka yang lulusan jurusan fakultas musik. Berikut ini sejumlah peluang kerja dan usaha maupun prospek pekerjaan jurusan musik yang sebaiknya anda tahu.

1.Blogger

Menjadi blogger khusus musik masih jarang di tanah air. Hingga mempunyai prospek cerah. Kamu bisa memulai dari membuat blog gratisan hingga blog domain tld yang profesional. Kemudian blog tersebut dipasang iklan google adsense atau disewakan space iklan.

2.Youtuber

Peluang kerja dan usaha bagi lulusan jurusan musik bisa sebagai youtuber dengan topik seputar musik. Pekerjaan ini bisa digabungkan dengan pekerjaan sebagai blogger musik

3.Musisi

Pekerjaan yang paling menjanjikan bagi lulusan sarjana musik adalah menjadi musisi. Banyak lulusan kuliah jurusan musik di Indonesia yang menjadi penyanyi terkenal. Seperti Cakra Kan. Di samping menjadi musisi, lulusan sarjana musik dapat menjadi seorang penulis lagu, pemain alat-alat musik dan penyanyi.

prospek kerja jurusan musik

4.Developer Aplikasi Musik

Untuk profesi ini, anda diharuskan memahami coding. Atau jika anda tak mempunyai skill bahasa pemograman maka anda dapat bekerjasama dengan pengembang aplikasi musik yang berpengalaman

5.Broadcast Sound Engineer

Lulusan sarjana musik dapat juga berkarir di perusahaan radio atau televisi sebagai penata suara musik atau broadcast sound engineer.

6.Accompanist

Anda yang lulusan prodi musik bisa juga bekerja sebagai pengiring musik. Seperti pengiring musik piano yang gajinya perjam bisa mencapai Rp 2 jutaan

7.Agen Musik

Agen musik adalah profesi pilihan berikutnya bagi lulusan jurusan seni musik. Tugasnya adalah mengatur jadwal manggung artis.

8.Aransemen Lagu

Pilihan profesi berikut adalah aransemen lagu. Pendapatan yang dapat anda raih dari pekerjaan ini sampai Rp 9 juta per bulan.

Prospek pekerjaan jurusan musik memang sangat cerah. Lulusan atau sarjana musik bisa bekerja dalam dunia musik sesuai hobi dan passionnya. Untuk gaji mereka yang lulusan jurusan musik terbilang cukup besar layaknya artis. Dalam sebulan mereka bisa menghasilkan uang sampai ratusan juta rupiah.

Demikianlah informasi tentang kuliah jurusan musik beserta mata kuliahnya, apa saja yang dipelajari, prospek kerja, hingga daftar perguruan tinggi yang membuka program studi musik. Mudah-mudahan dapat memberikan tambahan referensi yang bermanfaat bagi anda yang tertarik bidang ini.