Pengertian lingkaran bisa didefinisikan sebagai himpunan atau kumpulan titik-titik pada suatu bidang yang memiliki jarak yang sama dari pusatnya. Bangunan ini tidak memiliki sudut atau sisi seperti pada bentuk geometri lainnya, tetapi mempunyai beberapa properti khusus.

Lingkaran sering digunakan dan mempunyai beragam aplikasi dalam matematika, fisika, dan berbagai bidang ilmu lainnya. Contohnya, bentuk bangunan ini digunakan dalam perhitungan geometri, pembuatan grafik, desain roda, perhitungan orbit planet, dan sebagainya.

Apa Itu Lingkaran Adalah?

Pengertian lingkaran adalah bentuk geometri dua dimensi yang terdiri dari sekelompok titik yang memiliki jarak yang sama dari satu titik yang disebut pusat lingkaran.

apa itu lingkaran

Jarak ini disebut jari-jari lingkaran (r), dan garis yang menghubungkan pusatnya dengan titik mana pun di bentuk bangunan ini disebut jari-jari. Panjang garis ini juga menjadi jarak terjauh titik-titik di lingkaran dari pusatnya dan disebut diameter (d).

Ada beberapa konsep penting yang berhubungan erat dengan lingkaran, yaitu meliputi:

  1. Keliling – Keliling lingkaran adalah panjang garis lengkung yang membentuk bentuk ini. Untuk menghitung keliling lingkaran adalah dengan rumus K = 2πr, dimana π (pi) adalah konstanta yang memiliki nilai 3,14159 dan r adalah jari-jarinya.
  2. Luas – Luas lingkaran adalah ukuran daerah yang tercakup dalam bentuk bangunan ini. Luas ini dihitung dengan menggunakan rumus A = πr^2, di mana r adalah jari-jari.
  3. Diameter – Diameter adalah garis lurus yang melintasi pusat lingkaran dan menghubungkan dua titik di dalam bangunan ini. Diameter lingkaran memiliki panjang dua kali jari-jari, yaitu d = 2r.

Bagian Dalam Lingkaran

Lantas apa saja bagian dalam lingkaran? Dalam bentuk bangunan ini terdapat beberapa bagian yang penting dan memiliki nama khusus. Berikut adalah penjelasan mengenai bagian-bagian dalam lingkaran.

1.Pusat

Pusat lingkaran adalah titik di dalam bangunan ini yang memiliki jarak yang sama ke semua titik di dalamnya. Simbolisasi matematis untuk pusat adalah huruf O.

2.Jari-jari

Jari-jari (r) adalah jarak antara pusat lingkaran dan titik-titik di permukaannya. Setiap jari-jari memiliki panjang yang sama. Jari-jari juga dapat digambarkan sebagai garis yang menghubungkan pusat dengan bagian tepi.

ciri-ciri lingkaran

3.Diameter

Diameter (d) adalah garis yang melintasi pusat lingkaran dan menghubungkan dua titik di bangunan ini. Diameter memiliki panjang dua kali jari-jari, sehingga d = 2r. Diameter adalah garis terpanjang dalam lingkaran.

4.Lingkaran Dalam (Interior)

Lingkaran dalam adalah area di dalam bentuk bangunan ini yang terbatas oleh lingkaran itu sendiri. Lingkaran dalam tidak termasuk lingkaran itu sendiri.

5.Lingkaran Luar (Eksterior)

Lingkaran luar adalah area di luar lingkaran, yang terletak di sekitar lingkaran tetapi tidak termasuk lingkaran itu sendiri. Lingkaran luar dapat dianggap sebagai area di luar diameter.

6.Busur

Busur adalah bagian dari garis lengkung lingkaran antara dua titik. Panjang busur diukur dengan satuan panjang garis lengkung dan dapat dihitung menggunakan rumus matematika yang sesuai.

7.Sudut Pusat

Sudut pusat adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berawal dari pusat lingkaran dan berujung pada dua titik di dalam bangunan ini. Titik sudut pusat ini berukuran dua kali sudut yang dibentuk oleh busur yang bersesuaian.

8.Sudut Tengah

Sudut tengah adalah sudut yang dibentuk oleh dua garis yang berawal dari titik di permukaannya dan berujung pada dua titik di garis lingkaran yang sama. Sudut ini mengukur seperenam dari sudut pusat yang sesuai.

9.Titik Tepi

Titik tepi adalah titik-titik di permukaan lingkaran yang membentuk garis lengkung.

Bagian-bagian ini membantu dalam pemahaman dan analisis geometri lingkaran serta digunakan dalam perhitungan matematika yang terkait dengan lingkaran.

Ciri-Ciri Lingkaran

Tahukah kamu apa saja ciri-ciri lingkaran? Ada sejumlah ciri-ciri yang membedakan bentuk bulatan ini dari bentuk geometri lainnya. Ini berguna membantu kita memahami sifat-sifat khususnya dalam perhitungan matematika dan penerapannya dalam berbagai konteks.

lingkaran adalah

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa ciri-ciri lingkaran yang penting diketahui.

1.Tidak ada sudut dan sisi

Lingkaran adalah bentuk yang tidak memiliki sudut dan sisi seperti bentuk geometri lainnya. Garis yang membentuk lingkaran disebut garis lengkung.

2.Lingkaran adalah himpunan titik-titik

Lingkaran juga bisa dijelaskan sebagai himpunan atau kumpulan semua titik pada bidang yang mempunyai jarak yang sama dengan pusatnya.

3.Setiap titik di lingkaran memiliki jarak yang sama dengan pusat

Salah satu ciri-ciri lingkaran yang utama adalah bahwa setiap titik di dalam bentuk bangunan ini memiliki jarak yang sama dengan pusatnya. Jarak ini disebut jari-jari lingkaran dan ditandai dengan r.

4.Diameter dan jari-jari

Diameter lingkaran adalah garis yang melintasi pusat lingkaran dan memiliki panjang dua kali jari-jari. Jadi, diameter (d) adalah dua kali jari-jari (2r).

5.Keliling

Keliling lingkaran adalah panjang garis lengkung yang membentuk bentuk bangunan ini. Panjang keliling lingkaran dapat dihitung menggunakan rumus K = 2πr, di mana π (pi) adalah konstanta matematika yang berkisar sekitar 3.14159.

6.Luas

Luas lingkaran adalah ukuran daerah yang tercakup dalam bentuk geometri ini. Luas dapat dihitung menggunakan rumus A = πr^2.

7.Simetri

Lingkaran memiliki simetri putar yang sempurna. Artinya, jika Anda memutar bangunan ini sebesar sudut berapa pun di sekitar pusatnya, lingkaran akan tetap sama. Tidak ada perbedaan dalam penampilan atau bentuknya.

8.Terdapat hubungan antara jari-jari, diameter, keliling, dan luas

Jari-jari lingkaran adalah setengah dari diameter, dan diameter adalah dua kali jari-jari. Keliling lingkaran berkaitan dengan jari-jari melalui rumus K = 2πr, dan luas lingkaran berkaitan dengan jari-jari melalui rumus A = πr^2.

rumus luas lingkaran

Rumus Luas Lingkaran

Tahukah kamu bagaimana rumus luas lingkaran? Untuk rumus luas bentuk geometri ini adalah sebagai berikut:

A = πr^2

dalam rumus tersebut, A melambangkan luas lingkaran, r merupakan jari-jari lingkaran, dan π (pi) merupakan sebuah konstanta matematis yang berkisar sekitar 3,14159.

Penjelasan rumus luas lingkaran:

Jari-jari (r)

Jari-jari lingkaran adalah jarak antara pusat dan titik mana pun di permukaan lingkaran. Dalam rumus luas ini, kita menggunakan jari-jari untuk menghitung luasnya.

Pi (π)

Pi adalah konstanta yang merupakan perbandingan antara keliling dari bentuk geometri ini dengan diameternya. Nilai π sekitar 3,14159 tetapi dalam perhitungan kita dapat menggunakan perkiraan 3,14 atau menggunakan lebih banyak angka desimal untuk tingkat presisi yang lebih baik.

Perpangkatan (r^2)

Rumus luas lingkaran mengharuskan jari-jari dipangkatkan dua (dikuadratkan), yaitu r^2. Ini berarti kita mengalikan jari-jari dengan dirinya sendiri untuk mendapatkan luas.

Jadi, ketika kita ingin menghitung luas lingkaran, kita mengalikan π dengan jari-jari yang dikuadratkan. Rumus ini memberikan luas total daerah yang tercakup dalam bangunan ini.

Contoh penggunaan rumus luas lingkaran

Misalkan kita memiliki lingkaran dengan jari-jari 5 cm, kita dapat menggunakan rumus luas lingkaran untuk menghitung luasnya:

A = πr^2

A = π(5 cm)^2

A = π(25 cm^2)

A ≈ 3,14159 × 25 cm^2

A ≈ 78,54 cm^2

Jadi, luas lingkaran tersebut adalah sekitar 78,54 cm^2.

Rumus Keliling Lingkaran

Lantas bagaimana rumus kelilingnya? Untuk rumus keliling lingkaran adalah:

K = 2πr

Dalam rumus tersebut, K melambangkan keliling lingkaran, r merupakan jari-jari lingkaran, dan π (pi) adalah sebuah konstanta matematis yang berkisar sekitar 3,14159.

Penjelasan rumus keliling lingkaran

Penjelasan rumus keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Jari-jari (r)

Jari-jari lingkaran adalah jarak antara pusat dan titik mana pun di permukaan lingkaran. Dalam rumus keliling lingkaran, kita menggunakan jari-jari untuk menghitung keliling.

Pi (π)

Pi adalah konstanta matematis yang merupakan perbandingan keliling lingkaran dengan diameter. Nilai π berkisar sekitar 3,14159. Dalam rumus keliling lingkaran, kita menggunakan nilai π untuk mengalikan dengan diameternya.

Keliling (K)

Rumus keliling lingkaran mengharuskan kita mengalikan π dengan diameter atau dua kali jari-jari. Dalam rumus ini, kita menggunakan 2πr, di mana 2 menggambarkan bahwa keliling terdiri dari dua jari-jari lingkaran.

Jadi, ketika kita ingin menghitung keliling lingkaran, kita mengalikan 2π dengan jari-jari. Rumus matematika ini memberikan panjang garis lengkung yang membentuk lingkaran.

contoh soal dan cara menghitung luas lingkaran

Contoh penggunaan rumus keliling lingkaran

Misalkan kita memiliki lingkaran dengan jari-jari 7 cm, kita dapat menggunakan rumus keliling lingkaran untuk menghitung kelilingnya:

K = 2πr

K = 2π(7 cm)

K ≈ 2 × 3,14159 × 7 cm

K ≈ 43,982 cm

Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah sekitar 43,982 cm.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Luas Lingkaran

Untuk latihan, berikut adalah contoh soal dan cara menghitung luas lingkaran yang semoga bermanfaat.

Contoh Soal 1

Diketahui sebuah lingkaran memiliki jari-jari sebesar 10 cm. Hitunglah luas lingkaran tersebut.

Cara menghitung luas bentuk geometri ini adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Diketahui jari-jari lingkaran (r) = 10 cm.

Langkah 2: Gunakan rumus luas lingkaran A = πr^2.

Langkah 3: Gantikan nilai jari-jari (r) ke dalam rumus.

A = π(10 cm)^2

A = π(100 cm^2)

A ≈ 3,14159 × 100 cm^2

A ≈ 314,159 cm^2

Jadi, luas lingkaran tersebut adalah sekitar 314,159 cm^2.

Perhatikan bahwa dalam contoh ini, kita menggunakan nilai π sebagai 3,14159 untuk perkiraan. Jika diinginkan hasil yang lebih presisi, kita dapat menggunakan lebih banyak angka desimal untuk nilai π.

Ingatlah untuk selalu menyertakan satuan dalam jawaban Anda dan membulatkan jawaban sesuai dengan kebutuhan atau instruksi dalam soal.

Contoh Soal 2:

Sebuah lingkaran memiliki diameter sebesar 14 cm. Hitunglah luas lingkaran tersebut.

Cara menghitung luas lingkaran adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Diketahui diameter lingkaran (d) = 14 cm.

Langkah 2: Hitung jari-jari lingkaran (r) dengan membagi diameter oleh 2.

r = d/2 = 14 cm / 2 = 7 cm.

Langkah 3: Gunakan rumus luas lingkaran A = πr^2.

Langkah 4: Gantikan nilai jari-jari (r) ke dalam rumus.

A = π(7 cm)^2

A = π(49 cm^2)

A ≈ 3,14159 × 49 cm^2

A ≈ 153,938 cm^2

Jadi, luas lingkaran tersebut adalah sekitar 153,938 cm^2.

Contoh Soal dan Cara Menghitung Keliling Lingkaran

Berikut adalah contoh soal dan cara menghitung keliling lingkaran yang juga bisa untuk latihan.

Contoh Soal 1

Sebuah lingkaran memiliki jari-jari sepanjang 6 cm. Hitunglah keliling lingkaran tersebut.

Cara menghitung keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Diketahui jari-jari lingkaran (r) = 6 cm.

Langkah 2: Gunakan rumus keliling lingkaran K = 2πr.

Langkah 3: Gantikan nilai jari-jari (r) ke dalam rumus.

K = 2π(6 cm)

K = 2 × 3,14159 × 6 cm

K ≈ 37,699 cm

Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah sekitar 37,699 cm.

Perhatikan bahwa dalam contoh ini, kita menggunakan nilai π sebagai 3,14159 untuk perkiraan. Jika diinginkan hasil yang lebih presisi, kita dapat menggunakan lebih banyak angka desimal untuk nilai π.

contoh soal dan cara menghitung keliling lingkaran

Contoh Soal 2

Sebuah lingkaran memiliki diameter sepanjang 12 cm. Hitunglah keliling lingkaran tersebut.

Cara menghitung keliling lingkaran adalah sebagai berikut:

Langkah 1: Diketahui diameter lingkaran (d) = 12 cm.

Langkah 2: Hitung jari-jari lingkaran (r) dengan membagi diameter oleh 2.

r = d/2 = 12 cm / 2 = 6 cm.

Langkah 3: Gunakan rumus keliling lingkaran K = 2πr.

Langkah 4: Gantikan nilai jari-jari (r) ke dalam rumus.

K = 2π(6 cm)

K = 2 × 3,14159 × 6 cm

K ≈ 37,699 cm

Jadi, keliling lingkaran tersebut adalah sekitar 37,699 cm.

Itulah penjelasan mengenai lingkaran, baik tentang pengertian, ciri-ciri, rumus luas dan keliling beserta contoh soalnya yang semoga memberikan manfaat. Untuk para siswa yang ingin lebih menguasai pelajaran ini sebaiknya mengikuti les privat matematika di Edumaster Privat yang terpercaya dan sudah berpengalaman bertahun-tahun.