Umum

Logika Matematika dan Contoh Hukumnya

Logika matematika merupakan disiplin ilmu yang berperan sangat besar bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan kemajuan teknologi. Berbagai temuan peralatan teknologi yang digunakan oleh manusia yang semakin canggih tak terlepas dari sumbangsih ilmu ini.

Kehidupan manusia berkembang semakin maju dengan kehadiran berbagai perangkat teknologi canggih seperti komputer dan perangkat digital lainnya. Hal ini membuat semakin mudah manusia dalam menjalankan kegiatannya sehari-hari. Semua peralatan canggih itu membutuhkan waktu dan ilmu sehingga tercipta teknologi mutakhir, khususnya dari ilmu matematika.

Matematika sangat berguna untuk kepentingan manusia dalam penerapan pada ilmu komputer dan pembuatan perangkat digital yang canggih sebagai sarana perkembangan teknologi mutakhir. Ilmu logika ini banyak digunakan karena manfaatnya yang besar dalam berbagai sektor kehidupan manusia.

Logika Matematika

Mata pelajaran matematika membahas berbagai hal ilmu berhitung, termasuk tentang cara berpikir matematis. Namun apa yang dimaksud dengan logika matematika?

Logika ini adalah sebuah pernyataan yang didapatkan hasil dari pola berpikir sistematis dalam menarik suatu kesimpulan. Ilmu logika ini didapatkan buah dari pikiran yang cerdas dalam mendapatkan kesimpulan berdasarkan fakta yang ada bersifat ilmiah. Ilmu ini sangat penting dipelajari mereka yang belum mampu mengambil kesimpulan dari berbagai pernyataan.

Ilmu matematika dasar sangat berguna bagi semua kalangan. Karena ilmu matematika mengajarkan sebuah ilmu pasti. Sehingga tidak bisa melakukan perkiraan asal-asalan. Ilmu matematika mengajarkan bahwasanya semua direncanakan dan memiliki jawabannya tersendiri.

Bagi kalangan pelajar juga logika ini juga sangat berguna untuk menjawab soal-soal ujian secara tepat atau benar. Pelajar tidak lagi menghitung kancing yang biasa dilakukan untuk mencari jawaban yang tepat karena hal itu sangat tidak rasional. Berbeda dengan ilmu logika ini yang memiliki jawaban yang rasional.

Apa Yang Dimaksud Dengan Logika Matematika?

Tahukah Anda apa yang dimaksud dengan logika matematika? Ini adalah suatu cabang keilmuan dari matematika dan logika. Ilmu ini membahas matematika yang bersifat logika. Ilmu ini sangat berkaitan dengan ilmu filsafat logika maupun ilmu komputer. Yang semuanya bersifat terstruktur. Adapun turunan dari ilmu logika ini adalah matematik konstruktif, teori pembuktian, teori rekursi, teori model, dan teori himpunan.

Ilmu logika ini adalah sebuah materi pada program studi matematika yang diajarkan pada siswa SMA kelas 11. Untuk mengetahui lebih lengkap tentang Jenis berpikir matematis maka seseorang perlu memahami  tiga hal utama berikut.

  1. Kalimat tertutup
  2. Kalimat terbuka
  3. Pernyataan

Sebuah contoh materi logika matematika bisa dilihat dari pernyataan berikut: “Presiden Indonesia yang sekarang menjabat di tahun 2022 adalah Bapak Insinyur Joko Widodo yang akrab disapa Jokowi.”

Itu bentuk sebuah pernyataan yang benar. Sedangkan bentuk kalimat terbuka adalah “Hari ini paman saya sedang minum susu di restoran terdekat.”

Dari dua hal diatas dapatlah dipahami bahwa pernyataan itu mempunyai kemungkinan 2 jawaban yakni benar atau salah. Seperti : ”Bapak presiden Jokowi merupakan presiden yang menjabat di Indonesia saat ini” adalah pernyataan benar.

Sedangkan pada kalimat terbuka yaitu “Paman saya sedang minum susu di restoran terdekat” tidaklah membuktikan bahwa kalimat ini benar atau salah. Akan tetapi sebuah penjelasan yang harus dibuktikan kebenarannya. Kebenarannya bisa tidak atau bisa iya.

Kegunaan Logika Matematika

Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang menantang dan seru. Ada banyak aspek atau bidang yang dipelajari oleh matematika.

Perubahan teknologi yang berkembang semakin mutakhir membawa dampak positif bagi kehidupan manusia dalam berbagai bidang. Seperti pendidikan, ekonomi, pembangunan, pembayaran, keuangan, alat transportasi, alat komunikasi dan lain sebagainya.

Semua kemajuan dalam bidang teknologi canggih tersebut tidak datang secara tiba-tiba. Namun melalui proses yang panjang. Salah satunya melalui proses logika pada manusia yang semakin berkembang.

Berikut ini beberapa kegunaan logika matematika dalam kehidupan manusia sehari-hari, antara lain:

1.Penentu kemajuan suatu bangsa

Salah satu penentu kemajuan suatu negara ditentukan oleh teknologinya. Sedangkan kemajuan teknologi salah satunya ditentukan oleh kemampuan logika yang dimiliki pada suatu masyarakat. Sebuah peradaban bisa mengalami kemajuan dengan masyarakatnya sudah berpikir logis.

2.Dapat memilih keputusan yang tepat

Manfaat berikutnya dengan mengajarkan matematika ini adalah untuk membantu orang dalam pengambilan keputusan yang tepat. Mereka yang belajar penalaran matematika akan berpikir secara jernih dan rasional dan bisa menentukan mana yang terbaik dari keputusan yang harus diambil.

3.Meningkatkan kesejahteraan

Logika berpikir dengan menguasai ilmu ini dapat meningkatkan kesejahteraan pada diri sendiri dalam berbagai aspek. Seperti  keuangan, kesehatan dan semua kesejahteraan dalam kehidupan manusia. Selain itu kemampuan berpikir matematika membuat segala permasalahan akan sangat mudah dicarikan jalan keluar.

Manfaat Logika Matematika

Ada banyak manfaat belajar matematika yang sangat besar bagi manusia. Hal ini membuat manusia perlu berlatih dan belajar dalam meningkatkan kemampuan berpikirnya. Ilmu logika ini berguna bagi semua kalangan. Pemberian keterampilan logika berpikir ini sangat bagus untuk diberikan sejak dini.

Mempelajari disiplin logika ini akan bermanfaat bagi kehidupan manusia. Ada banyak contoh materi logika matematika yang bisa dipelajari. Untuk lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat belajar berpikir matematika.

1.Pikiran menjadi kritis

Dengan mempelajari penalaran matematika membuat seseorang lebih berpikir kritis. Seseorang tidak mengambil suatu kesimpulan secara sembarangan kecuali ada pernyataan atau fakta yang ada membenarkannya.

2.Berpikir runtut

Manfaat logika matematika  membuat seseorang berpikir sistematis dan runtut. Seseorang berpikir secara tersusun rapi.

3.Rasional

Selanjutnya manfaat belajar logika ini adalah membuat seseorang berpikir rasional dan ilmiah.Dengan belajar penalaran matematika membuat anda mengambil setiap keputusan berdasarkan metode ilmiah yang masuk akal dan pikiran rasional yang sehat dan tepat.

4.Menghindari kesalahan dalam setiap pengambilan keputusan

Manfaat belajar disiplin ini berikutnya adalah mampu menghindari kesalahan dalam setiap pengambilan keputusan. Karena semua dilakukan berdasarkan fakta dan penyataan yang objektif di lapangan.

Pendek kata, manfaat logika matematika adalah menghindari kesalahan dalam mengambil sebuah keputusan yang keliru. Bagi siswa yang duduk di bangku SMA kelas 11 maka materi pelajaran tentang penalaran Matematika mulai diberikan. Yang kelak menjadi bahan-bahan materi  soal yang biasanya muncul pada ujian SBMPTN.

Contoh Materi Logika Matematika

Landasan berpikir matematika terdiri-dari berbagai macam dan jenis. Salah satunya yang paling populer adalah Proposisi. Proposisi adalah sebuah pernyataan yang memiliki dua jawaban kemungkinan yaitu jawaban salah dan jawaban benar. Contoh pernyataan proposisi yaitu satu merupakan bilangan ganjil.

Pernyataan tersebut dinyatakan benar. Untuk macam-macam proposisi mempunyai tiga macam yakni proposisi kompleks, majemuk dan tunggal. Berikut ini contoh materi logika matematika yang berupa proposisi :

Berikut yang tidak termasuk proposisi yaitu:

  1. Pelajaran fisika  sangat gampang
  2. Tanaman berdaun hijau melakukan aktifitas fotosintesis
  3. Satu adalah bilangan ganjil
  4. Proposisi terbagi ke dalam berbagai macam

Jawaban yang benar adalah A. Karena proposisi hanya mempunyai satu jawaban yang mengandung  benar atau salah. Sedangkan pernyataan pelajaran fisika sangat gampang mempunyai kemungkinan jawaban lebih dari satu. Sebab tingkat kemudahan mata pelajaran matematika berbeda-beda pada setiap orang.

Apa Saja Hukum Logika Matematika?

Sebenarnya apa saja hukum logika matematika? Salah satunya yaitu pernyataan tidak diketahui benar tidaknya kecuali setelah melalui observasi lebih dalam. Dalam sebuah pernyataan terdapat dua kemungkinan logika  yaitu salah atau benar.

Ada banyak manfaat jika kita mempelajari penalaran matematika khususnya kepandaiannya untuk mendapatkan sebuah kesimpulan yang tepat dari pernyataan yang ada.

Untuk mengetahui sebuah pernyataan benar atau salah diperlukan penelitian dan pengamatan lebih lanjut.

Seperti contoh berikut ini:

  • Jakarta merupakan ibukota Indonesia (pernyataan yang  benar)
  • Tahu Sumedang adalah makanan khas Jawa Timur (Jawaban salah).

Apa saja hukum logika matematika menjelaskan bahwa kebenaran hanya satu. Begitu juga jawaban dengan jika jawaban salah. Oleh sebab itu,  tak mungkin lebih dari satu jawaban pernyataan dari landasan berpikir matematis.

Ciri Ciri Orang Yang Memiliki Kecerdasan Logika Matematika

Untuk mengetahui apa saja hukum logika matematika penting mengenal bahwa kecerdasan pada manusia terdapat berbagai macam jenis. Salah satunya kecerdasan logika yang berhubungan dengan matematika. Hingga dinamakan kecerdasan penalaran matematika.

Seseorang yang mempunyai kecerdasan berpikir matematika dapat dilihat dari ciri-cirinya, antara lain :

  1. Mematuhi peraturan ketika belajar di sekolah
  2. Menyukai permainan teka-teki atau puzzle
  3. Menyukai pelajaran  tertentu dan bersikap kreatif
  4. Bisa menemukan solusi atas setiap masalah
  5. Mempunyai kemampuan tinggi dalam daya ingat
  6. Mempunyai visual yang sangat kuat
  7. Senantiasa berpikir matematis pada setiap masalah

Itulah pertanda seseorang mempunyai kemampuan yang baik terhadap landasan berpikir matematika.

Faktor Pendukung Kecerdasan Logika Matematika

Siapa sih yang tidak ingin memiliki kecerdasan matematika? Pastinya setiap orang ingin mempunyai kemampuan ilmu yang baik ini. Berikut ini beberapa faktor pendukung kecerdasan penalaran matematika, antara lain :

1.Faktor keturunan

Yang mendukung kemampuan berpikir matematika yang baik pada seseorang adalah faktor keturunan. Anda yang berasal dari orangtua yang cerdas maka akan memudahkan bagi anda memiliki kecerdasan yang baik juga pada matematika.

2.Nutrisi

Faktor pendukung untuk meningkatkan kemampuan landasan berpikir matematika juga dari kandungan nutisi yang dimakan. Dengan makanan yang sehat dan bernutrisi tinggi  akan meningkatkan kemampuan  otak anda termasuk kemampuan logika yang baik.

3.Lingkungan

Faktor berikutnya yang mendukung kemampuan matematika logika adalah faktor lingkungan.

Langkah Meningkatkan Kemampuan Logika Matematika

Setelah mengetahui beberapa manfaat yang sangat  besar dari kemampuan logika pada setiap orang, lalu bagaimanakah cara melatih kemampuan logika pada anak? Berikut ini langkah-langkah atau cara yang bisa dilakukan oleh orangtua untuk membangun atau meningkatkan kecerdasan  logika pada anak.

1.Dengan permainan

Memberikan permainan yang melatih logika seperti maze, lego, puzzle. Anak bukan hanya senang bermain tapi juga akan meningkatkan kecerdasan logika anak

2.Menghitung dalam kegiatan sehari-hari

Cara meningkatkan kecerdasan anak dalam matematika berikutnya adalah mengajak anak untuk berhitung pada kegiatan sehari-hari. Misalkan menghitung barang belanjaan, menghitung uang kembalian, menghitung benda-benda yang berada di sekitar anak, mengukur besar tidak nya sebuah benda dibandingkan dengan benda lain, dll.

3.Mengenalkan berbagai alat ukur

Cara meningkatkan kemampuan logika yang  baik pada anak juga bisa dengan mengenalkan anak pada alat ukur. Seperti alat timbang berat, penggaris, dan lain-lain.

4.Memperkenalkan pada anak tentang manfaat matematika

Cara meningkatkan kemampuan landasan berpikir matematika pada anak berikutnya adalah dengan memperkenalkan pada anak tentang manfaat apa saja yang akan diperoleh anak dengan belajar matematika. Ajarkan matematika pada anak dengan cara menyenangkan. Sehingga anak bisa belajar matematika secara mandiri. Hal itu dengan sendirinya akan membentuk kecerdasan berpikir logika matematika pada anak.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

21 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

2 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

3 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

4 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

5 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

6 hari ago