Macam-macam model pembelajaran ada cukup banyak. Selain dalam bentuk pembelajaran tatap muka atau secara daring dengan internet, jenisnya juga masih terbagi ke dalam berbagai bentuk sesuai kebutuhan dan tujuannya. Apalagi belajar merupakan aktivitas manusia yang mesti dilakukan sejak lahir sampai meninggal dunia.

Seiring dengan perkembangan jaman, berkembang pula berbagai bentuk pembelajaran pada abad modern sekarang ini. Salah satu prinsip proses belajar yang efektif, baik yang dilakukan dalam kelas maupun di rumah, mesti dijalankan dengan menyenangkan dan membuat peserta didik aktif.

Berbagai cara dilakukan oleh seorang guru dalam memberikan pengajaran yang terbaik untuk para muridnya. Para guru akan memilih dan menggunakan model pembelajaran tertentu yang dirasa paling efektif. Pemilihan ini tentunya yang mereka pahami dan kuasai demi menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan menyenangkan bagi muridnya.

Belakangan kita sering mendengar kritik terhadap model pembelajaran yang cenderung membosankan. Selain bentuknya monolog yang cenderung monoton, tak sedikit pul para guru yang kurang inovatif dalam memilih model pembelajaran yang lebih menyenangkan.

model pembelajaran online

Kalau diibaratkan, model pembelajaran adalah sebuah senjata yang banyak terserak. Sang guru yang cerdas maka ia akan mengetahui kapan saatnya menggunakan model pembelajaran tertentu dan kapan pula saatnya memakai bentuk pengajaran yang lain.

Apalagi tujuan utama pembelajaran adalah untuk menghasilkan siswa yang cerdas dan berpengetahuan. Kepintaran seorang murid bergantung kepada metode pembelajaran guru. Guru yang inovatif pastinya akan menggunakan model pembelajaran yang terbaik bagi anak muridnya.

Macam-macam Model Pembelajaran

Ada cukup banyak macam-macam model pembelajaran yang dikenal di Indonesia. Dengan banyaknya bentuk pembelajaran membuat guru bisa memilih dan menggunakan yang tepat sehingga membuat guru disenangi murid.

Model pembelajaran adalah pendekatan yang dilakukan secara sistematis dan terencana yang dilaksanakan oleh seorang tenaga pendidik. Gunanya untuk menyampaikan materi atas suatu mata pelajaran untuk mendapatkan tujuan dan manfaat dari hasil pembelajaran tersebut.

Beberapa model pembelajaran ada yang cocok diterapkan pada kelompok siswa atau suatu daerah dan ada yang tidak cocok. Dalam kaitan itu, kebijakan penentuan model pembelajaran berada di tangan guru. Seorang guru harus bijak dalam menerapkan model pembelajaran yang tepat  bagi anak-anak muridnya sesuai situasi dan kondisi.

model pembelajaran

Kalau dilihat sekilas tampak persamaan  antara metode pembelajaran dan model pembelajaran. Padahal kedua konsep ini berbeda. Metode pembelajaran adalah cara mengajar yang dilakukan oleh seorang guru dalam mengajar. Seperti praktek atau demo, memberikan tugas sekolah, tanya jawab, diskusi, ceramah, dan lainnya. Sedangkan model pembelajaran terkait dengan teknik pembelajaran yang dilakukan dengan konsep secara terencana dan jelas.

Ragam Model Pembelajaran

Pada dasarnya model pembelajaran dibuat untuk membuat setiap peserta didik bisa memahami secara mudah atas suatu materi pelajaran yang diberikan. Adapun teknik penyampaiannya bisa disebut dengan model pembelajaran.

Berbagai cara dilakukan oleh para praktisi  pendidikan agar pelajaran yang diberikan kepada siswa siswi dapat dipahami lebih efektif dan efisien. Sehingga lahirlah beberapa metode pembelajaran. Berikut ini macam-macam model pembelajaran yang sebaiknya Anda tahu.

1.Kooperatif

Model pembelajaran Cooperative Learning adalah model pembelajaran yang didasarkan atas sifat dan karakter pada manusia. Manusia adalah makhluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain. Sehingga dalam proses pembelajaran dilakukan dengan kerja kelompok.

macam-macam model pembelajaran

Dalam belajar secara berkelompok tersebut, setiap anggota kelompok bisa saling berbagi pengalaman dan pengetahuan. Mereka saling kooperatif dan bekerja sama saling mendukung untuk memahami suatu mata pelajaran secara bersama-sama.

2.Kontekstual

Model pembelajaran kontekstual adalah proses belajar yang dilakukan melalui cara tanya jawab berdasarkan kebutuhan dan apa yang dialami oleh siswa bersangkutan. Bentuk pembelajaran seperti ini memiliki sejumlah kelebihan terutama dari motivasi dan aktif bertanya, serta minat belajar siswa yang lebih tinggi maupun kondisi lingkungan kelas yang lebih hidup dan menyenangkan.

Metode pembelajaran semacam ini seorang siswa bukan hanya mendapatkan tambahan teori dari kelas  tapi juga melalui praktek dan pengalaman langsung di lapangan.

3.Pembelajaran Berbasis Masalah

Dalam kehidupan manusia tidak lepas dari masalah. Apa itu masalah? Sesuatu hal yang tidak berjalan secara semestinya. Dalam masalah tersebut terkandung ilmu. Model dan metode pembelajaran berbasis masalah adalah suatu pembelajaran berdasarkan masalah yang terjadi dan coba dicari solusi atas masalah tersebut.

ragam model pembelajaran

4.Realistik

Sigmun Freud merupakan salah seorang pakar penddikan yang merintis dan mengembangkan model pembelajaran Realistik. Pembelajaran bentuk ini dilakukan melalui penjelasan oleh guru sekaligus lewat sosial belajar bersama kelompok untuk saling berbagi pengetahuan.

5.PAIKEM

Macam-macam model pembelajaran lainnya adalah PAIKEM. Bentuk  pembelajaran ini pernah menjadi trend dalam kurun waktu 1990-an. Model pembelajaran ini membuat setiap siswa-siswi  lebih aktif, gembira dan inovatif dalam belajar bersama.

6.Problem Solving

Model pembelajaran problem solving adalah pembelajaran yang dilakukan dengan mencari solusi atas sebuah masalah. Ketika sebuah masalah terjadi maka di situlah akan muncul pengetahuan-pengetahuan baru lewat pemecahan masalah yang harus dilakukan.

proses pembelajaran

Ini terlihat sama dengan model pembelajaran berbasis masalah. Padahal keduanya berbeda. Problem solving adalah model belajar yang fokus pada solusinya. Sedangkan pembelajaran basis masalah fokus terhadap masalah yang terjadi.

Berikut ini beberapa teknik belajar dalam model pembelajaran problem solving yang umum dilakukan.

  • Melakukan identifikasi atas masalah dan memahami atas permasalahan yang terjadi
  • Menguraikan satu persatu masalah dan memahami kesalahan apa yang sudah terjadi
  • Mencari solusi untuk memperbaiki dan menyelesaikan masalah

7.Model Pembelajaran Discovery Learning

Discovery learning juga merupakan salah satu dari macam-macam model pembelajaran yang popular. Metode pembelajaran ini mengajarkan pada peserta didik untuk aktif belajar berdasarkan pengalaman. Kemudian peserta didik dapat  menemukan idenya berhubungan dengan tema yang dikaji.

8.Model Pembelajaran Saintifik

Teknik saintifik merupakan metode pembelajaran yang memakai norma-norma ilmu. Dimulai dari melakukan pengamatan untuk mengumpulkan data.Lalu bertanya. Yang dilanjutkan dengan proses penelitian atau percobaan, dan kemudian mendapatkan beberapa informasi.

praktik pembelajaran

Selanjutnya  adalah membuat kesimpulan  atas hasil eksperimen berdasarkan data-data dan fakta di lapangan.  Terakhir melakukan komunikasi atas hasil riset yang dilakukan dalam bentuk lisan atau tulisan.

Model-model Pembelajaran Kurikulum 2013

Bagaimanakah model-model pembelajaran Kurikulum 2013? Untuk mata pelajaran yang menggunakan Kurikulum 2013 sudah ditentukan tentang model pembelajaran agar siswa aktif. Pembelajaran dilakukan melalui proses mendengarkan penjelasan guru di kelas, membaca, menyaksikan maupun bertanya dan mengumpulkan informasi.

Selanjutnya siswa membuat kesimpulan dari keterkaitan yang kita dapatkan untuk bisa dituangkan dalam bentuk laporan karya tulis ilmiah ataupun makalah untuk presentasi di depan kelas.

Bagi seorang guru tentunya perlu menguasai macam-macam model pembelajaran supaya dalam proses belajar mengajar dapat berlangsung secara efektif. Sehingga setiap siswa dapat memahami apa yang diterangkan guru dengan baik.

Mengingat ada banyak model pembelajaran yang ada, maka seorang guru harus pandai memilah-milah model pembelajaran yang tepat bagi peserta didiknya pada kondisi tertentu.

Mengapa seorang guru harus memiliki kemampuan menguasai banyak model pembelajaran? Karena setiap siswa mempunyai gaya belajar masing-masing tersendiri yang unik. Sehingga menjadi tugas guru untuk menerapkan model pembelajaran yang tepat atau sesuai bagi murid-muridnya.

metode pembelajaran

Tanda-tanda seorang guru tepat memilih model pembelajaran bisa dilihat dari beberapa hal berikut ini.

  1. Guru menyampaikan materi dengan sangat mudah dan menyenangkan.
  2. Siswa siswi dapat memahami mata pelajaran secara baik yang disampaikan oleh guru.

Demikianlah macam-macam model pembelajaran yang bisa dipilih dan diterapkan oleh seorang guru di dalam kelas maupun luar kelas. Dengan demikian guru bisa menggunakan berbagai model pembelajaran yang tepat sesuai situasi dan kondisi dari peserta didik saat itu.