Tahukah anda jika ada banyak manfaat belajar bahasa asing sejak dini. Selain daya ingat anak yang kuat, pelajaran ini ternyata juga mampu meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anak. Apalagi dengan banyaknya sarana teknologi yang akan lebih memudahkan anak menguasai bahasa asing.

Belajar bahasa asing merupakan salah satu pemandangan hal biasa dilakukan oleh orang-orang di jaman sekarang. Ini untuk berbagai keperluan terutama bagi mereka yang ingin bepergian ke luar negeri atau ingin mendapatkan pekerjaan dan karir yang lebih baik dari kantornya.

Belajar bahasa asing dapat dilakukan oleh semua kalangan. Namun alangkah lebih baik untuk belajar bahasa asing sejak dini. Apalagi belajar bahasa asing lebih mudah dilakukan sejak dini saat masih anak-anak dengan daya tingkat kemampuan hafalan yang masih sangat kuat.

manfaat belajar bahasa asing

Bahasa asing yang dipelajari umumnya adalah bahasa inggris, bahasa mandarin, bahasa arab, bahasa perancis dll. Kalangan tua maupun muda berbondong-bondong belajar bahasa asing tesebut secara otodidak ataupun pergi ke lembaga kursus bahasa asing terdekat.

Cara belajar bahasa asing pada umumnya menggunakan dua cara. Yakni dengan percakapan sehari-hari dan hafalan kosa kata. Meminta anak untuk belajar bahasa asing menjadi hal penting yang perlu dilakukan oleh orangtua mengingat banyak manfaatnya. Sama seperti manfaat belajar bermain catur bagi anak-anak yakni membuat daya ingat anak lebih kuat, meningkatkan kreativitas dan percaya diri anak dll.

Pada jaman globalisasi saat ini tidak cukup seseorang hanya menguasai satu jenis bahasa asing seperti bahasa inggris. Tapi sekarang orang mesti menguasai minimal dua bahasa atau lebih. Seperti bahasa inggris dan bahasa mandarin, atau bahasa Jepang. Karena kedua bahasa tersebut paling banyak dipergunakan di dunia internasional untuk keperluan pergaulan, bisnis, ataupun akademik.

Manfaat Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Sebenarnya dengan perkembangan jaman yang semakin canggih sekarang ini membuat belajar bahasa asing dimudahkan dengan berbagai sarana pembelajaran yang ada. Misalkan seseorang bisa menggunakan aplikasi belajar bahasa asing tertentu di Google Playstore dan beberapa situs atau website menawarkan program belajar bahasa asing sejak dini secara gratis lewat online.

belajar bahasa asing sejak dini

Berikut ini beberapa manfaat belajar bahasa asing sejak dini yang sebaiknya Anda tahu.

1.Menjadikan pribadi unggul dan berpengetahuan luas soal bahasa sejak kecil

Orang yang berpengetahuan luas soal bahasa akan berbeda tingkatannya dengan orang yang tak berpengetahuan soal bahasa. Beberapa perusahaan bonafide memberikan kriteria khusus untuk calon karyawannya untuk menguasai salah satu bahasa asing tertentu. Dengan menguasai bahasa asing akan lebih meningkatkan karir pekerjaan dan memperluas lapangan kerja baginya.

2.Badan Lebih Rileks dan Terhindar dari Stres

Siapa sih yang tidak ingin memiliki badan yang sehat? Pastinya setiap orang menginginkan badan yang sehat khususnya anak-anak. Salah satu terapi dan cara yang bisa dilakukan adalah mempelajari bahasa asing sejak dini. Karena mempelajari bahasa asing menurut riset terpercaya dapat mengurangi seseorang dari rasa stres dan cemas.

manfaat belajar bahasa asing sejak dini

Setiap orang dari segala macam status, gender dan umur bisa dihinggapi stres. Begitu juga anak-anak. Dengan mempelajari bahasa asing sejak dini akan menghindari seseorang dari stres sejak kecil hingga dewasa.

3.Bergaul Lebih Mudah Dalam Lingkup Internasional

Untuk bergaul dengan dunia luar di masyarakat negara lain, anda tentu mesti menggunakan bahasa orang tersebut. Dalam hal ini, jika anda fasih dan paham bahasa asing tersebut  akan mempermudah bagi anda sejak kecil untuk bergaul dengan komunitas di luar negeri.  Pendek kata, manfaat belajar bahasa asing sejak dini berikutnya adalah untuk meningkatkan kemampuan bergaul secara internasional lebih mudah bagi seseorang sejak kecil.

4.Lebih Percaya Diri

Manfaat besar berikutnya dari aktifitas belajar bahasa asing sejak dini adalah meningkatkan rasa percaya diri pada anak. Hal tersebut sangat banyak manfaatnya sebagai modal kesuksesan dalam menghadapi kehidupan sosial di masa depan.

5.Menguatkan Ingatan Anak

Hal yang besar pula dari kegunaan belajar bahasa asing sejak dini adalah bisa memperkuat daya ingat anak. Sehingga anak tidak mudah lupa dan ketika tua tidak mudah pikun. Karena sejak anak-anak sudah terbiasa mengingat banyak kosa kata dan conversation atau percakapan dalam bahasa asing.

belajar bahasa asing

6.Meningkatkan Kreativitas Anak

Dengan belajar bahasa asing sejak dini bisa meningkatkan kreatifitas anak. Sama halnya ketika anak dilatih untuk belajar bermain catur sejak dini. Yang mengasah otak untuk terus berpikir kreatif.

7.Menghindari Penyakit Demensia dan Alzheimer

Kegunaan belajar bahasa asing sejak dini lainnya adalah menghindarkan diri terkena penyakit Demensia dan Alzheimer dalam jangka panjang yang merupakan penyakit penurunan kemampuan berbicara dan berpikir serta menurunnya  daya ingat secara tajam.

8.Kemampuan Baca Tulis Anak Menjadi Lebih Baik

Manfaat belajar bahasa asing sejak dini akan meningkatkan kemampuan membaca dan menulis anak secara lebih baik efektif dan efisien yang akan mendongkrak prestasinya di sekolah.

9.Kemudahan dalam Menguasai Bahasa Asing Lainnya

Kesuksesan anak belajar suatu bahasa asing akan membuat anak semakin percaya diri untuk belajar bahasa asing lainnya yang lebih sulit.

Pentingnya Belajar Bahasa Asing Sejak Dini

Sekarang ini penguasaan bahasa asing menjadi kriteria yang sering dibutuhkan sebagai syarat memasuki dunia kerja atau bisnis. Sudah semakin paham orang-orang di jaman ini terhadap pentingnya belajar bahasa asing sejak dini. Dengan kemampuan berbahasa asing yang baik sejak dini akan memberikan kelebihan, keuntungan dan keutamaan pada orang tersebut pada saat ia dewasa dan memasuki dunia kerja atau bisnis.

Tapi bukan hanya itu, manfaat belajar bahasa asing sejak dini juga melibatkan faktor kesehatan dan kecerdasan. Kesehatan badan dan kecerdasan otak akan terjaga dengan baik dengan seseorang rajin belajar bahasa asing sejak dini.

manfaat belajar bahasa sejak dini

Pendek kata, dengan pandai terhadap bahasa asing sejak dini akan membuat seseorang memperoleh banyak keuntungan.

1.Keuntungan dari Segi Karir Pekerjaan Yang Lebih Luas

Pada beberapa perusahaan besar memberikan jabatan dan gaji lebih tinggi kepada mereka yang pandai dan menguasai bahasa asing tertentu

2.Kecerdasan Sosial

Pentingnya belajar bahasa asing sejak dini juga berkaitan dengan manfaat yang diberikan terutama dalam meningkatkan kecerdasan sosial.

3.Kesehatan Mental

Belajar bahasa asing sejak dini juga sangat penting untuk meningkatkan kesehatan mental yang dimulai dari masa kanak-kanak sampai dewasa.

4.Mendukung Keberhasilan dalam Kehidupan Sosial dan Akademik

Yang tak kalah penting dari manfaat belajar bahasa asing sejak dini adalah dapat mendukung kesuksesan seseorang dalam kehidupan sosial di masyarakat dan dunia akademik di sekolah. Apalagi ada banyak komunitas seperti komunitas bahasa Inggris, bahasa Mandarin, dan lainnya.

5.Mendidik Sikap Mandiri Anak

Seorang anak yang sudah belajar bahasa asing sejak dini maka akan lebih bisa bersikap mandiri. Ia menjadi pribadi yang lebih bijak dan dewasa kelak.

pentingnya belajar bahasa asing sejak dini

6.Kritis dan Kreatif

Belajar bahasa asing sejak dini memang tidak mudah. Seorang anak pastinya akan menemukan berbagai rintangan dan kesulitan. Namun sang anak pastinya akan terus berusaha mencari jalan keluar dari permasalahannya dan terus berusaha mencari cara yang tepat untuk menguasai bahasa asing tersebut. Hal itu secara tak langsung akan melatih anak untuk bersikap kritis dan kreatif.

7.Percaya Diri Tinggi

Seorang anak yang belajar bahasa asing sejak dini akan lebih percaya diri dalam bergaul dengan teman-teman sebayanya. Oleh sebab itu, jika anak anda mengalami minder maka salah satu cara meningkatkan rasa percaya diri pada anak adalah dengan mengajaknya untuk belajar bahasa asing sejak dini. Yang kegunaannya bukan hanya segi meningkatnya rasa percaya diri anak. Namun juga terbukti dapat meningkatkan prestasi akademik anak di sekolah.

Itulah berbagai manfaat belajar bahasa asing sejak dini. Begitu banyaknya kegunaan ini perlu mendorong para orang tua menyadari pentingnya anak-anak belajar bahasa asing sejak dini. Baik untuk aspek kesehatan mental, pikiran, fisik dan bagi keberhasilan dalam masa depan anak.