Umum

Manfaat Belajar Matematika Bagi Kehidupan, Kamu Wajib Tahu!

Manfaat belajar matematika bagi kehidupan tentunya sangat besar. Walaupun begitu ada sebagian pelajar yang  menganggap mata pelajaran berhitung ini sebagai ilmu paling paling sulit dibandingkan mata pelajaran lain. Sehinggga banyak pelajar yang tidak menyukai matematika.

Padahal matematika adalah mata pelajaran yang memiliki manfaat dalam kehidupan sehari-hari manusia. Peran mata pelajaran matematika sangat penting dalam dunia pendidikan di Indonesia. Mata pelajaran matematika selalu ada dalam berbagai ujian sekolah dari tingkat TK,SD, SMP sampai SMA.

Pada waktu anda pertama kali masuk sekolah dasar maka mata pelajaran yang pertama kali dikenalkan adalah berhitung atau matematika. Misalkan anak TK atau PAUD sejak sekolah pertama di kelas mulai dikenalkan dengan angka-angka hingga menapaki bangku sekolah dasar mengenalkan dengan penjumlahan dan pengurangan. Yang merupakan bagian dari ilmu matematika.

Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan matematika tidak dapat lepas dari kehidupan manusia. Sebab setiap harinya manusia berhitung dan menggunakan ilmu matematika dalam berpikir atas solusi dari segala masalah yang berkaitan dengan alam, ekonomi dan sosial.

Ilmu matematika adalah ilmu yang luas dan tak bisa berdiri sendiri. Segala ilmu pasti lainnya bisa dimasuki oleh ilmu matematika. Bahkan ilmu dalam kehidupan sehari-hari sudah biasa dimasuki oleh ilmu matematika. Seperti ilmu teknik, arsitektur, kedokteran, sosial, ekonomi, statistik, biologi, fisika, kimia, dan ilmu lainnya. Sebagai ilmu yang memiliki kedudukan penting dalam kehidupan manusia maka matematika mempunyai banyak manfaat bagi manusia untuk dipelajari.

Manfaat Belajar Matematika Bagi Kehidupan

Matematika adalah mata pelajaran yang masih menjadi misterius bagi sebagian pelajar. Pelajar seringkali dijejali dengan materi-materi matematika tanpa mengerti apa maksud, tujuan dan manfaat dari ilmu matematika yang diajarkannya. Matematika adalah mata pelajaran yang istimewa yang diberikan pada orang-orang pilihan.

Ilmu berhitung tidak akan membuat kehidupan manusia menjadi lebih sulit. Justru kehadiran matematika untuk mempermudah dan menertibkan kehidupan manusia. Anda akan merasakan banyak manfaat dari mempelajari matematika.

Salah satu manfaat belajar matematika bagi kehidupan sehari-hari adalah untuk menjadikan para pengkajinya menjadi manusia yang penuh perhitungan, teliti dan cermat. Setiap langkah cara mengajarkan matematika menjadi penting karena akan menentukan masa depan seseorang. Orang yang hidupnya tak teratur maka hasil kehidupannya tidak akan pernah membuatnya puas.

Yang paling nyata manfaat matematika dalam keseharian hidup manusia adalah ketika dalam melakukan perdagangan. Bisnis atau berdagang merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh manusia untuk mendapatkan keuntungan atau rizki. Bagi anda yang ingin menekuni dagang sudah dipastikan wajib mempunyai keterampilan matematika yang baik. Seperti kemampuan menghitung untung dan rugi.

Kenapa Matematika Susah

Banyak orang yang beranggapan kenapa matematika susah dan sulit. Lalu atas dasar apa orang menganggap matematika itu sukar sehingga dibenci. Untuk mengetahuinya maka kita telaah dulu asal muasal pembelajaran matematika di sekolah dan rumah.

Pelajaran matematika dimulai ketika seseorang sudah duduk di bangku PAUD atau TK. Pada tahap pendidikan dasar ini, anak-anak sudah mulai dikenalkan dengan angka atau berhitung sebagai matematika dasar..

Anak-anak sangat antusias belajar matematika yang seputar berhitung, menjumlah dan mengurangi. Hingga sang anak memasuki pendidikan lanjutan sekolah dasar hingga menengah atas dengan materi pelajaran matematika lebih kompleks lagi. Yang juga meliputi statistika, aljabar, bilangan pecahan, bilangan desimal, cacah, geometri, sudut, peluang atau probabilitas, aritmetika, dan lain-lain.

Seiring berjalan waktu, materi pelajaran matematika semakin bertambah banyak. Sedangkan kenapa matematika susah ketika ada satu materi yang belum dikuasai dengan baik tapi sang pelajar harus mempelajari materi matematika terbaru. Hal tersebut membuat kian hari matematika sulit untuk dipahami.

Dengan demikian, anda menjadi jelas bahwa yang membuat matematika itu susah adalah terlalu banyak materi matematika yang harus dipelajari. Padahal materi matematika itu sangat sederhana yang hanya mencakup ilmu berhitung yang meliputi pengurangan, penjumlahan, perkalian dan pembagian.

Fakta Matematika Dalam Kehidupan

Ada sejumlah fakta matematika dalam kehidupan yang menarik dan belum banyak diketahui orang. Salah satunya matematika adalah disiplin ilmu yang tertua yang ada di dunia. Orang-orang primitif pada jaman dulu sering menggunakan matematika untuk memilih teknik berburu dan berhitung letak posisi matahari di langit.

Fakta menarik tentang matematika berlanjut ke era Yunani Kuno. Saat itu ilmu matematika sering dipergunakan untuk kepentingan membangun pemerintahan dan struktur bangunan. Pada akhirnya pada jaman digital milenium, matematika dipergunakan untuk kepentingan algoritma.

Sebuah fakta yang menarik lain tentang manfaat belajar matematika bagi kehidupan manusia adalah ilmu ini tidak akan lepas dari  kehidupan manusia sejak manusia bangun dari tidur sampai tidur kembali.

Namun diantara fakta matematika dalam kehidupan yang paling menarik adalah adanya anggapan negatif orang tentang matematika yang sebenarnya itu bukan fakta. Fakta yang sering digembor gemborkan orang adalah terkait fakta matematika itu seputar ilmu tentang berhitung yang susah dipelajari dan sukar dipahami oleh mereka yang memiliki kecerdasan inteletual yang terbatas.

Manfaat Belajar Matematika Menurut Para Ahli

Sebenarnya untuk bisa menguasai matematika harus dimulai dengan menyenangi matematika. Kemudian seseorang perlu mengetahui fakta dan manfaat menarik matematika bagi setiap orang. Yang paling nyata dengan menguasai matematika maka seseorang akan dicap sebagai orang yang pintar dan sejumlah manfaat lainnya.

Untuk lebih jelas, berikut ini beberapa manfaat belajar matematika menurut para ahli yang perlu Anda tahu.

1.Membangun pola pikir yang sistematis

Jika anda selama ini berpikir tidak teratur dan runtut maka anda bisa belajar matematika yang bisa melatih anda untuk berpikir sistematis. Salah satu manfaat belajar matematika bagi anak adalah melatih anak untuk berpikir secara sistematis dalam soal pekerjaan, tugas sekolah maupun pekerjaan sehari-hari.

2.Berkembangnya logika berpikir

Salah satu hal yang perlu diasah untuk meningkatkan kesuksesan manusia adalah melatih kemampuan logika berpikir yang baik dan benar. Semua itu bisa diasah dengan anda terbiasa belajar rumus matematika. Karena itu manfaat belajar matematika bagi kehidupan akan membuat logika berpikir anda lebih realistis dan logis dalam mengambil setiap keputusan dari setiap permasalahan.

3.Generasi penuh perhitungan

Manfaat belajar matematika menurut para ahli bagi generasi muda adalah menjadikan kita menjadi penuh perhitungan dalam mengambil setiap keputusan. Contohnya dalam membuka suatu usaha, seseorang akan berpikir mengenai modal usaha yang harus dipersiapkan dan seberapa biaya dan keuntungan dari usaha yang akan dijalankan.

Dengan perhitungan yang tajam tersebut tidak membuat seseorang menjadi ragu untuk memulai suatu usaha. Tapi semakin yakin bahwa usaha yang akan dijalankannya akan berhasil. Kalaupun tidak berhasil maka seseorang bisa mengantisipasinya dengan mengambil langkah kedua atau ketiga dan seterusnya.

Manfaat Matematika Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Dalam kehidupan sehari-hari, manfaat matematika sangat terasa besar bagi seseorang. Berikut ini beberapa manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari bagi manusia, antara lain :

1.Pengetahuan untung dan rugi yang baik

Dengan anda bisa matematika maka anda akan mengetahui kapan anda untung dan rugi. Manfaat belajar matematika bagi kehidupan adalah ketika anda menjual barang lebih tinggi dari harga jual. Sedangkan rugi adalah ketika anda menjual barang dengan harga lebih rendah dari harga beli. Tanpa memiliki kemampuan matematika yang baik maka anda tidak bisa mengetahui perhitungan untung dan rugi dalam bisnis atau perdagangan.

2.Melatih sikap sabar

Matematika adalah mata pelajaran umum yang bisa dipelajari oleh semua kalangan yakni anak-anak dan orang dewasa yang mempunyai manfaat besar lainnya yakni melatih kesabaran. Karena soal matematika perlu waktu untuk menghitung dan menyelesaikannya. Tidak bisa seseorang tergesa-gesa dalam menjawab soal matematika atau berhitung. Karena jika melakukan demikian jawabannya bisa keliru.

3.Meningkatkan daya pikir kritis dan kreatifitas

Ilmu matematika melatih manusia untuk terus berpikir kritis dan jernih. Logika manusia berjalan secara benar dan berkembang dari hari ke hari. Mereka yang terbiasa dengan matematika akan pandai berhitung dan menganalisis suatu masalah secara objektif.

4.Materi matematika yang berguna

Materi matematika tidak hadir dengan sendirinya. Tapi kehadirannya mempunyai fungsi dan tujuan serta manfaat masing-masing. Ada beberapa materi matematika yang manfaatnya dirasakan langsung oleh manusia itu sendiri.

Seperti kegunaan aljabar linear dalam kehidupan sehari-hari, dan kegunaan limit dan matriks serta fungsi kuadrat dalam kehidupan sehari-hari.  Semua itu bisa dirasakan manfaat matematika dalam kehidupan sehari-hari dengan penerapan yang dilakukannya.

Demikianlah berbagai manfaat belajar matematika bagi kehidupan. Kegunaan yang sangat besar dari siiplin ilmu ini tentunya bisa membuat para pelajar lebih menyukainya. Apalagi matematika sangat berkaitan erat dengan berbagai siplin ilmu lainnya sehingga tidak boleh kita benci.

 

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

10 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

1 hari ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago