Anak

8 Manfaat Membaca Bagi Anak yang Harus Diketahui Orang Tua

Melihat bagaimana pentingnya manfaat membaca bagi anak, maka setiap orang tua pasti berupaya sebaik mungkin untuk mengajarkan anak untuk membaca sejak dini. Hal ini sudah lazim ditemui pada orang tua modern yang sadar akan pentingnya membaca dalam masa tumbuh kembang anak. 

Selain pemenuhan nutrisi yang lengkap dan tepat, belajar adalah salah satu cara yang diterapkan untuk meningkatkan kecerdasan anak. Belajar yang dimaksud disini tidak selalu tentang belajar hal-hal berat. Anda sebagai orang tua bisa memulai dengan belajar membaca. Kebiasaan menyukai kegiatan membaca sejak dini akan membawa manfaat baik untuk anak. 

Pentingnya dan Manfaat Membaca Bagi Anak

Setiap orang tua pasti dan harus tahu tentang tahap perkembangan anak. Hal ini dilakukan agar orang tua bisa memberikan treatmen yang tepat dalam masa tumbuh kembang tersebut sehingga anak bisa tumbuh menjadi anak yang cerdas. Ketika sudah sampai di usia tertentu, usia sekolah dasar misalnya, manfaat membaca buku untuk anak sd pun akan semakin meningkat. 

Berkaitan dengan hal ini, membaca bisa menjadi salah satu aktivitas belajar sekaligus kebiasaan baik yang bisa diajarkan kepada anak sejak dini. Berdasarkan berbagai penelitian yang sudah dilakukan, membaca bagi anak usia dini akan memberikan banyak manfaatnya, seperti:

  • Menambah Kosakata pada Anak

Manfaat membaca bagi anak yang pertama, membiasakan anak untuk membaca sejak dini salah satunya bisa membawa manfaat yaitu dapat menambah dan memperkaya kosakata anak. Melalui membaca, anak akan menemukan banyak kosakata baru yang mungkin tidak digunakan saat sedang melakukan percakapan sehari-hari. 

Hal tersebut juga berlaku, bahkan jika anak belum bisa membaca. Sebagai gantinya untuk membiasakan anak gemar membaca buku sejak dini, inilah peran Anda sebagai orang tua dibutuhkan. Anda bisa membacakan buku pada anak. Dengan begitu, manfaat membacakan buku pada anak, tahu menambah kosa kata baru pada anak bisa tetap dicapai.

  • Meningkatkan Kemampuan dan Ketrampilan Komunikasi Anak

Setelah anak mulai memiliki perbendaharaan kata yang banyak, manfaat membaca bagi anak selanjutnya adalah dapat meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dan komunikasinya. Saat anak sudah mengenal banyak kata dan menyusun banyak kalimat, maka kepercayaan diri anak untuk berkomunikasi juga akan meningkat. 

Apalagi jika ketika orang tua membacakan buku untuk anak dengan volume yang bisa didengar oleh anak (read a loud), maka anak bisa mendengarkan bagaimana cara mengucapkan suatu kalimat, bagaimana menunjukkan ekspresi dari kalimat tersebut dan lain sebagainya. Jadi, banyak bukan manfaat membacakan buku pada anak?

  • Melatih Ketrampilan Berkonsentrasi pada Anak

Tidak semua anak bisa langsung mendapatkan manfaat seperti yang diharapkan. Namun membiaskan anak membaca sejak dini juga bisa memberikan manfaat lainnya. Salah satunya adalah melatih kemampuan berkonsentrasi pada anak. 

Membiasakan anak duduk dan membaca setiap hari bisa turut melatih konsentrasi anak, meski anak tidak atau belum bisa membacanya dan hanya membalikkan halamannya saja. Hal ini tetap berperan  bagus, salah satunya adalah meningkatkan fokus dan konsentrasi. 

Tak hanya itu saja, ketika anak hanya membolak balik halaman itu, maka secara tidak sadar, anak juga mendapat informasi atas apa yang dilihat. Apalagi jika buku yang disediakan adalah buku bergambar. Dengan begitu anak jadi terbiasa menyerap informasi dari apa yang dilihat. Inilah pentingnya membaca bagi anak usia dini

  • Meningkatkan Kemampuan Berpikir

Jika Anda masih meragukan apa manfaat membaca untuk anak-anak, maka ini adalah jawaban atas keraguan Anda tersebut. Membiasakan membaca buku pada anak sejak dini sudah terbukti dalam berbagai penelitian dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. 

Kemampuan kognitif ini sendiri merupakan kemampuan berpikir serta memahami sesuatu. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa membiasakan anak membaca buku secara rutin akan berpengaruh pada perkembangan area otak. Dengan begitu, imajinasi dan kreativitas anak juga akan turut berkembang.

  • Anak Akan Belajar Mengenal Tentang Konsep

Tidak hanya belajar mengenal dan menambah kosakata baru, manfaat membaca bagi anak usia dini juga dapat membantu anak dalam mengenal tentang konsep. Jadi, dengan membaca anak akan lebih mengenal tentang konsep benda, bentuk, angka dan konsep-konsep lain yang ada di sekitar anak. 

Saat seharusnya anak sudah harus sampai pada tahap pertumbuhan bisa membaca namun anak belum mampu, Anda bisa menstimulus dengan memberi les privat. Edumaster salah satu les privat sudah menyediakan layanan les privat membaca untuk Anda jika dibutuhkan.

  • Mengembangkan daya Imajinasi dan Kreativitas Anak

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, manfaat membaca bagi anak selanjutnya adalah dapat merangsang dan mengembangkan daya imajinasi serta kreativitas pada anak. Ketika anak membaca tentang hal-hal yang berkaitan dengan keanekaragaman kehidupan, hal tersebut akan berperan dalam membuka pikiran anak. 

Ketika pikiran anak sudah terbuka, maka secara tidak sadar akan muncul rasa ingin tahu pada anak tentang apa yang ia baca dan lihat dari buku. Nah, disinilah diharapkan anak memancing dan memotivasi anak untuk bertanya tentang apa yang dilihat dan dibaca dari buku. 

Ketika sampai pada tahap ini, pentingnya membaca bagi anak usia dini sudah tercapai. Kini tinggal pentingnya peran Anda sebagai orang tua. Peran Anda adalah bagaimana menjawab rasa ingin tahu akan apa yang dibaca di buku tersebut. 

  • Meningkatkan Prestasi Akademik

Manfaat berikutnya ini adalah manfaat yang bisa didapatkan ketika anak sudah mencapai tahap tumbuh kembang lebih lanjut. Misal saat anak sudah mulai masuk sekolah seperti sekolah dasar. Manfaat membaca bagi anak SD ini tentu saja berkaitan dengan apa yang dipelajari di sekolah. 

Semakin banyak membaca, maka semakin anak memahami mata pelajaran yang diajarkan saat di sekolah. Dengan begitu, ketika ujian atau ketika mendapat tugas, anak bisa menyelesaikannya dengan baik. Hal ini jika terus dikembangkan dengan pendampingan yang tepat dari orang tua tentu akan membantu dalam meningkatkan prestasi anak. 

Jika membaca saja tidak bisa membantu anak dalam menyelesaikan tugas dan memahami apa yang diajarkan di sekolah, Anda bisa membantu dengan memberi stimulus lain. Caranya bisa dengan memberi les privat pada anak. Anda bisa mempercayakan pada Edumaster untuk hal ini. 

  • Membuka Wawasan Pada Anak

Saat anak sudah berada di usia mampu memahami hal sekitar seperti usia sekolah dasar, manfaat membaca buku untuk anak SD selanjutnya pun meningkat. Membaca tidak hanya sebagai media memperkaya kosakata dan kreativitas saja. Dengan membaca juga akan turut berperan dalam membuka wawasan pada anak. 

Manfaat membaca bagi anak SD ini bisa semakin besar jika Anda sebagai orang tua berperan aktif dalam menyediakan buku yang tepat. Sediakan berbagai jenis buku, seperti buku astronomi, buku tentang keanekaragaman alam dan berbagai jenis buku serupa. Dengan membaca inilah anak bisa mengetahui dunia dan wawasan yang mungkin belum bisa dilihat secara langsung oleh anak. 

Itu tadi adalah penjelasan tentang apa saja manfaat membaca bagi anak yang harus diketahui oleh orang tua. Setelah mengetahui apa manfaat membaca untuk anak-anak ini, kini Anda sebagai orang tua harus berperan aktif dalam mendampingi dan memilihkan jenis bacaan yang tepat untuk anak sesuai usianya. 

Les Privat

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

17 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

2 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

3 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

5 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

6 hari ago