Manfaat mengajarkan anak bermain catur perlu diketahui oleh setiap orang tua. Sehingga orangtua tidak ragu-ragu lagi untuk memberikan pelajaran teknik, strategi dan ilmu bermain catur pada anak mereka sedini mungkin. Ada banyak keutamaan permainan ini bagi anak, khususnya untuk membantu mengembangkan potensi otak dan kecerdasan anak.

Catur adalah salah satu jenis permainan atau cabang olahraga asah otak yang sangat populer di Indonesia. Organisasi yang menaunginya dalam tingkat nasional adalah PERCASI. Sedangkan organisasi yang mengurusi dalam tingkat internasional adalah FIDE. Para penggemar olahraga catur di Indonesia sangat banyak jumlahnya. Dari kalangan anak-anak, remaja sampai orang lanjut usia atau manula.

Ada anggapan di tengah masyarakat bahwa catur merupakan permainan yang sering dimainkan oleh dua orang hanya untuk sekedar mengisi waktu luang. Permainan ini sifatnya percuma atau tak bermanfaat yang khusus dimainkan oleh orang pengangguran.

manfaat mengajarkan bermain catur

Ternyata anggapan itu salah. Tidak benar semua itu, catur juga ternyata mempunyai sejumlah kegunaan yang sangat besar bagi para pemainnya dari kalangan tua maupun muda. Kegunaan itulah yang perlu mendorong para orang tua agar dengan senang hati mengajarkan anaknya bermain catur.

Setiap orang umumnya menganggap bermain catur adalah sebuah perbuatan sia-sia yang menghabiskan waktu yang begitu berharga. Namun sejak adanya sejumlah penelitian tentang manfaat main catur bagi anak membuat banyak orangtua berbondong-bondong mengajarkan anak mereka bermain catur sedini mungkin.

Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur

Manfaat mengajarkan anak bermain catur terbagi dua yakni manfaat secara otak dan manfaat secara mental dan pikiran. Berikut ini manfaat dan kegunaan mengajarkan permainan catur pada anak untuk bagian fungsi otak anak yaitu meningkatkan konsentrasi pada anak.

Mungkin anak anda mengalami kesulitan atau sangat sulit konsentrasi dalam belajar atau hal lainnya. Itu berarti anak anda memerlukan terapi sendiri. Salah satunya terapi dengan bermain catur yang bisa menjadi pembelajaran yang inovatif. Dengan mengajarkan anak  untuk bisa dan pandai bermain catur akan melatih sang anak untuk bisa berkonsentrasi penuh secara baik dan benar yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran di rumah maupun sekolah.

manfaat mengajarkan anak bermain catur untuk otak

Tingkat konsentrasi anak bisa berkembang lebih bagus jika sang anak sering bermain catur. Sebab dalam olahraga catur mendidik para pemainnya untuk bersikap berkonsentrasi yang baik. Konsentrasi terhadap strategi dan langkah lawan, konsentrasi terhadap pertahanan sendiri dan penyerangan terhadap pertahanan lawan, konsentrasi untuk menyelamatkan raja, konsentrasi untuk memenangkan permainan catur lebih cepat dll.

Permainan catur yang dimainkan oleh seorang anak akan menjadikan otak anak terfokus pada papan catur dan permainan catur dan lebih percaya diri. Sehingga memudahkan sang anak dalam proses konsentrasi belajar di sekolah atau rumah.

Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur Untuk Otak

Sebelum mengajarkan anaknya bermain catur yang baik dan benar maka setiap orangtua mesti mengetahui apa saja yang menjadi manfaat baginya untuk mengajarkan anaknya sampai bisa bermain catur. Berikut ini beberapa manfaat mengajarkan anak bermain catur untuk otak.

1.Senang dan Gembira Serta Berpikir Kritis

Salah satu sikap dan sifat positif yang harus terdapat pada setiap anak adalah riang gembira. Jika anak anda mengalami kesedihan dan murung atau susah fokus saat belajar, maka tak ada salahnya anda mengajak anak anda untuk bermain catur. Karena dengan bermain catur maka sang anak akan lebih terlihat gembira dengan langkah-langkah buah catur sampai skak mat.

manfaat mengajarkan anak bermain catur sejak dini

Dengan bermain catur, seorang anak dibiasakan untuk terus bisa fokus dan berpikir kritis dalam jangka waktu lama seperti berpikir bagaimana memecahkan masalah dengan cara menyenangkan. Misalkan melakukan langkah jitu untuk mematikan raja lawan.

2.Ingatan Menjadi Lebih Kuat

Manfaat mengajarkan anak bermain catur untuk otak lainnya adalah meningkatkan kemampuan anak dalam aspek ingatan. Permainan catur membutuhkan variasi langkah yang tepat dan pola bangunan catur yang perlu diingat. Seperti pola pembukaan catur yang perlu diingat sebagai langkah awal. Kemudian perlu juga mengingat langkah-langkah buah catur yang harus dilakukan untuk memenangkan catur.

Dengan mengajarkan permainan catur pada anak sejak dini maka anak bisa mempunyai ingatan yang lebih kuat. Segala informasi dapat dipahami dan dikuasai secara baik. Segala mata pelajaran yang sulitpun dapat dipahami.

3.Ahli Strategi

Di tengah kalangan masyarakat banyak yang menilai mereka yang pandai dan jago bermain catur akan menjadi sosok pribadi yang pandai berstrategi. Hal ini benar adanya. Karena permainan catur mendidik para pemainnya untuk menjadi ahli strategi yang hebat.

manfaat bermain catur untuk otak

Karena selama permainan akan selalu berpikir  bagaimana cara atau strategi yang tepat untuk mematikan raja lawan dengan cepat. Jika anda menginginkan anak anda menjadi ahli strategi maka anda bisa mengajarkan permainan catur pada anak anda sejak dini.

4.Prestasi

Manfaat mengajarkan anak bermain catur terbukti pula bisa membentuk anak menjadi seorang ahli dan jago dalam olahraga catur. Karena anak yang sudah pandai main catur sejak  kecil mempunyai prospek cerah dan bagus untuk jadi pecatur hebat di masa depan yang berprestasi dalam berbagai tingkat kejuaraan catur. Dari mulai tingkat sekolah, RT RW, daerah sampai nasional hingga internasional.

Banyak sekali para pecatur hebat di Indonesia dan dunia yang bisa bermain catur bermula dari diajarkannya bermain catur di lingkungan keluarga. Seiring dengan anak bisa menjuarai beberapa lomba atau kejuaraan catur dalam level daerah, nasional dan internasional akan membuat sang anak lebih mempunyai rasa percaya diri yang tinggi dan mendapatkan banyak piala, penghargaan dan uang yang memadai untuk dijadikan modal untuk biaya sekolah kelak.

Manfaat Mengajarkan Anak Bermain Catur Sejak Dini

Setiap orangtua mesti mengerti bahwasanya dunia anak adalah dunia bermain. Sehingga aktifitas keseharian anak sering digunakan untuk bermain. Ada banyak permainan yang dapat dilakukan oleh seorang anak yang pastinya sangat menyenangkan, khususnya mengisi waktu liburan di rumah.

Namun dalam pemilihan permainan juga pastikan memiliki manfaat atas permainan yang dilakukan tersebut. Salah satu permainan yang dapat dilakukan oleh seorang anak adalah permainan catur. Namun jika sang anak tidak mengetahui bagaimana cara memainkan permainan olahraga catur maka orangtua bisa mengajarkannya sedini mungkin.

manfaat mengajarkan anak bermain catur

Berikut ini manfaat mengajarkan anak bermain catur sejak dini yang wajib orang tua tahu.

1.Kemampuan Memecahkan Masalah Yang Lebih Baik

Dengan seorang anak diajarkan keterampilan bermain catur yang baik dan benar oleh orangtuanya maka akan sendirinya meningkatkan kemampuan anak dalam memecahkan setiap masalah rumit yang dihadapinya atau masalah yang dihadapi oleh orang lain. Sang anak bisa berpikir kritis untuk mencari jalan keluar yang terbaik bagi setiap problematika yang ada.

Salah satu keterampilan hidup yang diperlukan bagi setiap orang untuk menapaki kesuksesan dalam kehidupan adalah keterampilan dalam memecahkan setiap permasalahan. Untuk mendapatkan keterampilan tersebut secara mudah, anda dapat mengajarkan anak bermain catur sebagai asesmen anak usia dini.

mengajarkan anak bermain catur sejak dini

Karena salah satu manfaat main catur terbesar adalah dapat meningkatkan kemampuan pemainnya dalam memecahkan masalah yang rumit sekalipun. Setiap permasalahan pasti ada jalan keluarnya. Dan permainan catur bisa memberikan jawaban dari suatu masalah yang ada.

2.Kemampuan Membaca Lebih Baik

Manfaat mengajarkan anak bermain catur sejak dini berikutnya adalah meningkatkan kemampuan membaca pada anak. Hal itu sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh Murdoch University Research Repository.

Permainan catur menjadikan pikiran para pemainnya terus berpikir secara terus menerus pada papan catur terhadap pertahanan dan penyerangan. Sehingga pemain terlatih untuk berpikir. Pada  akhirnya kemampuan membaca anak akan menjadi lebih bagus ketimbang anak yang tidak pernah berlatih bermain catur.

cara mengajarkan anak bermain catur

Disamping itu, seorang anak yang terbiasa bermain catur akan lebih mudah membentuk diri menjadi pribadi yang bisa diatur, disiplin. Anak juga gampang mencerna setiap pelajaran dan informasi yang didapat di sekolah atau rumah maupun lingkungan pergaulan sehari-hari.

3.Kreativitas Lebih Meningkat

Salah satu yang diinginkan oleh orangtua pada anaknya adalah anaknya dapat tumbuh dengan memiliki sikap kreatifitas yang tinggi. Semua itu bisa dimulai dengan setiap orangtua mengajarkan anaknya  permainan catur.

Karena terbukti bermain catur bisa meningkatkan daya ingat dan kognitif, sehingga tingkat kreatifitas seorang anak. Sebab setiap pemain catur dituntut untuk berpikir secara kreatif untuk memenangkan permainan dan menjatuhkan raja lawan. Anda bisa mengajarkan anak bermain catur sejak dini seperti saat balita.

Cara Mengajarkan Bermain Catur Pada Anak

Cara mengajarkan bermain catur pada anak harus dimulai dari tingkat paling dasar yaitu mengenalkan pada papan catur dan nama-nama petaknya. Kemudian dijelaskan bagaimana cara meletakkan buah-buah catur pada posisi yang tepat pada petak papan catur.

Permainan catur dimulai dari kedua pemain saling berhadapan. Kemudian dilanjutkan dengan langkah pertama dari pemegang buah putih. Yang berikutnya langkah hitam dan seterusnya bergantian. Dalam bermain catur tidak ada waktu jeda istirahat sampai pertandingan usai.

Pada proses pertandingan kedua pemain tidak pernah berhenti untuk berpikir. Berpikir bagaimana memenangkan permainan, mengantisipasi langkah lawan hingga waktu pertandingan usai karena habis waktu atau skakmat.

manfaat bermain catur

Pada tahap awal dalam mengajarkan anak bermain catur adalah mengenalkan nama-nama buah catur terlebih dahulu beserta gerakannya. Misalkan anak atau bidak, kuda, benteng, gajah, menteri, hingga raja.

Pada mulanya mungkin setiap orangtua merasakan kesulitan untuk mengajarkan anak bermain catur. Namun seiring dengan bertambahnya waktu, sang anak akan meminta orangtuanya untuk mengajarkan permainan catur padanya. Karena olahraga catur adalah permainan yang mengasyikkan. Apalagi sang anak sudah sampai tahap hobi main catur.

Itulah beberapa manfaat mengajarkan anak bermain catur. Ini merupakan olahraga permainan yang mempunyai banyak manfaat positif bagi anak. Utamanya dalam merangsang kreativitas yang lebih baik dan meningkatkan kemampuan membaca. Semoga para orang tua termotivasi untuk mengajarkan permainan catur pada anak sejak dini.