Umum

Manfaat Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Apa saja sih manfaat metode pembelajaran problem based learning? Mungkin anda sudah pernah mendengar dengan metode pembelajaran yang satu ini. Meskipun ada banyak keutamaan namun bukan hal yang mudah untuk menerapkannya.

Metode pembelajaran problem based learning adalah suatu metode belajar yang cukup sering digunakan dalam dunia pendidikan. Metode ini bisa meningkatkan keaktifan para peserta didik di dalam kelas dalam proses belajar mengajar.

Salah satu hal yang diinginkan oleh setiap tenaga pendidik dan orang tua adalah anak bisa aktif saat belajar, baik di sekolah dan di rumah, secara mandiri, inovatif, kritis,  dan kreatif. Hal ini karena metode pembelajaran problem based learning berbasis masalah otentik.

Manfaat Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Pengujian kemampuan siswa lewat pendekatan masalah haruslah didasarkan atas hasil pekerjaan siswa tersebut atas sikap kritis, kreatif dan intuitif.  Pengukuran lewat tes sangat tidak efektif dalam pengujian kemampuan pembelajaran berbasis  masalah.

Kemampuan nyata dalam menyelesaikan masalah menjadi pertanda kesuksesan metode pembelajaran problem based learning yang dilakukan.

Pengertian Metode Problem Based Learning

Mungkin anda ada yang asing mendengar istilah metode problem based learning. Padahal metode pembelajaran ini merupakan istilah dari dunia barat yang sudah populer sejak lama dalam dunia pendidikan di Indonesia.

Pengertian metode problem based learning adalah suatu pendekatan dalam suatu pembelajaran lewat masalah yang otentik. Dengan adanya masalah yang berdiri sendiri dapat diambil manfaat dan ilmu pengetahuan darinya.

Berbagai pendekatan dilakukan dalam suatu teknik pembelajaran. Salah satunya lewat pendekatan terhadap masalah. Pendekatan semacam ini langung ke inti permasalahan yang mampu menyelesaikan masalah tersebut dan meningkatkan daya berpikir kritis dan kreatif dari para peserta didik.

Pembelajaran yang berdasarkan suatu masalah yang otentik menjadi ciri khas dari metode problem based learning. Pengetahuan dapat diperoleh berdasarkan masalah yang timbul dari masalah tersebut.  Peserta didik dapat melakukan analisis terhadap asal muasal terjadinya masalah dan pemecahan masalah. Peserta didik dapat belajar secara mandiri dan sistematis berdasarkan masalah yang sedang dihadapinya saat ini.

Fungsi guru di sekolah adalah sebagai pembimbing dan fasilitator serta penyedia sarana belajar bagi peserta didik di sekolah. Sang guru akan memberikan segala kemampuan yang dibutuhkan peserta didik agar belajar dapat maksimal dan mendapatkan ilmu selama di sekolah. Berbagai pendekatan dilakukan seorang guru pada seorang murid.

Kelebihan Metode Pembelajaran Problem Based Learning

Berikut ini beberapa manfaat metode pembelajaran problem based learning yang sebaiknya Anda tahu.

1.Kemandirian belajar

Manfaat lain dari penggunaan metode pembelajaran problem based learning adalah meningkatkan kemandirian siswa siswi dalam belajar. Sang guru atau orangtua tidak harus selalu mendampingi anak dalam belajar. Sebab sang anak bisa dibiarkan sendiri untuk belajar secara mandiri melalui riset, penelitian, observasi yang dilakukan anak.

2.Siswa belajar lebih aktif

Salah satu manfaat metode pembelajaran problem based learning adalah  mendorong siswa agar lebih aktif dalam belajar. Belajar tidak harus diberikan materi pelajaran oleh guru.

Tapi murid pun bisa belajar sendiri lewat permasalahan-permasalahan yang baru ditemui di lapangan nyata. Sang murid akan dibiasakan untuk bersikap mandiri dalam memecahkan setiap masalah.

3.Pembelajaran yang bermakna

Pembelajaran yang dilakukan saat ini bersifat tradisional umumnya tidak memliki makna sedikitpun bagi setiap pelajar. Namun dengan menggunakan pembelajaran dengan basis masalah atau problem based learning akan membuat pembelajaran lebih bermakna. Setiap peserta didik mengerti esensi pendidikan dalam mencari dan menyelesaikan masalah.

Setiap permasalahan yang ada maka setiap peserta didik akan aktif dalam memecahkan setiap permasalahan yang ada. Penyelesaian masalah dapat dilakukan secara efektif dan efisien dengan mempertimbangkan setiap situasi dan kondisi yang ada.

4.Dunia praktis

Anda yang menerapkan pembelajaran problem based learning akan terbiasa dengan dunia praktis bukan hanya teoritis. Pada pembelajaran di sekolah umumnya menggunakan metode teoritis. Sehingga hanya pandai dalam segi teori.

Hal tersebut terbalik dengan anda menggunakan metode pembelajaran based learning yang terjun langsung dalam dunia praktis. Peserta didik bukan hanya diberikan teori penyelesaian masalah tapi juga diberikan kesempatan langsung untuk belajar mencari masalah dan menyelesaikannya sendiri dengan modal keterampilan yang dimiliki.

5.Peningkatan keterampilan bekerjasama

Manfaat metode pembelajaran problem based learning juga ikut meningkatkan kemampuan kerjasama. Karena anda belajar yang dihadapkan langsung pada masalah. Anda memerlukan kerjasama yang baik dengan orang lain dalam mengatasi masalah yang ada secara bersama-sama.

Adapun langkah-langkah menerapkan metode pembelajaran problem based learning adalah dengan mengetahui apa yang jadi objek masalah dan dimana terjadinya suatu masalah. Sesudah ditemukan masalah kemudian dicarikan solusi atau jalan keluar dari masalah tersebut.

Dengan adanya metode pembelajaran problem based learning maka peserta didik dapat aktif terus mencari akar permasalahan dan mencari solusinya sendiri atas setiap permasalahan yang ada.

6.Dunia nyata yang sebenarnya

Manfaat metode pembelajaran problem based learning juga pada tekniknya yang paling ideal dalam dunia pendidikan. Karena siswa langsung dibenturkan kepada sebuah masalah dan langsung diberikan kewenangan untuk menghadapi masalah tersebut sesuai kemampuan dan pengetahuan siswa.

Dengan metode pembelajaran problem based learning maka akan membuat setiap peserta didik tidak pasif. Peserta didik akan ikut berpikir mengenai cara pemecahan masalah yang terjadi. Ini juga cocok untuk pembelajaran IPA di sekolah.

Siswa akan dididik untuk bersikap mandiri dalam menghadapi dunia dengan segala permasalahan yang ada. Dunia akan selalu dipenuhi masalah dan tugas seorang pelajar untuk mengatasi sebagian masalah yang ada di dalam kehidupannnya.

Contoh Problem Based Learning

Untuk memberikan gambaran pengertian metode problem based learning yang lebih detail, berikut ini contoh problem based learning. Kita ambil dari lingkungan yang paling dekat yaitu berkaitan dengan:

Topik : Lingkungan dan Kependudukan.

Subtema : Dampak meningkatnya jumlah penduduk terhadap permasalahan lingkungan sampah.

Dengan adanya masalah tersebut membuat peserta didik harus mampu menunjukkan beberapa dampak permasalahan lingkungan yang terjadi di lingkungan masyarakat beserta bukti foto pendukung.

Untuk menyelesaikan masalah dan mendapatkan manfaat metode pembelajaran problem based learning adalah dengan menerapkan langkah penyelesaian berikut.

  1. Lakukan identifikasi dari masalah. Peserta didik dibantu oleh guru dalam mengidentifikasi masalah kependudukan dan lingkungan
  2. Lakukan analisis masalah. Setelah diketahui masalahnya kemudian dicarikan solusi dari masalah tersebut. Pemecahan masalah memerlukan bahan sumber referensi.

Hal yang paling penting dari contoh problem based learning adalah pemecahan masalah yang berhasil dilakukan. Misalkan dalam masalah kependudukan dan lingkungan sampah yang menumpuk maka siswa berinisiatif untuk melakukan pemecahan masalah. Dimulai dari mana asal muasal sampah menumpuk lalu bagaimaca cara mengatasi sampah menumpuk.

Dalam hal ini siswa dapat mengukur berapa volume sampah yang bertambah setiap hari dan upaya apa yang dilakukan untuk mengurangi volume sampah. Peserta didik bersama guru bersama-sama melakukan komunikasi intensif untuk mengatasi masalah secara tepat. Contoh problem based learning  dapat diterapkan pada permasalahan lainnya di tengah masyarakat.

Plus Minus Metode Problem Based Learning

Berikut ini beberapa kelebihan dan plus minus metode problem based learning yang meliputi:

  1. Menemukan pengetahuan baru. Problem based learning memberikan tantangan yang sangat menarik bagi setiap pelajar untuk belajar secara mandiri dan mendapatkan pengetahuan baru
  2. Peningkatan motivasi dalam belajar. Metode problem based learning juga bisa meningkatkan motivasi seorang peserta didik untuk semakin semangat belajar dan mendapatkan pengetahuan baru
  3. Dunia nyata akan semakin dipahami oleh pseserta didik sengan metode problem based learning
  4. Berpikir kritis. Metode problem based learning memberikan pemahaman pengetahuan baru atas dasar sikap kritis dan mandiri siswa dalam memecahkan masalah yang bagian dari proses pembelajaran berbasis masalah.

Sedangkan plus minus metode problem based learning yang menjadi kekurangan metode ini antara lain :

  1. Tidak mau mencobanya. Beberapa siswa yang mengalami kesulitan dalam menerapkan metode problem based learning memilih untuk berdiam diri dan tidak berinisiatif untuk melakukan penelitian dan percobaan.
  2. Pemahamanan yang minim. Kelemahan dari manfaat metode pembelajaran problem based learning seringkali terkait tingkat pemahaman yang masih sangat kurang dari para peserta didik. Padahal penyelesaian atau pemecahan masalah menjadi hal yang harus diutamakan. Tanpa pemahaman yang benar terkadang sulit untuk menuntaskan masalah yang ada dalam metode problem based learning.
Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago