Materi TPS yang sering keluar di SBMPTN penting untuk menjadi perhatian para calon mahasiswa yang ingin meraih bangku perguruan tinggi negeri (PTN). Mereka perlu mengetahui kisi-kisi materi-materi apa saja yang biasanya ditanyakan dalam tes potensi skolatik tersebut.

TPS atau tes potensi skolastik merupakan materi baru hasil pergantian dari materi sebelumnya yang bernama tes potensi akademik atau TPA. Adapun maksud diadakannya tes potensi skolastik pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SBMPTN juga sangat penting. Utamanya untuk mengetahui tingkat pemahaman, nalar, dan kognitif para calon peserta didik. Ini berguna untuk mendukung kesuksesan mahasiswa baru saat kuliah di perguruan tinggi.

Adanya materi TPS yang terbaru di SBMPTN membut tak sedikit lulusan SMTA atau yang sederajat merasa cemas dalam menghadapi tes ini. Untuk itulah, pada artikel ini akan menjelaskan sejumlah materi TPS yang sering keluar di SBMPTN dalam beberapa tahun terakhir.

materi tps sbmptn

Materi tes potensi skolatik yang biasanya keluar pada beberapa tahun terakhir perlu anda pelajari supaya bisa tenang dalam menjalani tes SBMPTN. Hal ini karena materi TPS mengalami sejumlah perubahan dari materi-materi tes sebelumnya. Perubahan bukan hanya dari materi soalnya tapi juga jumlah soal, model soal, hingga dan nama materi ujian.

Sebagai persiapan dalam menghadapi SBMPTN maka ada beberapa materi yang perlu anda pelajari dan kuasai supaya anda lulus dalam SBMPTN. Seperti Materi UTBK Soshum,  Materi Tes Kemampuan Akademik (TKA), Materi Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), Rangkuman materi UTBK Soshum, Materi Matematika Soshum, dan lain-lain.

Mengenal Sistem SBMPTN

Sebelum membahas materi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang sering keluar pada ujian SBMPTN Anda sebaiknya mengenal dulu SBMPTN. SBMPTN adalah sebuah singkatan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Istilah tersebut populer dalam beberapa tahun terakhir dan perubahan terhadap sistem Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) yang berlaku sejak tahun 2008.

Baca juga Persiapan Masuk STAN, Materi Tes, dan Persyaratannya

Dalam hal ini para lulusan SMA dan sederajat yang ingin masuk ke Perguruan Tinggi Negeri favorit harus mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru yang sekarang bernama SBMPTN. Walaupun tampak sama, kedua istilah itu berbeda satu sama lain. Umumnya ujian seleksi ini dilakukan dengan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK).

materi tps yang sering keluar di sbmptn

Untuk bisa mengikuti Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Anda harus memenuhi berbagai syarat yang ada, seperti:

  1. Para peserta lulusan siswa SMK/MA/SMA tahun 2019 dan 2020 yang telah mempunyai ijazah
  2. Membayar biaya Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK)
  3. Mempunyai NISN
  4. Sehat jasmani dan rohani
  5. Mempunyai nilai UTBK

Materi TPS Yang Sering Keluar di SBMPTN

Berdasarkan pengalaman dan sejumlah referensi penting, ternyata ada sejumlah materi TPS yang sebaiknya Anda tahu dan kenali. Berikut ini sejumlah materi TPS yang sering keluar di SBMPTN secara berurutan.

1.Silogisme

Apa itu Silogisme? Yaitu suatu materi yang keluar di SBMPTN yang menguji para peserta bagaimana cara mereka menanggapi dan memberikan kesimpulan atas sejumlah premis dalam bentuk rangkaian kalimat.

2.Penalaran Analitis

Materi penalaran analitis adalah materi soal ujian yang umumnya menguji para peserta tentang bagaimana cara mereka dalam menalar secara analistis dengan membuat pola urutan tertentu sesuai dengan pertanyaan kalimat yang dibuat.

3.Deret Angka

Materi Deret Angka menjadi materi berikutnya yang dijadikan soal ujian dalam UTBK SBMPTN. Materi ini umumnya berisi soal-soal tentang deretan huruf atau angka yang mempunyai pola tertentu. Peserta harus bisa menjawab deretan pola sesuai cerita soal yang ditanyakan dengan baik dan benar.

Lihat juga Cara Daftar Bidikmisi Mandiri SNMPTN atau Tanpa KIP

4.Operasi Hitung Sederhana

Selanjutnya materi di SBMPTN adalah Operasi Hitung Sederhana. Materi ini adalah soal tes yang akan ditanyakan pada SBMPTN dengan soal-soal sederhana sampai yang rumit. Yang ditanyakan pada ujian umumnya berhubungan dengan soal-soal operasi hitung, cari nilai bilangan, perkalian, pembagian, penjumlahan, dan pengurangan.

5.Hubungan Kata

Yang terakhir, materi Tes Potensi Skolastik yang diujikan adalah materi Hubungan Kata. Materi ini akan berisi pertanyaan-pertanyaan tentang keterkaitan kata sifat, kata benda, dan kata kerja yang saling berkaitan secara masuk akal.

Tujuan Tes Potensi Skolastik (TPS) dan TKA di SBMPTN

Menghadapi UTBK SBMPTN tahun 2021 tentu harus banyak persiapan yang mesti dilakukan agar mampu mengerjakan tes SBMPTN. Salah satu caranya dengan mempelajari soal-soal materi TPS yang sering keluar di SBMPTN maupun soal lainnya. Namun terkadang anda kebingungan dalam mempelajari soal UTBK SBMPTN. Hal ini karena materi ujian yang akan diadakan cukup banyak. Seperti Tes Kompetensi Akademik (TKA) dan Tes Potensi Skolastik.

materi tps yang sering keluar di sbmptn

Untuk bisa masuk ke perguruan tinggi negeri favorit, seorang lulusan SMA dan sederajat mesti melalui SBMPTN. Ini merupakan proses yang harus dilewati oleh setiap calon mahasiswa agar bisa kuliah di universitas negeri pilihannya. Adapun materi ujian UTBK SBMPTN terbagi dua, yakni Tes Kemampuan Akademik dan Tes Potensi Skolastik.

Sangat mudah dipahami bahwa kedua materi tes itu mempunyai tujuan tertentu. Untuk Tes Kemampuan Akademik (TKA) memiliki tujuan untuk mengukur kemampuan peserta dalam aspek akademik. Sedangkan Tes Potensi Skolastik (TPS) memiliki tujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan kognitif setiap peserta ujian SBMPTN. Yang meliputi kemampuan memahami atas sesuatu hal, kemampuan logika dan kognitif.

Dengan adanya Tes Potensi Skolastik maka setiap peserta dapat dilihat masing-masing kemampuan mereka dalam bidang kognitif dan logika. Lembaga perguruan tinggi negeri yang mengadakan tes seleksi itu dapat mengetahui kemampuan kognitif setiap peserta. Kemudian mereka dapat menilai apakah mereka layak masuk ke perguruan tinggi atau tidak berdasarkan hasil kemampuan akademik dan tes potensi skolastik.

Dari kedua materi SBMPTN maka yang paling penting adalah tes potensi skolastik. Jika dalam SBMPTN, anda mendapatkan nilai yang sangat baik dalam Tes Potensi Skolastik maka peluang lulus SBMPTN sangat tinggi. Tes Potensi Skolastik akan memberikan penilaian yang lebih adil dan objektif.

Untuk penting mengenal materi TPS yang sering keluar di SBMPTN agar Anda mampu menghadapinya. Dalam tes potensi skolastik ini terdiri dari empat kategori materi soal yang meliputi:

  1. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  2. Pemahaman Bacaan dan Menulis
  3. Pengetahuan Kuantitatif
  4. Penalaran Umum

Sementara itu, Tes Kompetensi Akademik (TKA) menjadi materi ujian lainnya dalam SBMPTN. Tes ini materinya bisa mencakup sosiologi, matematika, kimia, fisika, biologi, geografi, sejarah, dan ekonomi. Untuk ekonomi yang paling banyak keluar adalah materi seputar GDP, pengukuran aktivitas ekonomi, makro ekonomi, penawaran dan permintaan, hukum kesetimbangan ekonomi, dan konsep dasar ekonomi.

materi tes sbmptn

Lalu manakah yang perlu dikuasai atau dipelajari lebih dulu? Tentu saja anda mesti mempelajari dulu soal-soal tes potensi skolastik ketimbang Tes Kemampuan Akademik. Sebab dengan nilai tes potensi skolastik yang tinggi akan membuat anda lebih mudah lulus SBMPTN.

Baca juga Bimbel Masuk Kuliah Kedokteran, Wajib Anda Tahu

Tes kemampuan akademik bertujuan untuk melihat kemampuan pengetahuan dan wawasan calon mahasiswa baru atas suatu bidang yang dipilih. Ini berkaitan dengan hafalan dan analisis yang mendalam.

Tujuan diadakannya SBMPTN adalah untuk menyaring para peserta didik yang benar-benar bisa kuliah di perguruan tinggi negeri dan dapat mengikuti mata kuliah dengan baik. Jika anda ingin masuk ke perguruan tinggi negeri maka anda bisa bersiap jauh-jauh hari dengan belajar terhadap materi TPS dan TKA yang banyak muncul pada SBMPTN.

Demikianlah materi Tes Potensi Skolastik (TPS) yang sering keluar di SBMPTN. Namun seiring dengan kebijakan pemerintah yang terus berubah tentang SBMPTN ini membuat sejumlah materi baru hadir dalam beberapa kesempatan terakhir. Seperti Materi Verbal atau Relasi Antar Kalimat, Soal Tabel Matematis atau Materi Numerikal, Pola Gambar, Hubungan Gambar dan Deret Gambar yang tergabung dalam materi TPS yang sering keluar di SBMPTN.