Umum

Memimpin Diskusi Kelompok dan Caranya Yang Perlu Diketahui

Memimpin diskusi kelompok pada dasarnya tidak sulit. Diskusi kelompok adalah sebuah aktivitas yang tidak asing lagi di kalangan dunia pendidikan dan masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. Baik yang dilakukan secara formal maupun tidak resmi.  Yang diharapkan dari diadakannya diskusi adalah untuk mencari  dan mendapatkan jalan keluar terbaik dari suatu permasalahan.

Jalannya diskusi sangat sederhana  dan tidak seribet yang dipikirkan orang. Apalagi diskusi dilakukan secara tidak formal. Akan tetapi, dari suatu diskusi yang sesederhana apapun diperlukan kemampuan kepemimpinan yang baik dalam membimbing arah pembicaraan sesuai yang diinginkan.

Keterampilan memimpin diskusi kelompok dapat dipelajari dan dikuasai oleh setiap orang. Begitu pun anda. Hal ini perlu dipelajari agar hasil kegiatan diskusi dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi pihak yang terlibat di dalamnya.

Memimpin Diskusi Kelompok

Kehidupan manusia tidak selamanya berjalan mulus. Kadangkala apa yang diinginkannya tidak sesuai yang diharapkan. Inilah yang menjadi suatu permasalahan.

Seringkali permasalahan bukan hanya bisa terjadi pada personal atau pribadi seseorang. Tapi juga permasalahan dapat terjadi pada komunitas atau kelompok. Kalau hal ini terjadi maka upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mengadakan acara diskusi kelompok.

Diskusi kelompok diadakan ketika terjadi sesuatu persoalan di dalam kelompok yang harus dipecahkan bersama-sama anggota kelompok.  Permasalahan kelompok harus dirundingkan dan diatasi bersama kelompok.  Semua itu tentu membutuhkan kemampuan memimpin kegiatan diskusi yang baik.

Adapun yang menjadi tujuan pentingnya berdiskusi adalah untuk mendapatkan solusi  yang baik dan benar serta tepat dalam menyelesaikan semua perrmasalahan dalam kelompok. Hasil dari diskusi kelompok akan dirasakan manfaatnya oleh semua anggota kelompok tanpa ada salah satu pihak dirugikan dengan hasil diskusi kelompok.

Keterampilan Memimpin Diskusi Kelompok

Keterampilan memimpin diskusi kelompok secara baik tidak semua orang memilikinya. Keterampilan tersebut mencakup keterampilan dalam berkomunikasi secara baik dengan orang lain, keterampilan memecahkan masalah yang sedang dihadapi, kemampuan mengendalikan emosi secara baik dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu, dalam pemilihan ketua atau koordinator diskusi kelompok harus dipilih orang yang benar-benar tepat yang menguasai keterampilan dalam memandu diskusi kelompok secara baik dan benar. Ini penting agar tujuan yang diharapkan bisa tercapai.

Mereka yang tepat dipilih untuk menjadi pemimpin diskusi kelompok harus memiliki keterampilan memimpin diskusi kelompok dan memenuhi beberapa persyaratan berikut ini:

  1. Memiliki sifat yang bertanggungjawab, mampu bersikap netral, adil atau tidak mendukung salah satu pihak yang berdiskusi dan berdebat
  2. Mampu menjadi penengah yang baik
  3. Memberikan kesempatan sebesar-besarnya kepada setiap peserta diskusi untuk menyampaikan pendapat dan aspirasinya dan mampu menerimanya dengan baik serta  mampu mencatat poin-pon penting.
  4. Mampu memberikan kesimpulan akhir dari diskusi berupa pemecahan masalah yang mesti dilakukan bersama-sama.

Cara Memimpin Diskusi Kelompok Yang Perlu Diketahui

Berikut ini beberapa cara memimpin diskusi kelompok yang baik dan benar yang perlu diketahui oleh anda, antara lain :

1.Senantiasa bersedia jika ada sesuatu hal yang harus diluruskan

Sebuah diskusi kelompok diikuti oleh berbagai macam karakter orang.  Itulah hal pertama yang harus disadari oleh pemimpin diskusi kelompok. Sehingga dapat memahami jika ada salah seorang peserta diskusi yang memiliki watak ego yang tinggi.

Dengan watak ego yang tinggi dan tak mau mengalah dari peserta diskusi tersebut membuat jalannya diskusi berlangsung alot dan panas. Hingga terjadi perdebatan yang tak berkesudahan. Kalau hal ini terjadi maka anda yang memandu diskusi kelompok hendaknya mengambil sikap tegas untuk melakukan pengubahan jalannya diskusi. Seperti melakukan peredaman kondisi supaya kondusif dan netral.

Jika ada yang salah dari salah satu pihak peserta diskusi maka bisa meluruskan proses  diskusi yang dianggap salah menjadi benar. Misalkan melenceng dari topik pembahasan diskusi. Anda bisa mengubah jalannya diskusi kepada topik mula diskusi tersebut.

2.Memberikan kebebasan dalam berpendapat

Sebelum memulai diskusi kelompok, tekankan kepada setiap peserta diskusi bahwa setiap peserta diskusi memiliki kedudukan dan hak yang sama dalam menyalurkan ide dan tanggapannya. Diuraikan pula tata tertib aturan diskusi kelompok agar bisa berjalan lancar dan memperoleh hasil yang diharapkan.

Sebuah diskusi akan memberikan hasil yang maksimal jika seluruh peserta diskusi diberikan kesempatan untuk mengemukakan pendapatnya masing-masing atas suatu permasalahan. Sebagai bentuk demokrasi, diskusi bisa berjalan sukses dari pendapat dan ide brilian dari seorang peserta diskusi yang tak diduga.

Pemimpin diskusi yang memimpin jalannya diskusi harus berusaha netral atau tak memihak salah satu pihak atau peserta diskusi. Memimpin maupun memandu kegiatan diskusi kelompok juga harus membangkitkan semangat semua peserta diskusi untuk menyumbangkan pendapat dan idenya dalam memecahkan persoalan.

Seorang pemimpin diskusi tidak diperbolehkan untuk mendominasi jalannya diskusi oleh diri sendiri. Hal tersebut tentunya bisa mengakibatkan peserta lain menjadi ketakutan untuk menyalurkan aspirasinya masing-masing. Apalagi berbeda dengan aspirasi kebanyakan pada umumnya.

3.Pengontrolan ego yang baik

Memimpin diskusi kelompok juga harus mampu mengendalikan atau meredam ego pribadi yang tinggi. Seperti tak gila hormat. Misalkan dalam acara diskusi kelompok umumnya pemimpin diskusi akan memimpin dengan niat ingin setiap ide dan perkataannya didengarkan oleh seluruh peserta diskusi.

Pemaksaan kehendak sesuai keinginannya yang dilakukan oleh pemimpin diskusi sebaiknya tidak dilakukan.  Pemimpin diskusi merupakan anggota diskusi yang mempunyai hak dan kedudukan yang sama dengan peserta diskusi lainnya. Rasa hormat harus diciptakan dalam  kondisi jalannya diskusi. Hal ini bertujuan agar diskusi berjalan aman dan menyenangkan.

4.Mendengarkan pendapat setiap peserta dengan baik

Dalam memandu kerja kelompok dalam diskusi juga maka seorang pemimpin kelompok harus memperhatikan setiap pendapat yang diutarakan oleh masing-masing peserta diskusi.  Tidak diperbolehkan pemimpin diskusi ataupun peserta diskusi untuk saling memotong penyampaian pendapat setiap peserta sampai pendapatnya selesai diutarakan.

Tips Memimpin Diskusi Kelompok Agar Tidak Grogi

Salah satu tugas yang sering diberikan oleh guru di sekolah atau dosen di kampus adalah tugas diskusi.  Dalam satu kelompok diskusi umumnya sudah ditentukan terlebih dahulu peran masing-masing. Seperti pemimpin diskusi, pemateri dan lain-lain.

Persiapan mesti dilakukan oleh pemimpin diskusi kelompok sebelum acara diskusi kelompok dimulai.  Salah satunya persiapan dalam memimpin diskusi secara baik agar tidak grogi. Berikut ini beberapa tips memimpin diskusi kelompok agar tidak grogi, antara lain :

1.Jadi penengah

Langkah pertama bagi anda yang ingin memimpin sebuah kegiatan diskusi dengan baik tanpa grogi adalah menyadari kesiapan anda untuk menjadi penengah diskusi. Karena resiko memimpin diskusi adalah menjadi penengah jika diantara peserta diskusi terjadi saling perbedaan argumen atau debat pendapat masing-masing yang tak berkesudahan.

2.Pemberian kesempatan kepada setiap peserta diskusi menyampaikan pendapat dan dicatat setiap poin penting

Pemimpin diskusi kelompok juga harus bersikap terbuka dalam memberikan kesempatan kepada setiap peserta diskusi  untuk menyampaikan pendapatnya  secara bebas. Setiap gagasan atau pendapat  yang bagus dapat dicatat oleh pemimpin diskusi. Semua itu akan membuat setiap peserta diskusi merasakan setiap pendapatnya selalu diperhatikan.

3.Menciptakan kondisi nyaman dan aman

Tips memimpin diskusi kelompok agar tidak grogi lainnya adalah melakukan persiapan secara matang, baik dalam persiapan materi diskusi maupun persiapan peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan.

Dengan demikian, dalam memandu diskusi kelompok sangat terasa nyaman dengan kesiapan yang ada. Begitupun  bagi peserta diskusi dengan segala fasilitas yang tersedia termasuk masalah makanan atau konsumsi.

Kondisi santai di saat hendak memulai diskusi maupun di tengah jalannya diskusi sangat penting walaupun dengan pembahasan yang sangat serius . Karena akan mampu membuat hasil kegiatan diskusi kelompok berjalan optimal.

4.Membuat kesimpulan yang baik

Terakhir, memimpin diskusi kelompok agar tidak grogi adalah bisa membuat kesimpulan dari hasil diskusi kelompok. Ini bisa dipelajari oleh pemimpin diskusi dalam membuat kesimpulan yang harus mampu menyelesaikan persoalan dan diterima oleh semua pihak.

Yusuf C

Recent Posts

Hukum Hardy Weinberg: Pengertian, Syarat dan Contoh Soalnya

Hukum Hardy Weinberg merupakan suatu konsep persamaan yang mendeskripsikan adanya kesetimbangan faktor keturunan pada jumlah…

1 jam ago

Rumus ABC: Pengertian dan Cara Menyelesaikannya

Rumus ABC, apa yang kalian bayangkan saat mendengar istilah ini? Ini adalah sebuah rumus yang…

1 hari ago

Determinan Adalah: Pengertiannya dalam Matriks

Determinan adalah suatu materi penting yang diajarkan oleh guru matematika di kelas dan dipelajari lebih…

2 hari ago

Molalitas Adalah: Pengertian dan Perbedaan dengan Molaritas dan Normalitas

Molalitas adalah suatu hal yang berkaitan dengan normalitas dan molaritas. Ketiga istilah tersebut tampak sama.…

3 hari ago

Tekanan Udara, Penyebab dan Cara Mengukurnya

Tekanan udara adalah suatu bagian yang berpengaruh sekali pada kondisi iklim dan cuaca pada satu…

4 hari ago

Destilasi Adalah: Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya

Destilasi adalah sebuah metode atau teknik memisahkan antar bagian zat cair. Metode ini sudah dikenal…

5 hari ago