Anak

Mengajar Dengan Modul Kursus Bahasa Inggris untuk Anak

Di era global ini Bahasa Inggris menjadi pelajaran yang sangat penting untuk diajarkan kepada anak-anak. Terlebih untuk menjadi bekalnya di masa yang akan mendatang. Oleh sebab itu, tidak ada salahnya jika Anda memberikan sedikit demi sedikit ilmu ini sejak anak usia dini. Lantas menggunakan media apa? Jawabannya Anda dapat memakai modul kursus Bahasa Inggris untuk anak yang tersedia banyak di internet ataupun membeli di toko buku.

Sekalipun hanya satu mata pelajaran, namun perlu Anda catat baik-baik bahwa materi yang ada di dalamnya sangatlah banyak. Tentu saja hal ini tidak dapat diterapkan untuk semua umur, karena sudah ada standarnya masing-masing. Jika Anda merasa bimbang dan takut salah mengajarkannya, maka bisa juga mendaftarkan buah hati ke les privat Edumaster. Dimana sudah ada tenaga-tenaga ahli yang dapat dipercaya dapat memberikan ilmu yang bermanfaat bagi anak.

Kegunaan Modul Kursus Bahasa Inggris Untuk Anak

  1. Alternatif pengganti tenaga pendidik

Dilihat dari kegunaannya modul kursus Bahasa Inggris untuk anak dapat menjadi alternatif sebagai pengganti tenaga pendidik. Alasannya terdapat materi-materi yang sudah jelas sehingga tidak perlu lagi disampaikan oleh orang lain. Selain itu tak sedikit pula di setiap pembahasan selalu ada contoh soal beserta rinciannya sehingga akan sangat membantu Anda dalam mengajar si kecil.

Namun sebelum memilihnya, Anda juga lebih baik mengetahui terlebih dahulu bab-bab apa yang cocok untuk anak. Sebab akan sia-sia apabila anak Anda menerima materi yang tidak sesuai dengan daya pikir dan kemampuannya. Tak hanya di sekolah saja yang menggunakan metode pemakaian modul, namun tempat Les Privat Edumaster pun sama.

  1. Menjadi bahan pembelajaran mandiri

Keberadaan dari modul akan sangat memudahkan anak dalam mempelajari materi secara otodidak. Tentu saja hal ini juga sangat berpengaruh terhadap keterampilannya untuk menggali atau mencari tahu informasi terkait pelajaran Bahasa Inggris dan memperluasnya sendiri. Dari sini anak juga akan belajar mandiri tanpa harus bergantung kepada orang lain.

  1. Sebagai media rujukan

Dalam modul kursus Bahasa Inggris untuk anak akan terdapat informasi yang jelas, lengkap, dan terperinci. Oleh sebab itulah menggunakannya sebagai salah satu media belajar akan membuat tenaga pendidik atau guru mempunyai tempat rujukan yang sesuai dan tepat. Pasalnya tidak mungkin bukan jika isi dari suatu modul acak-acakan atau awuran.

Seperti halnya dengan buku-buku pendidikan yang sudah menggunakan referensi akurat, sehingga setiap ulasan yang ada di modul pun juga demikian. Keabsahan dari semua materinya bahkan sudah menjadi sesuatu yang resmi, sehingga dapat menjadi bahan ajaran yang bernilai positif karena memberikan manfaat bagi penggunanya.

  1. Menjadi alat untuk mengevaluasi

Tak hanya penjelasan terkait materi Bahasa Inggris saja, pada modul juga terdapat cara-cara mudah dalam melakukan evaluasi. Meskipun hal ini terdengar hanya bisa dilakukan oleh pengajar, namun jangan salah karena anak pun dapat pula mencobanya.

Semua ini akan sangat bermanfaat bagi mereka guna mengetahui seberapa paham atau sejauh mana materi dikuasai. Sehingga jika masih ada yang tidak mengerti anak dapat memberikan tanda sendiri kemudian menanyakan kepada orangtua, guru di sekolah, maupun tentor di tempat lesnya.

Cara Kreatif Agar Materi Les Privat Bahasa Inggris Untuk Anak Menarik

  1. Memberikan sedikit bumbu cerita

Memberikan bumbu-bumbu cerita di sela mengajarkan materi les privat Bahasa Inggris untuk anak menjadi salah satu cara kreatif untuk menjadikan proses belajar lebih menarik dan menyenangkan. Sebab anak-anak pasti akan suka dengan berbagai macam kisah yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri.

Tak perlu terburu-buru dan memaksakan anak untuk tetap fokus pada apa yang diajarkan. Sebab hal ini akan membuatnya merasa terkekang dan tidak bebas melakukan eksplorasi dalam materi tersebut. Adapun Anda juga bisa membacakan cerita dengan Bahasa Inggris supaya kosakata anak semakin bertambah.

  1. Memperluas imajinasi anak

Fase anak-anak menjadi waktu dimana dunia imajinasi akan lebih mendominasi pemikiran daripada kehidupan nyata. Oleh karenanya supaya mereka lebih gampang menerima penjelasan setiap materi les privat Bahasa Inggris untuk anak maka Anda sebagai pengajarnya juga wajib menggunakan trik-trik kreatif. Seperti memperluas imajinasinya dengan menggunakan gambar, puisi, cerpen, dan lain sebagainya.

Anda juga jangan menentukan tema apa yang wajib dibuat oleh anak supaya tidak membuatnya malas mengerjakannya. Bebaskan saja yang terpenting tidak keluar dari jalurnya. Bahkan sistem ini juga digunakan oleh Les Privat Edumaster, karena semua pengelolanya mengetahui bahwa menerapkan metode yang berkesan akan membuat semangat belajar si kecil semakin menjadi-jadi.

  1. Memberikan motivasi kepada anak

Anak-anak dalam usia dan tingkatan yang berbeda-beda pasti juga membutuhkan motivasi yang tidak sama. Mungkin ketika masih berada di kelas TK keinginannya hanya sebatas bermain saja, kemudian ketika beranjak di Sekolah Dasar pemikiran itu pasti berubah, begitupun di jenjang-jenjang yang berikutnya.

Maka dari itu akan sangat penting keberadaan motivasi di dalam kehidupannya supaya semua bab-bab yang ada di modul kursus Bahasa Inggris untuk anak bisa dikuasainya dengan perlahan. Ingatkan kembali bahwa belajar bahasa asing merupakan kebutuhan yang harus dimiliki oleh setiap generasi di Indonesia.

Sementara itu supaya menambah keseruan di kelas Anda dapat meminta anak-anak untuk membuat pertanyaan-pertanyaan terkait apa yang disukainya menggunakan Bahasa Inggris. Sehingga nantinya bukan hanya wawasan yang diperolehnya namun juga kekuatan daya pikir dalam menganalisa suatu persoalan yang diberikan oleh pengajarnya.

  1. Membuat permainan

Bermain sambil belajar menjadi cara efektif yang paling banyak diterapkan oleh tempat-tempat belajar di Indonesia. Selain menitikberatkan terhadap penggunaan modul kursus Bahasa Inggris untuk anak Anda juga dapat menciptakan permainan-permainan sederhana di dalamnya.

Misalnya saja Scrabble, Simon Says dan game lain yang konsep permainannya menggunakan Bahasa Inggris. Hal ini akan mendorong anak supaya memperluas kosa kata yang sudah dipelajarinya, serta membuat lidahnya lebih mahir dalam mengucapkannya karena bagaimanapun olah vokal dengan bahasa Indonesia tidaklah sama.

Lebih pentingnya lagi permainan dalam kelas akan menciptakan ruangan lebih hidup dan tidak memberikan kesan yang membosankan bagi si kecil. Dengan demikian setelah selesai bermain anak akan kembali fokus lagi terhadap materi dan menyerap semua penjelasan dari Anda.

Beragam Materi Kursus Bahasa Inggris SD

  1. Kosa kata

Seperti yang Anda ketahui bahwa dalam pelajaran Bahasa Inggris terdapat ribuan bahkan jutaan kosa kata. Meskipun pada garis besarnya hanya ada sebagian yang masuk ke dalam kategori wajib dipelajari, namun akan lebih baik jika Anda memberikan materi ini supaya semakin memperlengkap ilmunya.

Seringkali anak cenderung mengabaikan materi ini adalah kurangnya pemahaman terhadap kosa kata yang ada. Oleh karena itulah Anda harus melakukan sesuatu hal dasar seperti mulai memberikan kata-kata singkat yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari anak.

Misalnya nama buah, hewan, kendaraan, kegiatan, pekerjaan, dan masih banyak lagi lainnya. Seiring berjalannya waktu pastinya pengenalan materi kursus Bahasa Inggris SD terkait kosa kata akan semakin banyak dan luas. Sehingga dapat dipastikan anak menguasai mata pelajaran yang satu ini.

  1. Speaking

Anak-anak yang sudah masuk ke kelas SD harus dibiasakan untuk berani mengucapkan kata-kata dalam Bahasa Inggris atau speaking. Meskipun hanya beberapa saja dan tidak dalam bentuk kalimat panjang, itu sudah lebih dari cukup karena dapat menjadi senjatanya supaya memperdalam materi ini.

Pada umumnya baik di sekolah maupun Les Privat Edumaster akan memberikan tantangan bercakap-cakap ringan menggunakan bahasa ini. Seperti halnya bertanya tentang nama, kabar, alamat, jam, meminta bantuan, dan lain sebagainya. variasi-variasi dari metode ini bisa diperluas seiring berjalannya usia.

  1. Grammar

Pada materi kursus Bahsa Inggris SD memang sudah mulai yang dikenalkan dengan grammar, namun masih sangat sederhana. Contohnya saja simple present dan simple past. Pemahaman terkait materi ini sangat penting untuk anak di tingkatkan yang berikutnya, karena pastinya kerumitan dari bab tersebut akan semakin bertambah.

Selain itu mengerti akan ilmu grammar baik yang terdapat di buku sekolah maupun modul kursus Bahasa Inggris untuk anak akan sangat membantu untuk membuat kalimat yang baik dan benar. Karena pola-pola dari setiap kalimat akan ditentukan oleh materi ini.

Supaya memudahkan pemahaman anak sebenarnya ada sejumlah cara yang dapat Anda coba. Diantaranya adalah memakai alat peraga sampai melakukan praktek secara langsung. Hal ini sangat menyesuaikan dengan karakteristik kemampuan dan kondisi anak-anak yang Anda ajar.

  1. Reading

Belajar memahami inti dari bacaan yang sederhana menjadi materi yang diterapkan dalam pembelajaran Bahasa Inggris untuk anak SD. Biasanya di dalamnya hanya terdapat beberapa poin penting yang harus ditelaah, seperti percakapan dalam sehari-hari, cerita pendek tentang binatang, dan lain-lain. Dengan bacaan-bacaan tersebut anak akan menguasai bab reading dan mengetahui maksud serta tujuan dari penulisnya.

Materi yang Ada Pada Modul Kursus Bahasa Inggris Tingkat Elementary 1

  1. Warna

Modul kursus Bahasa Inggris tingkat elementary 1 hanya memberikan materi-materi yang terbilang cukup mudah karena tema utamanya adalah warna. Dimana Anda harus memberikan penjelasan terkait bagaimana membedakan antara warna satu dengan yang lainnya menggunakan bahasa tersebut. Cara termudah yang dapat Anda lakukan yakni menggunakan bola berwarna-warni, kertas, ataupun media lainnya. Dengan demikian anak akan mengerti dan bisa melekatkan penjelasan dari materi yang Anda sampaikan.

  1. Angka

Selain mengetahui warna modul kursus Bahasa Inggris untuk anak juga mengajarkan untuk memahami angka. Umumnya yang wajib untuk dipahami terlebih dahulu adalah 1 sampai 10, baru jika sudah mengerti semuanya lanjutkan dengan angka lainnya.

  1. Nama-nama hari dan bulan

Angka dan nama hari atau bulan memiliki kaitan satu sama lain, sehingga harus dipelajari oleh anak. Selain itu bab ini juga mengajarkan anak untuk teliti dalam mengenal hari-hari sekolahnya, les, ataupun lainnya karena bagaimanapun juga ada di kehidupan sehari-harinya. Bahkan ada pula bagian di modul kursus Bahasa Inggris tingkat elementary yang mengajak anak supaya tahu perbedaan musim.

  1. Kata benda

Kata benda menjadi materi dasar yang sangat penting pula untuk dipelajari anak sejak kecil. Bagaimana tidak, banyaknya informasi yang ada di setiap buku akan membuat siswa bingung jika tidak dijelaskan secara terperinci. Mulailah memberitahukan bahwa di sekeliling mereka ada beberapa kata yang tergolong benda. Dengan begitu anak akan lebih memahami bagaimana ciri-cirinya dan tidak salah menggolongkan lagi.

Aplikasi-Aplikasi yang Mengandung Materi Les Privat Bahasa Inggris Untuk Anak

  1. Rosetta Stone

Rosetta Stone merupakan aplikasi terkenal yang berisikan materi-materi serupa dengan modul kursus Bahasa Inggris untuk anak. Bahkan tak hanya bahasa ini saja melainkan ada sekitar 24 jenis yang dapat dipelajari juga. Sangking berkualitasnya aplikasi ini pernah menyabet juara dari acara Platinum Award di tahun 2018 silam. Dengan menggunakannya anak akan mengerti bagaimana caranya memperkenalkan diri, menyapa orang lain, dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Mondly

Jika aplikasi yang tadi hanya memberikan 24 jenis bahasa, namun untuk Mondly ini jauh lebih banyak yakni mencapai 33. Tentu saja salah satunya adalah Bahasa internasional yakni Inggris. Sekalipun hanya sebuah platform online namun jangan salah karena Anda dapat mengajak anak untuk mengasah kemampuannya terutama dalam bidang skill production dan skill reception.

  1. Speak English Pictures

Speak English Pictures menjadi aplikasi yang sangat rekomendasi bagi para pemula, terutama anak-anak yang membutuhkan pelajaran dasar. Menariknya lagi ada pelengkap gambar sebagai penjelas pemateri dengan kata-kata yang mudah untuk dipahami. Hal ini bertujuan supaya penggunanya dapat melatih kemampuan dalam hal menghafal maknanya. Aplikasi ini memang didesain khusus seperti modul kursus Bahasa Inggris untuk anak. Jadi Anda akan lebih gampang ketika menyampaikan beberapa materi.

  1. Vocabulary Builder

Melihat namanya saja pasti Anda sudah mengetahui bahwa aplikasi Vocabulaty Builder dapat menjadi alat untuk belajar Bahasa Inggris. Namun perlu Anda tahu juga bahwa setiap kosa kata yang tersedia hanya teruntuk anak-anak yang sudah menguasai materi ini. Pasalnya setiap daftar pemilihan kata disesuaikan dengan yang sering muncul di GRE atau Graduate Record Examination.

  1. ABA English

Dalam aplikasi ABA English terdapat pilihan fitur premium dan gratis yang dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan. Keunggulannya ialah materi bisa Anda akses sesuai dengan kemampuan anak, sehingga tidak membuat mereka bingung. Bahkan aplikasi ini dinilai sangat cocok dengan pembelajaran dari buku-buku karena terdapat kriteria standar usia.

  1. English Podcast For Learners

Ingin anak lancar dalam speaking Bahasa Inggris maka jawabannya adalah English Podcast For Learners selaku aplikasi yang akan membantu Anda. Memang tak ada materi yang dibahas di dalamnya, namun terdapat kecanggihan untuk merekam suara si kecil ketika latihan berbicara dengan kosa kata yang benar. Ada pula fitur yang dapat Anda pakai untuk mengubah suara menjadi lebih lambat dan sebaliknya. Sehingga nantinya Anda tetap bisa jelas mendengarkan suara anak sekalipun suaranya terlalu cepat.

  1. Hello English

Menjadi aplikasi yang banyak digandrungi oleh masyarakat seluruh dunia sebagai media belajar Bahasa Inggris membuat Hello English juga wajib Anda coba. Adapun sejumlah komponen yang dapat Anda gunakan supaya anak menjadi lebih mahir. Diantaranya seperti writing, reading, speaking, listening, serta 10 ribu kosa kata.

Itulah penjelasan mengenai modul kursus Bahasa Inggris untuk anak beserta beberapa hal yang berkaitan. Dari informasi diatas Anda bisa lebih memilih cara terbaik bagaimana mengajar anak di rumah atau bisa juga memilih trik jitu namun simpel yakni mengikutkan anak di Les Privat Edumaster. Dengan begitu cukup pantau perkembangan mereka lewat tentor masing-masing.

Les Privat

Recent Posts

Mengenal Penemu Jam: Sejarah dan Perkembangannya

Tampaknya aneh untuk berpikir bahwa penemu jam adalah orang yang jarang dipikirkan orang, namun ada…

3 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Jerman: Kenapa Penting, Tahapan Awal, dan Metode Belajar yang Cocok

Kenapa Belajar Bahasa Jerman? Dengan belajar Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh…

9 jam ago

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

1 hari ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

1 hari ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

1 hari ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

2 hari ago