Meningkatkan skor TOEFL merupakan upaya dan proses yang membutuhkan ketekunan, kerja keras, dan kesabaran. Latihan secara konsisten, fokus pada kelemahan Anda, dan terus berusaha untuk memperbaiki keterampilan bahasa Inggris akan membantu Anda mencapai skor TOEFL secara signifikan.

Pada artikel kali ini kita akan mengulas tentang fungsi skor ujian TOEFL maupun cara meningkatkan skor TOEFL yang bisa dilakukan agar hasilnya efektif. Untuk Anda yang ingin melanjutkan Pendidikan maupun berkarier di luar negeri sebaiknya baca artikel ini hingga tuntas.

Fungsi dan Manfaat Skor TOEFL

Skor TOEFL memiliki banyak fungsi penting dalam mengevaluasi kemampuan bahasa Inggris seseorang. Penilaian ini juga berguna untuk membantu dalam mengambil keputusan terkait pendidikan, karir, dan kesempatan berkiprah di level internasional.

fungsi skor toefl

Untuk lebih jelas dan mengetahui pentingnya meningkatkan skor TOEFL, berikut ini beberapa fungsi yang penting Skor TOEFL yang sebaiknya Anda ketahui.

1.Persyaratan Penerimaan Pendidikan Tinggi

Skor TOEFL sering kali digunakan sebagai persyaratan penerimaan di lembaga pendidikan tinggi di negara-negara berbahasa Inggris. Banyak universitas dan perguruan tinggi mensyaratkan calon mahasiswa internasional untuk mengirimkan skor TOEFL sebagai bukti kemampuan bahasa Inggris yang memadai sebelum diterima di program studi yang diinginkan.

2.Visa dan Imigrasi

Skor TOEFL juga digunakan sebagai persyaratan untuk pengajuan visa studi atau visa imigrasi. Beberapa negara mengharuskan calon imigran atau pelajar internasional untuk menyerahkan skor TOEFL untuk membuktikan kemampuan bahasa Inggris yang memadai.

3.Peningkatan Akademik

Skor TOEFL dapat memberikan pandangan yang jelas tentang kemampuan bahasa Inggris seseorang dan dapat membantu siswa menentukan area di mana mereka perlu meningkatkan keterampilan mereka. Meningkatkan skor TOEFL juga berguna sebagai tolak ukur untuk melihat perkembangan dan kemajuan siswa dalam mempelajari bahasa Inggris.

4.Kualifikasi Profesional

Dalam beberapa industri atau lapangan kerja, skor TOEFL juga dapat digunakan sebagai syarat untuk memenuhi persyaratan tertentu. Contohnya, ketika melamar pekerjaan di perusahaan multinasional atau lembaga pemerintah yang berhubungan dengan bahasa Inggris, skor TOEFL dapat menjadi faktor penentu dalam proses seleksi.

5.Mendapatkan Beasiswa

Skor TOEFL yang tinggi dapat meningkatkan peluang seseorang untuk mendapatkan beasiswa, terutama bagi calon mahasiswa internasional yang bersaing dengan pelamar dari berbagai negara. Beberapa beasiswa memerlukan skor TOEFL tertentu sebagai syarat pendaftaran.

Cara Meningkatkan Skor TOEFL

Lantas, bagaimana sih cara meningkatkan skor TOEFL yang mudah tapi efektif? Ada beberapa strategi yang dapat Anda terapkan untuk menaikkan skor ujian TOEFL, yaitu meliputi:

1.Kenali Format dan Taktik Ujian

Pertama, familiarisasi dengan format ujian TOEFL. Pahami struktur dan jenis pertanyaan yang akan Anda hadapi di setiap bagian. Selain itu, pelajari strategi dan taktik yang efektif untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan akurat.

cara meningkatkan skor toefl

2.Praktek Secara Rutin

Latihan secara teratur adalah kunci untuk meningkatkan skor TOEFL. Gunakan buku latihan atau sumber latihan online yang menyerupai format dan tingkat kesulitan ujian asli. Luangkan waktu setiap hari untuk mengerjakan latihan soal dan simulasi tes.

3.Tingkatkan Kemampuan Membaca

Baca bahan-bahan berbahasa Inggris secara aktif, seperti artikel, esai, atau buku teks akademik. Latihan membaca secara teratur akan membantu Anda memperluas kosakata, meningkatkan pemahaman bacaan, dan memperbaiki kecepatan membaca bahasa Inggris Anda.

4.Praktek Mendengarkan

Cara meningkatkan skor TOEFL juga bisa dengan mendengarkan berbagai jenis materi berbahasa Inggris, seperti podcast, ceramah, wawancara, atau film dengan subtitle. Latihan mendengarkan akan membantu Anda mengenali inti percakapan, memperluas kosa kata, dan meningkatkan pemahaman mendengarkan.

5.Latihan Berbicara

Berlatih berbicara bahasa Inggris dengan berbicara secara aktif, entah dengan teman, tutor, atau dalam kelompok belajar. Praktek berbicara akan membantu Anda memperbaiki intonasi, kejelasan, dan kelincahan berbahasa Inggris.

6.Latihan Menulis

Langkah penting meningkatkan skor TOEFL juga perlu dengan berlatih kemampuan menulis dalam bahasa Inggris dengan menulis esai, menyelesaikan tugas menulis, atau merespons pertanyaan menulis. Fokus pada struktur kalimat, tata bahasa yang tepat, serta pengembangan dan penyampaian ide yang efektif.

7.Perluas Kosakata

Pelajari kosakata baru secara teratur. Bacalah, catat, dan ulangi kosakata baru yang Anda temui dalam konteks yang berbeda. Gunakan teknik seperti flashcard atau aplikasi belajar kosakata untuk membantu Anda mengingat dan menguji pemahaman kosakata.

8.Manfaatkan Sumber Belajar

Gunakan buku, aplikasi, atau sumber belajar online yang tersedia untuk membantu Anda mempersiapkan diri. Sumber-sumber ini biasanya menyediakan latihan soal, tips, dan strategi yang berguna dalam meningkatkan skor TOEFL.

9.Ambil Kursus Persiapan TOEFL

Jika memungkinkan, pertimbangkan mengikuti kursus persiapan TOEFL yang disediakan secara lokal atau daring. Kursus ini akan memberikan bimbingan dan arahan dari instruktur yang berpengalaman serta kesempatan untuk berlatih dalam lingkungan yang mirip dengan ujian asli.

10.Evaluasi dan Perbaiki

Setelah melakukan latihan dan simulasi tes, evaluasilah hasil Anda. Identifikasi kelemahan dan kesalahan yang sering terjadi.

Fokuslah pada area yang memerlukan perbaikan, seperti pemahaman bacaan, kemampuan mendengarkan, atau kefasihan berbicara. Berikan perhatian ekstra pada poin-poin yang menjadi tantangan bagi Anda dan cari strategi yang efektif untuk mengatasinya.

11.Simulasi Ujian

Selain latihan soal, meningkatkan skor TOEFL juga pentingn dengan simulasi ujian penuh dalam kondisi yang serupa dengan tes TOEFL sesungguhnya. Waktu diri Anda sendiri dan berusahalah untuk menjalankan tes seolah-olah itu adalah ujian nyata. Hal ini akan membantu Anda memperoleh pengalaman sebenarnya dan mengelola waktu dengan lebih efisien.

12.Perhatikan Waktu

Manajemen waktu sangat penting dalam tes TOEFL. Latihan untuk menjawab pertanyaan dengan cepat dan efisien, terutama dalam bagian Reading dan Listening. Bila mengerjakan latihan soal, gunakan stopwatch untuk melatih diri dalam menyelesaikan tugas dalam batasan waktu yang ditetapkan.

13.Dapatkan Umpan Balik

Jika memungkinkan, mintalah bantuan dari tutor atau instruktur yang berpengalaman dalam bahasa Inggris untuk memberikan umpan balik terhadap kemampuan Anda. Mereka dapat mengidentifikasi kelemahan Anda dan memberikan saran serta strategi yang spesifik untuk meningkatkan skor TOEFL.

14.Perluas Pengetahuan Budaya

Tes TOEFL sering kali mencakup konteks budaya dalam soal-soalnya. Tingkatkan pemahaman Anda tentang budaya berbahasa Inggris dengan membaca buku, menonton film, atau mengikuti acara-acara budaya. Ini akan membantu Anda memahami konteks dan nuansa yang mungkin muncul dalam ujian.

15.Jaga Keseimbangan Antara Keterampilan

Meskipun mungkin ada area keterampilan tertentu yang membutuhkan perhatian ekstra, penting untuk menjaga keseimbangan dalam memperbaiki semua aspek bahasa Inggris, yaitu membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis. Mengembangkan semua keterampilan tersebut secara seimbang akan membantu Anda mencapai kemajuan yang komprehensif.

skor toefl

Rekomendasi Kursus Persiapan TOEFL

Mengikuti kursus persiapan TOEFL merupakan salah satu langkah penting untuk mencapai skor TOEFL yang diinginkan. Saat ini ada banyak lembaga kursus atau bimbel yang menyediakan layanan semacam ini. Tentunya setiap leyanan tersebut akan berusaha menarik minat calon peserta agar masuk dan memilih layanan yang ditawarkan.

Namun sebaiknya Anda jangan salah dalam memilih lembaga kursus, bimbel atau les privat tersebut. Salah satu yang sangat direkomendasi adalah Edumaster Privat yang memang profesional dalam layanan ini. Selain terpercaya, Edumaster juga telah berpengalaman selama bertahun-tahun dalam membantu para peserta dalam meningkatkan skor TOEFL yang ditargetkan.