Umum

Menjadi Juara Kelas? Ini Yang Harus Dilakukan!

Menjadi juara kelas atau murid teladan yang berprestasi tentunya merupakan salah satu impian para pelajar. Namun untuk meraihnya tidaklah mudah. Banyak pengorbanan dan upaya yang perlu dilakukan dengan sungguh-sungguh untuk mendapatkan status juara kelas bagi seorang pelajar.

Juara kelas adalah sebuah status dan predikat terhormat. Juara kelas akan mendapatkan kedudukan terhormat dan pujian dari civitas sekolah. Banyak murid sekolah bercita-cita mreaih prestasi tinggi itu.  Dengan harapan mendapatkan pengakuan dan hadiah atas usahanya.

Menjadi Juara Kelas

Juara kelas adalah siswa yang terbaik di sekolah dalam bidang akademik dan kecerdasan emosional serta spiritual. Juara kelas adalah murid sekolah yang unggul dan mendapatkan status terbaik diantara status murid lainnya yang sepadan dengan murid teladan.

Setiap siswa berhak memperoleh predikat dan menjadi juara kelas. Namun untuk mendapatkannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Harus ada pengorbanan dan kerja keras dalam belajar untuk mendapatkan status sebagai murid teladan yang berrprestasi.

Apa Arti Juara Kelas?

Tahukah Anda apa arti juara kelas? Yang dimaksud dengan juara kelas adalah siswa yang mengungguli siswa siswa lainnya di dalam kelas. Yang menjadi patokan adalah nilai-nilai raport maupun nilai-nilai ujian sekolah secara umum dalam semua mata pelajaran. Termasuk pelajaran yang tidak disukai.

Selain dikenal istilah juara kelas, terdapat pula istilah juara paralel, juara favorit,  dan juara umum.

Sedangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan apa arti juara kelas? Pengertian juara adalah seseorang yang memperoleh suatu kemenangan dalam  kompetisi atau pertandingan pada sesi final atau akhir. Untuk definisi kelas sendiri adalah suatu ruangan di sekolah yang berdiri sendiri yang diperuntukan bagi siswa-siswi untuk melakukan pembelajaran.

Dengan demikian, menjadi juara kelas adalah orang yang menjadi pemenang atau yang memenangkan dalam kompetisi hingga mendapatkan peringkat nomor satu di dalam suatu kelas. Salah satu contoh juara kelas misalkan seorang pelajar selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya.

Adapun cara menentukan juara kelas dalam sekolah, salah satunya dilakukan dengan cara melihat nilai-nilai raport, ujian atau ulangan yang telah dijalani oleh siswa.

Siswa yang berhasil mendapatkan nilai paling besar dari semua mata pelajaran maka berhak memperoleh predikat juara kelas secara umum. Juara kelas umumnya didapat oleh pelajar yang memiliki kecerdasan dan pengetahuan yang lebih tinggi dibandingkan pelajar lainnya.

Motivasi Untuk Menjadi Juara di Kelas

Adapun tujuan yang dimiliki oleh seseorang dalam meraih juara kelas sangat penting. Karena lewat tujuan yang dimiliki akan membuat peningkatan motivasi siswa untuk menjadi juara kelas.

Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa alasan atau motivasi untuk menjadi juara di kelas dari para pelajar.

1.Hadiah atau penghargaan

Salah satu motivasi seorang siswa untuk menjadi juara di kelas adalah faktor hadiah dan penghargaan yang didapatkan dengan meraih predikat juara kelas.  Walaupun bentuk hadiah bagi juara kelas dari peringkat kesatu di kelas sangat sederhana seperti buku tulis. Tapi hal itu sangat berarti bagi murid juara sebagai pengakuan atas kelebihan dan kemampuannya.

2.Kebanggaan orangtua

Motivasi lainnya dari seorang siswa untuk menjadi juara di kelas adalah mendapatkan rasa bangga dari orangtuanya. Orang tuanya merasa bangga terhadap dirinya yang mendapatkan prestasi sebagai juara di kelas. Atas prestasi tersebut, orangtua bisa memberikan hadiah kepadanya.  Seperti dalam bentuk materi, kado, bingkisan, buku, alat tulis, liburan, peralatan sekolah, penambahan uang jajan, dll.

3.Motivasi Ekonomi

Motivasi untuk menjadi juara di kelas juga bisa karena faktor ekonomi. Misalkan karena untuk meringankan biaya sekolah, beberapa orangtua murid berharap sang anaknya  dapat berprestasi di sekolah atau menjadi juara kelas. Dengan status siswa berprestasi akan memudahkan jalan baginya untuk mendapatkan beasiswa yang diberikan oleh pemerintah ataupun pihak sekolah sendiri.

4.Jiwa ingin jadi yang terbaik

Sebagian siswa lain memiliki motivasi kuat untuk menjadi juara di kelas karena sudah terbiasa dengan kehidupan yang penuh kompetisi. Hal itu sudah menjadi karakter siswa itu sendiri maupun tuntutan dari orangtua. Diantara murid pastinya akan ada murid yang ingin menjadi yang terbaik diantara siswa siswi lainnya di kelas atau sekolah.

5.Mendapatkan banyak pujian

Pujian adalah hal yang disukai oleh semua orang termasuk kalangan pelajar.  Pujian membuat anda merasa dihargai dan mendapatkan tempat yang istimewa. Untuk mendapatkan pujian yang banyak tersebut tentu harus ada prestasi yang dibuat oleh seorang pelajar. Salah satunya menjadi juara kelas.

6.Meraih predikat murid teladan

Motivasi untuk menjadi juara di kelas berikutnya adalah ingin mendapatkan predikat sebagai siswa teladan di sekolah. Mengingat salah satu kriteria untuk mendapatkan julukan murid teladan adalah mampu menjadi juara di kelas.

Yang Harus Dilakukan Agar Menjadi Juara Kelas

Cita-cita seorang murid untuk menjadi murid teladan atau juara kelas bukan hanya sekedar tekad dan cita-cita. Akan tetapi harus dibuktikan dengan tindakan nyata. Berikut ini beberapa hal yang harus dilakukan agar menjadi juara kelas yang sabaiknya tidak dilupakan.

1.Mempunyai niat

Langkah awal yang harus dilakukan oleh siswa agar menjadi siswa berprestasi yaitu memiliki niat kuat untuk menjadi juara kelas. Dengan adanya niat maka siswa akan mulai menetapkan tujuan yang jelas yang hendak dicapainya dan melakukan strategi untuk mencapainya.

2.Menetapkan tujuan

Segala sesuatu hal yang hendak dikerjakan mesti mempunyai tujuannya. Begitu pula bagi siswa siswi yang akan menjalankan pembelajaran di sekolah mesti mempunyai tujuan. Salah satunya  mendapatkan juara kelas.

Dengan menetapkan terlebih dahulu tujuan yakni juara kelas akan membuat seorang siswa akan lebih mudah membuat berbagai strategi yang dapat dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut. Ketika mengalami kendala dan rintangan tidak mudah putus asa dan menyerah. Namun tetap fokus pada tujuannya. Disinilah pentingnya memiliki tujuan yang jelas yakni menjadi juara kelas.

3.Membuat suatu rencana yang benar-benar efektif dan efisien

Setelah menetapkan tujuan yakni menjadi juara kelas dilanjutkan dengan membuat serangkaian strategi untuk mewujudkan hal tersebut. Bisa dengan memilih duduk di barisan terdepan di dalam kelas pada saat pembelajaran sehingga lebih jelas dalam mendapatkan penjelasan dari guru. Ataupun memilih belajar secara rajin dengan metode-metode tertentu dan aktifitas lainnya dalam pembelajaran untuk meraih prestasi juara kelas.

Dalam membuat rencana atau strategi besar perlu dipecah lagi dalam beberapa bagian kecil. Seperti belajar pada waktu subuh, mengikuti les privat, mengikuti bimbel, mempelajari kembali pelajaran seusai sekolah dan lain sebagainya.

4.Lakukan rencana

Sesudah membuat sejumlah strategi agar menjadi juara kelas maka langsung saja dipraktekkan. Karena rencana tanpa praktek hanyalah omong kosong.

5.Berdoa dan beribadah

Yang tak kalah penting yang harus dilakukan agar menjadi juara kelas adalah berdoa kepada Allah swt dan meminta restu orangtua. Karena doa orangtua kepada anaknya sangat mustajab.

Selain berdoa, rajin beribadah adalah kegiatan yang mesti dilakukan setiap hari oleh anak sekolah. Dari mulai sejak bangun pagi, doa sebelum makan dan doa sesudah makan sampai tidur kembali. Semua aktivitas tak bisa dilepaskan dari doa. Sedangkan doa itu sendiri adalah ibadah.

Jika seorang siswa ingin menjadi juara kelas maka mesti dibarengi dengan banyak doa dan ibadah disamping giat belajar. Anda bisa meminta dan berdoa kepada Allah SWT untuk diberikan predikat sebagai juara kelas.

Berdoa adalah salah satu cara untuk mendapatkan apa yang diinginkan. Berdoalah niscaya Allah akan mengabulkan semua permintaan. Berdoa saja tidak akan membuahkan hasil tanpa giat belajar. Begitu juga giat belajar harus disertai dengan doa agar hasil dapat diperoleh secara baik. Pendek kata, giat belajar dan berdoa harus dilakukan secara bersamaan.

6.Bangun subuh

Cara untuk menjadi juara kelas berikutnya adalah untuk membiasakan diri bangun pada waktu subuh. Dengan bangun subuh maka siswa dapat shalat malam, dan belajar di waktu subuh. Suasana subuh yang hening akan membuat belajar di waktu subuh akan lebih efektif dalam memahami setiap materi mata pelajaran yang telah dibahas di kelas.

7.Sarapan pagi

Untuk menjadi siswa berprestasi juga diperlukan kesehatan yang baik. Salah satu cara untuk menjaga kesehatan yang baik adalah dengan makan sarapan pagi sebelum pergi ke sekolah. Sarapan pagi banyak manfaatnya bagi manusia. Salah satunya untuk meningkatkan fokus anak pada   saat pembelajaran berlangsung di ruangan kelas.

8.Giat belajar

Salah satu cara lainnya yang harus dilakukan agar menjadi juara kelas tentunya adalah rajin belajar. Budaya belajar dapat dilakukan dengan rajin membaca buku atau mempelajari mata pelajaran kembali yang telah diajarkan oleh guru di kelas sebelumnya.

Untuk membuat seorang siswa rajin belajar adalah dengan mengetahui manfaat-manfaat dari rajin belajar. Seperti dapat menjadi siswa berprestasi, mendapat hadiah sebagai juara pertama di kelas sebagai ranking terbaik dll.

Dalam rangka menjadi juara kelas dengan rajin belajar maka siswa memerlukan suatu strategi rajin belajar yang dapat dipergunakan untuk mendapatkan titel juara kelas. Seperti membawa catatan atau buku kemanapun setiap pergi untuk belajar, mengadakan diskusi dengan teman satu kelas, dan lain-lain.

9.Menjaga kesehatan badan dengan baik

Hal berikutnya untuk menjadi juara kelas adalah menjaga kesehatan secara baik. Misalkan dengan rajin mandi pagi. Mandi pagi bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh secara baik. Sehingga pada saat pembelajaran di sekolah dapat lebih maksimal dan lebih semangat dalam belajar.

Hal ini penting karena kondisi badan yang sehat dan segar. Jam yang tepat untuk mandi pagi bisa sebelum berangkat sekolah atau pukul 5.30 WIB. Pastikan juga mandi pagi lebih awal. Sehingga lebih banyak waktu luang yang dapat dipergunakan untuk belajar.

10.Berlaku baik pada siswa lain

Cara menjadi juara kelas berikut yang tak kalah penting adalah menjalin hubungan baik dengan siswa siswi di sekolah. Apalagi dengan siswa yang pintar. Sehingga kesulitan dalam pembelajaran dapat dibantu oleh siswa pintar tersebut.

Hambatan Menjadi Juara Kelas

Seorang pelajar harus memperhitungkan dengan baik seandainya mengalami kegagalan dalam meraih juara kelas. Untuk mengantisipasi hal tersebut maka diperlukan strategi alternatif atau mempunyai strategi alternatif jika tujuan belum didapatkan dengan baik.

Jika strategi alternatif yang dilakukan tidak berhasil maka anda bisa menggunakan strategi lainnya yang bisa terbukti berhasil dengan baik. Namun jika segala upaya telah dilakukan dan belum mendapatkan prestasi sebagai juara kelas maka jangan putus asa. Karena pada tahun mendatang anda bisa belajar untuk lebih baik lagi dan belajar lebih keras lagi untuk mendapatkan juara di kelas.

Intinya, jika anda belum berhasil menjadi juara kelas pada hari ini maka jangan langsung menyerah. Tapi belajarlah dari kesalahan yang lalu dan bersikap optimis hingga meraih juara kelas di masa mendatang.

Yusuf C

Recent Posts

Hukum Hardy Weinberg: Pengertian, Syarat dan Contoh Soalnya

Hukum Hardy Weinberg merupakan suatu konsep persamaan yang mendeskripsikan adanya kesetimbangan faktor keturunan pada jumlah…

18 menit ago

Rumus ABC: Pengertian dan Cara Menyelesaikannya

Rumus ABC, apa yang kalian bayangkan saat mendengar istilah ini? Ini adalah sebuah rumus yang…

1 hari ago

Determinan Adalah: Pengertiannya dalam Matriks

Determinan adalah suatu materi penting yang diajarkan oleh guru matematika di kelas dan dipelajari lebih…

2 hari ago

Molalitas Adalah: Pengertian dan Perbedaan dengan Molaritas dan Normalitas

Molalitas adalah suatu hal yang berkaitan dengan normalitas dan molaritas. Ketiga istilah tersebut tampak sama.…

3 hari ago

Tekanan Udara, Penyebab dan Cara Mengukurnya

Tekanan udara adalah suatu bagian yang berpengaruh sekali pada kondisi iklim dan cuaca pada satu…

4 hari ago

Destilasi Adalah: Pengertian, Fungsi dan Proses Terjadinya

Destilasi adalah sebuah metode atau teknik memisahkan antar bagian zat cair. Metode ini sudah dikenal…

5 hari ago