Masih bingung mau mulai belajar sbmptn dari mana? Hal ini mungkin dialami oleh setiap pelajar yang sudah masuk kelas 3 SMA/SMK dan sudah di masa akhir semester menjelang ujian. Ya, karena selain mempersiapkan ujian nasional, para siswa kelas 3 ini pun harus sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi tulis ujian masuk perguruan tinggi negeri atau yang disebut dengan SBMPTN.

Materi yang diujikan pada SBMPTN sangat berbeda dengan ujian nasional, bahkan cenderung lebih sulit adalah alasan utamanya. Tingkat kesulitan materi yang lebih tinggi, ditambah adanya tes berbasis psikologi dan masih harus bersaing dengan puluhan ribu siswa lain sudah pasti menambah beban pikiran tersendiri. 

Mulai Belajar SBMPTN Dari Mana? Kenapa Harus Dipersiapkan Sejak Awal? 

Ada beberapa jalur masuk perguruan tinggi negeri yang bisa dipilih oleh siswa kelas 3 SMA untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi di universitas impiannya. Salah satunya adalah melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Seleksi ini berbeda dengan SNMPTN karena jika SNMPTN bergantung pada nilai rapor dari semester 1-5, maka SBMPTN benar-benar murni berdasarkan hasil ujian tulis yang dilakukan oleh seluruh siswa. Ujian atau tes SBMPTN ini bisa dilakukan dalam bentuk paper based testing ataupun computer based testing

Atas dasar inilah banyak siswa yang sudah mempersiapkan diri, bahkan sejak awal masuk kelas 3 untuk menghadapi ujian masuk perguruan tinggi ini. Yang menjadi masalah kemudian adalah mau mulai belajar sbmptn dari mana untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian ini. 

Persiapan sejak dini dilakukan sebab para siswa kelas 3 yang akan masuk perguruan tinggi impiannya sadar jika ujian ini memiliki tingkat kesulitan yang lebih tinggi. Belum lagi variasi soalnya yang lebih beragam dan membutuhkan penalaran dalam mengerjakannya tentu menjadi tantangan tersendiri. Ditambah masih harus bersaing dengan ribuan siswa lain dengan kemampuan yang juga tidak sama. 

Agar bisa melewati dan sukses dalam menghadapi SBMPTN ini, baik siswa, orang tua hingga pihak sekolah bahkan sudah mulai mempersiapkan para siswa sejak dini. Jika ditanya mulai belajar sbmptn dari mana, maka yang paling tepat adalah dengan mempelajari soal-soal ujian SBMPTN tahun-tahun sebelumnya. 

Meski variasi soalnya akan berbeda setiap tahun, setidaknya dengan cara ini, siswa bisa tahu tipe soal dari masing-masing mata pelajaran seperti apa yang akan diujikan. Dengan cara ini siswa juga secara tidak langsung menyiapkan mental agar tidak terkejut saat nantinya benar-benar berhadapan dengan soal sbmptn yang terbilang cukup sulit. 

Cara dan Tips Belajar SBMPTN 2021 Efektif 

Banyak siswa yang sudah masuk kelas 3 SMA mulai merasa khawatir, apalagi jika berkaitan dengan SBMPTN. Seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri ini memang sudah terkenal sangat sulit bahkan banyak yang harus kecewa karena tidak bisa lolos dalam proses ujiannya. Hingga kemudian, banyak siswa yang bertanya-tanya mulai belajar sbmptn dari mana yang efektif agar bisa tembus. 

belajar sbmptn mulai dari mana

Ada beragam faktor yang menyebabkan para siswa ini tidak lolos dalam seleksi SBMPTN, salah satunya adalah kurangnya persiapan yang dilakukan. Bahkan ketika sudah melakukan persiapan lebih pun masih ada kemungkinan gagal di dalamnya. Lalu bagaimana cara dan mulai belajar sbmptn dari mana agar bisa tembus? Untuk menjawabnya, perhatikan beberapa tips belajar sbmptn 2021 berikut ini.

  • Mulai dengan Mencoba Mengerjakan Soal SBMPTN Tahun Sebelumnya 

Seperti yang sudah sedikit disinggung sebelumnya, salah satu faktor penyebab gagal tembus SBMPTN adalah karena belum mengetahui tingkat kesulitan soal-soal ujian sbmptn. Maka, jika mau mulai belajar sbmptn dari mana, jawabannya adalah mulai dari soal-soal UTBK SBMPTN tahun sebelumnya. 

Jika ditanya kenapa harus memulai dengan mengerjakan soal? Jawaban sederhananya adalah untuk mengetahui lebih dahulu tingkat kesulitan dan variasi soal yang diujikan dalam seleksi ini. Lalu, dari mana soal-soal ini didapat? Tak perlu khawatir karena kini sudah ada banyak sumber yang menyediakan soal-soal tes UTBK tahun sebelumnya. 

Soal-soal UTBK untuk SBMPTN ini bisa didapat dari buku kumpulan soal SBMPTN atau dari situs-situs bimbingan belajar online. Jika Anda sudah bergabung dalam bimbingan belajar online, biasanya akan diberikan akses untuk mengunduh soal-soal ujian SBMPTN di tahun sebelumnya. 

Pastikan soal yang dipelajari adalah soal dari ujian SBMPTN di 2-3 tahun terakhir. Jangan mengambil soal dari tahun yang lebih jauh, karena tipe dan variasi soal bisa sangat berbeda. Apalagi beberapa tahun terakhir sistem ujian untuk seleksi bersama masuk perguruan tinggi juga sudah diperbarui. Jadi, pastikan soal yang dipelajari adalah dari tahun terbaru.

  • Lakukan Review dan Elaborasi Materi 

Setelah tahu mau mulai belajar sbmptn dari mana, tips selanjutnya, dari soal-soal UTBK SBMPTN tahun sebelumnya yang sudah dikerjakan tadi, berikutnya review dan elaborasikan seluruh materi yang harus dipelajari. Artinya, siswa harus mengupas tuntas materi tes atau materi yang diujikan. 

Buat catatan materi belajar sbmptn khusus dari contoh soal yang sudah dipelajari sebelumnya. Dari materi-materi tersebut kemudian dapat diketahui dari mana saja soal-soal itu, apakah hanya diambil dari materi kelas 12 atau merupakan kombinasi materi mulai dari kelas 10 hingga kelas 12.

  • Buat Catatan Khusus untuk Rumus dan Istilah Penting 

Tips berikutnya yang bisa digunakan saat masih bingung mulai belajar sbmptn dari mana, sambil mengerjakan contoh soal UTBK SBMPTN dari tahun sebelumnya, siswa pasti dan harus mereview materi yang digunakan pada soal tersebut. Dari langkah ini, siswa mau tidak mau akan menemukan istilah penting atau rumus yang digunakan untuk mengerjakan soal tersebut. 

Agar dalam proses berikutnya lebih memudahkan, buat catatan materi belajar sbmptn yang di dalamnya khusus berisi istilah dan rumus penting yang digunakan. Dengan cara ini, ketika nantinya mengerjakan soal UTBK SBMPTN lagi dan menemukan soal dengan tipe yang sama, siswa bisa mengetahui dengan rumus apa soal tersebut bisa dikerjakan. 

  • Susun Agenda/Jadwal Belajar dan Target Belajar 

Agar siswa bisa belajar dengan lebih teratur dan intens, menyusun jadwal atau agenda belajar bisa menjadi tips berikutnya yang patut diterapkan. Setelah mengetahui mulai belajar sbmptn dari mana, yaitu dengan mencoba soal UTBK tahun sebelumnya, siswa akan mengetahui kemampuan awalnya. 

Dari evaluasi kemampuan awal dalam mengerjakan soal UTBK SBMPTN tahun sebelumnya ini, siswa bisa tahu kelemahan dan keunggulannya dalam mengerjakan soal. Nah dengan mengatur agenda atau jadwal belajar, siswa jadi bisa belajar dengan jadwal yang lebih tertata. Bahkan, jika dibutuhkan susun juga target pencapaian bersama dengan agenda belajar tersebut. Dengan belajar yang lebih tertarget ini, siswa jadi punya motivasi lebih dalam mengerjakan dan mempelajari soal UTBK SBMPTN.

  • Pelajari Ulang Semua Materi 

Tips belajar sbmptn 2021 selanjutnya adalah mempelajari atau mereview ulang semua materi yang sudah dipelajari. Untuk bisa menghadapi UTBK SBMPTN hal paling utama yang harus dilakukan adalah dengan belajar dan belajar. Namun belajar untuk menghadapi UTBK SBMPTN juga tidak semudah kelihatannya. 

Kesalahan paling umum yang sering dilakukan oleh siswa saat mempelajari materi dan mempersiapkan untuk UTBK biasanya dalam 2 hal. Pertama saat belajar langsung dengan berlatih soal campuran. Meskipun di awal saat siswa masih bingung mulai belajar sbmptn dari mana, mencoba mengerjakan soal adalah langkah awal, namun langkah ini tidak bisa dilakukan seterusnya. 

Setelah mengerjakan soal di awal dan mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dalam mengerjakan soal, siswa harus mereview kembali kemampuan tersebut. Setelah itu mempelajari materi dari soal yang dikerjakan. Pada tipe atau jenis soal mana yang dirasa masih lemah, perdalam pada bagian itu. Baru kemudian mencoba mengerjakan soal lagi. 

Kesalahan lain yang sering dilakukan saat belajar untuk UTBK SBMPTN adalah terlalu fokus mempelajari materi. Hal ini juga langkah yang salah karena jika terlalu fokus memperdalam materi tanpa mempraktikannya dengan mengerjakan soal, maka hal itu tidak ada gunanya. 

Siswa harus terus melatih kemampuan otak dan ketrampilan diri sendiri dalam mengerjakan soal berbekal materi yang sudah dipelajari dan diperdalam itu tadi. Dengan mengerjakan soal ini siswa juga jadi tahu berapa tingkat kesulitan soalnya dan bagaimana cara menyelesaikan soal tersebut. Jadi, kesimpulannya belajar harus seimbang antara mempelajari materi dan berlatih mengerjakan soal.

  • Ikuti Try Out untuk UTBK SBMPTN 

Setelah menerapkan tips-tips yang sudah disebutkan di atas, selanjutnya cobalah untuk mengikuti try out UTBK SBMPTN secara berkala. Cara ini bisa menjadi tahap mencoba langsung soal-soal UTBK dan menguji coba kemampuan mengerjakan soal siswa setelah belajar sendiri. 

Try out UTBK SBMPTN tak jarang dibuat dengan tipe soal dan situasi yang semirip mungkin dengan kondisi asli di hari-H. Dengan cara ini siswa jadi bisa menggambarkan bagaimana tingkat kesulitan dan tipe soal yang diujikan. Selain itu, situasi yang dibuat serupa dengan kondisi saat ujian sungguhan akan membantu mengasah mental siswa saat hari-H berlangsung. Jadi, siswa sudah tidak lagi kaget dan gugup saat nanti UTBK benar-benar berlangsung.

  • Lakukan Evaluasi dari Hasil Try Out 

Setelah mengikuti try out, siswa akan mendapatkan hasilnya. Nah, dari hasil try out tersebut kemudian dapat dilakukan evaluasi tentang apa kelemahan yang masih harus diperbaiki atau materi apa yang masih harus dipelajari lebih dalam lagi. Dengan begitu, nantinya tidak ada celah untuk mendapat nilai minus karena salah dalam mengerjakan soal.

  • Jauhkan Gadget 

Sedikit menyingkir dari persoalan teknis, tips lain yang bisa membantu dalam persiapan UTBK SBMPTN adalah dengan menjaga konsentrasi. Caranya adalah dengan menjauhkan gadget, terutama saat dalam waktu belajar. Hal ini akan sangat membantu agar konsentrasi belajar tidak terganggu.

  • Dapatkan Istirahat yang Cukup dengan Asupan Makanan Bergizi 

Sekarang siswa sudah tahu mau mulai belajar sbmptn dari mana. Jika sudah mulai progres dalam mempersiapkan diri untuk UTBK SBMPTN, hal penting yang kadang dilupakan adalah istirahat dan asupan makanan. Meskipun belajar, jangan sampai porsi istirahat berkurang karena hal tersebut justru akan sangat mengganggu konsentrasi bahkan bisa berdampak tidak baik saat hari-H ujian. 

Faktor pendukung lain yang juga berperan penting adalah asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Jangan remehkan asupan nutrisi bergizi seimbang ini karena akan sangat membantu kemampuan mengingat dan konsentrasi otak meningkat lebih baik. Asupan nutrisi seperti ikan, kacang-kacangan, yogurt, biji-bijian dan jenis makanan lain yang mengandung asupan gizi yang baik bisa menjadi pilihan makanan saat mempersiapkan UTBK SBMPTN. 

cara menjadi osis yang aktif 1

Bagaimana Menyusun Jadwal dan Catatan Materi Belajar SBMPTN yang Efektif 

Nah, sekarang sudah tahu harus mulai belajar sbmptn dari mana serta tips apa saja yang bisa diterapkan agar persiapan untuk sbmptn bisa efektif. Dalam tips yang sudah disebutkan sebelumnya, ada tips untuk menyusun jadwal belajar dan catatan belajar. Lalu bagaimana cara membuat jadwal dan catatan belajar untuk sbmptn ini?

  • Cari Tahu Sebanyak Apa Materi yang Harus Dipelajari 

Sebelum membuat jadwal atau agenda belajar, cari tahu terlebih dahulu sebanyak apa materi yang harus dipelajari. Buat semacam table untuk memisahkan materi belajar berdasarkan topic atau kategori. Dengan begitu jadwal belajar dan target belajar yang harus dicapai pun jadi lebih terarah.

  • Menyusun Paket Belajar secara Sederhana 

Untuk mengetahui mulai belajar sbmptn dari mana, siswa diharuskan mencoba soal UTBK SBMPTN tahun sebelumnya. Dari percobaan ini, siswa kemudian jadi tahu materi apa saja yang harus dipelajari. Dari materi yang dikumpulkan berdasarkan contoh soal yang dikerjakan pertama kali ini, siswa kemudian bisa menyusun paket belajar yang terdiri dari materi apa dan durasi belajar berapa lama. 

Namun, untuk membuat atau menyusun paket belajar sendiri ini sebaiknya disusun sesederhana mungkin. Dengan cara ini siswa jadi bisa mengenali tipe-tipe soal dengan lebih detail. Nah, dalam tahap ini sambil belajar, siswa bisa mulai membuat catatan-catatan penting dari pembelajaran yang dilakukan. Menggunakan metode ini, siswa bisa mengumpulkan ringkasan belajar sbmptn 1 bulan sebagai salah satu target belajar yang harus dicapai.

  • Memahami dengan Sedetail Mungkin 

Saat mengerjakan soal sbmptn dari tahun sebelumnya untuk mengetahui mulai belajar sbmptn dari mana, siswa pasti bisa mengetahui bahwa soal untuk UTBK SBMPTN sangat berbeda dengan soal ujian sekolah biasa. Tipe soal kebanyakan merupakan pertanyaan-pertanyaan dengan jebakan dan menguji kemampuan siswa dalam memahami konsep dasar dari satu materi tertentu. 

Berbekal mencoba mengerjakan soal untuk mulai mempersiapkan dari mana harus mulai belajar sbmptn, siswa kemudian bisa menyusun paket belajar berdasarkan tipe atau kategori materi yang diujikan sebagai salah satu metode jadwal dan target belajar. Kemudian dalam proses belajar tersebut, siswa mulai membuat catatan-catatan materi belajar penting yang harus diingat dan dikuasai. 

Nah, tahap selanjutnya dalam menyusun jadwal dan target belajar untuk sbmptn adalah pahami materi tersebut sedetail mungkin. Dari ringkasan belajar sbmptn 1 bulan yang sudah dibuat, coba untuk mengulang dan memahami kembali materi tersebut untuk kemudian dilakukan evaluasi dengan mengikuti try out.

  • Lakukan Evaluasi Hasil Belajar 

Dari target belajar yang sudah tersusun kemudian dievaluasi dengan mengikuti try out. Setelah hasil try out keluar, evaluasi kembali dilakukan untuk mengetahui sejauh mana target belajar yang dibuat berhasil dan mengetahui kelemahan apa yang harus diperbaiki dari proses belajar yang dilakukan. 

Nah, itu tadi adalah berbagai tips yang bisa diterapkan jika kamu masih bingung mau mulai belajar sbmptn dari mana. Materi untuk sbmptn dengan tingkat kesulitan lebih tinggi dengan tingkat persaingan yang juga tinggi membuat siswa yang sudah masuk kelas 12 harus mempersiapkan diri untuk UTBK SBMPTN sejak awal. Dengan menerapkan tips belajar ini, semoga bisa membantu agar proses belajar untuk mengikuti SBMPTN bisa lebih efektif.

Open chat
👩‍🏫Mau Les Privat
Halo,
Saya Ms. Stefany, mau les privat apa?