Musik sebagai media belajar sudah kita kenal sejak lama dan sangat efektif dalam pembelajaran. Hal tersebut juga didukung oleh berbagai penelitian yang dilakukan oleh para pakar pendidikan. Menurut penelitian tersebut bahwa musik mempengaruhi kinerja pembelajaran yang dilakukan oleh seorang anak. Anak akan mempunyai daya tangkap yang baik dan konsentrasi tinggi atas suatu pembelajaran menggunakan iringan musik yang diputarnya.

Sebelum menguraikan lebih lanjut tentang musik sebagai media belajar maka perlu dikaji terlebih dahulu pengertian media belajar secara bahasa dan istilah. Secara bahasa, media asal katanya adalah medium dari bahasa latin yang mengandung arti perantara.

Adapun pengertian menurut bahasa Arab adalah perantara pesan. Dalam hal ini, media sebagai pihak yang mengantarkan pesan dari pihak pengirim pesan dan disampaikan kepada pihak penerima pesan.

Dari penjelasan singkat tentang pengertian media belajar tersebut, maka sudah dapat ditarik sebuah pengertian bahwa media belajar adalah sebuah media pengantar atau perantara yang mengantarkan pembelajaran untuk sampai kepada pihak pelaku pembelajaran. Dalam hal ini adalah pelajar itu sendiri.

apakah musik membantu proses belajar anak

Musik adalah sebuah alunan nada yang berbunyi teratur. Sehingga menghasilkan irama yang enak didengar. Setelah melewati berbagai penelitian ilmiah  di sejumlah jurusan musik dan universitas didapatkanlah suatu hal yang menarik dari musik dalam segi manfaat dan fungsinya.

Apa pengaruh musik terhadap pendidikan? Beberapa penelitian membuktikan bahwa musik yang diperdengarkan secara rutin kepada tumbuhan buah-buahan akan membuat tanaman tersebut berbuah lebih banyak dan lebih subur.

Penelitian lainnya yang berkaitan dengan musik sebagai media belajar juga menemukan bahwa musik yang diperdengarkan pada anak yang sedang belajar akan meningkatkan kecerdasan dari anak itu sendiri. Saraf otaknya akan terbuka lebih lebar dan oksigen yang terkandung dalam otak lebih banyak. Sehingga dalam proses belajar anak sambil diperdengarkan musik akan memicu anak bisa lebih fokus dalam pembelajaran dan lebih menikmati pembelajaran secara menyenangkan dan optimal.

Walaupun musik untuk belajar tidak dijadikan suatu kewajiban untuk diterapkan pada kegiatan sekolah formal di Indonesia tapi tetap saja musik mempunyai manfaat yang sangat positif dalam pembelajaran.

Musik Sebagai Media Belajar

Dalam hal ini, musik memegang fungsi dan manfaat yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Musik adalah hal lumrah didengarkan oleh manusia. Hal tersebut tak terlepas dari manusia adalah makhluk yang penuh estetika dan mempunyai perasaan yang dalam untuk menyukai musik.

Namun musik yang selama ini dikenal oleh manusia adalah fungsi musik sebagai media hiburan. Mendengarkan musik mampu menghilangkan rasa stres dan memperbaiki mood seseorang menjadi lebih baik dan senang serta positif.

apakah lagu termasuk sebagai media belajar

Fungsi musik juga berlaku dalam dunia pembelajaran. Dalam dunia pembelajaran, fungsi musik berguna untuk menciptakan suasana rileks dan fokus dalam pembelajaran. Suatu pembelajaran akan lebih efektif dan efisien dengan diperdengarkan alunan musik khususnya musik klasik. Karena akan memicu syaraf untuk berkembang lebih baik dan cerdas.

Kualitas pendidikan di Indonesia yang saat ini tengah mengalami proses stagnan maka dapat diperbaiki menjadi kualitas lebih baik dengan cara menggunakan musik sebagai media belajar. Kecerdasan atau kepintaran seorang siswa tidak hanya berasal dari faktor dari dalam siswa tersebut. Tapi juga ditentukan oleh faktor luar dari lingkungan siswa tersebut.

Salah satunya faktor dari dukungan musik sebagai media pembelajaran yang efektif dan efisien. Kegiatan mendengarkan musik bukan hanya sebagai pemberi semangat dalam aktifitas bekerja. Tapi juga pemberi semangat dan meningkatkan performa dalam pembelajaran.

Apa Pengaruh Musik Terhadap Pendidikan?

Tahukah Anda apa pengaruh musik terhadap pendidikan? Musik adalah suatu hal yang tak asing lagi dalam kehidupan manusia. Manusia seringkali mendengarkan musik atau lagu untuk menghilangkan stres dan kecemasan serta untuk memperbaiki mood yang buruk. Selain musik sebagai media belajar, lagu juga dapat dijadikan sebagai media hiburan. Namun musik juga dalam dunia pendidikan dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran.

Musik dan pendidikan saat ini mempunyai keterkaitan yang kuat sekali. Hal tersebut tak terlepas dari berbagai penelitian yang telah membuktikan bahwa penggunaan musik dalam suatu pembelajaran dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi anak saat belajar. Musik sebagai media belajar juga akan membuat otak anak lebih nyaman dan bahagia ketika mempelajari suatu bidang studi yang sulit sekalipun.

Manfaat musik yang diperdengarkan di banyak media mampu membuat otak anak lebih cerdas dan berkembang. Saat sekarang musik bisa dijadikan sebagai media pembelajaran dalam dunia pendidikan yang ideal. Tak aneh jika seorang anak sekolah yang duduk di bangku TK maka ketika awal masuk sekolah yang diajarkan pertama kali adalah bernyanyi.

apa pengaruh musik terhadap pendidikan

Beberapa guru dalam mengajarkan mata pelajaran yang diajarkannya seringkali menggunakan musik. Misalkan dalam mata pelajaran matematika untuk mengenal angka maka siswa belajar mengenal angka dengan cara bernyanyi. Begitu pula untuk mengenal huruf dalam bahasa inggris sering kali dilantunkan dengan sebuah nyanyian yang mudah dihafal oleh siswa.

Apakah Musik Membantu Proses Belajar Anak?

Salah satu jenis pertanyaan yang sering ditanyakan oleh orangtua pada umumnya adalah apakah musik membantu proses belajar anak? Jawabannya tentu saja. Karena ada banyak manfaat musik bagi manusia. Lalu musik sebagai media belajar pun bisa dimasukkan sebagai alat belajar pada anak. Hal tersebut sudah dilakukan sejak lama sampai sekarang ini. Manfaat musik dirasakan sangat besar dalam proses pembelajaran bagi orang dewasa, remaja dan kalangan anak-anak.

Musik mempunyai banyak manfaat yang bisa diraih oleh semua orang. Termasuk manfaat musik dalam dunia pendidikan. Lalu apakah musik membantu proses belajar anak? Untuk lebih jelasnya, berikut ini beberapa pengaruh musik dalam membantu proses belajar anak, antara lain :

1.Meningkatkan kecerdasan pada anak

Pendidikan merupakan salah satu aspek yang perlu diperhatikan oleh setiap orang. Tanpa pendidikan berkualitas yang baik mustahil seseorang bisa meraih sukses di masa depan. Dalam  meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah, seorang guru harus kreatif dan inovatif untuk meningkatkan mutu pendidikan. Salah satunya pembelajaran di sekolah dapat menggunakan alunan musik. Karena alunan musik yang diputar saat pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus menambah kecerdasan otak anak.

Menurut penelitian, musik sebagai media belajar karena bisa meningkatkan kemampuan daya ingat anak sekaligus meningkatkan kecerdasan. Fungsi musik bagi otak ini disebabkan semua sel saraf pada otak maka semua berjalan secara kreatif dan aktif.

lagu sebagai media belajar

2.Meningkatkan performa kemampuan motorik anak

Pengaruh musik sebagai media belajar dan bagi pendidikan juga dapat melatih kemampuan motorik pada anak. Sehingga anak mempunyai kemampuan yang menigkat pada segi motorik. Karena otak anak yang turut berpikir mengenai lirik lagu dan otak lebih rileks dalam mempelajari suatu materi mata pelajaran di sekolah. Bahkan semua panca indera bergerak secara aktif dalam menyeimbangkan kekuatan motorik pada  seluruh organ tubuh manusia yang meliputi telinga, otak, dan mulut.

3.Mempertinggi kemampuan berbahasa

Pengaruh musik sebagai media belajar pada dunia pendidikan juga mampu mempertinggi kemampuan anak dalam segi berbicara dan berbahasa. Sang anak akan mudah untuk merangkai kata-kata dan kalimat-kalimat serta mengucapkan kalimat secara baik dan benar.

Musik yang ditangkap oleh anak mengandung susunan lirik kata yang mudah dihafalkan oleh seorang anak. Dengan demikian, sang anak akan belajar menyusun kalimat dan meningkatkan kemampuan berbahasa lewat musik dan lagu yang ia dengar.

4.Menghilangkan kecemasan dan stres

Cemas dan stres dalam dunia pendidikan bukan hal aneh lagi. Sebagian pelajar di Indonesia mengalami kecemasan dan stres dalam menempuh pendidikan di sekolah. Hal tersebut umumnya ketika siswa memasuki lingkungan yang baru maupun mendapatkan tekanan saat menjelang ujian atau ulangan sekolah.

Perasaan cemas dan stres kurang baik dalam dunia pendidikan. Karena akan membuat pembelajaran tidak maksimal dalam meraih tujuannya. Disinilah peran dan pengaruh positif dari musik sebagai media belajar dalam ikut menghilangkan rasa cemas dan stres.

Musik yang diperdengarkan pada saat situasi belajar mampu menghilangkan kecemasan dan stres pada setiap siswa. Siswa akan merasa senang dan bahagia dalam belajar sambil mendengarkan musik yang disukainya.

Apakah Lagu Termasuk Sebagai Media Belajar?

Manusia membutuhkan pendidikan. Pendidikan merupakan bagian dari proses tumbuh kembang manusia. Dari asalnya tidak mengetahui menjadi mengetahui. Dari asalnya yang tidak bisa menjadi bisa. Untuk proses pendidikan berjalan lancar dalam kehidupan manusia membutuhkan media. Adapun media pembelajaran bisa berbagai macam. Salah satunya lagu.

Apakah lagu termasuk sebagai media belajar? Ya, lagu termasuk musik sebagai media belajar anak. Ada banyak hal yang bisa diajarkan oleh lagu kepada manusia. Lagu bisa bersifat edukasi yang memberikan penerangan dan manfaat kepada pendengarnya.

Pembelajaran yang efektif dan efisien adalah suatu pembelajaran yang dilakukan dengan sangat menyenangkan, tak membosankan dan menarik di mata para siswa. Namun hal itu memerlukan suatu media. Salah satunya adalah media lagu atau musik. Lagu atau musik yang diputar saat pembelajaran akan semakin menambah semangat belajar menuntut ilmu.

Lagu mengandung perasaan emosi dari pencipta dan penyanyinya. Orang lebih senang mendengarkan lagu ketimbang dari pembelajaran di guru utama di kelas. Oleh sebab itu, berbagai cara dilakukan oleh guru untuk memudahkan pembelajaran di kelas secara lebih efektif.

Apakah lagu termasuk sebagai media belajar? Lagu atau musik sebagai media belajar yang bisa dimanfaatkan. Misalkan dalam belajar bahasa asing seperti belajar bahasa inggris. Tentu akan lebih mudah belajar bahasa inggris secara kosakata atau percakapan dengan bantuan sebuah lagu. Lagu dalam bahasa inggris akan membantu bagi mereka yang belajar bahasa inggris dalam memahami setiap kosakata dalam bahasa inggris.

pengaruh musik terhadap pendidikan

Begitu pula untuk jenis bahasa lainnya seperti bahasa jerman, rusia, perancis, arab, mandarin, jepang dan lain sebagainya, lagu dapat dipergunakan sebagai media belajar yang paling efektif. Karena belajar dilakukan secara menyenangkan sambil mendengarkan lagu hingga dipahami secara baik.

Musik sebagai media belajar bukan hal asing lagi dipergunakan oleh kalangan dunia pendidikan formal maupun non formal di Indonesia. Hal tersebut mengingat musik sangat efektif sebagai media pembelajaran bagi anak-anak sekolah. Dari mulai jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, SMP, dan SMK atau sederajat hingga perguruan tinggi.

Otak manusia sangat menyukai dengan nada-nada musik yang teratur. Sehingga lirik-lirik lagu atau musik akan sangat mudah diingat oleh manusia. Dalam hal musik sebagai media belajar membuat dalam kandungan musik diselipi dengan  unsur-unsur pendidikan. Hal ini umumnya terdapat pada lagu anak-anak yang umumnya mengajarkan kebaikan pada anak.  Seperti lagu anak-anak “menggosok gigi” yang mengajarkan pentingnya menggosok gigi bagi anak secara rutin. Begitu juga lagu menabung yang mengajarkan pada anak-anak agar gemar menabung sejak sekarang bagi masa depan anak yang lebih baik.