Musik untuk belajar benarkah dapat memberikan manfaat? Pembahasan manfaat mendengarkan lagu saat belajar masih ada pro kontra. Apalagi tipikal anak saat belajar juga berlainan. Ada yang senang sambil mendengarkan musik namun tak jarang yang membutuhkan kesunyian.

Musik untuk pembelajaran tentunya sangat berbeda dengan genre musik yang lainnya. Jenis musik ini umumnya merupakan sebuah instrumen musik yang berguna untuk meningkatkan semangat dalam belajar.

Penggunaan musik dalam pembelajaran terbukti memberikan banyak manfaat bagi para pelajar. Karena musik akan mampu membuat otak lebih rileks sehingga belajar terasa menyenangkan dan tak membosankan saat belajar sambil mendengarkan musik.

musik untuk belajar

Mendengarkan musik adalah sebuah kegiatan yang sangat mengasyikkan. Kegiatan mendengarkan musik mampu menghindarkan seseorang dari stres. Kegiatan mendengarkan musik adalah suatu hal yang sering dilakukan oleh setiap manusia. Hal tersebut tak terlepas dari manusia sudah diberikan naluri untuk menyukai keindahan. Seperti suka terhadap seni musik.

Selama ini musik seringkali dijadikan sarana hiburan. Bahkan musik menjadi sebuah industri yang melahirkan banyak orang kaya dan menghasilkan pundi-pundi uang dalam jumlah besar. Namun seiring dengan banyak penelitian yang dilakukan oleh beberapa universitas di dunia menjadikan musik berkembang lebih luas lagi.

Berdasarkan riset ilmiah, musik dapat meningkatkan produktivitas manusia. Bahkan musik dapat meningkatkan produktivitas tanaman dalam berbuah. Akan tetapi pada kesempatan kali ini yang menjadi topik pembahasan adalah manfaat musik untuk belajar.

Belajar adalah sebuah kegiatan yang harus dilakukan oleh manusia selamanya. Tidak ada istilah seorang manusia untuk berhenti belajar. Belajar adalah proses membentuk diri menjadi pribadi yang lebih baik dari masa ke masa. Belajar tak mengenal batas usia dan wilayah. Akan tetapi pada  selalu muncul permasalahan saat belajar atau menimbulkan kejenuhan.

Hal itu bisa diatasi dengan cara belajar sambil mendengarkan musik. Tentu saja musik yang diperdengarkannya adalah musik yang bisa membuat tubuh relaks dan semangat dalam belajar. Beberapa pakar menjelaskan ada sejumlah jenis musik yang tepat. Salah satunya musik klasik, seperti karya Bethoven.

Musik Untuk Belajar

Ada banyak hal yang dapat dilakukan oleh seseorang ketika belajar. Yang paling umum adalah belajar sambil ngemil ataupun belajar sambil mendengarkan musik. Kedua cara tersebut memberikan dampaknya masing-masing yang berbeda.

lagu barat untuk belajar

Belajar sambil ngemil adalah suatu cara yang dilakukan seseorang ketika belajar untuk mengatasi rasa bosan belajar. Namun cara ini seringkali membawa dampak buruk bagi anak yakni memunculkan potensi penyakit obesitas atau kegemukan.

Sedangkan cara lain mengatasi susah belajar yakni belajar sambil mendengarkan musik. Ini merupakan cara yang lebih tepat, efektif dan efisien dalam belajar. Belajar sambil mendengarkan musik akan lebih meningkatkan kecerdasan anak. Anak tidak akan mudah bosan dalam belajar. Bahkan sang anak akan lebih nyaman belajar sambil mendengarkan musik kesukaannya.

Salah satu manfaat lainnya dari belajar sambil mendengarkan musik dapat meningkatkan konsentrasi belajar anak. Atas fakta itulah banyak sekolah saat ini menerapkan pembelajaran sambil mendengarkan musik di sekolah.

Jika orang tua mendapatkan mood buruk dari anak terhadap belajar maka orang tua bisa  memutarkan lagu atau musik kesukaan anak.  Metode pembelajaran ini bermanfaat untuk meningkatkan motivasi belajar anak. Namun semua itu kembali kepada gaya belajar anak itu sendiri. Karena ada anak yang memiliki gaya belajar yang lebih mudah konsentrasi di tempat keramaian.

Tipe anak seperti ini biasanya anak berkepribadian ekstrovert. Tapi ada juga anak yang lebih mudah berkonsentrasi belajar di tempat yang sunyi jauh dari keributan suara. Anak semacam ini umumnya mempunyai kepribadian introvert.

Apa yang anak anda rasakan ketika  mendengar perintah belajar? Mungkin bagi sebagian anak mendengarkan kata belajar membuat pikirannya menjadi lebih stres. Hal itu bisa diatasi dengan sambil mendengarkan musik untuk belajar.

Musik mempunyai beberapa manfaat dan khasiat bagi manusia. Salah satunya musik dapat mengubah mood jelek seseorang menjadi mood baik. Musik pula bisa menjadikan pikiran yang tadinya kacau menjadi tenang. Yang tak kalah hebat lagi, musik dapat meningkatkan kemampuan otak untuk menghafal sesuatu lebih baik dan lebih cepat. Beberapa riset ilmiah membuktikan bahwa musik dapat meningkatkan prestasi akademik siswa di sekolah.

Lebih lengkap lagi, musik bisa menghilangkan perasaan khawatir berlebihan dalam belajar menjadi perasaan tenang dan rileks ketika belajar. Adapun manfaat berikutnya mendengarkan musik saat belajar akan memberikan dampak positif bagi pelajar itu sendiri, antara lain :

  1. Membuat pelajar dapat meningkatkan konsentrasi pada waktu belajar
  2. Meningkatkan motivasi kuat dan lebih bersemangat dalam belajar
  3. Membuat daya tahan belajar dapat lebih lama

Rekomendasi Musik Untuk Belajar

Salah satu keluhan yang sering dilontarkan orang ketika sedang belajar adalah kesulitan untuk berkonsentrasi penuh saat belajar. Ada banyak hal atau penyebab seseorang kesulitan fokus atau berkonsentrasi dalam belajar.

lagu barat yang enak didengar saat belajar

Penyebabnya bisa faktor dari luar seperti suara bising maupun faktor dari dalam seperti perut yang lapar atau sedang mengalami sakit. Oleh sebab itu, anda bisa menempuh cara berikut ini untuk meningkatkan konsentrasi saat belajar yaitu belajar dengan menggunakan musik.

Bagi sebagian orang aktivitas belajar adalah kegiatan yang membosankan. Mungkin pada awal pertama belajar, anda begitu bersemangat. Namun setelah beberapa waktu kemudian, anda mulai merasakan kebosanan dalam belajar atas suatu materi  pelajaran yang itu-itu saja.

Hal tersebut sebenarnya sangat wajar dan hampir dialami oleh setiap orang. Apalagi setiap anak memiliki gaya belajar sendiri. Namun demikian ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi kebosanan dalam belajar sekaligus meningkatkan konsentrasi belajar yaitu belajar sambil mendengarkan musik.

Dengan banyaknya manfaat mendengarkan musik ketika belajar akan membuat anda bertanya-tanya rekomendasi lagu barat yang enak didengar saat belajar dan bisa meningkatkan semangat dan konsentrasi? Berikut ini rekomendasi musik untuk belajar yang paling populer.

1.Wolfgang Amadeus Mozart

Salah satu jenis musik yang bisa meningkatkan konsentrasi siswa dalam belajar adalah mendengarkan musik klasik Wolfgang Amadeus Mozart : Symphony No.40 in G Minor

2.Emperor Concerto for piano no.5 karya Ludwig Beethoven.

Jenis lagu klasik yang satu ini ini juga sangat berguna untuk meningkatkan fokus dalam belajar.

3.Brandenburg Concertos karya Sebastian Bach

Untuk lagu ini juga brfungsi membantu meningkatkan tingkat konsentrasi  penuh pada waktu anak belajar.

Lagu Barat Yang Enak Didengar Saat Belajar

Lagu memegang peranan penting dalam meningkatkan kemampuan belajar seseorang. Terutama lagu dengan alunan melodi yang tenang.Terbukti seseorang bisa fokus belajar dan bertambah semangat belajar ketika sambil mendengarkan lagu kesukaannya. Salah satunya lagu barat yang enak didengar saat belajar.

rekomendasi musik untuk belajar

Berikut ini beberapa rekomendasi lagu barat yang enak didengar untuk meningkatkan konsentrasi belajar, antara lain :

  1. Ed Sheeran berjudul Photograph
  2. Taylor Swift feat Ed Sheeran berjudul Everything Has Changed
  3. Extreme berjudul More Than Words
  4. Coldplay berjudul Fix You
  5. Olivia Rodrigo feat Julia Lester berjudul Wondering
  6. Demi Lovato berjudul In Case
  7. Taylor Swift berjudul The Last Great American Dynasty
  8. Adhitia Sofyan berjudul Blue Sky Collapse
  9. Semua musik klasik karya Beethoven
  10. Elephant Kind berjudul Oh Well
  11. Soundtrack film Harry Potter

Lagu K-Pop Yang Sesuai Untuk Belajar

Lagu K-Pop sudah mendunia dan digandrungi banyak orang. Ternyata bagi penyuka K-Pop, lagu K-Pop bukan hanya sebagai hiburan. Akan tetapi bisa juga dijadikan sebagai sarana musik untuk belajar guna meningkatkan motivasi dan semangat anak.

Berikut ini sejumlah lagu K-Pop yang sesuai untuk belajar karena mampu meningkatkan semangat belajar siswa siswi, antara lain :

1.Get Cool –Stray Kids

Lagu Get Cool adalah sebuah lagu yang menceritakan tentang kehidupan yang harus dilakukan pada semua koridor dalam langkah terbaik. Lagu  dari Stray Kids ini termasuk lagu K-Pop yang enak didengar dan lagu semangat belajar. Rasa malas dalam  belajar dapat dihilangkan dalam waktu singkat dengan cara mendengarkan lagu Get Cool  dari Stray Kids beberapa menit saja.

2.Like Ooh Aah- Twice

Rekomendasi musik untuk belajar lainnya adalah Like Oh Aah, jenis lagu K-Pop yang bikin rileks pendengarnya. Sehingga sangat cocok dijadikan teman untuk didengarkan saat belajar. Sebab akan memberikan efek luar biasa yakni suasana hati penuh semangat untuk belajar setiap saat.

3.Wave ATEEZ

Lagu K-Pop yang sesuai  untuk belajar adalah Wave dari ATEEZ. Dengan alasan irama lagu yang lembut tapi penuh enerjik akan membuat anda lebih bersemangat lagi dalam belajar.

lagu k-pop yang sesuai untuk belajar

4.Lagu NCT

Jenis lagu K-Pop yang sesuai untuk belajar lainnya adalah dari NCT. Untuk lagu  yang cocok untuk belajar adalah Puzzle Piece, 7 Days, Be There For You, Dive Into You, dan Rainbow. Lagu NCT termasuk lagu K-Pop tentang meraih mimpi yang mampu meningkatkan motivasi setiap pendengarnya untuk belajar lebih rajin. Lagu NCT sangat tepat dijadikan teman saat belajar.

Itulah beberapa rekomendasi jenis lagu yang enak didengar dan sangat pas untuk menemani dan memotivasi belajar. Hal ini karena jenis musik untuk belajar ini mampu membuat rileks dan memotivasi belajar untuk lebih rajin lagi.