Ramadan atau bulan puasa tahun 2021 akan segera tiba. Biasanya rutin diberikan panduan siswa di bulan ramadan dari sekolah. Kondisi dunia yang sedang dilanda pandemi covid-19 tidak seharusnya mengurangi makna dan kesakralan bulan yang mulai ini.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, adalah lumrah bagi siswa-siswi muslim untuk mencatatkan kegiatan keagamaan yang mereka lakukan sehari-hari selama satu bulan penuh Ramadan berlangsung. Catatan kegiatan tersebut akan dikumpulkan dan dinilai oleh guru mata pelajaran agama. Semakin lengkap dan detail catatan yang dikumpulkan, semakin baik pula nilai yang diberikan.

Sebenarnya makna lain di balik tugas mencatat kegiatan selama Ramadan adalah untuk membangun karakter siswa dengan cara membiasakan mereka melakukan kegiatn-kegiatan positif selama bulan suci tersebut, seperti membaca Quran, menunaikan puasa dan salat wajib, mengikuti tarawih berjamaah di masjid, atau mengikuti siraman rohani, yang sebagai bahan penilaian dicatatkan ke dalam buku kecil yang berisi agenda tempat kegiatan Ramadan dituliskan serta panduan bagaimana menjalankan aktivitas (termasuk ibadah) saat Ramadan.

Dikarenakan terdapat bagian yang menjelaskan atau memandu bagaimana seharusnya siswa beraktivitas selama bulan puasa, buku kecil ini disebut juga buku panduan siswa di bulan Ramadan.  

Panduan Siswa di Bulan Ramadan Ketika Covid-19

Tantangan puasa tahun 2021 hampir serupa dengan tahun lalu ketika covid-19 sedang heboh-hebohnya di Indonesia. Siswa-siswi kebanyakan sekolah tidak akan mengikuti proses Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) secara langsung dengan bertatap muka.

Mereka akan melakukannya menggunakan internet, aplikasi perpesanan, maupun aplikasi telekonferensi sebagai bagian dari Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang diwajibkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI sebagai upaya mencegah penyebaran virus pada fasilitas pendidikan. 

Sudah berbulan-bulan sejak siswa diliburkan dan mengadakan PJJ, kecil kemungkinan pada bulan Ramadan tahun ini atau beberapa bulan setelahnya sekolah-sekolah akan dibuka dan KBM akan berlangsung normal kembali.

Dalam kasus ini, siswa tidak akan dapat mengumpulkan buku kegiatan yang telah mereka isi kepada guru agama. Mengirimkan buku kegiatan secara langsung ke rumah guru, baik di antarkan sendiri maupun dikirimkan melalui pos, selain ribet, juga kesannya agak gimana gitu. 

panduan siswa di bulan ramadan

Cara alternatif supaya selama Ramadan 2021 siswa tetap melaksanakan kegiatan yang positif dan menjadi pribadi yang lebih baik serta mendapatkan nilai melalui pemeriksaan buku panduan kegiatan siswa adalah dengan mempertimbangkan panduan siswa dalam bentuk e-book.

Siswa dapat mencatatkan kegiatan mereka ke dalam e-book, yang nantinya bersama dengan teman sekelas akan dikirimkan kepada guru agama melalui email atau dikumpulkan ke dalam folder Google Drive untuk diperiksa dan dinilai.  

Jangan khawatir soal e-book buku panduan kegiatan siswa di bulan Ramadan. Kita dapat menemukannya di laman pencarian internet. Penjelasan di bawah ini akan memaparkan cara mendownload e-book yang dimaksud.

Ada beberapa e-book dari beberapa situs web dan situs blog yang berbeda. Setelah membaca semua panduan yang diberikan di bawah, siswa-siswi dapat berdiskusi sesama mereka, atau menanyakan kepada guru, kira-kira e-book mana yang cocok untuk digunakan selama bulan puasa 2021.

Download Buku Panduan Kegiatan Siswa di Bulan Ramadan

Cara download buku panduan kegiatan siswa di bulan Ramadan berikut pada masa sebelum pandemi akan membantu siswa-siswi yang terlalu mager untuk pergi ke toko buku atau berbelanja buku panduan kegiatan siswa di bulan Ramadan secara online .

Namun, pada masa seperti sekarang, panduan ini akan sangat berguna karena e-book akan menjadi solusi atas permasalahan buku panduan Ramadan yang akan diperiksa dan menambah nilai pelajaran agama.

E-book berikut sayang sekali semuanya didesain untuk Ramadan 2020 atau 2019. Belum penulis temukan e-book khusus untuk Ramadan 2021. Meskipun demikian, lebih baik ada walaupun edisi lama, daripada tidak ada sama sekali. Tanpa perlu berlama-lama, berikut adalah cara mendownload beberapa e-book yang mungkin kalian butuhkan dan telah difilter oleh edumaster

  •  Katulis.com

Pertama, buka peramban favorit kalian, Mozilla Firefox, Google Chrome, atau yang lainnya. Kedua, salin tautan ini https://katulis.com/buku-kegiatan-ramadhan/ dan tempelkan pada address bar yang terdapat pada bagian paling atas peramban kalian.

Jika kalian tidak tahu, address bar adalah bagian peramban tempat kalian dapat menemukan tulisan “https:// “yang menunjukkan kalian sedang membuka situs apa. Setelah menempelkan tautan tersebut pada address bar, klik enter dan kalian sudah berada pada laman yang dituju.

Laman itu memiliki judul “2 Contoh Buku Kegiatan Ramadhan Untuk Siswa SD, SMP, SMA”. Pada dasarnya bagian awal laman itu menjelaskan buku Ramadan yang dapat didownload dan fitur-fitur apa saja yang dimilikinya.

contoh kegiatan siswa di bulan ramadan

Terus scroll ke bawah hingga menemukan tombol yang bertuliskan Download Buku Format PDF – Contoh 1 atau Contoh 2 untuk mendownload buku panduan kegiatan siswa di bulan Ramadan dalam bentuk PDF. Namun, dikarenakan PDF nanti akan susah untuk diutak atik, disarankan untuk mendownload yang berbentuk DOC saja karena setelah didownload, dapat lanngsung dibuka melalui Microsoft Word dan tinggal disunting saja.

Klik Download Buku Format Doc – Contoh 1 dan Contoh 2 untuk mendownload yang berbentuk DOC. Sekarang kalian sudah memiliki buku kegiatan siswa, selamat mengerjakan dan semoga ibadah di bulan Ramadan 2021 membawa berkah bagi kita semua.

  • Rukim.id

Setelah sebelumnya mendownload di Katulis.com, kalian bisa melihat-lihat buku panduan kegiatan siswa di bulan Ramadan yang lain. Kali ini pada situs web Rukim.id. Pada address bar, hapus tautan sebelumnya (tautan Katulis.com) dan tempelkan tautan ini https://rukim.id/islam/download-buku-panduan-kegiatan-siswa-ramadhan/ lalu klik enter.

Kalian sudah masuk ke laman tempat mendownload buku panduan kegiatan siswa Ramadan. Scroll sedikit ke bawah hingga menemukan tulisan “download” yang berwarna hijau dan dapat diklik. Jangan klik tulisan tersebut karena akan membawa kalian pada laman-laman iklan yang tidak perlu. Scroll lagi hingga menemukan tulisan “Link download Contoh Buku Panduan Kegiatan Siswa Selama Bulan Ramadhan 2019 (1440 H)disini—“. 

Kata “disini” adalah hyperlink yang akan membawa kalian ke Google Drive tempat kalian dapat mendownload e-book yang kalian cari. Klik kata tersebut dan kalian akan masuk ke laman https://drive.google.com/file/d/16p9VI6wfOzom9QqSUCmks_-C1XbA-Zuz/view. Kalian langsung dapat melihat seluruh bagian dari e-book yang ingin kalian download.

Geser panah kursor ke kanan atas dan klik tanda panah ke bawah untuk mendownload. Setelah itu akan muncul pop up yang menanyakan peramban kalian harus melakukan apa terhadap file itu, apakah dibuka langsung, disimpan untuk nantinya dibuka dengan pembuka PDF (Nitro atau Adobe), atau disimpan saja tanpa perlu langsung dibuka, lalu tekan ok.

  • SMP Negeri 4 Pakem

Langsung saja masuk ke peramban kalian dan letakkan tautan ini https://smpn4pakem.sch.id/wp/pengumuman/panduan-kegiatan-ramadhan-1441-h/ pada address bar, tekan enter, dan kalian sudah berada pada laman tempat mendownload e-book. Laman tersebut tidak memuat artikel atau penjelasan yang panjang panjang, sehingga kalian tidak akan bingung menemukan mana hyperlink untuk mendownload.

Tanpa perlu berlama-lama, kalian akan menemukan tulisan “silakan unduh di tautan berikut : PANDUAN RAMADHAN 1441 H “. Klik tulisan yang ditulis kapital dan bercetak tebal.

Kalian akan masuk ke laman baru beralamatkan https://smpn4pakem.sch.id/wp/wp-content/uploads/2020/04/Panduan-Ramadhan-1441-H-4-15-Mei-2020.pdf. Kalian dapat langsung melihat seperti apa buku panduan kegiatan siswa di bulan Ramadan ala SMP Negeri 4 Pakem. Jika tertarik untuk mendownload, silakan geser kursor ke kanan atas dan kalian akan menemukan tombol download dengan anak panah ke bawah berukuran kecil yang terletak di sebelah tombol ikon printer.

Alternatif

Penulis menemukan satu laman pada cariduit-dot.blogspot.com. Laman ini tidak seperti laman yang sudah disebutkan di atas. Alih-alih menyediakan tautan untuk mendownload buku kegiatan Ramadan, laman ini memberikan tutorial untuk membuat catatan kegiatan Ramadan online dengan memanfaatkan Google Formulir.

Tutorial tersebut gampang diikuti dan tentu saja memangkas keribetan yang akan terjadi apabila kalian menggunakan e-book jadi yang disediakan situs-situs di atas, yang setelah diisi, kalian harus mengumpulkannya kembali melalui email atau Google Drive. 

Sejatinya tutorial pada laman https://cariduit-dot.blogspot.com/2020/04/cara-membuat-catatan-kegiatan-ramadhan-online-siswa-sdsmpmts-sma-dengan-googleformulir.html adalah untuk guru agama sebagai alternatif selama masa pandemi. Namun, guru bisa meminta siswa, dalam hal ini ketua kelas untuk membuatkan formulir pencatatan kegiatan Ramadan dengan Google Formulir.

Nanti siswa akan mengisi formulir tersebut yang hasilnya langsung dikirimkan ke pada guru untuk dinilai. Selamat berpuasa dan menjalankan aktivitas yang positif.