Pembelajaran adaptif merupakan proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan kemajuan perangkat teknologi yang mutakhir. Sehingga didapatkan hasil pembelajaran yang lebih baik dan lebih cepat. Seperti penggunaan kecerdasan buatan ataupun algoritma komputer sebagai contohnya.

Penerapan metode pembelajaran ini memberikan harapan lebih baik terhadap dunia pendidikan dengan menyesuaikan menggunakan perangkat teknologi yang canggih terbarukan.

Metode belajar adaptif disebut juga bisa diterapkan pada pengajaran adaptif oleh guru kelas. Adapun yang jadi manfaatnya adalah mengelola pola hubungan peserta didik dalam melaksanakan pendidikan secara baik dan benar. Pendek kata, pendidikan adaptif mencoba membantu peserta didik dalam menuntut ilmu secara lancar dan maksimal.

Pembelajaran Adaptif

Pembelajaran adaptif atau adaptive learning lahir bermula dari kemunculan kecerdasan buatan sebagai inovasi teknologi masa depan.  Kecerdasan buatan mulai dikenal sejak tahun 1970. Berbagai perangkat komputer dan elektronik sudah mulai menggunakan kecerdasan buatan yang masih bersifat sederhana.

pembelajaran adaptif untuk siswa

Namun pada waktu itu bentuk komputer masih berukuran besar dan harganya masih sangat mahal. Hal tersebut membuat penggunaan komputer dalam sistem pembelajaran sangat tidak praktis.

Adapun bentuk implementasi dari belajar adaptif adalah penggunaan metode pembelajaran pada masa lalu ditambah dengan mengikuti perkembangan pada masa kini. Para ahli dalam dunia pendidikan sering mengibaratkan adaptive learning adalah pembelajaran kombinasi antara materi metode lama dengan metode yang terbaru sesuai perkembangan situasi saat ini. Termasuk metode problem based learning.

Dengan penggunaan metode pembelajaran adaptif di sekolah maka akan mempermudah peserta didik dalam memahami,mengerti dan melakukan kegiatan pembelajaran secara lebih aktif sesuai keperluan peserta didik.

Sesuai jaman yang berubah dalam dunia pendidikan membuat beberapa sekolah mulai menerapkan konsep dasar adaptive learning.  Semua pembelajaran dilakukan disesuaikan dengan perkembangan jaman terbaru yang lebih mutakhir dan sesuai kebutuhan semua pelajar. Sehingga setiap siswa dapat lebih gampang memahami atas materi pelajaran yang diberikan oleh guru di sekolah.

Bentuk pembelajaran yang dihasilkan dari metode belajar adaptif adalah bersifat akomodatif dan fleksibel.  Inilah yang merupakan bentuk kelebihan dan sistem pendidikan ideal yang selama ini dibutuhkan oleh peserta didik.

Pengertian Pembelajaran Adaptif Adalah

Secara istilah atau terminologi, pembelajaran adaptif adalah pembelajaran yang dilakukan dengan melibatkan siswa siswi sebagai subyek Pendidikan yang aktif. Peserta didik mampu melakukan kegiatan aktif yang lebih memicu peningkatan kecerdasan dalam pembelajaran.

contoh pembelajaran adaptif

Sedangkan menurut bahasa atau harfiah bahwasanya pembelajaran adaptif berasal dari dua kata yakni pembelajaran dan adaptif.  Pembelajaran adalah proses mendapatkan ilmu pengetahuan secara ilmiah. Adapun menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia bahwa adaptif adalah gampang menyesuaikan dengan lingkungan sekitar.

Dengan demikian sangat jelas bahwa adaptive learning adalah pembelajaran yang inovatif yang dilakukan dengan menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar berdasarkan perkembangan jaman seperti dalam penggunaan teknologi terbaru dan lain-lain.

Contoh Pembelajaran Adaptif

Belajar adalah sebuah proses mendewasakan diri manusia. Manusia yang asalnya tidak bisa menjadi bisa. Seorang manusia bisa berkembang melalui pendidikan yang ditempuhnya. Ada berbagai macam bentuk pendidkan. Seperti pendidikan formal, informal maupun non formal.

Semua itu mengacu pada satu tujuan yang sama dalam menciptakan manusia berkualitas dan berprilaku baik serta berwawasan cerdas. Namun semua itu tak mudah. Salah satunya dibutuhkan suatu metodologi pembelajaran yang tepat. Salah satunya pembelajaran adaptif.

Dalam dunia pendidikan di Indonesia bahwasanya model pembelajaran ini adalah suatu istilah atau hal yang tak asing lagi. Banyak tenaga pengajar profesional sekarang ini yang lebih menerapkan sistem pembelajaran ini. Hal tersebut bertujuan untuk memaksimalkan dalam pembelajaran siswa aktif di kelas.

pembelajaran adaptif untuk guru dan siswa

Mengingat perkembangan perangkat teknologi yang kian maju pesat membuat dunia pendidikan terpengaruh dampaknya. Mengenai dampak tersebut tentu dunia pendidikan harus proaktif terhadap perkembangan jaman. Sarana media pembelajaran harus mengikuti situasi keadaan jaman yang tengah berlangsung.

Adapun contoh pembelajaran adaptif adalah pembelajaran yang menyesuaikan dengan perkembangan perangkat teknologi yang canggih dan sistem kurikulum yang ditetapkan pada suatu sekolah. Untuk lebih lengkapnya  yang menjadi fokus utama dan terkait dalam pembelajaran ini yaitu teknologi pendidikan terbaru, kurikulum yang dijalankan, gaya belajar siswa dan lain sebagainya.

Metode adaptive learning banyak macam dan rupanya. Salah satu contoh pembelajaran adaptif adalah seorang guru melayani kebutuhan pendidikan pada seorang anak sesuai kebutuhannya. Karena setiap siswa tentu mempunyai kebutuhan berbeda-beda dalam aspek pendidikan. Guru harus cepat tanggap dalam melayani kebutuhan pendidikan yang terbaik bagi siswa bersangkutan.

Pembelajaran dan pendidikan adaptif adalah suatu rangkaian bagian dari proses revolusi belajar yang digemakan di seluruh dunia. Pengajaran seorang guru kepada siswa harus sesuai dengan gaya belajar dan kebutuhan siswa bersangkutan. Setiap siswa juga harus menyesuaikan dengan teknologi yang ada dalam proses belajar di sekolah dan rumah.

Selama ini di setiap sekolah umumn ya diterapkan satu metode mengajar yang berlaku untuk semua gaya belajar siswa.  Hal tersebut kurang efektif dan tidak cocok bagi setiap peserta didik. Pembelajaran adaptif mengakomodasi setiap kebutuhan siswa. Guru yang harus menyesuaikan dengan kondisi dan karakter anak. Bukan anak didik yang menyesuaikan dengan gaya mengajar guru.

Pembelajaran Adaptif Untuk Guru dan Siswa

Seiring dengan perubahan jaman yang tengah terjadi dewasa ini di belahan bumi khususnya di Indonesia dalam berbagai bidang.  Seperti bidang ekonomi, kesehatan, sosial dan lain sebagainya membuat dunia pendidikan terkena dampaknya.

Salah satu contoh saja, saat dunia khususnya Indonesia mengalami wabah pandemi Covid-19 maka seluruh sekolah dari jenjang TK, SD, SMP dan SMA hingga perguruan tinggi mengadakan pembelajaran online secara daring. Hal tersebut dilakukan sebagai respon pencegahan penyebaran virus corona agar tidak semakin meluas.

pembelajaran adaptif

Seorang guru tidak bisa memaksakan lagi untuk mengajarkan kepada peserta didik secara tatap muka langsung. Namun pemerintah pusat telah menetapkan pembelajaran di sekolah dilakukan di rumah secara online. Seorang guru harus mengikuti kebijakan pemerintah terbaru untuk menerapkan adaptive learning.

Pembelajaran adaptif untuk guru dan siswa bersifat luas yang tentunya menyesuaikan dengan perkembangan terbaru. Tanpa adanya penyesuaian diri pada lingkungan dunia pendidikan maka proses belajar di sekolah akan berlangsung kurang maksimal.  Pemerintah telah menetapkan pembelajaran di rumah secara daring pada saat wabah pandemik berlangsung.  Semua itu harus dipatuhi oleh guru sekaligus sebagai bagian dari pendidikan adaptif.

Pembelajaran Adaptif Untuk Guru

Pembelajaran adaptif yang dalam bahasa inggrisnya adaptive learning adalah sebuah metode pembelajaran yang sangat cocok diterapkan sekarang ini ditengah berbagai perubahan dalam bidang keamanan, kesehatan, keuangan dll.

Virus corona yang berasal dari Tiongkok membuat dunia seakan berubah seratus delapan puluh derajat. Setiap pemerintah di negara masing-masing menerapkan kebijakan dalam menangani wabah pandemik covid19. Salah satunya Indonesia yang menerapkan pembelajaran di rumah di masa pandemik.

Berbagai keluhan dan suka duka belajar online di rumah mewarnai proses pendidikan di Indonesia di kala pandemik. Namun seiring pandemik covid19 yang semakin turun jumlah kasusnya membuat pemerintah menerapkan kembali belajar di sekolah secara tatap muka langsung dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat sekali. Seperti dilarang berkerumun, mencuci kebersihan tangan sebelum masuk kelas dan sesudah masuk kelas, penggunaan masker dan lain sebagainya.

pembelajaran adaptif adalah

Pembelajaran daring merupakan salah satu contoh pembelajaran adaptif. Yang semua itu dijalankan berdasarkan kondisi terbaru saat ini yang sedang terjadi. Guru pun mengikuti pendidikan adaptif dengan melihat situasi di lapangan yang terjadi.

Seorang guru dapat menciptakan pembelajaran adaptif untuk guru dan siswa dengan melakukan serangkaian langkah berikut ini.

  1. Memberikan motivasi pada anak didik agar senantiasa belajar penuh semangat. Karena yang menentukan pintar dan tidaknya adalah diri mereka sendiri. Dengan menyadari atas hal ini akan membuat peserta didik bersikap mandiri dalam belajar.  Berikan pula pemahaman pada peserta didik mengenai manfaat belajar dan kerugian jika tidak belajar.
  2. Setiap anak mempunyai potensi besar

Tanamkan juga pada peserta didik bahwa setiap siswa dapat menjadi lebih pintar. Tidak ada namanya siswa yang bodoh. Semua siswa pintar asalkan mau belajar. Siswa bodoh adalah siswa yang tidak mau belajar dengan tekun.

Pembelajaran Adaptif Untuk Siswa

Ternyata bukan hanya guru kelas yang harus mengikuti sistem pembelajaran adaptif. Tapi juga siswa siswi di sekolah.  Contohnya saja siswa mengikuti materi mata pelajaran yang ada menggunakan perangkat teknologi canggih yang tersedia. Sehingga dalam pembelajaran di sekolah, setiap siswa tidak ketinggalan jaman dalam penggunaan sarana teknologi dalam pendidikan.

pembelajaran adaptif untuk pendidikan

Setiap siswa dapat belajar melalui aplikasi di ponsel pintar android. Sekarang ini sudah banyak aplikasi yang dapat dipergunakan untuk belajar secara online maupun lewat media digital. Di tengah situasi yang terus dinamis membuat model adaptive learning merupakan bentuk pembelajaran yang sangat tepat bagi guru dan peserta didik.

Seorang guru harus mengajarkan ilmu dan keterampilan tidak lagi berdasarkan pada cara konvensional. Namun guru bisa menyesuaikan dengan metode dan cara mengajar serta materi yang diberikan pada anak didik disesuaikan dengan perkembangan yang terus berubah. Hal tersebut akan membuat pendidikan di sekolah akan berlangsung efisien dan efektif.

Kesuksesan pembelajaran ini tidak bisa dijalankan oleh satu pihak. Tapi semua komponen sekolah atau civitas akademika harus bahu membahu saling bekerjasama dalam menghadirkan pendidikan adaptif. Seperti pihak guru, orangtua murid, siswa, dan pihak manajemen sekolah.

Keutamaan Pembelajaran Adaptif

Adapun yang menjadi tujuan dari pembelajaran adaptif adalah menciptakan generasi muda yang memiliki motivasi tinggi dalam menimba ilmu dan mampu bersikap mandiri dalam belajar serta berwawasan luas dan unggul.

Kunci sukses untuk bisa mencapai tujuan dalam pembelajaran yang sifatnya adaptif tersebut tentu saja berada di tangan guru. Guru harus  bisa mengetahui dan memahami karakter setiap pelajar dalam belajar. Anak jaman sekarang tidak bisa disamakan dengan anak-anak pada jaman dahulu, termasuk dalam metode dan teknik mengajarnya.

Anak didik sekarang yang menamakan diri sebagai generasi milenial mempunyai sifat yang menyukai tantangan, serba cepat, dinamis, multitasking, kreatif, cerdas serta sudah terbiasa terhadap penggunaan teknologi digital dan internet.  Namun yang menjadi kelemahan dari para pelajar milenial saat ini cenderung lebih gampang bosan.

Gadget sebagai produk teknologi digital ssaat ini menjadi sangat famililar bagi generasi milenial. Gadget adalah suatu barang elektronik yang berukuran mini yang mempunyai berbagai  kegunaan tertentu. Gadget merupakan peralatan elektronik yang mempunyai kegunaan tertentu di masing-masing perangkat. Misalkan game, ponsel android, komputer dll.

Selain manfaatnya, ada sejumlah dampak negatif gadget yang perlu diantisipasi oleh orang tua secara baik. Salah satunya dampak obesitas. Anak yang sering main gadget mengakibatkan kurang bergerak. Hingga tubuhnya menjadi gemuk yang sangat mudah terkena datangnya beberapa penyakit berbahaya seperti serangan jantung.

Setelah mengetahui bahaya gadget maupun teknologi digital pada anak usia dini, maka orang tua hendaklah waspada terhadap bahaya tersebut. Jangan sampai anak tercintanya mengalami dampak negatif dari penggunaan teknologi.

manfaat pembelajaran adaptif

Salah satu caranya adalah dengan membatasi anak menggunakan gadget pada waktu-waktu tertentu. Berikut ini cara mengatasi dampak buruk kecanduan gadget bagi anak usia dini yang bisa anda lakukan.

  1. Membatasi jam waktu bagi anak terhadap penggunaan smartphone atau gadget.
  2. Peringatkan pada anak tentang bahayanya berlebihan dalam menggunakan gadget bagi kesehatan mata dan psikis.
  3. Jika anak anda mengalami gejala kecanduan gadget sebagai dampak penggunaan gadget pada anak usia dini maka sebaiknya berkonsultasi dengan dokter.

Terkait dengan pembelajaran adaptif, peran guru memegang peranan yang sangat penting dalam pemanfaatan teknologi digital untuk pembelajaran. Termasuk untuk memastikan agar anak didik tidak cepat bosan dan mudah menyerah dalam belajar serta mengajar sesuai karakteristik belajar peserta didik.

Adaptive learning di negara barat dikenal dengan istilah adaptive learning yang mulai diterapkan pada setiap sekolah. Sekolah yang menggunakan cara pembelajaran konvensional sudah mulai ditinggalkan dan beralih ke metode baru ini. Pendidikan konvensional ataupun tradisional tidak efektif lagi dalam memajukan proses pembelajaran di sekolah.

Hal ini berbanding terbalik dengan pembelajaran adaptif yang memberikan hasil yang optimal dalam jumlah besar-besaran. Pendidikan secara adaptif memberikan sudut pandang yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Siswa atau peserta didik bukan sebagai pihak penerima pembelajaran atas segala informasi yang didapat yang umumnya bersifat pasif. Tapi juga peserta didik sebagai pihak yang aktif.