Anak

Pentingnya Menghargai Usaha Anak dan Caranya

Pentingnya menghargai usaha anak tentunya sudah tidak kita ragukan lagi. Karena ada banyak manfaat bagi tumbuh kembang anak jika orangtuanya bisa melakukan apresiasi usaha anak dengan baik. Sang anak akan merasakan kegembiraan karena orangtuanya peduli terhadapnya serta jerih payah dan usahanya mendapat perhatian.

Mengapresiasi usaha anak merupakan hal yang penting dan tidak bisa dianggap sepele. Hal tersebut berkaitan dengan aspek psikologi dan edukasi. Seseorang tentu ingin lebih dihargai dan dianggap oleh orangtuanya. Dengan memberikan penghargaan atas usaha sang anak maka anak akan terlecut semangat untuk kembali melakukan hal positif tersebut pada waktu lainnya.

Pakar psikologi terkenal bernama William James mengungkapkan bahwa setiap manusia mempunyai sifat dasar ingin kontribusinya dihargai.

Pentingnya Menghargai Usaha Anak

Memberikan apresiasi yang baik atau menghargai usaha anak dapat dimulai dari lingkungan yang terkecil. Misalkan seorang anak mampu membuat suatu karya maka orangtua bisa memujinya atau memberikan apresiasi yang baik yang akan melecut semangatnya untuk berbuat hal serupa yang lebih baik lagi.

Seringkali seorang anak membuat suatu karya yang menurut penilaian kita sangat jelek maka kita tetap bisa memberikan apresiasi yang baik. Karena umumnya karya anak-anak mempunyai kualitas yang tidak begitu baik. Hal itu mengingat usia belia mereka dan mereka masih membutuhkan bimbingan dan pengalaman. Tetaplah pujilah karya anak walaupun menurut pandangan kita sangat jelek.

Sangat berbahaya jika sang orangtua membiarkan anak tanpa menghargai usaha anak. Sang anak akan membuat ia merasa hasil karyanya seakan tidak dihargai dan merasa hasil karyanya jelek. Sebaliknya, jika orangtua memberikan penghargaan dan apresiasi dengan perkataan bahwa hasil karyanya bagus dan hebat maka sang anak akan melecut kembali semangatnya untuk membuat hasil karya lainnya.

Baca juga Melatih Kesabaran Anak Usia Dini dengan Permainan

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga riset Todaysparent menghasilkan suatu kesimpulan yang nyata. Setiap orang tua mestinya bisa memberikan suatu apresiasi yang baik bagi anak jika anak melakukan hal yang baik dan positif dalam hidupnya. Hal itulah yang justru akan meningkatkan kemampuan dan keterampilan anak di masa sekarang dan masa depan.

Manfaat Pemberian Apresiasi Yang Baik

Berikut ini beberapa manfaat dan pentingnya menghargai usaha anak atau mengapresiasi kerja anak yang perlu dilakukan para orang tua.

1.Meningkatkan Semangat Belajar

Pada saat anak sedang belajar maka orangtua bisa memberikan apresiasi padanya. Hal tersebut akan melecut semangat belajarnya. Anak merasa dihargai atas perbuatannya. Ia akan merasakan bahwa orang di sekitarnya sangat peduli padanya.

Sehingga ia akan semakin percaya diri. Lalu seberapa sering setiap orangtua bisa memberikan apresiasi baik pada anak? Berdasarkan penelitian, apresiasi yang baik diberikan sewajarnya. Jangan terlalu berlebihan. Berikan apresiasi pada anak agar anak menjadi senang dan lebih giat lagi belajar.

2.Meningkatkan Keterampilan dan Kreativitas Anak

Manfaat dan pentingnya menghargai usaha anak akan meningkatkan rasa percaya dirinya. Yang pada ujungnya meningkat pula dalam segi kreatifitas dan keterampilannya. Ia akan berusaha terus meningkatkan keterampilannya untuk mendapatkan pujian dan hal positif dari lingkungan sekitarnya.

Melihat begitu pentingnya sebuah penghargaan atas usaha anak maka orang tua bisa memberikannya pada saat yang tepat. Setiap orang tua tidak boleh menyepelekan hal ini. Jika ia membiarkan anak tanpa pemberian apresiasi yang baik dan pujian yang baik maka anak akan merasakan tidak ada perbedaan antara ia berbuat baik dan tidak.

3.Menghilangkan Stres

Manfaat lain dari menghargai usaha anak adalah menghilangkan rasa stres pada diri anak dan meningkatkan rasa senang anak. Dengan demikian, sang anak akan terlihat gembira dan bahagia dengan pemberian apresiasi orangtua pada dirinya.

4.Mendorong Anak Lebih Mandiri

Manfaat yang paling nyata dari kegiatan mengapresiasi perbuatan anak yang baik adalah dapat membantu menciptakan anak yang mandiri. Sang anak akan merasa dihargai hasil karyanya disebut karya yang bagus hingga ia terlecut semangatnya untuk mencoba melakukan segala sesuatu secara mandiri lagi. Beberapa pakar memberikan bentuk apresiasi bisa berupa hadiah atau pujian yang paling umum.

Cara Menghargai Usaha Anak Usia Dini

Banyak hal yang diharapkan oleh orangtua pada anaknya. Salah satunya adalah memperoleh nilai yang bagus di sekolah atau menempati peringkat pertama di kelas. Kalau anak masih dalam usia dini maka yang orangtua harapkan adalah anaknya bisa lebih pintar, cerdas dan mandiri. Hal tersebut akan membuat bangga orangtua. Lalu bagaimana cara menciptakan anak seperti itu?

Baca juga Menghadapi Anak Membantah dan Cara Mendidiknya

Berbagai upaya dilakukan oleh orangtua agar anaknya bisa memperoleh nilai yang baik di sekolah. Misalkan melakukan belajar di rumah secara intens. Ada lagi orangtua yang memberi anak hadiah jika anaknya mau belajar. Hadiah akan ditambahkan lagi jika sang anak dapat memberikan nilai-nilai ujian yang bagus dan menempati ranking pertama di sekolah.

Pemberian hadiah bagi sang anak atas prestasi yang diraihnya merupakan hal yang wajar. Itu sebagai bentuk apresiasi atau upaya menghargai usaha anak dari orangtuanya. Hal pentingnya menghargai usaha anak juga dapat membuat anak senang dan ia merasa diperhatikan oleh lingkungan sekitar. Pemberian apresiasi pada anak usia dini bukanlah atas hasilnya. Yang paling baik adalah atas upayanya.

Jika sang anak mendapatkan nilai yang kurang memuaskan di sekolah namun sudah belajar dengan tekun dan baik maka orangtua tidak bisa memarahinya. Sang anak harus tetap diberikan apresiasi positif. Yang penting bukan akhir melainkan proses.

Orangtua yang bijak tak diperkenankan untuk memaksa sang anak senantiasa memperoleh nilai ujian yang terbaik. Yang penting jadi tuntutan adalah sang anak untuk selalu belajar supaya dapat menjawab semua soal ujian dengan baik. Apapun hasilnya berikanlah dukungan dan apresiasi yang positif bagi anak.

Jenis-Jenis Penghargaan Bagi Anak

Pihak yang sangat berperan dalam mendidik dan menumbuh kembangkan anak adalah pihak sekolah dan orangtua. Pada umumnya pihak sekolah memahami mengenai pentingnya menghargai usaha anak atau siswa. Hal tersebut bisa mendorong semangat anak atau murid untuk belajar lebih giat lagi.  Contoh penghargaan di sekolah bagi seorang anak adalah dengan memberikan nilai yang baik bagi anak atau siswa yang dapat menjawab soal dengan baik.

Peranan orangtua bukan hanya sekedar mendidik anak. Tapi juga mengawasi perkembangan anak dengan baik. Orangtua bisa mengawasi perkembangan anak dalam soal semangat belajar dan karakter kebiasaan sehari-hari. Tugas setiap orangtua untuk mengarahkan anaknya agar mempunyai semangat belajar yang tinggi dan mempunyai karakter atau kebiasaan-kebiasaan yang baik.

Untuk mendidik anak usia dini mempunyai karakter yang baik dalam kehidupan sehari-hari maka setiap orangtua memiliki cara yang berbeda-beda. Namun pada umumnya cara yang biasanya dilakukan oleh orang tua adalah memarahi atau menegur jika sang anak melakukan perbuatan yang salah. Beberapa cara lainnya adalah dengan memberikan suri teladan yang baik dan memberikan penghargaan atau apresiasi atas usahanya.

Ada banyak cara menghargai usaha anak usia dini. Berikut ini jenis-jenis penghargaan atau apresiasi yang bisa diberikan oleh setiap orangtua pada anak atas usahanya yang baik, antara lain:

  1. Pujian yang membangkitkan semangat
  2. Perhatian
  3. Materi hadiah yang tanpa dijanjikan. Pentingnya menghargai usaha anak dapat dilakukan dengan memberikan hadiah materi secara kecil-kecilan. Akan sangat ketergantungan jika sang anak dijanjikan diberikan hadiah atas suatu perbuatan yang dilakukannya.

Contoh Ungkapan Apresiasi Pada Usaha Anak

Setelah mengetahui betapa pentingnya apresiasi atau menghargai usaha anak dan beberapa jenis penghargaan yang dapat diberikan kepadanya maka selanjutnya adalah membahas pada tataran praktis yakni bentuk contoh ungkapan sederhana apresiasi pada prestasi anak.

Baca juga Phobia Pada Anak, Jenis, Pemicu, dan Cara Mengatasinya

Seorang anak memerlukan perhatian dan bukan hanya anak saja. Tapi orang dewasa juga memerlukan perhatian. Bagi anak tentu saja memerlukan perhatian dari orangtuanya. Jika mereka tidak mendapatkan perhatian dari orangtuanya maka akan ada beberapa sikap dan tindakan yang akan membuatnya dapat perhatian bisa baik atau buruk.

Pada waktu anak anda melakukan sesuatu hal yang baik dan positif maka saat itu merupakan waktu yang tepat untuk memberikan apresiasi atau penghargaan atas tindakan baiknya tersebut. Hal ini akan memacu sang anak lebih bisa tampil percaya diri, mandiri, dan rasa peduli kepada lingkungan sekitar dan menghilangkan stres pada anak.

Beberapa orang mungkin saja memberikan perhatian atau apresiasi pada anaknya dengan memberikan barang yang mahal. Namun bentuk apresiasi bukan hanya itu dan bukan hanya dinilai dari segi materi. cara menghargai usaha anak usia dini ataupun bentuk apresiasi bisa dalam beragam wujud lainnya, seperti:

  1. Apresiasi secara fisik dalam bentuk sentuhan. Seperti kecupan ataupun pelukan
  2. Pujian
  3. Menemani anak belajar
  4. Meluangkan waktu bersama anak tercinta. Hal itu merupakan bagian dari manfaat menghargai usaha dan kerja keras anak.

Ada banyak alasan begitu pentingnya menghargai usaha anak yang perlu mendapat perhatian dari para orangtua. Untuk cara menghargai usaha anak usia dini pun tak harus dengan hadiah, melainkan bisa dengan hal yang ringan. Namun penghargaan inilah yang akan membekas dalam hati anak.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Penemu Jam: Sejarah dan Perkembangannya

Tampaknya aneh untuk berpikir bahwa penemu jam adalah orang yang jarang dipikirkan orang, namun ada…

2 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Jerman: Kenapa Penting, Tahapan Awal, dan Metode Belajar yang Cocok

Kenapa Belajar Bahasa Jerman? Dengan belajar Bahasa Jerman merupakan salah satu bahasa yang paling berpengaruh…

8 jam ago

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

1 hari ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

1 hari ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

1 hari ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

2 hari ago