Pentingnya pembelajaran IPA di SD perlu dipahami para siswa maupun orang tua. Ada banyak manfaat mempelajari IPA sejak dini. Selain agar lebih memahami tentang diri sendiri, disiplin ilmu ini juga dapat memberikan pedoman bagi anak dalam menyikapi fenomena kehidupan dan alam sekitar secara bijak dan ilmiah.

Sesuai namanya, IPA adalah ilmu pengetahuan alam yakni sebuah ilmu yang  mempelajari segala sesuatu yang berkaitan dengan alam.  Sehinggga siswa-siswi sekolah dasar dapat memahami alam di sekitarnya. Mulai dari binatang, tumbuhan, tubuh kita sebagai manusia, tanah atau bumi, langit, bintang di langit, dan sebagainya.

Materi mata pelajaran IPA untuk sekolah dasar masih bersifat tahap pengenalan yang bersifat sederhana. Dengan memahami lingkungan alam sekitar dan dirinya sendiri maka siswa SD diharapkan dapat berlaku bijak dalam menghadapi fenomena alam atau apa saja yang ada di sekitarnya.

manfaat pelajaran ipa di sd

IPA termasuk mata pelajaran yang akan diajarkan dari sejak sekolah dasar sampai SMA. Pada jenjang SMA, siswa akan diberikan beberapa pilihan jurusan yakni jurusan IPS, jurusan bahasa, maupun jurusan IPA. Pada ujian nasional (UN), IPA juga ikut sebagai mata pelajaran yang diujikan selain matematika, bahasa Indonesia dan IPS.

Betapa pentingnya pembelajaran IPA di SD karena akan memberikan wawasan pengetahuan alam kepada para siswa. Mereka juga dapat dirangsang untuk melakukan pengamatan maupun riset terhadap apa saja yang ada di alam sekitar secara ilmiah, logis dan terencana.

Baca juga Pengetahuan Dasar Geografi dan Rangkumannya

Salah satu materi IPA SD yang diajarkan saat awal masuk sekolah adalah tentang organ-organ tubuh manusia. Sang guru biasanya memberikan penjelasan tentang organ-organ yang terdapat dalam tubuh manusia berikut sifat, kegunaan dan fungsinya. Untuk memudahkan siswa dalam pengajaran materi ini biasanya guru menggambarkannya dengan patung yang berisi sampel contoh organ tubuh manusia.

Pentingnya Pembelajaran IPA di SD

Pembelajaran IPA di SD lebih mudah ketimbang pelajaran materi IPA di SMP. Karena hal itu sesuai dengan jenjang umur dan pendidikan. Banyak orang bertanya-tanya mengapa mata pelajaran IPA sudah diajarkan sejak bangku sekolah dasar? Hal tersebut berdasarkan manfaat dan pentingnya mata pelajaran IPA untuk siswa sekolah dasar.

tujuan pembelajaran ipa di sd

Berikut ini beberapa alasan pentingnya pembelajaran IPA di SD, antara lain :

  1. Memunculkan rasa penasaran siswa SD untuk mengetahui lebih lengkap dan lebih dalam tentang alam dan lingkungannya.
  2. Meningkatnya kesadaran siswa-siswi sekolah dasar dalam menjaga alam dan lingkungan secara baik.Dalam hal ini mata pelajaran IPA di semester pertama akan menimbulkan rasa peduli dan cinta siswa pada alam.Siswa akan diajarkan tentang pentingnya menjaga lingkungan alam dan sekitarnya dan diperkenalkan dengan berbagai objek alam yang bersangkut paut. Alam buatan dan alam alami ini dibuat untuk kepentingan manusia dan manusia hendaknya menjaga alam agar tetap seimbang.
  3. Dapat mencarikan solusi atas masalah yang terjadi di sekitarnya tentang alam. Dengan mengenalkan ilmu pengetahuan alam pada siswa sejak sekolah dasar maka siswa akan terbantu untuk memahami alam dengan baik. Segala sesuatu akan dilihat secara objektif dan ilmiah.
  4. Pengetahuan alam yang diperoleh siswa sekolah dasar akan memacu siswa-siswi tersebut untuk mempraktekannnya dalam kehidupan nyata. Ilmu pengetahuan alam bukan hanya hafalan tapi sebuah praktek yang harus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari manusia. Dengan mengenalkan pembelajaran IPA di sekolah dasar maka akan meningkatkan rasa ingin tahu siswa terhadap objek alam atau terhadap bidang keilmuan IPA lainnya sampai tingkat universitas.

Tujuan Pembelajaran IPA di SD

Mata pelajaran IPA yang diberikan pada siswa SD memuat berbagai materi. Ini mencakup kumpulan konsep dan fakta serta prinsip-prinsip umum tentang alam yang mesti dipahami oleh para murid.

tujuan pembelajaran ipa di sd

Untuk memahami pentingnya pembelajaran IPA di SD, siswa tidak hanya dituntut untuk menghafalnya tapi lebih dari itu juga perlu membuktikannnya sendiri. Termasuk dengan melakukan pengamatan dan penelitian untuk menemukan fakta-fakta alam secara objektif.

Baca juga Cara Mengajarkan Anak SD Matematika

Adapun yang menjadi tujuan pembelajaran IPA di SD ataupun MI meliputi:

  1. Untuk meningkatkan rasa cinta anak pada ilmu pengetahuan alam sehingga siswa dapat terus mempelajari dan bereksplorasi terhadap disiplin ilmu IPA hingga tingkat perguruan tinggi.
  2. Meningkatkan rasa tahu anak. Dengan hadirnya mata pelajaran IPA di SD akan membangkitkan siswa SD untuk terus meneliti dan mencari penemuan-penemuan baru tentang alam. Penyelidikan tentang alam dilakukan secara terus menerus secara menyenangkan dan ilmiah yang mampu berkontribusi besar bagi ilmu pengetahuan alam terbaru.
  3. Tujuan pembelajaran IPA di SD juga agar siswa memahami lingkungan alam dan sekitarnya. Sehingga dapat bijak dan berlaku positif dalam memperlakukan alam  yang mencakup masyarakat, teknologi dan sains.
  4. Masalah-masalah alam seringkali ditemukan oleh manusia. Pentingnya pembelajaran IPA di SD ini akan merangsang siswa agar dapat memecahkan masalah atas kejadian alam yang ada di sekelilingnya. Keputusan siswa dapat membuat sebuah keputusan tepat dalam menghadapi fenomena alam yang sedang di hadapinya.
  5. Setiap siswa akan tersadar akan ilmu pengetahuan alam (IPA) sangat penting dipelajari bukan hanya selama di sekolah tapi juga dalam kehidupannnya sehari-hari. Teori, konsep dan prinsip IPA sangat berguna dalam menunjang berbagai kegiatan manusia. Berbagai kegiatan dan aktivitas manusia dalam kehidupan nyata tidak bisa lepas dari teori IPA.

Itulah sejumlah tujuan pembelajaran IPA di SD. Sehingga dengan tujuan itu yang menjadi target guru IPA dalam mengajarkan dan mendidik pada siswa yang masih duduk di bangku sekolah dasar.

pentingnya pembelajaran ipa di sd

Namun berdasarkan pengalaman penulis, tujuan pembelaran IPA di SD mampu membuat siswa menyadari pentingnya menjaga kelestarian alam dan merawat bumi dengan baik sehingga tidak rusak dan mengganggu  habitat asli alam lainnya.

Manfaat Pelajaran IPA di SD

Segala sesuatu mata pelajaran yang diajarkan di sekolah dasar pastinya mempunyai manfaat masing-masing. Begitu juga pentingnya pembelajaran IPA di SD. Misalkan ilmu pelajaran matematika yang bermanfaat bagi siswa-siswi untuk bisa berhitung dengan baik dan benar.

Lihat juga Soft Skill Untuk Anak SD, Orang Tua Wajib Tahu!

Ada juga mata pelajaran bahasa Indonesia bagi SD yang berguna untuk bisa berbicara dan menulis bahasa Indonesia secara baik dan benar. Begitu pula dalam pengajaran mata pelajaran IPA mempunyai banyak manfaatnya.

pentingnya pembelajaran ipa di sd

Berikut ini manfaat pelajaran IPA di SD atau MI yang sebaiknya orang tua pahami.

  1. Siswa dapat memahami  semua benda-benda yang ada di dunia ini beserta kegunaan dan sifatnya. Untuk benda dan materi tersebut mencakup banda padat, benda cair, dan gas. Selain itu, siswa dapat memahami  semua anatomi makhluk hidup yang ada di muka bumi yang mencakup tumbuhan, binatang dan manusia.
  2. Pentingnya pembelajaran IPA di SD juga agar siswa bisa mengetahui dan memahami berbagai macam energi yang terdapat di bumi. Seperti energi cahaya, energi listrik, energi magnet, energi panas, bunyi, dan gaya serta dapat menerapkannya dalam kegiatan sehari-hari.
  3. Manfaat pelajaran IPA di SD juga agar siswa dapat mengetahui kondisi dan struktur alam semesta yang sangat luas. Baik tentang tata surya, bumi dan tanah serta bintang dan objek di langit seperti planet dan nama-nama planet.
  4. Siswa-siswi sekolah dasar (SD) juga akan diberikan pemahaman yang baik dan benar terhadap konsep, prinsip, kaidah,  dan teori IPA yang sangat mendasar dan umum beserta tokoh-tokoh pencetusnya.

Dengan demikian manfaat pelajaran IPA di SD sangat besar terutama dalam menumbuhkan minat siswa dalam mempelajari pengetahuan alam yang  ditemui sehari-hari. Sehingga siswa dapat mengetahui tentang dirinya dan lingkungannya maupun hubungan dirinya dengan lingkungan alamnya.

Semua ini dapat membuat siswa tersadarkan akan besarnya kekuasaan, keagungan Allah SWT dengan melihat dan memperhatikan ciptaan Tuhan yang merupakan bagian dari pentingnya pembelajaran IPA di SD.