Umum

Perbedaan D4 dan S1, serta Prospek Kerjanya

Apa sih perbedaan D4 dan S1, dan bagaimana pula prospek kerja para lulusannya? Dalam melanjutkan kuliah, anda harus mengambil program studi berdasarkan kebutuhan dan minat serta keinginan sendiri. Mengingat ada banyak ragam program studi di perguruan tinggi. Jika anda berkeinginan untuk kuliah dan harus memilih program studi S1 atau D4 maka manakah yang anda mau ambil?

Istilah dalam perkuliahan program studi di perguruan tinggi sangat banyak. Seperti dari program diploma 4 atau D4 dan S1. Namun sayangnya masih banyak pelajar yang belum mengetahui satu persatu program studi di universitas swasta maupun negeri..

Memilih melanjutkan kuliah ke pendidikan tinggi merupakan sebagian pilihan lulusan SMA atau SMK serta MA  sederajat. Kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta tentu sangat baik bagi perkembangan pendidikan dan karir seseorang di masa depan. Dengan menempuh pendidikan tinggi, anda akan belajar untuk berpikir secara sistematis dan logis berdasarkan kompetensi atas sebuah disiplin ilmu yang dikuasainya.

Kuliah di perguruan tinggi merupakan cita-cita sebagian pelajar di Indonesia. Dengan kuliah kemampuan berpikir dan wawasan akan bertambah baik. Beberapa program studi dan jenjang di perguruan tinggi tersedia dengan kelebihan masing-masing. Para pelajar dapat memilihnya berdasarkan minat dan kebutuhan. Misalkan jenjang pendidikan tinggi D3, D4, S1, S2 dan S3.

Dari berbagai jenjang program studi yang ada, program S1 dan D4 termasuk yang populer. Persamaan dan perbedaan D4 dan S1 menjadi pertanyaan banyak orang. Hal ini karena kedua istilah itu tampak sama terkait durasi kuliahnya. Padahal keduanya sangat berbeda.

Jenjang pendidikan di perguruan tinggi yang paling populer dan banyak dipilih orang adalah S1 dan D4. Namun masih banyaknya pelajar SMA atau sederajat yang belum mengetahui perbedaan S1 dan D4  membuat seorang pelajar bisa ragu-ragu dalam mengambil jurusan dan jenjang pendidikan yang terbaik baginya. Bahkan bisa mengakibatkan salah dalam mengambil jenjang pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan, bakat, minat dan kepribadiannya.

Perbedaan D4 dan S1

Banyaknya pelajar di Indonesia yang belum mengetahui perbedaan antara D4 Sarjana Terapan dengan program Sarjana Strata 1 (S1) tentu akan membuat pelajar tersebut kesulitan melakukan perencanaan terhadap pendidikan tingginya. Sebagian besar menganggap antara D4 sama dengan S1 yang sama-sama mendapatkan gelar sarjana dan harus melalui studi pendidikan tinggi sampai 4 tahun.

Untuk mengetahui perbedaan antara D4 dan S1 maka dapat disimak lebih dulu penjelasan tentang pengertian sarjana terapan D4. D4 atau Diploma 4 disebut juga sarjana terapan diploma yang dinyatakan setara dengan S1. D4 dinyatakan setara dengan S1 disebabkan mempunyai beban pendidikan yang hampir sama dengan S1.  Sedangkan untuk perbedaannya sangat banyak.

Secara umum ada beberapa perbedaan D4 dan S1 yang sebaiknya Anda tahu, yaitu meliputi:

1.Bobot Keilmuan

Untuk jenjang pendidikan D4 menerapkan bobot keilmuan praktek sebesar 70 persen dan 30 persen untuk bobot keilmuan teori. Hal tersebut berbanding terbalik dengan jenjang pendidikan S1 yang menerapkan bobot keilmuan teori sebesar 70 persen dan bobot keilmuan praktek sebesar 30 persen.

Dari perbedaan yang jelas antara D4 dan S1 berdasarkan bobot keilmuan maka dapat diketahui bahwa jenjang pendidikan D4 adalah orang lapangan atau praktikum atau orang yang lebih banyak menguasai praktek di lapangan.

Sedangkan lulusan S1 adalah kalangan teoritis karena pemberian porsi kelimuan praktek hanya 30 persen. Yang paling besar bobot keilmuan teori sebesar 70 persen.

2.Orientasi Lulusan

Perbedaan D4 dan S1 juga bisa dilihat dari orientasi setelah lulus kuliah. D4 atau Diploma 4 atau sarjana terapan diorientasikan untuk menjadi lulusan siap kerja yang pandai, terampil dan kompeten sesuai dengan disiplin ilmu dan dapat diterapkan pada dunia kerja atau dunia industri yang terbaru.

Kalau diibaratkan dalam jenjang pendidikan sekolah menengah atas maka D4 adalah SMK yang lulusannya sudah terampil dan disiapkan dalam kerja di lingkungan dunia industri dan dunia kerja.  Sedangkan S1 adalah SMA yang dipersiapkan untuk menguasai suatu disiplin ilmu berdasarkan pemahaman teoritis dengan sedikit praktikum.

Prospek Kerja Lulusan D4

Salah satu hal yang paling utama menjadi bahan pertimbangan bagi seseorang dalam mengambil jenjang pendidikan D4 adalah dengan melihat prospek kerjanya. Lantas bagaimana prospek kerja lulusan D4?

Peluang kerja bagi lulusan D4 sangat menjanjikan pada beberapa bidang pekerjaan dan profesi yang masih belum ada S1-nya. Contohnya jurusan kuliah bidang kesehatan seperti perawat, kebidanan, dll. Perawat dan bidan merupakan profesi menjanjikan yang selalu dicari orang.

Sedangkan bagi lulusan D4 yang mengambil program studi yang terdapat S1nya akan kurang bagus prospek kerjanya. Seperti jurusan keguruan. Namun itu semua kembali kepada kemampuan dan skill lulusan tersebut. Lulusan D4 yang mempunyai skill yang baik dan dibutuhkan orang akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi ketimbang lulusan S1 tanpa skill.

Banyak pelajar sebelum mengambil jenjang pendidikan D4 bertanya-tanya dulu “Apakah lulusan D4 susah cari kerja?” Karena hal tersebut berdasar penglihatan mereka terhadap lulusan D4 yang kesulitan untuk mendapatkan kerja.

Lulusan D4 susah mendapatkan kerja hanya berlaku bagi mereka yang tidak mempunyai skill tertentu yang mumpuni yang dibutuhkan dunia industri. Karena lowongan kerja bagi lulusan D4 tersedia banyak di lingkungan instansi pemerintah maupun swasta.

Penentuan jurusan kuliah yang dipilih pada jenjang pendidikan D4 ikut menentukan mudah tidaknya lulusan D4 mendapatkan kerja. Prospek kerja lulusan D4 juga menjanjikan karena banyak dibutuhkan dan dicari di dunia kerja dan dunia industri. Inilah yang membuat lulusan D4 mudah mendapatkan pekerjaan berdasarkan disiplin ilmu yang dikuasainya di bangku kuliah.

Apakah D4 Bisa Lanjut S2?

Pertanyaan yang umum dilontarkan orang terkait perbedaan D4 dan S1 adalah apakah D4 bisa lanjut S2 sama halnya S1? Ternyata bisa. Lulusan D4 bisa melanjutkan ke jenjang S2 sama halnya jenjang pendidikan strata satu atau S1. Hal tersebut menjadi kelebihan tersendiri dari D4 sebab jenjang pendidikan D4 setara dengan S1.

Bahkan bolehnya lulusan D4 atau sarjana sains terapan melanjutkan kuliah di tingkat S2 bukan hanya berlaku di perguruan tinggi negeri dan swasta secara nasional. Tapi beberapa perguruan tinggi di luar negeri juga menerima bagi lulusan D4 di Indonesia yang mau melanjutkan kuliah S2 di luar negeri.

Berikut ini beberapa negara yang mempunyai perguruan tinggi terbaik di luar negeri yang menerima lulusan D4 melanjutkan kuliah S2, antara lain: perguruan tinggi di benua Eropa, Amerika Serikat, Inggris, dan universitas di Australia.

Dengan demikian bagi anda yang memilih program studi D4 tidak perlu risau dan khawatir terhadap masa depan jenjang pendidikan di masa depan. Anda bisa melanjutkan kuliah ke S2 di Indonesia dan luar negeri. Untuk lulusan D4 bisa mengambil S2 pasca sarjana terapan ataupun pasca sarjana umum.

D4 Setara Dengan S1

D4 atau Sarjana Terapan atau Diploma 4 setara dengan S1 yang sama-sama mendapatkan gelar sarjana pasca lulus dan harus menempuh masa pendidikan tinggi hingga empat tahun.

Yang menjadi letak perbedaan D4 dan S1 adalah dari segi skill atau kemampuan yang dimilikinya.  D4 dalam sistem pembelajaran lebih banyak kepada sistem pembelajaran praktik. Hal tersebut terkait dengan orientasi kerja pasca lulus kuliah.

D4 ke S1 Berapa Tahun

D4 ke S1 berapa tahun? Pada dasarnya lulusan D4 setara dengan S1 sehingga tidak perlu lagi melanjutkan kuliah lagi untuk mendapatkan gelar S1. Seperti lulusan D1, D2 atau D3 yang memerlukan waktu kuliah beberapa tahun untuk bisa kuliah ke S1. Namun untuk D4 tidak usah lagi kuliah karena kesetaraan jenjang pendidikan dengan S1.

Terkait pertanyaan apakah D4 bisa lanjut S2, memang lebih baik lulusan D4 bisa langsung mengambil jenjang pendidikan S2 atau magister yang lebih tinggi tanpa harus melalui jenjang S1. Karena sudah ada ketentuan bahwa D4 sama dengan jenjang pendidikan S1, sehingga tidak perlu bertanya D4 ke S1 berapa tahun.

Yang menjadi letak perbedaan D4 dan S1 hanya dari segi metode pembelajaran. Jenjang pendidikan D4 lebih banyak porsi pembelajaran praktikum ketimbang teori. Sedangkan S1 lebih banyak pembelajaran teori ketimbang praktek.

Yusuf C

Recent Posts

Mempelajari Hewan Avertebrata: Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Sistem Produksi, dan Contohnya

Hewan Avertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang yang mendominasi kehidupan di Bumi.…

20 menit ago

Penjelasan Lengkap Kalimat Intransitif: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh

Apakah Anda pernah merasa bingung saat menemui kalimat intransitif dalam bahasa Indonesia? Banyak orang mengalami…

1 hari ago

Penjelasan Lengkap Mengenai Kalimat Transitif: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contohnya

Anda pernah merasa bingung dengan konsep kalimat transitif? Kalimat transitif yang merupakan pondasi penting dalam…

2 hari ago

Mengenal Organ Gerak Hewan: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Contohnya

Organ gerak hewan merupakan struktur vital yang memungkinkan mereka bergerak dengan grasi dan efisiensi. Namun,…

3 hari ago

Mengenal Organ Gerak Manusia: Pengertian, Fungsi, Kelainan, Gangguan, dan Contohnya

Masalahnya, organ gerak manusia seringkali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari betapa pentingnya peran…

4 hari ago

Pentingnya Memahami Morfologi dan Semantik dalam Berbahasa

Morfologi dan semantik merupakan dua pilar penting dalam memahami bahasa, bagaikan dua sisi mata uang…

5 hari ago