Apa sih perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri? Mereka yang telah lulus SMA atau SMK dan hendak meneruskan pendidikannya tentunya harus menentukan jenis perguruan tinggi yang hendak dimasukinya. Apakah ingin memilih PTN atau PTS?

Selama ini dua jenis perguruan tinggi yakni perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Ada perbedaan nyata antara perguruan tinggi negeri dengan swasta yang perlu anda ketahui. Supaya anda dapat memilih jenis kampus yang tepat dan sesuai dengan gaya belajar dan cita-cita anda.

Saat ini masih ada saja lulusan sekolah yang belum mengetahui perbedaan jelas antara perguruan tinggi negeri dan swasta. Hal ini membuat banyak lulusan sekolah SMA yang salah dalam memilih kampus.

Banyaknya lulusan sekolah yang merasa salah dalam memilih jenis perguruan tinggi tempatnya menimba ilmu adalah satu kesalahan besar yang merugikan waktu dan biaya. Semua itu sebenarnya dapat dihindari dengan terlebih dahulu mengetahui perbedaan kedua jenis perguruan tinggi ini agar anda tak salah dalam memilih pendidikan tinggi yang terbaik bagi anda.

Perbedaan Perguruan Tinggi Swasta dan Perguruan Tinggi Negeri

Sebenarnya antara perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Begitu juga jika Anda memilih kuliah di luar negeri. Sehingga tidak bisa dikatakan PTN selalu lebih baik dari perguruan tinggi swasta.

apa keuntungan kuliah di perguruan tinggi swasta

Untuk lebih jelas dan lengkapnya, berikut ini beberapa  perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri secara mendasar.

1.Lahan

Yang menjadi perbedaan jelas  antara kampus negeri dan swasta dapat dilihat dari luas lahan. Perguruan tinggi negeri umumnya mempunyai lahan yang sangat luas beserta bangunannya yang juga luas. Sedangkan lahannya adalah milik pemerintah yang biasanya berukuran luas.

Sedangkan perguruan tinggi swasta umumnya memiliki lahan yang tidak terlalu luas. Lahan dan bangunan milik swasta sangat terbatas. Apalagi bagi mereka yang berada di pusat kota. Tidak mudah bagi perguruan tinggi swasta untuk memperluas lahan dan bangunannya karena memerlukan biaya yang mahal dengan status milik swasta.

Walaupun luas lahan terbatas, semua perguruan tinggi swasta berupaya memberikan fasilitas terbaik dan lebih lengkap untuk mahasiswanya. Seperti menyediakan ruangan perpustakaan, mushola yang nyaman, UKM, ruang laboratorium, dll. Tak ayal dari segi fasilitas, banyak perguruan tinggi swasta yang memberikan layanan dan fasilitas yang lebih baik ketimbang perguruan tinggi negeri.

2.Biaya Kuliah

Perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri lainnya adalah dari segi biaya kuliah. Apakah biaya kuliah di kampus swasta mahal? Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri lebih murah atau lebih terjangkau. Biasanya per semester biaya kuliah di perguruan tinggi negeri sebesar ratusan ribu rupiah. Sedangkan biaya kuliah di perguruan tinggi swasta bisa mencapai jutaan rupiah per semester.

Namun semua ini tidak menjadi patokan. Karena saat ini banyak perguruan tinggi swasta yang juga memberikan biaya kuliah dengan harga yang lebih terjangkau. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas beasiswa di dalam kampus maupun luar kampus yang bisa meringankan biaya kuliah di perguruan tinggi negeri dan swasta tanpa pandang bulu.

3.Jumlah Dosen

Perguruan tinggi negeri umumnya memiliki jumlah dosen yang lebih banyak ketimbang jumlah dosen di perguruan tinggi swasta. Jumlah dosen pun kebanyakan sudah berstatus sebagai PNS. Sedangkan dosen di perguruan tinggi swasta belum berstatus PNS. Mereka hanya praktisi dalam keahliannya masing-masing.

keuntungan kuliah di perguruan tinggi negeri

4.Pemberian Gelar

Perguruan tinggi swasta dapat memberikan dua gelar kepada mahasiswa yang mengambil program dual degree. Seperti mahasiswa yang mengambil kuliah jurusan Hukum dan Hukum Islam. Selepas lulus, mereka berhak mendapatkan gelar SH dan SHI. Sedangkan di lingkungan perguruan tinggi negeri tidak mengenal istilah pemberian dua gelar yang berbeda secara sekaligus.

5.Pekerjaan

Selain itu perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri adalah pada lulusannya yang umumnya lebih mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Apalagi jurusan kuliah yang dipilih adalah orientasi kerja. Sebelum lulus kuliah, banyak mahasiswa di perguruan tinggi swasta yang memilih kuliah sambil bekerja di perusahaan swasta.

Apa Keuntungan Kuliah di Perguruan Tinggi Swasta

Tahukah Anda apa keuntungan kuliah di perguruan tinggi swasta? Berikut ini kelebihan kuliah di PTS yang sebaiknya Anda tahu.

1.Fasilitas Lebih Lengkap

Keuntungan bagi anda untuk memilih kuliah di perguruan tinggi swasta adalah anda akan mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap dan modern. Karena perguruan tinggi swasta dikelola oleh para pengurus yang profesional yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas mutu dan layanan sehingga bisa mendatangkan lebih banyak mahasiswa ke kampus tersebut.

2.Proses Masuk yang Lebih Mudah

Yang menjadi keuntungan berikutnya bagi anda memilih kuliah di perguruan tinggi swasta adalah proses pendaftaran masuk yang mudah tidak seketat pendaftaran kuliah di perguruan tinggi negeri.  Kemudian jadwal waktu pendaftaran mahahasiswa baru di PTS  juga lebih panjang ketimbang jadwal pendaftaran masuk di PTN.

3.Lebih Gampang Diterima

Kuliah di perguruan tinggi swasta peluang diterimanya lebih besar ketimbang memilih kuliah di perguruan tinggi negeri yang harus melewati serangkaian tes masuk secara nasional dan serempak. Sangat jarang terdengar ada sebuah perguruan tinggi swasta menolak mahasiswa baru untuk kuliah di kampus swasta.

4.Beasiswa yang Beragam

Apa keuntungan kuliah di perguruan tinggi swasta lainnya? Kelebihan lainnya adalah keluasan untuk mendapatkan beasiswa di dalam lingkungan internal kampus maupun luar kampus.

apakah biaya kuliah di kampus swasta mahal

Anda bisa mendapatkan beasiswa dari pemerintah seperti Bidikmisi ataupun bantuan beasiswa dari kalangan pihak perusahaan swasta maupun perorangan. Beasiswa yang disediakan berbagai macam kategori peruntukannya. Ada beasiswa untuk kalangan mahasiswa miskin dan berprestasi.

5.Teman yang Lebih Luas

Anda yang memilih kuliah di universitas swasta maka anda bisa mengikuti berbagai unit kegiatan mahasiswa di kampus secara lebih leluasa. Teman yang anda kenal kelak akan semakin luas bukan hanya satu minat tapi juga dari berbagai daerah di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke hingga teman dari berbagai mancanegara.

Apa Keuntungan Kuliah Di Perguruan Tinggi Negeri

Setelah menjelaskan tentang apa saja keuntungan kuliah di perguruan tinggi swasta maka berikutnya penulis akan menjelaskan keuntungan kuliah di perguruan tinggi negeri. Perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri ini juga menjadi alasan banyak orang yang memilih kuliah di PTN sebagai pilihan pertama.

Lalu apa saja keuntungan dan kelebihan kuliah di perguruan tinggi negeri? Berikut ini beberapa keuntungan kuliah di perguruan tinggi negeri yang perlu Anda tahu.

1.Biaya yang lebih murah

Salah satu yang menjadi kelebihan kuliah di perguruan tinggi negeri adalah dari segi biaya kuliah yang lebih terjangkau. Bahkan beberapa perguruan tinggi negeri menerapkan pembagian biaya kuliah secara adil dan merata antara mahasiswa kaya dan miskin.

keuntungan kuliah di perguruan tinggi swasta

Mahasiswa yang miskin akan mendapatkan biaya kuliah yang jauh lebih murah ketimbang mahasiswa yang berasal dari kalangan keluarga kaya.Dengan biaya kuliah yang lebih murah di perguruan tinggi negeri membuat mahasiswa dari kalangan keluarga miskin bisa mengenyam pendidikan tinggi.

2.Terakreditasi baik

Kuliah di perguruan tinggi negeri akan membuat anda mudah untuk mendapatkan pekerjaan. Karena perguruan tinggi negeri hampir semuanya dipastikan sudah terakreditasi secara baik secara nasional dari mulai akreditasi A yang menunjukkan kualitas pendidikan sudah dijamin sangat berkualitas bagus. Sehingga banyak perusahaan lebih memprioritaskan untuk mempekerjakan orang yang lulusan perguruan tinggi negeri dibanding swasta.

3.Prospek kerja yang lebih besar

Anda yang memilih kuliah di perguruan tinggi negeri maka prospek kerja akan lebih bagus diperoleh dibandingkan mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi swasta. Seperti kuliah di ITB, UGM, UI, dan PTN lainnya. Karena pihak perusahaan akan lebih memprioritaskan bagi karyawannya yang lulusan perguruan tinggi negeri yang dinilai lebih berkualitas  bagus ketimbang lulusan perguruan tinggi swasta.

apa keuntungan kuliah di perguruan tinggi negeri

4.Dosen yang hebat

Lantas apa keuntungan kuliah di perguruan tinggi negeri lainnya? Anda yang kuliah di PTN akan diberikan fasilitas tenaga pengajar atau dosen yang kompeten atau sesuai dengan keahliannya. Dosen di perguruan tinggi negeri memang yang benar-benar dosen berkualitas unggul dan pintar seusai disiplin ilmu yang dikuasainya. Dosen tersebut sangat profesional dan berstatus PNS dengan digaji langsung oleh pemerintah pusat.

Apakah Biaya Kuliah di Kampus Swasta Mahal

Salah satu hal yang menjadi perhatian dan perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri adalah dari segi biaya. Karena anggapan selama ini kuliah di perguruan tinggi swasta dinilai membutuhkan biaya pendidikan yang sangat mahal ketimbang biaya kuliah di PTN. Apakah biaya kuliah di kampus swasta mahal?

Banyak hal yang perlu dipertimbangkan dalam memilih perguruan tinggi tempat anda menimba ilmu. Misalkan dari segi fasilitas kampus, jenis perguruan tinggi antara swasta atau negeri, jurusan kuliah yang diambil sesuai tidaknya dengan minat, layanan kampus, kualitas mutu pendidikan kampus sampai persoalan biaya kuliah di kampus tersebut. Semua itu harus dipikirkan secara matang.

Kalau anda memilih kuliah di perguruan tinggi swasta maka anda jangan kaget terhadap biaya kuliah. Karena sudah umum biaya kuliah di perguruan tinggi swasta dipatok dengan biaya relatif lebih mahal ketimbang biaya pendidikan di kampus negeri. Namun semua itu tidak mutlak. Sebab ada beberapa perguruan tinggi swasta yang menerapkan biaya kuliah yang lebih terjangkau dan bahkan sebagiannya bisa diangsur dalam beberapa cicilan.

Biaya kuliah di kampus swasta tidaklah mahal, asalkan anda bisa mensiasatinya. Ada sejumlah perguruan tinggi swasta yang menerapkan biaya kuliah gratis dengan syarat-syarat tertentu. Ataupun kalaupun berbayar biaya kuliahnya sangat murah.

Sebenarnya sangat wajar biaya kuliah di kampus swasta itu mahal. Karena untuk menyelenggarakan proses belajar mengajar atau perkuliahan di kampus tidak mudah dan murah. Ada beberapa modal peralatan yang harus dipersiapkan seperti tempat perkuliahan.

perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri

Adanya keharusan  sewa lokasi kampus maupun mempekerjakan tenaga kerja bagian keamanan dan kebersihan kampus. Yang semua itu tentu membutuhkan biaya yang besar. Belum lagi ditambah biaya untuk pemeliharaan gedung, penyediaan peralatan mengajar, pembayaran air dan listrik bulanan sampai gaji dosen.

Dari semua biaya penyelenggaraan kuliah tersebut yang membuat biaya kuliah di kampus swasta mahal ketimbang biaya kuliah di kampus negeri memang wajar. Sehingga banyak kampus swasta menetapkan biaya kuliah yang relatif mahal kepada mahasiswanya untuk menunjang semua proses kegiatan belajar mengajar di kampus. Itulah sejumlah perbedaan perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi negeri.