Umum

Permainan Edukasi Anak: Pengertian, Jenis dan Fungsinya

Permainan edukasi anak merupakan jenis permainan yang sangat bermanfaat bagi kalangan anak-anak untuk membantu meningkatkan kecerdasan dan kemampuan anak sejak dini. Berdasarkan kategori peruntukannya, permainan edukasi ada yang diperuntukkan bagi kalangan anak TK, balita, anak sekolah dasar maupun anak SMP dan  SMA.

Apabila anak-anak telah berada di dalam rumah, umumnya mereka lebih menyenangi kegiatan bermain ketimbang belajar. Hal tersebut sudah menjadi tabiat seorang anak untuk menyenangi bermain dalam aktivitas sehari-harinya. Karena dunia anak adalah dunia yang penuh permainan yang mengasyikkan.

Pentingnya Permainan Edukasi Anak

Berdasarkan pengertian secara bahasa, permainan edukasi anak adalah suatu permainan di kalangan anak-anak yang bersifat mengedukasi atau mendidik anak secara positif. Permainan ini sangat dicari oleh kalangan orangtua untuk diberikan pada anaknya. Hal ini karena permainan edukatif sangat cocok dimainkan oleh kalangan anak-anak yang memerlukan pendidikan yang baik dan konsisten secara mandiri.

Definisi permainan edukasi adalah sebuah permainan yang dapat meningkatkan perkembangan otak dan sekaligus bisa merangsang kecerdasan otak pada anak. Kata siapa bermain game atau permainan adalah perbuatan sia-sia.

Hal ini karena ada beberapa jenis permainan yang bersifat mendidik. Seperti mendidik anak atau umumnya manusia menjadi lebih baik. Game seperti ini sering disebut juga  permainan edukasi anak.

Permainan edukasi anak merupakan suatu permainan yang menarik dan menyenangkan anak. Anak di dalamnya akan merasakan keasyikan bermain.

Namun disamping kesenangannya dalam permainan tersebut terdapat banyak manfaat yang akan dirasakan oleh anak. Seperti bisa merangsang perkembangan otak anak menjadi lebih baik atau juga memberikan latihan bagi anak untuk berpikir kreatif dan inovatif.

Apa Permainan Edukasi?

Sebenarnya, apa permainan edukasi? Para pelajar yang berada pada jenjang taman kanak-kanak (TK) maupun sekolah dasar umumnya menyukai kegiatan bermain.  Apalagi aktifitas belajar di sekolah merupakan aktifitas yang rutinitas dan membosankan.

Untuk hal tersebut berbagai cara dilakukan oleh guru kelas untuk menghadirkan pembelajaran secara menyenangkan. Salah satunya dengan mengadakan permainan edukasi anak.

Apa permainan edukasi itu? Permainan edukasi adalah sebuah permainan yang sifatnya mendidik. Dalam arti, di dalam permainan edukasi tersebut jika dilakukan akan mendatangkan banyak manfaat dari segi kecerdasan emosional, logika, pikiran, intelektual dan sosial serta kecerdasan spiritual dari pihak pemainnya.

Manfaat Permainan Edukasi Anak

Adapun manfaat bagi anak memainkan game edukasi sangat besar. Salah satunya permainan edukasi mampu melatih anak untuk bisa berpikir dan bertindak kreatif dan inovatif secara baik.

Permainan edukasi berdasarkan definisi kategori secara umum adalah sebuah permainan yang khusus diperuntukkan bagi kalangan anak-anak. Misalkan anak umur tiga tahun, 4 tahun, lima tahun ataupun dibawah umur  lima tahun ataupun di atas lima tahun.

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini beberapa manfaat permainan edukasi anak yang perlu kita ketahui.

1.Menambah wawasan dan ilmu pengetahuan

Manfaat yang pertama dari melakukan permainan edukasi bagi anak adalah menambah pengetahuan dan wawasan anak.

2.Meningkatkan rasa percaya diri anak

Manfaat berikutnya dari seorang anak melakukan suatu permainan edukasi adalah meningkatkan rasa percaya diri anak. Hal tersebut tak terlepas fungsinya sebagai play therapy. Dengan melakukan permainan edukasi, anak bertambah lebih pintar dan berwawasan lebih luas. Sehingga dapat tampil lebih percaya diri di depan umum.

3.Mempertinggi kemampuan anak dalam berkonsentrasi dan berinteraksi dengan orang lain

Hal berikutnya manfaat permainan edukasi anak adalah dapat meningkatkan kemampuan anak dalam sikap fokus dan bersosialisasi secara baik dengan orang lain.

Apa Saja Yang Termasuk Alat Permainan Edukatif?

Main adalah suatu aktifitas yang tak bisa dilepaskan dari seorang anak. Karena pekerjaan anak sehari-hari dibandingkan belajar adalah bermain. Namun demikian, bermain bukan berarti tak bermanfaat. Karena ada sejumlah alat permainan yang berguna bagi anak itu sendiri. Lantas apa saja yang termasuk alat permainan edukatif?

Salah satu contoh manfaat bermain adalah membantu anak dalam meningkatkan kecerdasan dan kemampuan anak dalam mengeksplorasi terhadap hal-hal yang menarik bagi anak. Dengan adanya manfaat bermain maka setiap orangtua jangan perlu ragu-ragu untuk memberikan pada anak sebuah alat permainan edukatif.

Untuk lebih jelasnya, dua contoh alat permainan edukatif yang bisa diberikan oleh orang tua pada anak yaitu alat permainan lego dan puzzle. Kedua permainan edukasi anak tersebut mampu meningkatkan kemampuan motorik dan logika pada anak.

Macam Macam Permainan Edukasi Anak

Permainan edukasi anak bukanlah permainan biasa yang sia-sia dilakukan oleh anak. Terkandung di dalamnya manfaat bagi perkembangan dan pertumbuhan anak jika dimainkan. Seperti mampu meningkatkan kecerdasan intrapersonal anak, meningkatkan kecerdasan spiritual, emosional, sosial dan kognitif anak.

Manfaat yang sangat besar itulah membuat banyak orangtua memilih membelikan  berbagai jenis mainan edukasi bagi anak tercintanya. Lalu apa saja permainan edukasi anak yang bermanfaat bagi perkembangan anak?

Berikut ini beberapa jenis permainan edukasi yang bisa diberikan pada anak untuk meningkatkan kecerdasannya yang wajib orang tua ketahui.

1.Puzzle

Salah satu permainan edukasi anak yang sangat populer adalah puzzle. Permainan puzzle terbukti dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mencari solusi yang tepat dalam mengatasi setiap persoalannya dalam kehidupan sehari-hari. Pendek kata, permainan puzzle akan melatih sang anak untuk bersikap tekun, ulet dan pantang menyerah dalam menyikapi setiap problematika kehidupan.

Puzzle adalah sebuah permainan merangkai gambar hingga terbentuk gambar yang utuh dari rangkaian potongan-potongan gambar yang terpisah. Permainan puzzle membutuhkan konsentrasi yang tinggi sekaligus dapat meningkatkan kemampuan fokus anak, motorik dan kemampuan logika anak.

Bagi kalangan anak-anak terdapat berbagai jenis puzzle dengan beragam karakter dan gambar. Kita bisa memilih permainan edukasi anak ini yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan anak.

Misalkan puzzle dengan topik warna, huruf, angka, hewan, tumbuhan, buah-buahan, sayur-sayuran dan lain sebagainya. Sehingga dengan bermain puzzle, seorang anak bukan hanya berguna dalam meningkatkan kemampuan kognitif dan logika anak. Tapi bisa juga menambah wawasannya yang semakin luas.

2.Baca buku cerita

Permainan edukasi anak berupa membaca buku cerita adalah suatu jenis permainan yang cocok dimainkan oleh orangtua pada anak-anaknya yang masih duduk di bangku  TK dan SD. Permainan membaca buku cerita berkhasiat untuk meningkatkan kecerdasan anak pada 9 kecerdasan yang terdapat pada anak.

Sementara itu, seorang anak sangat menyukai kegiatan membaca dan mendengarkan buku cerita yang  dipenuhi aksi seru dan menarik yang membuatnya tak bosan untuk membaca dan mendengarkannya.

Anda bisa membacakan buku cerita pada anak untuk anak anda simak dan dengarkan secara seksama. Macam-macam buku cerita yang dapat dibacakan pada anak sangat banyak.

Semua ini tentu saja dapat memberikan pengaruh positif pada kesehatan mental, logika, emosional dan spiritual anak. Contohnya membacakan buku cerita tentang kisah nabi dan rasul. Anda bisa mendapatkan buku cerita yang menarik untuk dibacakan pada anak di toko buku terdekat.

Apa Saja Mainan Edukasi Anak?

Tahukah AAnda apa saja mainan edukasi anak? Ada banyak ragam permainan edukasi anak. Anda sebagai orangtua bisa memberikan permainan edukatif tersebut disesuaikan dengan usia dan kemampuan anak.

Berikut ini beberapa mainan edukasi anak yang cocok dimainkan oleh anak TK, SD maupun balita, antara lain :

1.Building Blocks

Building blocks adalah sebuah permainan yang jika dilakukan oleh anak maka secara tak langsung anak akan mendapatkan manfaat darinya dari segi kemampuan logika dan motorik anak yang lebih meningkat.

2.Puzzle

Permainan edukasi anak berikutnya adalah puzzle. Puzzle dapat meningkatkan daya ingat anak dan fokus anak. Disamping itu, anak yang bermain puzzle mempunyai segi kecerdasan emosional yang akan lebih meningkat. Anak akan mudah mengontrol emosinya secara baik dan mampu bersikap sabar serta dapat memecahkan sendiri atas setiap kesulitan yang dihadapinya dengan baik.

3.Lego

Mainan edukasi anak yang tak kalah populer dengan puzzle dan building blocks adalah lego. Permainan Lego mempunyai banyak penggemar dari berbagai kalangan. Dari mulai anak-anak sampai remaja.

Adapun manfaat yang didapatkan dari anak dengan memainkan game lego adalah meningkatkan daya kreatifitas anak dan mampu mencarikan jalan keluar yang bijak atas setiap permasalahan serta bisa meningkatkan daya imajinasi anak.

4.Permainan musik

Mainan edukasi anak selanjutnya yang sangat populer di kalangan anak-anak sejak lama adalah permainan musik. Permainan edukasi anak ini berguna bagi anak-anak usia balita maupun di atas lima tahun untuk mengenali berbagai jenis musik dan suara. Seperti anak bisa mengenali berbagai macam suara binatang.

5.Papan Gambar

Mainan edukasi anak berikutnya adalah papan gambar. Orangtua bisa menyediakan papan gambar di hadapan anak dan menyuruh anak menggambar atau mencoret coret di atas papan gambar sesuai kehendak anak.

Permainan edukasi anak ini bermanfaat untuk melatih daya kreatif dan imajinasi anak. Ketimbang anak-anak mencorat-coret tembok rumah hingga kotor lebih baik orangtua menyediakan papan gambar sebagai media permainan anak yang menyenangkan dan bermanfaat bagi anak.

Permainan Apa Yang Seru Untuk Anak Anak?

Salah satu hal yang diinginkan oleh setiap orang tua adalah melihat anaknya tumbuh dengan sehat dan ceria. Upaya yang dapat dilakukan oleh orangtua banyak hal. Seperti memberikan permainan apa yang seru untuk anak anak.

Memang ada beragam jenis permainan edukasi anak secara umum. Tapi diantara banyak permainan edukasi tersebut ada sejumlah permainan yang lebih seru dan menyenangkan.

Tanpa panjang lebar lagi, berikut ini beberapa  permainan yang seru untuk anak-anak yang dapat membuat anak bahagia.

1.Menari

Biasanya anak yang berusia dikisaran lima tahun atau  dibawah lima tahun untuk meluapkan ekpresi sering lewat gerakan-gerakan secara fisik. Misalkan pada waktu sang anak mendengarkan musik kesukaannya tengah dimainkan, langsung saja badannya melakukan tarian sekehendak hatinya. Kegiatan itu mampu membuat hatinya gembira dan seru.

2.Main air

Permainan edukasi anak yang seru berikutnya adalah bermain air. Siapa sih anak-anak yang tidak suka main air? Hampir semua anak-anak menyukai kegiatan bermain air. Misalkan anak-anak sangat menyukai hujan-hujanan sambil memainkan air secara suka cita.

Ada banyak hal positif yang bisa dilakukan oleh anak dalam bermain air. Misalkan menyiram tumbuhan di dalam pot atau membantu ayah mencuci motor sambil bermain air.

3.Main rintangan

Permainan yang seru untuk anak-anak lainnya adalah bermain rintangan. Anda bisa menyimpan beberapa benda yang bisa menghalangi jalannya anak. Sang anak harus melewati benda tersebut untuk memenangkan permainan. Dengan cara melompat untuk bisa sampai di tujuan.

4.Menggambar

Permainan edukasi anak yang seru berikutnya adalah menggambar. Anda bisa mengajak anak untuk menggambar  di atas kertas kosong. Adapun objek yang digambar adalah benda yang dikehendaki anak atau benda yang berada di sekitar anak. Biarlah anak berimajinasi secara bebas.

5.Main layangan

Permaianan yang seru selanjutnya adalah bermain layangan. Anda bisa mengajak anak bermain layangan di tengah lapangan yang luas. Setiap anak pastinya akan menyukai kegiatan bermain layangan.

Demikianlah ulasan tentang permainan edukasi anak, baik tentang pengertian, konsep, ragam jenis dan fungsinya yang penting diketahui oleh para orang tua. Jika Anda memerlukan layanan les privat lainnya untuk anak tercinta jangan sungkan untuk menghubungi Edumaster Privat.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

3 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago