Umum

Permasalahan Saat Belajar dan Cara Mengatasinya

Permasalahan saat belajar dan cara mengatasinya tentunya sering menjadi santapan dan pekerjaan sehari-hari seorang pelajar. Persoalan yang timbul saat belajar bisa mengganggu aktivitas belajar. Oleh sebab itu, kita sudah selayaknya berusaha mengatasi problem yang ada dengan cara masing-masing. Sehingga hasil belajar bisa optimal.

Belajar menjadikan manusia lebih dewasa dan lebih mampu atas suatu hal yang dipelajarinya. Pada waktu anak-anak merupakan waktu yang tepat bagi seorang untuk mulai belajar. Rasa malas belajar dan menganggap belajar itu tak penting adalah permasalahan saat belajar yang bisa diatasi secara cepat dan agar tidak stres saat ujian.

Setiap orang mempunyai tugas dan pekerjaan masing-masing. Sebagai  seorang pelajar tentunya mempunyai tugas untuk belajar. Status sebagai pelajar mulai didapatkan seseorang sejak ia mulai masuk di jenjang pendidikan anak usia dini atau TK atau sekolah dasar (SD).

Sebutan pelajar akan berubah menjadi mahasiswa ketika sang anak memasuki dunia perguruan  tinggi. Selepas lulus kuliah maka sebutan pelajar atau mahasiswa hilang dan berganti menjadi suatu profesi pekerjaan tertentu.

Bagi anda yang saat ini berstatus sebagai pelajar maka anda dituntut untuk belajar yang baik oleh lingkungan terdekat seperti orangtua, teman, sanak kerabat dan masyarakat.  Pelajar dituntut untuk fokus belajar dan rajin belajar yang akan dilihat kinerjanya melalui nilai-nilai ujian yang didapatkan.

Permasalahan Saat Belajar dan Cara Mengatasinya

Bagi anda yang mendapatkan permasalahan saat belajar di sekolah dan rumah pastinya berdampak pada nilai dan prestasi yang akan diperoleh. Permasalahan yang ditemui saat belajar akan membuat konsentrasi belajar tidak maksimal. Kondisi ini menyebabkan nilai-nilai ujian bisa sangat rendah. Untuk meningkatkan nilai prestasi di sekolah maka seorang pelajar dituntut untuk menyelesaikan setiap permasalahan saat belajar.

Permasalahan saat belajar dan cara mengatasinya dengan mencari jalan keluarnya. Misalkan semangat belajar yang turun maka dapat ditingkatkan dan dibangkitkan semangat belajar dengan mengikuti komunitas belajar. Atau anda mengalami catatan atas materi mata pelajaran yang tak lengkap maka anda bisa meminta materi secara lengkap kepada sesama pelajar terdekat anda.

Keterampilan pelajar saat mengatasi permasalahan saat belajar di sekolah sangat penting yang akan menentukan keberhasilan pendidikan yang ditempuh oleh seseorang di masa depan. Seorang pelajar pastinya akan banyak menemui banyak kendala dan hambatan saat belajar.

Namun semua kendala, hambatan dan rintangan saat belajar itu tidak mesti membuat dirinya menjadi mundur dari dunia pendidikan. Seseorang mesti menghadapi kendala dan permasalahan saat belajar dan mengatasinya sesegera mungkin.

Apa Saja Permasalahan Yang Akan Muncul Ketika Belajar

Permasalahan yang akan muncul ketika akan belajar merupakan permasalahan yang wajar dan harus diketahui oleh para pelajar yang ingin meningkatkan dalam prestasi belajar secara akademik di sekolah.

Belajar adalah pekerjaan sehari-hari seorang pelajar. Status pelajar akan hilang seiring dengan lulusnya seorang pelajar dari sekolah menuju ke dunia kerja, dunia usaha maupun melanjutkan kuliah ke perguruan tinggi negeri dan swasta.

Rasa malas menjadi permasalahan setiap pelajar. Apalagi menjelang sesi ujian sekolah. Kemalasan dapat dimulai dari malas untuk membaca buku, menulis, rasa malas untuk mengerjakan soal-soal latihan, dan kemalasan yang datang secara mendadak lainnya.

Untuk melawan rasa malas dalam belajar mempunyai teknik dan cara tersendiri. Anda bisa bersikap melawan kemalasan belajar tersebut dengan sikap rajin belajar dan gaya belajar sesuai kesukaan anak. Kemudian anda perlu mengetahui apa saja kerugian yang anda dapatkan jika membiarkan rasa malas terus bersemayam di dalam diri anda.

Lantas apa saja permasalahan yang akan muncul ketika belajar? Berikut ini persoalan lainnya yang biasa muncul ketika belajar.

  1. Gangguan dari anggota keluarga untuk mengajak bermain atau belanja
  2. Kegaduhan dari lingkungan sekitar
  3. Ajakan untuk bersantai

Pendek kata, apa saja permasalahan yang akan muncul ketika belajar bisa berasal dari internal maupun eksternal. Untuk permasalahan internal seperti rasa malas dari dalam diri sendiri hanya dapat diatasi oleh kemauan yang kuat dari diri sendiri. Sedangkan untuk permasalahan secara eksternal dapat diatasi dengan memilih lingkungan tempat atau pergaulan orang yang nyaman untuk belajar.

Bagaimana Cara Mengatasi Masalah Yang Muncul Ketika Belajar

Berbagai permasalahan saat belajar dan cara mengatasinya merupakan tantangan bagi setiap pelajar untuk mengatasinya. Belajar adalah kegiatan yang harus dilakukan seorang pelajar untuk menimba ilmu pengetahuan dan keterampilan sebagai modal untuk menghadapi kehidupan di masa depan. Seperti manfaat belajar matematika bagi kehidupan.

Bagi anda yang berprofesi sebagai pelajar tentu menjadi kewajiban anda untuk fokus belajar dan menjadikan belajar sebagai kegiatan yang menyenangkan. Karena dengan cara ini anda akan mudah menjalani pembelajaran dengan penuh antusias, semangat dan tanpa beban.

Masalah yang muncul ketika belajar akan berdampak pada proses pembelajaran yang tengah dilakukan. Anda bisa saja menjadi sangat malas ketika terjadi masalah yang muncul ketika belajar. Permasalahan belajar yang paling sering dialami oleh pelajar adalah seputar hafalan materi pelajaran yang sulit untuk dihafal.

Permasalahan belajar berikutnya adalah guru di sekolah yang tidak bijak dan baik dalam mengajar. Hal tersebut menjadi tugas dan tanggungjawab pihak sekolah dalam memberikan bimbingan kepada para tenaga pendidik di sekolah.

Permasalahan yang muncul ketika belajar pastinya akan selalu muncul. Namun yang lebih penting bukan fokus pada permasalahan tadi. Tapi yang lebih penting adalah fokus pada pemecahan masalah tersebut. Tanpa panjang lebar, berikut ini sejumlah tips jitu bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul ketika belajar, antara lain:

1.Dalam belajar senantiasa fokus

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh seorang pelajar adalah kesulitan untuk konsentrasi dalam belajar. Apalagi dalam situasi lingkungan yang gaduh yang tak mendukung. Permasalahan saat belajar dan cara mengatasinyanya maka anda bisa mengingatkan kembali pada anak untuk fokus dalam belajar.

Banyak manfaat  yang anak anda peroleh dari bersikap fokus dalam belajar, antara lain :

  • Mempermudah memahami dan mencerna atas suatu materi pelajaran yang sedang diajarkan
  • Mempermudah menghafal pelajaran. Kalau pun tidak ingat semua materi mata pelajaran yang sedang diajarkan tapi minimal mengetahui dan memahami pokok-pokok inti pembahasan yang telah disampaikan.

Untuk membuat anak anda selalu fokus dalam belajar maka anak anda bisa memilih belajar di lingkungan yang nyaman, tenang dan tak berisik. Seperti dalam pembelajaran problem based learning.

Kemudian anda bisa menyuruh anak mengingat kembali semua apa saja yang menarik dari materi pelajaran tersebut. Terakhir, untuk bisa fokus dalam pembelajaran maka anak anda bisa aktif saat pembelajaran berlangsung seperti mengajukan pertanyaan yang terkait materi yang belum anak pahami secara jelas.

2.Mengatasi mudah lupa

Salah satu permasalahan yang kerap dialami oleh seorang pelajar ketika belajar adalah mudah lupa terhadap materi yang barusan diajarkan oleh guru. Lantas bagaimana cara mengatasi masalah yang muncul ketika belajar semacam ini? Untuk mengatasinya anda bisa mempersiapkan catatan dan alat tulis untuk menulis poin-poin yang penting yang disampaikan pada proses pembelajaran tersebut.

Dengan catatan yang lengkap atas suatu materi pelajaran akan menjadi modal berharga bagi anda dalam mempersiapkan ujian dan meningkatkan semangat untuk belajar.

Demikianlah berbagai permasalahan saat belajar dan cara mengatasinya yang bisa Anda lakukan. Dengan mengenal apa saja permasalahan yang akan muncul ketika belajar kita tentunya lebih siap untuk menerima pelajaran. Sehingga hasilnya diharapkan akan lebih optimal.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

17 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

2 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

3 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

5 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

6 hari ago