Persamaan laju reaksi adalah salah satu materi yang terdapat pada mata pelajaran IPA Kimia pada tingkat SMA kelas 11. Lalu apa pengertiannya dan faktor apa saja yang sangat mempengaruhinya? Semua itu akan terjawab sudah setelah anda mempelajari materi bagian dari kimia ini.

Mungkin dari anda banyak yang belum mengenal dengan istilah persamaan laju reaksi. Untuk memahami materi ini tentu harus dimulai dari pemahaman terhadap arti secara bahasa terlebih dahulu. Kemudian dilanjutkan dengan mempelajari faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi laju reaksi.

Anda tentu sudah hafal dengan kuliner-kuliner yang dijajakan di pinggir jalan secara kaki lima. Tentu ada banyak ragam kuliner yang tersedia di sana. Dari mulai makanan sampai minuman.

Beberapa makanan yang sering dijajakan sebagai usaha di pinggir jalan cukup beragam. Seperti sate padang, bubur ayam, sate madura, nasi padang, ayam geprek, mie bakso, bakso tahu, mie ayam, nasi goreng, nasi rames, nasi uduk, soto ayam, tahu sumedang, tahu crispi, ketoprak dan makanan maupun minuman lain sebagainya.

Belajar Persamaan Laju Reaksi

Pada mata pelajaran kimia di bangku kelas 11 terdapat suatu materi bernama persamaan laju reaksi. Kimia merupakan program studi yang mempelajari banyak hal. Misalkan larutan, dan reaksi kimia, dll. Mapel kimia dinilai sulit dipelajari dan dipahami oleh sebagian pelajar.

faktor faktor apa saja yang mempengaruhi laju reaksi

Ini seperti halnya dengan mata pelajaran matematika dan fisika yang memerlukan proses perhitungan dan menghafal rumus. Oleh sebab itu, tak aneh jika sebagian pelajar di Indonesia mengikuti bimbingan les privat kimia untuk meningkatkan pemahaman dan mengasah kemampuannya terhadap mata pelajaran IPA kimia.

Belajar klimia dapat dimulai dari mana saja. Salah satunya, anda bisa belajar kimia dari pedagang ketoprak. Ketoprak adalah salah satu makanan khas Betawi yang sudah sangat populer di tanah air. Ketoprak merupakan makanan yang disukai banyak kalangan. Adapun bahan yang dipergunakannya adalah ketupat dan toge yang  diulek atau digeprak hingga disingkat menjadi ketoprak.

Sedangkan bumbu yang dipergunakan pada ketoprak adalah bumbu saus kacang yang berasal dari kacang tanah. Sama seperti pembuatan  saus kacang pada bakso tahu atau lotek,  saus kacang pada ketoprak dengan cara kacang tanah dilakukan penggerusan  oleh ulekan sampai halus lalu diberikan sedikit tambahan pelarut air.

Anda bisa melakukan pengamatan terhadap pembuatan bumbu kacang tersebut. Dari mulai pengulekan sampai menjadi saus bumbu kacang yang halus. Penambahan air pada kacang yang ditumbuk halus menjadi hal yang sangat penting. Karena  kacang yang diulek halus akan berubah menjadi cairan kental yang disebut saus kacang dengan tambahan sedikit garam sebagai cita rasanya.

Adapun hal yang menyebabkan suatu kacang yang asalnya bubuk menjadi cairan kental adalah tingkat kepadatan kacang tanah yang asalnya padat berkurang drastis lewat pertambahan air. Atas kejadian tersebut, sebagian pelajar menduga hal seperti itu merupakan contoh dari persamaan laju reaksi. Namun, sesunghguhnya hal seperti itu bukanlah sepenuhnya termasuk persamaan laju reaksi.

Pengertian Persamaan Laju Reaksi

Untuk mengetahui pengertian dari materi ini, anda dapat mengkajinya secara bahasa terlebih dahulu. Persamaan laju reaksi adalah faktor terjadinya pengurangan terhadap konsentrasi pereaktan disebabkan melakukan reaksi.

Jika dalam saus bumbu kacang ketoprak, tingkat kepadatan bubuk kacang tanah menjadi sangat kurang disebabkan  terjadinya pengenceran dan bukan disebabkan oleh laju reaksi. Hal tersebut membuat pembuatan bumbu saus kacang pada ketoprak bukan termasuk laju reaksi. Karena yang namanya persamaan laju reaksi ditandai dengan apabila konsentrasi pereaktan yang mengalami pengurangan disebabkan oleh reaksi dan bukan disebabkan pengenceran.

Untuk lebih jelas dan memahami materi laju reaksi, anda bisa melihat contoh-contoh seperti ledakan kembang api, pelapukan pada kayu, pagar besi yang mengalami karatan, dan penggunaan bensin kendaraan mobil atau sepeda motor.

Persamaan laju reaksi mempunyai hubungan yang sangat erat dengan yang namanya waktu. Jika waktu laju yang diperlukan sangat singkat itu berarti tingkat laju reaksinya akan sangat besar. Hal tersebut berlaku sebaliknya. Apabila waktu yang diperlukan sangat panjang maka tingkat laju reaksi akan menjadi sangat kecil. Itu semua bermakna yang terangkum dalam rumus bahwasanya  laju reaksi mengalami suatu hal yang berbanding terbalik pada waktu.

Dengan demikian, persamaan laju reaksi berdasarkan waktu terdiri dari dua macam jenis. Masing-masing adalah persamaan laju reaksi cepat dan lambat. Untuk contoh laju reaksi cepat yaitu ledakan kembang api. Sementara untuk contoh laju reaksi yang lambat yakni proses terbentuknya karatan di dalam besi dan atau proses pelapukan pada kayu.

Bagaimana Persamaan Dari Laju Reaksi?

Bagaimana persamaan dari laju reaksi? Persamaan laju reaksi adalah sebuah persamaan yang menampilkan suatu kedekatan antara suatu laju reaksi  dengan sebuah konsentrasi dari pereaksinya. Semua itu dapat dituliskan menjadi sebuah rumus dengan besaran satuan masing-masing.

persamaan laju reaksi

Adapun satuan dalam besaran persamaan laju reaksi adalah molaritas atau molaritas perdetik  yang disingkat M/S. Pengertian dari molaritas merupakan suatu ukuran ataupun takaran yang memperlihatkan seberapa banyak  jumlah mol  yang larut pada 1 liter zat larutan.

Pada pelajaran tentang laju reaksi disebutkan beberapa istilah. Seperti  orde reaksi, tetapan laju reaksi, dan lain-lain. Untuk pengertian orde reaksi adalah bukan orde baru atau orde lamayang muuncul dalam mata pelajaran sejarah. Tapi pengertian orde reaksi yang terdapat pada kimia adalah pangkat dari molaritas pada suatu rumus persamaan laju reaksi.

Pendek kata, secara sederhananya, orde reaksi yaitu tingkat atau level reaksi kimia yang tengah terjadi.

Apa Itu Orde Reaksi dan Bagaimana Cara Menentukan Orde Reaksi?

Tahukah kalian apa itu orde reaksi dan bagaimana cara menentukan orde reaksi? Orde reaksi adalah suatu hal memunculkan suatu keterkaitan diantara perubahan yang terjadi pada konsentrasi dengan laju reaksi. Keterkaitan diantara laju reaksi dan konsentrasinya diperlihatkan lewat grafik orde reaksi.

Berdasarkan jenisnya, terdapat tiga jenis grafik orde reaksi yaitu grafik orde reaksi kesatu, grafik orde reaksi nol, dan dua. Orde reaksi memperlihatkan suatu gambaran besar terhadap pengaruh konsentrasi laju reaksi. Sebuah laju reaksi bisa mempunyai orde pecahan, dua, satu, hingga orde nol.

Untuk menentukan besaran orde reaksi tidak dapat ditentukan berdasarkan wujud persamaan laju reaksi. Akan tetapi besaran orde reaksi hanya  dapat ditentukan sendiri berdasarkan atas hasil riset melalui variabel molaritas yang dilakukan pengubahan berdasarkan reaksi dengan wujud gas dan larutan.

Apa Yang Dimaksud Dengan Orde Nol?

Sebenarnya apa yang dimaksud dengan orde nol? Adapun pengertian grafik orde reaksi nol adalah  suatu grafik orde reaksi yang menampilkan suatu laju reaksi yang sangat tak bergantung sama sekali dengan konsentrasi laju reaksi. Dengan kata lain,orde reaksi nol merupakan laju reaksi yang tak dipengaruhi oleh apapun pada konsentrasi reaktan.

Sementara itu, di dalam grafik orde kesatu ditampilkan suatu persamaan laju reaksi yang memiliki sebuah perbandingan bersifat lurus dengan zat konsentrasi pereaksi. Apabila zat konsentrasi pereaksi ditingkatkan sebanyak dua kali lipat maka akan mengakibatkan laju reaksi mempunyai kecepatan sebanyak dua kali kecepatan yang lebih cepat dari sebelumnya.

apa itu orde reaksi dan bagaimana cara menentukan orde reaksi

Sedangkan bagi grafik orde 2 berlaku rumus yakni  pada waktu  terjadinya zat konsentrasi pereaksi yang ditingkatkan lewat sejumlah n kali,  praktis dengan sendirinya laju reaksi mengalami peningkatan yang besarannya sebanyak n pangkat dua. Misalkan pada saat laju reaksi ditingkatkan sampai dua kali lipat maka persamaan dari laju reaksi mengalami peningkatan sebanyak empat kali lipat lebih cepat dari sebelumnya berdasarkan perhitungan rumus dua pangkat dua.

Teori Tumbukan

Istilah yang terdapat pada persamaan laju reaksi yang penting adalah teori tumbukan.  Teori tumbukan adalah suatu reaksi yang dapat nmenampilkan proses terciptanya dan berlangsungnya laju reaksi. Berdasarkan ketentuan teori tumbukan dinyatakan bahwasanya sebuah reaksi kimia yang berlangsung disebabkan munculnya partikel-partikel yang satu sama lain saling melakukan tumbukan.

Lalu apa yang menyebabkan sejumlah partikel saling bertumbukan? Hal tersebut  dikarenakan tumbukan berlangsung dari adanya 2 partikel molekul atau lebih beserta permukaanya yang melakukan bersentuhan langsung  pada satu titik yang sama.Pengertian satu titik tersebut adalah wujud partikel molekul yang bersifat bulat seperti halnya wujud bola.

apa yang dimaksud dengan orde nol

Sementara itu, yang perlu anda pahami tentang persamaan laju reaksi selanjutnya bahwasanya tidak setiap tumbukan yang terjadi pada molekul menghasilkan reaksi kimia. Dalam arti, banyak juga tumbukan yang tidak menghasilkan reaksi kimia apapun.  Sedangkan tumbukan yang menghasilkan suatu reaksi kimia sering dinamakan sebagai tumbukan efektif.

Sedangkan agar tumbukan dapat efektif mesti terdapatnya komponen orientasi tumbukan partikel molekul yang pas.  Orientasi tumbukan adalah keberadaan  atau arah posisi dari  antar molekul yang saling bertumbuk.

Faktor Faktor Apa Saja Yang Mempengaruhi Laju Reaksi?

Lantas faktor faktor apa saja yang mempengaruhi laju reaksi? Laju reaksi dapat ditentukan dan dipengaruhi oleh sejumlah unsur yang  mempengaruhinya. Unsur-unsur itu bisa memperlambat atau bahkan  meningkatkan kecepatan laju reaksi. Tanpa panjang lebar, berikut ini beberapa faktor apa saja yang sangat mempengaruhi laju reaksi, seperti:

1.Luas permukaan sentuh

Apabila terdapat suatu campuran pada reaktan yang mengandung fasa sebanyak dua fasa atau lebih akan terjadi proses tumbukan pada bagian permukaan sentuh. Bagian permukaan sentuh yang padat memiliki permukaan yang lebih luas ketimbang padatan dalam wujud butiran atau lempengan. Ini akan melahirkan sebuah rumus: kian luas atas suatu permukan molekul akan menjadikan frekuensi tumbukan dapat kian besar. Akibatnya, laju reaksi berlangsung sangat cepat.

2.Konsentrasi

Pada setiap larutan yang kental sekali memiliki konsentrasi yang tinggi dan juga memiliki partikel molekul yang lebih rapat ketimbang pada larutan zat yang encer. Semua itu bisa dibuatkan sebuah patokan rumus bahwasanya kian besar konsentrasi maka akan kian tinggi partikel molekul yang terdapat pada setiap satuan molekul. Hal tersebut berdampak pada tumbukan antar partikel mempunyai jumlah yang lebih tinggi hingga terjadinya persamaan laju reaksi  yang kian cepat.

bagaimana persamaan dari laju reaksi

3.Suhu

Faktor berikutnya yang mempengaruhi laju reaksi adalah suhu. Laju reaksi kimia biasanya lebih tinggi apabila terjadi dalam situasi suhu yang lebih besar. Apabila suhu yang dimiliki sangat kecil, laju reaksi kimia juga akan berlangsung menjadi lebih lambat.

Misalkan lebih sederhananya pada waktu anda hendak belanja daging sapi, anda sudah bisa memperkirakan daging sapi yang lebih cepat busuk dan mana yang tidak berdasarkan penyimpanan daging sapi di dalam freezer dan atau disimpan dalam ruangan terbuka.

Demikianlah penjelasan secara singkat tentang pengertian persamaan laju reaksi dan faktor yang mempengaruhinya. Mudahan-mudahan bisa memberikan tambahan wawasan dan referensi yang berharga. Bagi kalian para pelajar kelas 12 bisa meningkatkan pemahaman mata pelajaran kimia dengan mengikuti les privat terbaik yang ada.