Umum

Pola Asuh Yang Tepat Untuk Anak Introvert

Menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak introvert sangat penting. Anak introvert yang cenderung lebih pendiam dan tidak mudah berteman akan membuatnya banyak mengalami tekanan. Karena itu sangat penting bagi para orang tua untuk lebih mengenal anaknya dan mendidiknya secara tepat.

Setiap orang mempunyai sifat dan karakter yang berbeda-beda. Begitupula pada setiap karakter pada anak. Seperti anak berkarakter introvert, ekstrovert hingga anak hiperaktif. Anda jangan terheran dengan keragaman sifat pada anak tersebut. Perbedaan sifat dan karakter pada anak bisa dipengaruhi oleh pengalaman dan pemikiran yang berbeda serta faktor keturunan pada seorang anak.

Anak introvert dapat dilihat dari sikap dan perilakunya sehari-hari yang lebih senang menyendiri dan bersikap sangat tertutup. Akibatnya, ia mempunyai teman bisa dihitung jari sekitar satu atau dua teman. Teman yang dimilikinya dalam jumlah sangat sedikit sangat wajar karena ia kesulitan untuk beradaptasi dan terbuka dengan orang-orang di sekitarnya yang tidak dikenal secara baik.

Pola Asuh Yang Tepat Untuk Anak Introvert

Bagi anda orang tua tentu sangat bisa menilai setiap tipe anak berdasarkan kategori sifat. Misalkan anak yang sukar melakukan adaptasi yang baik dengan cepat dengan lingkungan sekitar dan anak yang selalu pendiam dikategorikan anak introvert.

Sebuah keluarga inti terdiri-dari ayah, ibu dan anak. Ketiga komponen itu saling bantu membantu dalam mewujudkan keluarga yang harmonis dan menciptakan tumbuh kembang anak secara baik. Karena itu penting menangani anak yang introvert dengan tepat.

Dengan pola asuh yang tepat untuk anak introvert, maka kita bisa melihat anak akan tumbuh sehat, bisa mencapai segala keinginan baiknya, memiliki akhlak yang baik, dan dapat bersosialisasi di masyarakat dan lingkungan sekitar dengan baik.

Dengan sikap terpuji yang dimiliki anak dan prestasi anak dalam bidang intelektual, emosional spiritual dan prestasi akademik di sekolah akan membuat orangtua bangga.

Oleh karenanya, orang tua akan selalu memberikan pendidikan formal dan non formal yang terbaik bagi anak tercintanya. Pendidikan yang tak kalah penting bagi perkembangan watak anak adalah pendidikan karakter anak di rumah.

Menangani Anak Yang Introvert

Orangtua akan menerapkan pola asuh pada anak yang sekiranya terbaik bagi anak. Namun pada kenyataannya, seringkali orangtua melakukan kesalahan dalam melakukan pola asuh pada anak. Misalkan menerapkan dan menangani anak yang introvert sama dengan anak lainnya. Hal tersebut akan berbahaya bagi perkembangan anak di masa depan. Karena bisa terbentuknya perilaku yang menyimpang dan berlawanan pada anak.

Setiap orangtua diberikan karunia anak yang berbeda-beda dari sifat dan karakter. Ada orangtua yang diberikan karunia anak ekstrovert. Adapula orangtua yang diberikan karunia anak yang karakter anak introvert.

Bagaimanapun karakter atau sifat anak yang anda miliki maka itu yang terbaik bagi anak anda. Karena terkadang anak introvert juga mempunyai banyak kelebihan dan keistimewaan.

Prinsip Hidup Anak Introvert

Seorang anak introvert dan ekstrovert mempunyai dunia sendiri yang mengasyikkan. Sebagaimana ia  memiliki prinsip hidup yang berasal dari pemikiran dan kepercayaan masing-masing.

Begitu pula pada anak introvert yang memiliki prinsip hidup tersendiri. Berikut ini beberapa prinsip hidup anak introvert yang perlu Anda tahu.

1.Hidup lebih baik sendiri

Di tengah kacau balau dan permasalahan dengan sesama manusia seringkali memicu anak introvert untuk berpikiran bahwa hidup lebih baik sendiri. Ia menjadi enggan untuk bergaul dan bersosialisasi dengan orang lain. Karena ia pernah mengalami dampak buruk atau negatif dengan pergaulan sesama manusia.

Prinsip hidup lebih baik sendiri yang dilontarkan oleh seorang anak introvert membuat sang anak lebih banyak menyendiri dan menjauhi khalayak umum. Yang membuat dirinya lebih sedikit mempunyai teman ketimbang orang lain.

2.Kebebasan

Dalam dunia pendidikan, prinsip hidup anak introvert terhadap pendidikan  formal itu tidak penting. Tapi ada yang lebih penting dari pendidikan formal yaitu pendidikan oleh sendiri. Anak introvert mengerti bahwa pendidikan itu harus memberikan kebebasan pada manusia dan bukan hanya memberikan keterbatasan dengan beban  pekerjaan rumah (PR) atau tugas sekolah.

3.Uang tidak terlalu penting

Anak introvert juga berpikir dan memiliki prinsip bahwa uang itu bukanlah segala dan tidak terlalu penting. Yang penting adalah kebebasan dan dunianya sendiri yang bebas, seru dan mengasyikkan.

Bagaimana Pola Asuh Yang Tepat Untuk Anak Introvert?

Banyak orang tua yang diberikan karunia anak introvert oleh Tuhan bertanya-tanya, “Bagaimana pola asuh yang tepat untuk anak introvert?”. Hal tersebut diungkapkan oleh orang tua karena merasakan anak introvert harus diperlakukan berbeda dengan anak ekstrovert pada umumnya.

Berikut ini beberapa pola asuh untuk anak introvert yang perlu orang tua tahu dan pahami.

1.Menerima diri secara ikhlas atas karunia tipe anak introvert

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam menerapkan pola asuh yang tepat pada anak introvert dengan terlebih dahulu menerima keberadaan anak introvert dengan segala kekurangan dan kelebihannya. Orang tua dan keluarga haruis menjadi support system bagi anak.

2.Menemani anak saat sendiri

Anak introvert cenderung untuk ingin hidup menyendiri. Hal tersebut berbeda dengan anak kebanyakan. Jika anak anda ingin menyendiri maka berikanlah waktu yang cukup bagi anak untuk menyendiri. Orang tua bisa bersama dengan anak duduk di sebelahnya tanpa mengganggu anak sama sekali.

Orang tua hanya untuk sekedar menemani anak.  Anak introvert mungkin sibuk dengan kegiatannya seperti membaca, menulis, menggambar dll. Pola asuh yang tepat untuk anak introvert dengan cara menemani anak.

3.Tak senang basa basi

Yang menjadi ciri khas anak introvert adalah tidak senang basa basi dengan orang lain yang baru dikenal. Pada sikap tersebut, orangtua bisa bersikap sebagai orang yang siap mendampingi anak atas apa yang mau disampaikan pada orang lain atau sebagai penghubung. Sikap tak suka basa basi ini membuat orangtua menerimanya secara ikhlas.

Lantas bagaimana pola asuh yang tepat untuk anak introvert? Orang tua sebaiknya juga tidak memaksakan kehendak pada anak. Biarkanlah sang anak melakukan aktivitas kegiatan sehari-hari yang positif. Jangan pernah menyudutkan dan menyalahkan anak. Anak introvert walaupun terkesan cuek tapi ia memiliki perasaan yang sensitif.

Bahaya Pola Asuh Yang Buruk Bagi Anak Introvert

Anak introvert harus diperlakukan dengan pola asuh yang tepat. Apabila dilakukan pola asuh yang tidak tepat diterapkan pada anak introvert bisa berakibat buruk pada anak introvert itu sendiri.

Berikut ini beberapa bahaya pola asuh yang buruk bagi anak introvert, antara lain:

1.Tidak berkomunikasi secara baik dengan anak

Dengan menerapkan pola asuh yang tidak tepat pada anak introvert bisa mengakibatkan anak introvert tidak mau berkomunikasi lagi dengan orangtuanya. Pada akhirnya hubungan anak dan orangtua menjadi renggang.

2.Membentuk karakter anak yang cuek

Bahaya pola asuh yang salah pada anak introvert sangat besar. Misalkan bersikap cuek pada anak atau tak menasihat anak akan membentuk anak menjadi prbadi yang tidak perhatian dengan orang di sekitarnya. Apalagi orangtua tidak pernah menegur anak jika anak melakukan suatu kesalahan fatal. Bagi anak introvert yang pendiam dan penyendiri sangat senang ketika ia melakukan kesalahan dan orangtua menegurnya dengan bijak.

Kesalahan dalam mendidik anak dan menerapkan pola asuh pada anak introvert akan sangat berbahaya. Sebenarnya, bahaya pola asuh yang buruk bagi anak introvert tersebut bisa dicegah. Dengan cara menghilangkan kesalahan dalam menerapkan pola asuh pada anak dan menerapkan pola asuh yang tepat untuk anak introvert.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago