Prospek kerja administrasi bisnis yang sangat cerah, luas dan menjanjikan membuat sebagian orang tertarik untuk memasuki jurusan kuliah ini. Apalagi saat ini tingkat pengangguran di Indonesia dari lulusan pendidikan  SLTA hingga lulusan perguruan tinggi masih cukup tinggi. Namun ada satu jurusan yang lulusannya mudah mencari dan mendapatkan kerja, salah satunya adalah jurusan administrasi bisnis.

Salah satu aspek yang sangat diperhatikan orang dalam mengambil jurusan kuliah adalah melihat prospek kerja yang ada atas jurusan kuliah tersebut. Hal ini mengingat orientasi orang setelah lulus kuliah sebagian besar adalah untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan bergaji tinggi.

Itu semua dapat dilihat bukan hanya dari jumlah peminatnya yang tinggi. Tapi juga dilihat dari prospek kerja administrasi bisnis karena kebutuhan yang sangat tinggi dari dunia kerja terhadap lulusan jurusan kuliah tersebut.

Diantara beragamnya jurusan kuliah di kampus ada salah satu jurusan kuliah yang sangat menarik. Jurusan kuliah tersebut adalah jurusan administrasi bisnis. Lalu apakah itu jurusan administrasi bisnis? Apakah jurusan ini mempunyai banyak peminat atau tidak? Semua ini bisa terjawab setelah mengetahui kelebihan dan prospek kerja administrasi bisnis.

apakah jurusan administrasi bisnis banyak peminatnya

Kelebihan Jurusan Administrasi Bisnis

Berikut ini kelebihan jurusan administrasi bisnis yang wajib kamu ketahui.

1.Gaji besar

Salah satu kelebihan mengambil jurusan administrasi bisnis adalah kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan bergaji besar. Ya, prospek kerja administrasi bisnis memang sangat menjanjikan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara memilih bekerja pada orang lain ataupun membuka bisnis sendiri.

2.Keilmuan luas

Berikutnya yang menjadi kelebihan jurusan kuliah administrasi bisnis adalah mempunyai liputan keilmuan yang sangat luas. Yang dipelajari bukan hanya seputar cara membuka usaha dan mengoperasionalkan usaha secara lancar. Tapi juga mengembangkan dan memajukan perusahaan atau bisnis dari skala kecil menjadi skala besar.

Disebabkan luasnya materi perkuliahan pada administrasi bisnis membuat banyak orang yang menamakannya pula sebagai administrasi perniagaan.

Kegembiraan yang dirasakan ketika seseorang lulus  dari SLTA adalah suatu yang tak bisa dilukiskan dengan kata-kata. Namun kegembiraan tersebut harus tak membuat terlena. Karena bagi pelajar SLTA atau sederajat yang telah lulus mesti memperhatikan hal selanjutnya yang akan ditempuh. Salah satunya memilih melanjutkan kuliah.

Dari sejumlah jurusan kuliah di kampus terdapat jurusan kuliah yang bisa diandalkan untuk dipilih. Salah satunya jurusan administrasi bisnis.

Apakah Jurusan Administrasi Bisnis Banyak Peminatnya?

Setelah mengetahui prospek kerja administrasi bisnis maupun kelebihan dari jurusan ini yang sangat cerah membuat administrasi bisnis banyak peminatnya. Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di tanah air kelebihan mahasiswa jurusan administrasi bisnis.

Lantas apakah jurusan administrasi bisnis banyak peminatnya? Banyaknya peminat jurusan administrasi bisnis berdasarkan alasan-alasan berikut ini.

1.Pekerjaan bergaji tinggi

Prospek kerja administrasi bisnis yang sangat menjanjikan. Selain merupakan jurusan kuliah dengan banyak lapangan kerja juga karena memberikan kemudahan dalam mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi

2.Kuliah yang mudah dan menyenangkan

Jurusan kuliah administrasi bisnis memberikan pembelajaran perkuliahan  di kelas secara lebih mudah dan menyenangkan, termasuk untuk lulusan SMK. Pembelajaran bukan hanya teori tapi juga praktek dalam dunia bisnis

3.Biaya terjangkau

Jurusan adminstrasi bisnis memberikan biaya perkuliahan, UKT dan lain-lain yang lebih terjangkau dari jurusan kuliah yang terdapat di perguruan tinggi.

4.Menyediakan fasilitas beasiswa

Pihak kampus pun memberikan fasilitas layanan beasiswa bagi mahasiswa jurusan administrasi bisnis yang berprestasi.

Dengan kelebihan-kelebihan jurusan administrasi bisnis membuat jurusan ini tidak pernah mengalami sepi peminat. Setiap tahun pada penerimaan mahasiswa baru, peminat jurusan administrasi bisnis sangat banyak hingga membludak.

Prospek kerja administrasi bisnis masih banyak orang yang belum mengetahuinya. Namun setelah mengetahuinya akan terpincut pada jurusan ini.

Prospek Kerja Administrasi Bisnis

Bagi anda yang tertarik untuk mengambil jurusan kuliah administrasi bisnis, berikut ini daftar prospek kerja administrasi bisnis yang perlu anda ketahui, antara lain :

1.Dosen

Salah satu prospek kerja administrasi bisnis adalah sebagai dosen pada jurusan kuliah administrasi bisnis. Profesi dosen bisa dipilih oleh lulusan sarjana administrasi bisnis yang mencintai dunia pendidikan akademik di kampus.

jurusan administrasi bisnis

Sementara itu, untuk meningkatkan kemampuan di bidang administrasi bisnis, lulusan sarjana administrasi bisnis bisa melanjutkan kuliah hingga S3 jurusan administrasi bisnis di lembaga perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri. Karena sebagian besar perguruan tinggi negeri ataupun swasta di Indonesia umumnya memberikan persyaratan bagi calon dosennya memiliki jenjang pendidikan minimal S2.

Apalagi sekarang ini beberapa universitas ternama atau perguruan tinggi terbaik di luar negeri, sebagian besar sudah menyediakan dan menawarkan fasilitas beasiswa bagi mahasiswa dari negara lain. Anda yang berminat masuk jurusan administrasi bisnis bisa merencanakan untuk menjadi dosen jurusan tersebut dengan mengambil program studi S2 hingga S3 administrasi bisnis.

Disamping itu, sarjana administrasi bisnis dapat mengikuti  pelatihan dan seminar tentang administrasi bisnis untuk menambah wawasannya tentang administrasi bisnis secara lebih lengkap.

Pekerjaan sehari-hari dosen administrasi bisnis kelak adalah mengajar mahasiswa mahasiswi di kampus. Selain itu, gemar melakukan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat pada bidang administrasi bisnis.

2.Konsultan Bisnis

Prospek kerja administrasi bisnis berikutnya adalah bekerja sebagai konsultan bisnis.  Hal ini disebabkan lulusan jurusan administrasi bisnis sudah sangat paham terhdap teori-teori bisnis dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga seseorang yang mengalami kendala usaha atau bisnis bisa berkonsultasi pada ahlinya yakni konsultan bisnis dengan tarif jasa yang ditentukan.

Konsultan bisnis mensyaratkan seseorang untuk menjadi ahli dalam bidang bisnis secara teori maupun praktek di lapangan. Hal tersebut dimiliki oleh lulusan jurusan administrasi bisnis yang telah mengenyam pendidikan tinggi pada jurusan administrasi bisnis. Untuk meningkatkan kemampuan bisnis, seorang lulusan administrasi bisnis bisa terjun dalam praktek atau membuka usaha sendiri.

Konsultan bisnis adalah profesi yang sangat cocok dipilih oleh lulusan jurusan administrasi bisnis. Apalagi dengan perkembangan bisnis digital yang masif saat ini. Penghasilan yang diperolehnya dari layanan konsultasi bisnis lumayan besar setiap bulannya.

Adapun layanan jasa konsultansi bisnis sangat dibuuhkan oleh orang atau lembaga yang mau memulai suatu bisnis atau usaha. Layanan jasa konsultasi bisnis juga sangat dibutuhkan oleh mereka yang mengalami stagnan dalam bisnisnya.

3.Entrepreneur

Prospek kerja administrasi bisnis yang tak kalah menjanjikan adalah sebagai entrepreneur. Karena di jurusan kuliah tersebut telah diajarkan dasar-dasar bisnis dari awal sampai akhir. Sehingga lulusan jurusan administrasi bisnis umumnya sangat mumpuni dan handal dalam membangun suatu usaha dan bisnis yang menguntungkan.

Tentu saja dengan prospek kerja yang sangat menjanjikan sebagai entrepreneur sukses membuat banyak lulusan SLTA atau sederajat lebih memilih jurusan administrasi bisnis.

gaji lulusan administrasi bisnis

Menjadi entrepreneur yang sukses tentu saja menjadi impian banyak orang yang ingin membuka suatu usaha. Salah satu jalannnya bisa dengan cara mengambil jurusan kuliah administrasi bisnis yang bergelut sehari-hari dalam urusan bisnis secara teori dan penerapannya di kampus.

4.Staf Pemasaran

Prospek kerja administrasi bisnis juga bisa bekerja sebagai staff pemasaran pada sebuah instansi perusahaan ataupun organisasi nirlaba. Dengan kemampuan yang dimiliki berkat teori ataupun praktek yang didapatkan di bangku kuliah akan memudahkan bagi lulusan administrasi bisnis bekerja sebagai staf pemasaran yang baik. Hingga dapat diangkat menjadi manager pemasaran pada perusahaan.

5.Staff HRD

Sama seperti lulusan jurusan manajemen yang bisa bekerja sebagai manajer HRD, pada lulusan jurusan administrasi bisnis dapat juga memilih bekerja sebagai staff HRD di sebuah perusahaan.

5.Manajer Perusahaan

Salah satu prospek kerja administrasi bisnis yang sangat menjanjikan bagi lulusannya adalah bekerja sebagai manager perusahaan. Dalam arti, lulusan administrasi bisnis bisa melamar kerja kepada perusahaan yang membutuhkan karyawan bagian manager perusahaan.

Hal ini sesuai perkembangan dunia usaha saat ini sangat banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan administrasi bisnis dalam memajukan perusahaan di tengah perkembangan usaha yang berjalan mandeg pasca wabah covid19.

Bagi seorang lulusan administrasi bisnis tentu tidak akan mengalami kesulitan dalam mengelola dan memimpin perusahaan dengan bekal kompetensi dan keahlian yang didapatkan di bangku kuliah. Seperti keahlian dalam merekrut karyawan, membuat produk dan merancangnya serta memasarkan dll.

prospek kerja administrasi bisnis

Itulah beberapa prospek kerja administrasi bisnis. Dengan kelebihan-kelebihan  dan prospek kerja yang sangat cerah dari jurusan administrasi bisnis itulah membuat anda bisa mempertimbangkan untuk memilih jurusan kuliah administrasi bisnis selepas lulus SLTA. Apalagi bagi anda yang menyukai dunia bisnis.

Sejumlah perguruan tinggi negeri dan swasta terbaik di Indonesia membuka jurusan administrasi bisnis. Seperti administradi bisnis Unpad. Beberapa diantaranya menyediakan  faslitas perkuliahan yang lengkap dan nyaman serta biaya perkuliahan yang sangat terjangkau.

Berapa Gaji Lulusan Administrasi Bisnis?

Tahukah kamu berapa gaji lulusan administrasi bisnis? Hal yang turut meningkatkan semangat seseorang dalam memilih jurusan kuliah adalah jurusan tersebut karena prospek kerja administrasi bisnis yang memberikan banyak peluang kerja. Disamping itu, lulusan jurusan tersebut memberikan tawaran gaji tertinggi. Hal tersebut terdapat pada jurusan administrasi bisnis.

Contohnya saja, lulusan administrasi bisnis dapat bekerja sebagai staff pemasaran di sebuah perusahaan. Lalu berapa gaji lulusan administrasi bisnis? Adapun gaji yang bisa didapatkannya paling kecil sebesar Rp 5 juta perbulan.

Sedangkan gaji lulusan administrasi bisnis pada pekerjaan-pekerjaan bergengsi lainnya lebih dari itu. Seperti pada pekerjaan atau profesi manager perusahaan atau konsultan bisinis yang bisa menghasilkan uang hingga sebesar Rp 6 juta lebih perbulan.

Pendek kata, kalau rata-ratanya gaji lulusan administrasi bisnis sektar Rp 3 juta hingga Rp 5 juta tiap bulannya. Namun jika memilih berwirausaha membangun perusahaan sendiri penghasilan bisa tak terbatas atau melebihi dari itu. Bagaimana menjanjikan bukan prospek kerja administrasi bisnis?

Dengan beberapa kelebihan dan peluang kerja yang lebih banyak dan bergaji besar itulah membuat banyak orang dan mungkin anda tertarik untuk memasuki jurusan kuliah administrasi bisnis. Anda bisa mempersiapkannya sekarang ini.

Banyak hal lainnya yang ditanyakan oleh orang yang tertarik pada jurusan administrasi bisnis. Selain, prospek kerja administrasi bisnis yang sangat cerah, jurusan ini mempelajari banyak hal tentang bisnis secara menyeuruh. Seperti mempelajari manajemen perusahaan, pemasaran produk, manajemen operasional usaha, pengelolaan logistik yang baik, dan mengelola sumber daya manusia dan lain sebagainya.

Berkat ilmu yang didapatkan lulusan jurusan administrasi bisnis di bangku kuliah meliputi banyak hal. Seperti membuat produk, memberikan nilai tambah, menciptakan merek,  melakukan pemasaran produk, dan lain-lain membuat bagi lulusan jurusan administrasi bisnis membangun suatu perusahaan dan mengelolanya lebih mudah.

berapa gaji lulusan administrasi bisnis

Jurusan administrasi bisnis yang dipilih oleh seseorang akan bisa membuat lulusannya  dapat lebih hidup mandiri. Semua ilmu di bangku kuliah sangat bermanfaat dalam membangun usaha sebagai entrepreneur maupun memilih bekerja sebagai manager perusahaan.

Tak aneh jika prospek kerja administrasi bisnis sangat menjanjikan di masa sekarang dan mendatang.  Lapangan kerja yang tersedia sangat luas. Seperti sebagai staf administrasi, staf pemasaran, staf sumber daya manusia, sales manager, market research  analyst, analis keuangan, pengusaha, PNS dan profesi lain sebagainya. Jika kamu berminat dengan jurusan kuliah ini tentunya perlu persiapan matang dengan mengkuti les privat SMA terbaik dan berpengalaman.