Umum

Prospek Kerja Hubungan Internasional, Ini Pilihannya!

Prospek kerja hubungan internasional yang sangat menjanjikan membuat banyak orang yang tertarik untuk memilih dan menempuh jurusan ini. Hal ini karena sekarang ini merupakan masa penting untuk menentukan nasib di masa depan. Seseorang yang memilih jurusan kuliah yang tak prospektif hanya akan menambah jumlah pengangguran di Indonesia.

Disinilah pentingnya bagi anda memilih jurusan kuliah yang gampang cari kerja. Salah satunya jurusan hubungan internasional. Jika anda mencermati kondisi sosial politik dan ekonomi dunia saat ini sangat menarik. Berbagai negara di dunia mengalami kesulitan dalam keuangan. Ekonomi bergerak stagnan. Hal ini akibat pasca covid 19 dan resesi global.

Jurusan hubungan internasional adalah suatu jurusan yang sangat cocok dipilih oleh mereka yang supel dan suka melakukan analisa bidang politik, sosial, dan ekonomi dunia. Selain itu, jurusan hubungan internasional sangat tepat dipilih oleh mereka yang sangat suka bergaul dalam skala internasional.

Yang Dipelajari Jurusan Hubungan Internasional

Sebelum membahas tentang prospek kerja hubungan internasional apakah anda sudah mengenal betul dengan jurusan kuliah S1 hubungan internasional? Apa saja yang dipelajari jurusan hubungan internasional?

Hubungan internasinal adalah jurusan kuliah yang melakukan kajian pada berbagai bidang konsentrasi. Seperti bidang politik internasional, pembangunan internasional ataupun bidang perdamaian dunia internasional. Namun untuk lebih rincinya dapat dipelajari pada mata kuliah yang terdapat pada jurusan ini.

Yang dipelajari dari jurusan kuliah hubungan internasional adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan jalinan kerja sama antar negara. Semua itu meliputi bidang politik, perdagangan, ekonomi, perdamaian dunia, keamanan dan pertahanan, militer, pendidikan, kesehatan, budaya dan bidang lain sebagainya.

Untuk mengetahui prospek kerja hubungan internasional, penting mengenal mata perkuliahan yang dipelajari oleh mahasiswa jurusan hubungan internasional yang meliputi:

  1. Politik luar negeri
  2. Agensi, kuasa dan politik di Indonesia
  3. Etnografi bangsa-bangsa
  4. Strategi kelautan dan geopolitik kemaritiman
  5. Masyarakat, budaya, dan politik eropa, asia timur, Rusia dan Amerika Latin
  6. Nasionalisme dan fundamentalisme
  7. Kosmopolitan
  8. Geopolitik dan geostrategi
  9. Globalisasi dan strategi
  10. Studi hubungan kultural dunia
  11. Rezim internasional
  12. Masyarakat budaya politik Asia Tenggara
  13. Teori perbandingan politik
  14. Pemikiran politik barat
  15. Manajemen strategik untuk hubungan internasional
  16. Studi perang dan damai
  17. Dinamika hubungan internasional kawasan
  18. Strategi dan tata kelola strategis
  19. Negosiasi dan diplomasi
  20. Sejarah diplomasi
  21. Sistem politik Amerika Serikat, Mandarin dan Perancis
  22. Globalisasi
  23. Minoritas dan integrasi nasional
  24. Negosiasi dan Resolusi konflik
  25. Diplomasi
  26. Teori politik internasional
  27. Teori hubungan internasional
  28. Politik luar negeri dan diplomasi negara Indonesia
  29. Hukum internasional
  30. Organisasi internasional

Dengan banyaknya mata kuliah yang dipelajari oleh jurusan hubungan internasional membuat semakin jelas apa saja materi yang dipelajari oleh mahasiswa HI di kampus.

Disamping itu, ada banyak keuntungan dan kelebihan bagi seseorang memilih jurusan hubungan internasional atau HI. Sehingga banyak lulusan SLTA dan sederajat yang memilih jurusan HI berdasarkan alasan tertentu.

Alasan Memilih Jurusan Hubungan Internasional

Di tengah jaman globalisasi saat ini, ada banyak alasan bagi seseorang memilih jurusan hubungan internasional. Utamanya melalui jalur SBMPTN. Selain karena prospek kerja hubungan internasional, berikut ini beberapa alasan memilih jurusan kuliah ini kampus negeri atau swasta yang perlu diketahui.

1.Persiapan menghadapi era globalisasi yang makin terbuka

Di era globalisasi saat ini seseorang dituntut untuk bisa berkomunikasi secara baik lewat lisan dan tulisan menggunakan bahasa asing. Hal ini dipelajari oleh jurusan hubungan internasional di kampus berdasarkan kebutuhan. Hal inilah yang membuat seseorang dengan yakin memilih jurusan hubungan internasional.

2.Prospek kerja yang luas

Alasan kedua bagi seseorang memilih jurusan kuliah hubungan internasional di kampus adalah prospek kerja hubungan internasional yang sangat luas dan bagus. Ada banyak tawaran peluang kerja bagi lulusan hubungan internasional bergaji besar.

3.Untuk bekerja di lembaga pemerintah dan swasta

Alasan memilih jurusan hubungan internasional selanjutnya adalah peluang kerjanya yang sangat luas pada berbagai lembaga pemerintahan atau swasta. Kantor Kementerian Luar Negeri umumnya membutuhkan secara rutin lulusan hubungan internasional untuk dijadikan sebagai calon diplomat atau duta besar.

Itulah beberapa alasan bagi seseorang dalam memilih jurusan hubungan internasional. Namun yang paling utama dalam prospek kerja hubungan internasional adalah segi yang menjanjikan sekali.

Karakteristik Mahasiswa Jurusan Hubungan Internasional

Untuk bisa mengikuti perkuliahan secara baik pada perkuliahan di jurusan kuliah Hubungan internasional terdapat beberapa karakteristik mahasiswa yang dibutuhkan meliputi:

  1. Suka melakukan analisa
  2. Memiliki pengetahuan yang sangat luas
  3. Berpikir independen, rasional dan kritis
  4. Tekun dan teliti serta rajin
  5. Suka melakukan pemecahan masalah
  6. Mempunyai keterampilan interpersonal dan komunikasi yang  sangat bagus
  7. Menyukai kegiatan penelitian

Sementara itu berkaitan dengan perguruan tinggi negeri (PTN) yang membuka jurusan Hubungan Internasional (HI) antara lain :

  1. UIN Jakarta
  2. Universitas Airlangga
  3. Universitas Indonesia
  4. UNPAD
  5. UGM

Sedangkan kampus swasta yang membuka program studi S1  hubungan internasional, antara lain :

  1. Universitas Muhammadiyah Malang
  2. UNPAR BANDUNG

Prospek Kerja Hubungan Internasional

Prospek kerja hubungan internasional sangat menjanjikan. Berikut ini sejumlah profesi dan pekerjaan yang bisa Anda pilih.

1.Duta Besar atau Diplomat

Pertama, prospek kerja hubungan internasional adalah bekerja sebagai duta besar atau diplomat. Tugas atau pekerjaan sebagai seorang duta besar sangat terhormat dan mulia. Ia sebagai wakil dari suatu negara yang diutus oleh negara asalnya dalam menjaga persahabatan dan kepentingan negaranya di negara lain.

Berkaitan dengan gaji yang bisa diperoleh oleh duta besar atau diplomat lulusan jurusan hubungan internasional dikisaran Rp 4, 6 juta sampai Rp 11 juta perbulan.

Untuk menjadi seorang duta besar ataupun diplomat sebagai wakil suatu negara diperlukan beberapa kemampuan khusus yang meliputi:

  1. Skill menggunakan bahasa asing. Dalam hal ini, seseorang sangat mutlak untuk menguasai bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan dan resmi skala internasional. Di samping itu, memiliki kemampuan berbahasa  lainnya di dunia sangat diperlukan. Seperti bahasa arab, Perancis, Spanyol dll terutama bahasa negara tempatnya diutus  yang berada di negaranya yang ditunjuk.
  2. Skill dalam berkomunikasi secara lisan atau tertulis secara terstruktur, jelas dan formal. Berikutnya kemampuan yang perlu dikuasai oleh seorang calon duta besar atau diplomat adalah kemampuan atau skill dalam  berkomunikasi secara lisan maupun tertulis secara tulisan yang rapi, terstruktur, sistematis, jelas dan singkat
  3. Mempunyai keterampilan publik speaking. Yang tak kalah penting, seorang diplomat atau calon duta besar dituntut untuk memiliki skill berbicara publik speaking atau berbicara di hadapan orang banyak secara baik dan menarik. Hal ini sangat penting dan berguna ketika terutama dipersilakan untuk menjadi penceramah atau pemberi pidato maupun sebagai sumber materi maupun pembukaan peresmian sebuah acara atau konferensi pers.
  4. Untuk terakhir, skill yang dibutuhkan oleh seorang calon diplomat atau duta besar adalah skill interpersonal yang bagus. Selain itu, dibutuhkan juga kemampuan berpikir secara tajam dalam melakukan analisis suatu data secara baik dan benar.

2.Tenaga Pendidik

Prospek kerja hubungan internasional selanjutnya adalah sebagai dosen atau tenaga pendidik di lingkungan perguruan tinggi negeri ataupun swasta. Tenaga dosen jurusan hubungan internasional dibutuhkan oleh sejumlah universitas swasta dan negeri di Indonesia.

Adapun kemampuan yang diperlukan oleh seorang calon dosen hubungan internasional, antara lain :

  1. Melakukan manajemen waktu yang baik
  2. Memiliki tingkat rasa sabar yang tinggi
  3. Mampu memiliki skill analisa yang sangat tinggi dan kritis
  4. Mempunyai kemampuan berkomunikasi dan mengajar mahasiswa yang baik.

3.Politisi

Prospek kerja hubungan internasional  berikutnya sebagai politisi. Pendidikan yang diperoleh oleh lulusan jurusan hubungan internasional sangat luas. Salah satunya mempelajari perpolitikan di dalam negeri dan perpolitikan luar negeri. Hal ini membuat lulusan sarjana hubungan internasional bisa memilih karir sebagai seorang politisi.

4.Penerjemah dan Juru Bahasa

Prospek kerja hubungan internasional yang juga tak kalah menjanjikan adalah sebagai translator (penerjemah) ataupun juru bahasa yang dikenal sebagai interpeter. Adapun yang menjadi pekerjaannya sehari-hari melakukan penerjemahan berbagai dokumen, buku, naskah dan lain-lain ke dalam suatu bahasa asing yang dikuasai oleh lulusan hubungan internasional sesuai permintaan klien.

Seiring dengan perkembangan jaman, profesi sebagai juru bahasa atau penerjemah bisa dilakukan secara online. Untuk bayarannya sangat besar berdasarkan jumlah kata atau halaman. Profesi sebagai translator ataupun interpreter sangat dibutuhkan di era globalisasi sekarang ini.

5.Jurnalis

Yang tak kalah bagus, prospek kerja hubungan internasional adalah sebagai jurnalis atau wartawan. Adapun berita yang diliputnya dapat dalam bidang politik, mancanegara, ekonomi, budaya dan lain sebagainya. Adapun kemampuan yang diperlukan oleh seorang jurnalis bagi lulusan hubungan internasional, antara lain :

  1. Memiliki kemampuan menulis berita atau artikel yang baik
  2. Mampu melaksanakan kegiatan pengaturan waktu yang baik, efektif dan efisien
  3. Mampu menulis dengan teknik free writing ataupun teknik bercerita yang lugas dan sistematis
  4. Mampu menulis dan berpikir secara kritis atas segala sesuatu yang terjadi
  5. Memiliki kecakapan dalam menggunakan berbagai bahasa asing secara lisan dan tulisan

6.Staf Kedutaan

Yang tak kalah bergengsi, prospek kerja hubungan internasional (HI) dapat bekerja sebagai staff kedutaan. Untuk jenis pekerjaan yang dapat dilakukannya seperti staf konsulat, staf politik, maupun staf ekonomi. Untuk besaran gaji yang dapat diterima oleh staf kedutaan berkisar antara 500 dollar USD perbulan. Dikonversi ke dalam mata uang rupiah sekitar Rp 7 juta lebih perbulan.

Untuk menjadi seorang staf kedutaan terdapat beberapa skill yang mesti dimiliki oleh seseorang, antara lain :

  1. Kemampuan  berbahasa asing dari berbagai macam bahasa
  2. Mampu bekerjasama yang baik dalam satu team
  3. Memiliki komunikasi yang baik dan efekif secara tertulis dan lisan

7.Political Analyst

Prospek kerja hubungan internasional yang dapat ditempuh lainnya adalah sebagai political analyst. Profesi ini relatif mudah dijalankan. Dengan syarat mempunyai kemampuan analisis yang tajam dan kritis terhdap kondisi politik di dalam negeri dan luar negeri.

Adapun yang menjadi pekerjaan utamanya adalah menerangkan kepada orang-orang di Kementrian Luar Negeri terkait situasi politik di dunia mancanegara dan nasional bagi pemerintahan Indonesia.

8.PR atau Public Relations

Yang terakhir, prospek kerja hubungan internasional juga bisa memilih profesi sebagai publik relation atau PR. Kemampuan yang sangat diperlukan bagi seorang public relation adalah kemampuannya dalam bercakap-cakap  yang baik di depan khalayak ramai. Profesi ini juga membutuhkan kemampuan menulis yang mumpuni dengan berbagai bahasa.

Itulah beberapa profesi dan pekerjaan yang bisa dilakoni dari seorang lulusan hubungan internasional. Disamping itu, prospek kerja hubungan internasional bisa berbagai macam profesi dan pekerjaan  dapat dijalani sesuai bidang dan keahlian lainnya diluar kemampuan dalam bidang hubungan internasional.

Misalkan lulusan hubungan internasional pun dapat memilih bekerja di lembaga WTO, UNICEF, PBB dan organisasi internasional yang luas lainnya. Bagaimana anda tertarik kuliah pada jurusan hubungan internasional?

Namun berdasarkan penelitian, ada sejumlah syarat atau karakter khusus bagi seseorang untuk bisa masuk kuliah jurusan HI.

Demikian ulasan mengenai prospek kerja hubungan internasional yang bisa kalian pilih. Memilih jurusan kuliah yang tepat sangat penting. Nah, untuk melancarkan usaha yang kamu cita-citakan sangat penting mengikuti les privat SMA sebagai persiapan matang dalam bersaing memperebutkan bangku PTN favorit.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago