Umum

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer, Berapa Sih Gajinya?

Prospek kerja jurusan ilmu komputer menjadi hal yang sangat penting dan menjadi pertimbangan utama para calon mahasiswi baru yang hendak mengambil jurusan ini agar tidak menyesal.

Bagi anda yang tertarik mengambil kuliah jurusan ini maka anda perlu mengetahui dan memahami bagaimana prospek kerjanya. Sehingga setelah lulus kuliah, anda tidak menjadi pengangguran baru.

Jurusan kuliah atau program studi  ilmu komputer adalah program studi yang hadir saat ini ditengah penggunaan komputer yang sudah merajalela. Penggunaan komputer hampir dilakukan oleh setiap orang. Karena itulah prospek kerja jurusan ilmu komputer sangat terbuka luas.

Apalagi ditambah dengan kecanggihan teknologi terbaru yang membuat hadirnya komputer dalam bentuk ponsel yang lebih kecil yang lebih praktis, laptop dan lain sebagainya.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Komputer

Tahukah Anda, bagaimana prospek kerja jurusan ilmu komputer? Komputer sering dipergunakan oleh berbagai kalangan. Seperti kalangan pelajar untuk mengerjakan tugas sekolah ataupun mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah dari dosen serta kalangan pengusaha dan karyawan.

Tak aneh jika saat ini hampir semua pelajar dan mahasiswa mempunyai komputer masing-masing. Segala pekerjaan sekolah dan kuliah semakin mudah dikerjakan dengan kehadiran komputer.

Namun untuk bisa mengoperasikan komputer diperlukan ilmunya tersendiri yang dinamakan ilmu komputer. Ilmu komputer terbagi ke dalam berbagai macam. Pengelompokan secara garis besar adalah ilmu komputer secara software atau perangkat lunak misalkan pemograman maupun ilmu komputer secara hardware atau perangkat keras.

Sedangkan jurusan ilmu komputer adalah program studi yang sangat populer di Indonesia. Prospek kerja jurusan ilmu komputer yang terbuka lebar membuat banyak peminat dari jurusan ini. Karena itu di berbagai daerah di tanah air terdapat berbagai perguruan tinggi swasta atau sekolah khusus ilmu komputer.

Popularitas jurusan ilmu komputer yang meningkat pamornya tak terlepas dari perkembangan terbaru saat ini. Komputer merupakan produk teknologi canggih yang hampir setiap instansi ataupun rumah mempunyai komputer.

Prospek Kerja Ilmu Komputer dan Gajinya

Bagiaman prospek kerja jurusan ilmu komputer? Ilmu komputer pada umumnya sudah diperkenalkan sejak siswa duduk di bangku SMP. Pada waktu jenjang SMP, seorang siswa diberikan kegiatan ekstrakurikuler ilmu komputer. Begitupun pada waktu kuliah, setiap mahasiswa diberikan mata kuliah ilmu komputer. Hal tersebut berguna untuk menunjang kegiatan pembelajaran di kampus berjalan secara lancar dan optimal.

Jurusan ilmu komputer sering dikaitkan dengan jurusan teknik informatika. Jurusan ilmu komputer dan teknik informatika tengah diminati oleh para pelajar lulusan SMA sederajat.

Hal ini karena prospek kerjanya yang sangat menjanjikan dan luas dengan tawaran gaji tinggi. Tawaran gaji yang disediakan bagi lulusan sarjana ilmu komputer fresh graduate dikisaran Rp 4 jutaan sampai Rp 10 juta perbulan.

Ditambah lagi lulusan sarjana ilmu komputer sangat mudah untuk mendapatkan peluang kerja ataupun peluang bisnis. Hampir setiap lembaga atau perusahaan besar maupun kecil membutuhkan sumber daya manusia yang handal dalam bidang komputer. Adapun prospek kerjanya bisa sebagai tukang ketik, administrasi di kantor maupun kontent writer.

Prospek kerja jurusan ilmu komputer memang sangat terbuka. Untuk lebih lengkap, berikut ini rincian jenis pekerjaan yang bisa dilakoni oleh lulusan sarjana  ilmu komputer, antara lain :

  1. Devops Engineer
  2. Software Developer
  3. Software Architect
  4. Security Engineer
  5. Mobile Aplication Developer
  6. Software Development Engineer
  7. Teknisi Jaringan

Ilmu Komputer Belajar Apa?

Sebenarnya ilmu komputer belajar apa? Bagaimana pula prospek kerja ilmu komputer dan gajinya? Ada banyak profesi yang bisa dilakoni oleh lulusan sarjana ilmu komputer memerlukan keterampilan terhadap bahasa  pemrograman. Misalkan PHP, Python, Java, HTML dll.

Sedangkan untuk peluang bisnisnya bisa membuka usaha jasa perbaikan komputer, laptop maupun jasa penginstalan ulang maupun jasa pembersihan virus komputer.  Adapun yang menjadi pasarnya adalah setiap orang yang memiliki komputer atau laptop.

Jurusan ilmu komputer yang terdapat di kampus negeri dan swasta menarik perhatian banyak orang. Terlebih prospek kerja jurusan ilmu komputer yang memang sangat menjanjikan. Lalu ilmu komputer belajar apa saja? Berikut ini beberapa ilmu yang dipelajari oleh program studi ilmu komputer di kampus.

  1. Perangkat lunak komputer atau software
  2. Perangkat keras komputer yang dinamakan hardware
  3. Komputasi komputer

Selain prospek kerja jurusan ilmu komputer yang cerah, penting mengetahui lebih dalam tentang apa yang dipelajari ilmu komputer maka dapat ditelaah mata kuliah yang terdapat pada jurusan ilmu komputer, antara lain:

  1. Analisis algoritma
  2. Analisis numerik
  3. Data science and analytics
  4. Jaringan komputer
  5. Sistem cerdas dan Sistem Digital
  6. Pemograman sistem
  7. Rekayasa Perangkat Lunak
  8. Bahasa dan Teori Automata

Apa yang dipelajari oleh ilmu komputer tampak sama dengan jurusan kuliah pada teknik informatika. Padahal keduanya berlainan dari segi apa yang dikaji. Ilmu komputer berkonsentrasi pada pengkajian ilmu pengetahuan komputer secara ilmiah  atau sains. Sedangkan teknik informatika berfokus pada penerapan ilmu komputer.

Pendek kata, apa yang dipelajari oleh mahasiswa mahasiswi jurusan ilmu komputer adalah seputar komputer itu sendiri dari segi sains yang meliputi perangkat keras, perangkat lunak dan komputasi. Sedangkan pada penerapannya merupakan jurusan tersendiri yang dinamakan dengan nama teknik informatika. Anda yang suka mempelajari komputer maka dapat mengambil jurusan kuliah ilmu komputer.

Berkaitan dengan apa yang dipelajari tentang ilmu komputer maka pelajar yang cocok mengambil program studi  atau jurusan ilmu komputer adalah lulusan SMK jurusan elektronik atau komputer. Karena apa yang dipelajari hampir sama saat sekolah di SMK tapi lebih spesifik dan lengkap lagi.

Universitas Jurusan Ilmu Komputer

Salah satu kelebihan dari jurusan ini adalah prospek kerja jurusan ilmu komputer yang menjanjikan. Lulusan jurusan ilmu komputer dapat bekerja sebagai programmer, game creator, pembuat suatu aplikasi, perancang situs atau website dan lain sebagainya dengan gaji tinggi.

Dalam memilih jurusan kuliah ilmu komputer maka pilihan ada banyak kampus yang bisa dipilih. Mengingat telah banyak PTN ataupun PTS yang membuka program studi ilmu komputer dengan akreditasi A. Apalagi prospek kerja ilmu komputer dan gajinya yang menggiurkan.

Berikut ini beberapa perguruan tinggi negeri dan universitas jurusan ilmu komputer yang bisa anda pilih untuk kuliah.

1.UPI

Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan jurusan kuliah ilmu komputer. Dengan nama besar yang dimiliki kampus negeri ini membuat perkuliahan lebih bermutu baik dibandingkan kampus negeri lainnya.

2.UI

Universitas jurusan ilmu komputer lainnya yang bisa anda pilih untuk dipilih adalah Universitas Indonesia yang berada di Depok. Prospek kerja jurusan ilmu komputer yang cerah membuat lulusan dari jurusan di UI Depok ini mampu terserap oleh dunia kerja sehingga tak mengenal istilah menganggur.

3.IPB

Institut Pertanian Bogor adalah kampus negeri lainnya bagi anda yang mau mempelajari ilmu komputer. Karena di kampus yang terdapat di kota Bogor ini membuka jurusan ilmu komputer dengan akreditasi A.

4.Universitas Lampung

Bagi para pelajar yang berada di daerah Lampung yang berminat mengambil kuliah ilmu komputer maka tak perlu jauh merantau ke daerah lain. Karena di Lampung sendiri terdapat universitas yang membuka jurusan ilmu komputer yang cuikup baik yaitu Universitas Lampung. Apalagi status jurusan sudah terakreditasi A.

5.Universitas Gadjah Mada

Perguruan tinggi negeri dan universitas jurusan ilmu komputer alternatif yang perlu dipertimbangkan lainnya adalah Universitas Gadjah Mada. UGM membuka jurusan ilmu komputer dengan akreditasi A sejak tahun 1987.

6.Universitas Sumatera Utara

Perguruan tinggi di Sumatera Utara yang membuka jurusan ilmu komputer adalah Universitas Sumatera Utara dengan status sudah terakreditasi A. Mengambil jurusan ilmu komputer di kampus ini memberikan prospek kerja jurusan ilmu komputer yang sangat cerah.

Berikutnya perguruan tinggi lainnya yang membuka jurusan ilmu komputer di Indonesia adalah Telkom University, Universitas Negeri Malang, Universitas Atma Jaya Yogyakarta, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, Universitas Islam Indonesia, Universitas Padjadjaran (UNPAD) Bandung, dan lainnya.

Jurusan Ilmu Komputer Terbaik di Indonesia

Disiplin ini merupakan salah satu jurusan kuliah yang banyak diminati orang untuk memanfaatkan prospek kerja jurusan ilmu komputer yang menjanjikan. Namun tak banyak orang yang tahu mengenai tempat atau perguruan tinggi mana saja yang yang terbaik dalam jurusan ilmu komputernya. Secara garis besar terdapat lima perguruan tinggi di Indonesia yang menyediakan jurusan ilmu komputer dengan kualitas terbaik.

Nah, berikut ini lima perguruan tinggi yang memiliki jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia yang wajib Anda tahu.

1.Universitas Indonesia

UI merupakan salah satu kampus negeri yang membuka jurusan kuliah ilmu komputer. Jurusan ilmu komputernya berada di peringkat terbaik dengan status sudah terakreditasi A. Adapun fakultas yang menaunginya adalah Fakultas Ilmu Komputer.

Di perguruan tinggi negeri ini, mahasiswa ilmu komputer akan dididik menjadi tenaga ahli komputer yang siap kerja dan menangkap prospek kerja jurusan ilmu komputer yang cerah.  Pantas saja untuk level Indonesia, jurusan ilmu komputer UI berada di peringkat pertama yang terbaik.

2.Institut Teknologi Bandung

Sebagai kampus negeri terbaik pada jurusan ilmu komputer di Indonesia berikutnya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB). Hal tersebut sangat wajar karena ITB sebagai perguruan tinggi negeri yang terbaik dalam tingkat nasional pada jurusan ilmu komputer di peringkat kedua sesudah UI.

3.Universitas Pendidikan Indonesia

Walaupun Universitas Pendidikan Indonesia fokus dalam melahirkan tenaga pendidik. Namun UPI mampu mencetak generasi-generasi muda yang unggul dalam ilmu komputer. UTamanya untuk mengisi prospek kerja jurusan ilmu komputer yang memang sangat dibutuhkan pasar.

Hal tersebut dibuktikan dengan mahasiswanya banyak menjuarai kejuaraan ilmu komputer tingkat nasional dan international. Sehingga pantas saja ilmu komputer pada UPI termasuk akreditasi A dengan status terbaik peringkat ketiga sesudah UI dan ITB.

4.Binus University

Peringkat keempat yang menempati jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia adalah Binus University. Statusnya kalah dari UI, ITB dan UPI dengan status akreditasi masih B.

5.Universitas Brawijaya

Peringkat terakhir kampus yang mempunyai jurusan ilmu komputer paling bagus di tanah air adalah Universitas Brawijaya.  Status akreditasinya sama dengan Binus University yang masih B.

Demikianlah jurusan ilmu komputer terbaik di Indonesia. Dengan mengetahui hal itu, bagi anda yang berminat untuk kuliah di jurusan ilmu komputer maka bisa memilih mengambil kuliah secara berurutan di UI, ITB, UPI, Binus University atau Universitas Brawijaya. Dengan mengambil jurusan kuliah ilmu komputer terbaik maka masa depan dan prospek kerja jurusan ilmu komputer akan lebih terjamin dengan baik.

Gelar Lulusan Ilmu Komputer

Tahukah Anda apa gelar lulusan ilmu komputer? Gelar akademik yang disandang oleh sarjana yang sudah lulus kuliah menandakan segi kompetensi yang dimilikinya. Setiap jurusan kuliah memiliki gelar masing-masing.

Misalkan seseorang yang telah menyelesaikan pendidikan S1 program studi hukum Islam maka berhak meraih gelar sarjana hukum Islam (SHI). Sedangkan bagi lulusan jurusan pendidikan berhak mendapatkan gelar sarjana pendidikan (S.Pd).  Adapun lulusan kuliah jurusan sistem informasi maka berhak mendapatkan gelar S.Si.

Sementara itu, bagi mereka yang mengambil jurusan komputer maka berhak menyandang gelar sarjana komputer (S.Kom).  Sedangkan bagi mereka yang mengambil jurusan ilmu komputer dan menyelesaikan proses pendidikan selama empat tahun atau delapan semester pada jenjang S1 maka berhak meraih gelar Sarjana Ilmu Komputer (S.Kom).

Pemberian gelar lulusan ilmu komputer tersebut diberikan oleh pihak universitas berwenang dan pemerintah untuk menampilkan kompetensi yang dimilikinya untuk menyesuaikan pada prospek kerja jurusan ilmu komputer.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

11 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago