Umum

Puncak Kebudayaan Adalah: Pengertian dan Contoh Konsepnya

Puncak kebudayaan adalah tingkatan tertinggi dari suatu kebudayaan. Setiap masyarakat atau negara tentu mempunyai puncak kebudayaannya masing-masing. Begitu pula Indonesia yang memiliki puncak kebudayaan yang berbeda dengan negara lainnya.

Berdasarkan sejarah perjuangan bangsa, puncak kebudayaan Indonesia sejak dulu sampai sekarang adalah kebudayaan nasional. Secara rinci lagi,  puncak kebudayaan Indonesia dibentuk dari komponen kebudayaan-kebudayaan luhur di berbagai daerah di seluruh Nusantara.

Mengenal Puncak Kebudayaan Adalah

Proses puncak kebudayaan adalah bertingkat. Dari level bawah berupa kebudayaan daerah yang terkumpul. Lalu dipilah pilih yang terbaik tersebut. Dilanjutkan untuk diambil intisarinya. Intisari dari berbagai kebudayaan di tanah air terangkum dalam Pancasila. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwasanya salah satu puncak kebudayaan di Indonesia adalah Pancasila.

Pancasila mengandung lima dasar. Yang dimulai dari sila pertama, Ketuhanan Yang Maha Esa. Bahwa negara Indonesia adalah negara dengan para penduduknya beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa. Indonesia juga dihuni oleh para penduduknya yang mempunyai agama sesuai keyakinannya masing-masing.

Ada lima agama yang diakui di Indonesia secara resmi yaitu agama Islam, agama Kristen Katolik dan Kristen Protestan, agama Hindu, agama Budha dan Konghucu. Untuk agama dengan jumlah penganut paling banyak di Indonesia adalah agama Islam.

Negara Indonesia menjamin kebebasan setiap warga negara Indonesia untuk memeluk agamanya masing-masing menurut kepercayaan dan keyakinannya. Hal ini sesuai dengan sila pertama yakni Ketuhanan Yang Maha Esa. Selain itu, salah satu hak asasi manusia adalah untuk beragama.

Dalam kehidupan, setiap warga negara Indonesia harus memiliki salah satu agama. Karena setiap orang Indonesia mesti beriman kepada Tuhan yang menciptakan manusia, langit dan bumi.

Indonesia adalah negara kepulauan dari Sabang sampai Merauke. Berjajar pulau-,pulau menjadi satu kesatuan dalam negara Republik Indonesia. Setiap pulau memiliki kekayaan budaya dan alam masing-masing. Sehingga Indonesia termasuk salah satu negara dengan kekayaan alam dan budaya paling besar di dunia.

Kekayaan budaya berbagai macam terangkum dalam puncak kebudayaan adalah kebudayaan Pancasila. Sehingga Pancasila termasuk falsafah dan budaya bangsa Indonesia.

Negara Indonesia yang kaya terhadap berbagai kebudayaan dari beraneka ragam suku, etnis, dan bahasa membuat Indonesia cukup diperhitungkan dalam kancah pariwisata dunia. Keindahan Indonesia bukan hanya secara fisik dari pemandangan alamnya yang elok rupawan. Tapi juga dari segi kekayaan budaya.

Puncak kebudayaan adalah dari kebudayaan-kebudayaan lokal di daerah. Puncak kebudayaan Indonesia disebut juga dengan kebudayaan daerah. Kemudian disaring hingga dimasukkan ke dalam kebudayaan nasional. Seiring dengan penggalian kearifan kebudayaan lokal Indonesia terkumpulah puncak kebudayaan tertinggi Indonesia. Kemudian diberi nama Pancasila.

Puncak kebudayaan adalah salah satu tanda ciri khas kebudayaan yang terdapat di Indonesia. Yang menjadi ciri khas kebudayaan Indonesia adalah sangat ramah terhadap pendatang baru dari dalam negeri atau luar negeri. Tamu yang datang ke suatu tempat diperlakukan secara baik.

Menurut anggapan orang Indonesia bahwa setiap tamu harus diperlakukan baik. Pemikiran tersebut didukung pula oleh agama Islam yang menyuruh seorang muslim wajib memuliakan tamu.

Puncak kebudayaan adalah Pancasila. Namun bukan berarti Pancasila adalah agama. Agama merupakan keyakinan dan nilai-nilai yang berasal dari Allah SWT, seperti agama Islam. Sedangkan Pancasila adalah produk buatan manusia.

Bagi orang Indonesia tidak usah bingung dalam mencari kebudayaan terbaik bagi dirinya. Salah satu hal yang bisa dipilih dalam puncak kebudayaan adalah Pancasila. Pancasila mengandung nilai-nilai dan kebudayaan luhur. Hal ini dimulai dari sila pertama hingga sila kelima dari Pancasila.

Pengertian Puncak Kebudayaan Adalah

Manusia adalah makhluk yang berbudaya dan mempunyai kebudayaan tersendiri. Bagi orang Indonesia mempunyai kebudayaan nasional adalah suatu prestisius. Kebudayaan nasional berasal dari kebudayaan lokal di tiap daerah. Namun diantara kebudayaan lokal yang banyak tersebut hanya yang dipilih adalah kebudayaan yang terbaik.

Pengertian puncak kebudayaan adalah kebudayaan terbaik yang dimiliki oleh bangsa Indonesia. Untuk contoh puncak kebudayaan kita adalah kebudayaan nasional.

Pengertian puncak kebudayaan nasional adalah kebudayaan yang berada di lingkungan Indonesia yang secara resmi telah diakui oleh bangsa Indonesia sendiri sampai bangsa lain dari luar negeri.

Puncak kebudayaan nasional kita adalah Pancasila yang terbukti hebat dan memiliki  kesaktian. Salah satu bukti Pancasila diakui kehebatannya adalah fakta mampu mempersatukan bangsa yang majemuk.

Budaya ini berlanjut ke dalam satu bangsa Indonesia.  Beberapa kali ideologi Pancasila hendak diganti dengan ideologi lain. Tapi berakhir dalam kegagalan. Inilah yang secara tak langsung disebut dengan nama kesaktian Pancasila.

Puncak kebudayaan bangsa Indonesia adalah Pancasila. Hal ini dijelaskan lebih rinci pada Tap MPR Nomor II tahun 1998. Pengertian puncak kebudayaan adalah mesti berlandaskan ideologi Pancasila. Pancasila sebagai bentuk karsa, karya dan cipta bangsa Indonesia.

Puncak kebudayaan akan mampu mengangkat harga diri, harkat dan martabat manusia. Kebudayaan nasional sebagai puncak kebudayaan adalah Pancasila sangat didukung oleh segenap masyarakat Indonesia.

Pancasila Sebagai Puncak Kebudayaan

Dalam pembentukan negara Indonesia, para pendiri bangsa Indonesia menggali nilai-nilai dan budaya-budaya luhur bangsa Indonesia. Setelah diamati dapatlah ditarik kesimpulan budaya-budaya luhur Indonesia. Hal tersebut dituangkan dalam Pancasila sebagai dasar negara dan falsafah hidup bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai produk kebudayaan Indonesia yang diciptakan dari nilai-niai yang dijunjung tinggi oleh bangsa Indonesia. Pada jaman dulu sampai sekarang ini, nilai-nilai dalam Pancasila melandasi kehidupan bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai puncak kebudayaan adalah menjadi ciri khas bangsa Indonesia. Disamping itu, Pancasila sebagai kebanggaan bagi bangsa Indonesia. Bangsa-bangsa lain memuji keberadaan Pancasila yang mampu menyatukan keberagaman etnis dan budaya Indonesia.

Pancasila didapatkan dari kebudayaan lokal atau daerah. Pancasila sebagai identitas bangsa Indonesia sekaligus puncak kebudayaan adalah bersifat nasional. Pancasila dalam skala lebih luas selaras dengan cita-cita negara yang tidak diragukan lagi kekuatan dan kesaktiannya. Adapun tujuan pembentukan negara adalah memajukan kehidupan bangsa Indonesia.

Pancasila sebagai puncak kebudayaan adalah mempunyai banyak fungsi dan manfaat. Seperti Pancasila sebagai identitas bangsa dan negara Indonesia. Hal ini dilanjutkan dengan manfaat dan fungsi berikut dari ideologi Pancasila sebagai alat pemersatu dan perekat bangsa Indonesia. Fungsi yang terakhir, fungsi dan manfaat Pancasila sebagai pembangkit semangat nasionalisme.

Contoh Konsep Puncak Kebudayaan

Kebudayaan nasional yang terdapat di Indonesia mempunyai puncak kebudayaannya. Puncak kebudayaan nasional terdiri-dari berbagai bidang. Berikut ini beberapa contoh konsep puncak kebudayaan nasional yang penting untuk diketahui generasi penerus.

1.Peninggalan bersejarah

Salah satu contoh konsep puncak kebudayaan nasional adalah peninggalan bersejarah. Untuk wujudnya yaitu Candi Prambanan dan Candi Borobudur.

2.Masakan Indonesia

Pada puncak kebudayaan nasional berikutnya adalah masakan nasional khas Indonesia. Seperti nasi kuning, nasi padang, makanan rendang padang, dan lain sebagainya.

3.Kesenian nasional

Bangsa Indonesia sangat menyukai kesenian. Di tengah aktifitasnya seringkali melantunkan kesenian. Setiap daerah mempunyai kesenian lokal masing-masing. Salah satu contoh konsep puncak kebudayaan adalah kesenian nasional. Yang meliputi kesenian wayang kulit

4.Alat musik nasional

Contoh konsep puncak kebudayaan nasional berikutnya adalah alat musik nasional. Alat musik adalah sarana kesenian. Kesenian Indonesia mampu berbicara banyak dalam kancah internasional. Salah satu contoh konsep puncak kebudayaan adalah dalam bidang alat musik yakni gamelan.

5.Rumah adat nasional

Contoh konsep puncak kebudayan nasional selanjutnya adalah rumah adat nasional. Rumah adalah tempat berlindung dari kepanasan dan kehujanan. Untuk memenuhi kebutuhan manusia, bangsa Indonesia membangun rumah dengan ciri khas masing-masing berdasarkan wilayah. Salah satu contoh rumah adat nasional adalah rumah gadang ataupun rumah joglo.

6.Pakaian nasional

Terakhir, contoh konsep puncak kebudayaan adalah bidang pakaian yang dikenakan. Setiap daerah memiliki pakaian ciri khas. Kemudian yang dipilih yang terbaik menjadikan pakaian nasional. Salah satu contoh pakaian nasional adalah pakaian batik yang menjadi ciri khas pakaian bagi bangsa Indonesia.

Puncak Kebudayaan Daerah Adalah

Puncak kebudayaan daerah adalah suatu kebudayaan yang bersifat lokal atau daerah. Namun begitu budaya daerah bisa menjadi kebudayaan nasional. Salah satu syaratnya adalah memiliki sifat universal.

Kebudayaan daerah mampu memberikan sumbangan penting bagi kebudayaan nasional. Dari kebudayaan  daerah terbentuk kebudayaan nasional. Untuk menjadikan suatu kebudayaan nasional, kebudayaan daerah yang dipilih mesti bermutu tinggi dan langka.

Kebudayaan daerah Indonesia adalah sebuah kebudayaan yang memiliki ciri khas ketimuran. Di dalamnya terkandung unsur-unsur kerjasama, gotong royong, musyawarah untuk mufakat, perasaan dan rohani.

Sedangkan menurut Poerbatjaraka, kebudayaan daerah adalah pondasi kebudayaan nasional. Sehingga kebudayaan nasional diperoleh dari kebudayaan daerah yang luhur.

Adapun menurut Ki Hajar Dewantara, kebudayaan daerah yang mewujud jadi kebudayaan nasional merupakan puncak kebudayaan adalah yang sesungguhnya.

Sementara itu, menurut Koenjaraningrat, puncak kebudayaan daerah adalah sebuah kebudayaan Indonesia yang buatan anak bangsa Indonesia.

Sedangkan untuk ciri-ciri puncak kebudayaan adalah bersifat daerah atau lokal, antara lain:

  1. Hasil kebudayaan masyarakat lokal daerah Indonesia
  2. Hasil kebudayaan pada masyarakat jaman dulu sampai sekarang
  3. Kebanggaan daerah

Demikianlah pengertian puncak kebudayaan daerah dan ciri-cirinya. Dengan demikian, kebudayaan daerah pun mampu menyuguhkan identitas daerah masing-masing.

Dari kebudayaan daerah akan tercipta kebudayaan nasional. Kebudayaan daerah yang berperan sebagai kebudayaan nasional berperan sebagai pemersatu bangsa Indonesia. Hal ini tak terlepas dari bangsa Indonesia adalah bangsa yang majemuk terdiri-dari suku, budaya dan bahasa daerah.

Puncak-Puncak Kebudayaan Daerah di Indonesia

Kebudayaan di setiap daerah yang terdapat di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing. Semua kebudayaan daerah tersebut menjadi puncak kebudayaan adalah di Indonesia yang digunakan secara nasional.

Lantas apa saja puncak-puncak kebudayaan daerah di Indonesia? Nah, berikut ini penjelasannya yang penting kalian ketahui.

1.Alat Musik

Puncak kebudayaan daerah terdapat juga pada alat musik. Seperti alat musik gong, gamelan, gendang dan angklung dari daerah Jawa Barat. Sedangkan untuk alat musik Sasando berasal dari daerah Pulau Rote.

Seiring dengan perkembangan jaman, alat musik daerah tersebut mengalami perkembangan jaman. Gamelan masih menjadi alat musik daerah yang terbanyak disukai orang. Dilanjutkan dengan alat musik angklung.  Semua alat-alat musik tersebut merupakan buah karya dari puncak kebudayaan adalah secara lokal atau daerah dan nasional.

2.Lagu Daerah

Ada berbagai macam lagu sebagai puncak-puncak kebudayaan daerah di Indonesia, antara lain :

  • Rasa Sayange dari daerah Maluku
  • Manuk Dadali dari propinsi Jawa Barat

3.Rumah Adat

Rumah adat di Indonesia terdiri-dari rumoh Aceh, Rumah Balai Batak Toba, Rumah Panggung, Rumah Panjang, Rumah Adat Boyang di Sulawesi Barat, Rumah Rakit di Bangka Belitung, Rumah Tambi di Sulawesi Tengah dan rumah adat lainnya.

Demikian ulasan tentang pengertian puncak kebudayaan adalah, baik nasional maupun daerah, beserta contoh konsepnya. Sebagai generasi muda kalian wajib mengenal dan mengetahui tentang kebudayaan kita. Untuk itu kalian bisa memperdalamnya melalui layanan imbel atau les privat yang ada di daerah kalian.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

11 jam ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

1 hari ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

3 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago