Umum

Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik di Dunia

Ada banyak rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia maupun di Indonesia. Adanya lembaga pendidikan semacam ini tentunya akan memberikan banyak pilihan bagi para orang tua dalam memilih dan memberikan pendidikan terbaik untuk anak-anaknya.

Negara Indonesia menjamin setiap warga negaranya berhak memperoleh hak asasi pendidikan. Mendapatkan pendidikan yang baik adalah hak asasi setiap orang termasuk anak-anak yang tertuang dalam amanat pembukaan UUD 1945.

Oleh sebab itu, untuk menjamin setiap warga negara Indonesia bisa mendapatkan pendidikan yang baik maka pemerintah dan lembaga swasta mendirikan lembaga pendidikan non formal dan sekolah formal. Dari mulai tingkat PAUD, TK, SD, SMP, SMA sampai perguruan tinggi.

Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Dengan pendidikan maka seseorang bisa berubah menuju arah yang lebih baik. Pendidikan yang diharapkan seperti ini adalah pendidikan terbaik. Pendidikan terbaik lahir dari sekolah terbaik.

Rekomendasi Sekolah Internasional Terbaik di Dunia

Siapa sih orangtua yang tidak menginginkan anaknya cerdas dan bersikap mandiri serta sanggup menghadapi tantangan perkembangan di jaman datang? Pastinya setiap orang tua mengharapkan anak yang demikian. Karena seiring perubahan jaman maka tantangan hidup semakin berkembang.

Setiap orang dituntut untuk berubah menyesuaikan perkembangan jaman. Semua itu tidak bisa dilakukan dengan berpangku diri. Namun harus ada upaya yang  bisa dilakukan oleh orangtua. Salah satunya adalah memasukkan anak tercintanya berdasarkan rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia.

Seiring dengan jaman pasar bebas dan globalisasi yang semakin terbuka lebar membuat berbagai sekolah internasional dari luar negeri bisa berdiri di Indonesia. Mereka menamakan sekolah internasional dengan kurikulum internasional. Namun tidak selamanya sekolah internasional tersebut memiliki kualitas baik. Sebagian diantara sekolah internasional ada yang kurang maksimal memberikan pelayanan pendidikan yang baik kepada peserta didik.

Sekolah internasional umumnya dikenal masyarakat sebagai sekolah terbaik. Lembaga pendidikan semacam ini memiliki beragam fasilitas lengkap dengan guru yang handal dan profesional. Karena itulah sekolah internasional biasanya menerapkan biaya pendidikan yang lebih mahal dari biaya sekolah lokal dan pemerintah.

Perbedaan Sekolah Internasional dan Nasional

Sekolah internasional adalah sekolah unggulan yang berusaha mencetak siswa siswi agar bisa bersikap dalam positif menghadapi tantangan jaman secara internasional. Sehingga kurikulum yang diberikan adalah kurikulum internasional.

Yang kadang membuat bingung orang awam adalah dimana letak perbedaan antara sekolah internasional dengan sekolah nasional. Perbedaan yang utama dari segi kurikulum yang diberikan. Sekolah internasional menggunakan kurikulum internasional dan behasa pengantar menggunakan bahasa inggris.

Setiap peserta didik dibiasakan untuk berbincang-bincang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan internasional. Sedangkan sekolah nasional menggunakan bahasa pengantar bahasa Indonesia dengan kurikulum yang digunakan adalah kurikukulm nasinonal yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional RI.

Hal yang paling membedakan lainnya antara sekolah internasional dengan sekolah nasional adalah dari segi guru atau tenaga pengajar. Sekolah Internasional umumnya menggunakan tenaga guru dari luar negeri yang mempunyai kompetensi terhadap mata pelajaran yang diajarkannya. Hal tersebut berbeda dengan sekolah nasional negeri dan swasta yang umumnya memakai tenaga pengajar dari dalam negeri.

Hal yang paling membedakan antara sekolah internasional dan nasional dari segi pembelajaran. Sekolah internasional lebih mengedepankan pendidikan yang lebih profesional dan humanistik. Para peserta didik tidak diajarkan untuk bersikap pasif. Justru sekolah internasional mendorong siswa siswi agar bisa menjadi sosok pribadi kreatif dan aktif dalam proses pembelajaran.

Pembeda lainnya, sekolah internasional mempunyai banyak jurusan. Yang membuat siswa siswi dapat mengambil jurusan lainnya di samping jurusan IPA dan IPS. Berbeda dengan sekolah nasional biasa negeri dan swasta yang menitikberatkan mata pelajaran pada kelompok studi IPA atau IPS.

Yang menjadi pembeda lainnya, sekolah internasional selalu memberikan latihan  tugas kepada peserta didik berupa kegiatan untuk melakukan observasi penelitian atau riset ilmiah. Pada akhir pelajaran akan diberikan ujian yang bukan hanya UTS atau UAS.

Pelaksanaan ujian lainnya seperti ujian CIE atau ujian IB. Bentuk ujian tidak seperti ujian sekolah pada sekolah nasional. Tes ujian ini bisa berupa soal yang mesti dijawab dengan uraian atau esai. Sedangkan porsi paling banyak bentuk ujian berupa pembuatan makalah.

Salah satu harapan orangtua adalah anaknya dapat menuntut ilmu di tempat terbaik. Diharapkan sang anak bisa belajar mandiri, terampil, cekatan, kreatif dan bisa berpengetahuan luas serta mempunyai akhlak yang baik. Ada berbagai macam lembaga pendidikan yang menyediakan hal tersebut. Seperti Sekolah Terpadu Islam, Sekolah Negeri, Sekolah Swasta Unggulan, dan Sekolah Internasional.

Sekolah Internasional Terbaik di Dunia

Jika anda harus memilih sekolah internasional maka pilihlah yang terbaik. Bukan hanya terbaik di Indonesia tapi di dunia.  Untuk mendapatkan sekolah internasional terbaik sekarang ini cukup mudah dengan kehadiran teknologi internet. Anda bisa searching di Google dan melihat situs sekolah internasional yang anda tuju dengan mencermati sarana dan fasilitas serta layanan pendidikan lainnya.

Nah, berikut ini beberapa rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia yang perlu anda ketahui.

1.ACG Schools New Zealand

ACG Schools New Zealand adalah sekolah internasional yang dipimpin oleh sejumlah pakar pendidikan nomor satu dunia. Saat ini, ACG Schools New Zealand sudah berdiri di sejumlah negara di dunia. Seperti Vietnam, Jakarta, Sunderland, Strathallan, Tauranga, dan Parnell.

Yang diajarkan pada siswa-siswi di sekolah internasional ini sangat banyak dan menantang. Meliputi keterampilan kepemimpinan, seni, olahraga,dan pendidikan akademik. Tak tanggung-tanggung yang menjadi fokus tujuan pendidikan adalah menjadikan para peserta didiknya menjadi nomor satu dalam pendidikan yang dijalaninya dalam skala global.

ACG Schools New Zealand membuka layanan pendidikan dari level Preschool, Primary sampai College. Para siswa dilatih untuk bersikap mandiri, kreatif dan inovatif dengan penguasaan bahasa inggris yang baik. Adapun kurikulum yang diberikan mengambil dari kurikulum terbaik skala internasional.

Dengan kurikulum taraf internasional yang diberikan akan memudahkan siswa siswinya untuk menempuh peruguruan tinggi terbaik di dunia internasional dan mengembangkan karir pekerjaannya.

2.Middlesex School Amerika Serikat

Sekolah internasional terbaik berikut adalah Middlesex School Amerika Serikat yang merupakan sekolah menengah atas berasrama intenasional yang bersifat mandiri khusus peserta didik kelas sembilan sampai dua belas. Para siswa akan dibekali dengan keterampilan ilmu yang membuat siswa bisa hidup mandiri, disiplin, kreatifitas tinggi dan percaya diri dalam keseharian.

Adapun yang menjadi visi dan misi dari Middlesex School Amerika Serikat adalah untuk menciptakan kecintaaan peserta didik terhadap belajar pada disiplin ilmu yang sedang dipelajarinya. Seperti sains atau seni rupa.

3.United World College of South East Asia Singapura

Peringkat ketiga, rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia ditempati oleh United World College of South East Asia, Singapura yang merupakan sekolah internasional yang berasal dari Singapura. Sekolah Singapura ini akan melatih para peserta didik dari segi kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual. Disiplin ilmu yang dipelajarinya sangat lengkap mencakup pendidikan jasmani, teknologi, humaniora,seni, sains, matematika dan bahasa.

Sistem pendidikan yang diajarkan pada United World College of South East Asia, Singapura bekerjasama dengan UNESCO yang akan melatih siswa siswi agar bisa melanjutkan kuliah ke universitas terbaik di dunia secara baik sekaligus bisa bersikap mandiri, inovatif, dan kreatif di kehidupan nyata serta terpacu untuk belajar seumur hidup.

4.Lawrence Academy, Amerika Serikat

Rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia di urutan keempat adalah Lawrence Academy yang berasal dari Amerika Serikat. Sekolah internasional berkelas internasional tersebut membatasi penerimaan jumlah peserta didik dari kelas 9 hingga 12 sebanyak 400 peserta didik. Hal tersebut diciptakan agar proses belajar mengajar di sekolah dapat lebih efektif dan efisien.

Sekolah Lawrence Academy, Amerika Serikat sudah dibangun sejak tahun 1793. Dengan modal pengalaman yang sangat lama dalam dunia pendidikan itulah membuat sekolah internasional Lawrence Academy, Amerika Serikat menjadi yang terbaik di kelasnya.

Adapun yang menjadi fokus utama  dalam pembelajaran di sekolah Lawrence Academy, Amerika Serikat adalah menciptakan generasi muda yang cerdas, memiliki sifat empati yang tinggi, mempunyai kepercayaaan diri yang kuat, terampil dan berpengetahuan secara luas serta mampu berkiprah di tengah masyarakat secara baik dan positif.

Sekolah Internasional Terbaik di Indonesia

Salah satu yang diharapkan oleh setiap orang tua adalah anak tercintanya bisa tumbuh kembang secara sehat, cerdas dan mempunyai bekal pengetahuan dan keterampilan yang memadai dalam menghadapi masa sekarang dan masa datang. Salah satu langkah utama yang sering dilakukan oleh orangtua adalah memasukkan anaknya ke sekolah internasional terbaik di Indonesia yang ada di kota terdekat.

Dunia  pendidikan di Indonesia semakin bergeliat dengan pesat. Bukan hanya dari segi teknologi pendidikan yang bertambah canggih. Tapi juga dari sistem pendidikan dan aneka ragam institusi pendidikan yang menjamur di Indonesia. Hal tersebut seiring diizinkannya sejumlah  sekolah dari luar negeri untuk membuka cabang di Indonesia yang dinamakan sekolah internasional.

Dengan kehadiran sekolah internasional di Jakarta misalnya membuat lebih banyak pilihan sekolah bagi seorang anak yaitu ia bisa bersekolah di sekolah negeri atau swasta dengan menggunakan kurikulum nasional maupun bersekolah di sekolah yang mengggunakan kurikulum internasional yang sering disebut sekolah internasional.

Para orang tua bisa memilihkan sekolah bagi anaknya antara sekolah yang mengggunakan kurikulum nasional ataupun sekolah internasional bagi anaknya sesuai dengan keinginan orangtua atau kebutuhan anaknya.

Sekolah Internasional adalah sekolah yang menggunakan kurikulum internasional. Misalkan kurikulum International Baccalaurate (IB) atau Cambridge International. Pandangan masyarakat bahwa sekolah internasional adalah sekolah elit yang berkualitas baik dalam segi metode pembelajaran bagi anak di sekolah. Atas hal itulah banyak orangtua yang memilih rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia.

Pendek kata, yang membedakan antara sekolah internasional dan sekolah nasional biasanya dari segi kurikulum yang dipakainya. Sekolah Internasional menggunakan kurikulum internasional yang berkelas dunia.  Seperti Edexcel,Cambridge International Education dan IB. Sekolah Internasional adalah sekolah yang resmi mendapatkan persetujuan dari lembaga kurikulum internasional tersebut.

Sementara itu sekolah nasional adalah sekolah yang menjalankan sistem belajar mengajar dengan mengacu pada kurikulum nasional yang dibuat dan disusun oleh pemerintah atau  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Yang membedakan antara sekolah internasional dan nasional dapat dilihat dari fasilitas yang tersedia juga. Sekolah Internasional memiliki fasilitas yang lengkap sekali. Hal tersebut tak terlepas dari taraf sekolah internasional yang mengharuskannya. Seperti adanya food court, perpustakaan yang lengkap dengan aneka koleksi buku, ruang laboratorium, ruang praktek dan keterampilan, lapangan olahraga, wc yang nyaman, lahan parkir yang luas dan aman, ruangan kelas ber AC dll.

Sedangkan fasilitas di sekolah nasional negeri umumnya terbatas. Beberapa fasilitas mungkin kurang terawat dengan baik dan kurang komplit. Hal tersebut karena fasilitas di sekolah negeri harus mendapatkan persetujuan dari pemerintah yang memiliki dana terbatas dan ijin berjenjang.

Berikut ini beberapa sekolah internasional terbaik di Indonesia yang juga bisa menjadi referensi Anda.

  1. Gandhi Memorial Internasional School
  2. Jakarta Intercultural School
  3. Sampoerna Academy Sentul
  4. Singapore Intercultural School
  5. ACG Jakarta
  6. Surabaya European School
  7. The Intercultural School of Bogor
  8. British International School

Rekomendasi sekolah internasional terbaik di dunia bisa menjadi pilihan orang tua bagi anaknya untuk menempuh pendidikan yang terbaik. Karena sistem pengajaran dan pendidikan di sekolah internasional dikenal sebagai yang terbaik dan dapat menghasilkan peserta didik yang terampil, cerdas dan mampu berkiprah secara mandiri dalam skala internasional.

Yusuf C

Recent Posts

Mempelajari Hewan Avertebrata: Pengertian, Ciri-Ciri, Klasifikasi, Sistem Produksi, dan Contohnya

Hewan Avertebrata merupakan kelompok hewan yang tidak memiliki tulang belakang yang mendominasi kehidupan di Bumi.…

2 jam ago

Penjelasan Lengkap Kalimat Intransitif: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contoh

Apakah Anda pernah merasa bingung saat menemui kalimat intransitif dalam bahasa Indonesia? Banyak orang mengalami…

1 hari ago

Penjelasan Lengkap Mengenai Kalimat Transitif: Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Contohnya

Anda pernah merasa bingung dengan konsep kalimat transitif? Kalimat transitif yang merupakan pondasi penting dalam…

2 hari ago

Mengenal Organ Gerak Hewan: Pengertian, Fungsi, Komponen dan Contohnya

Organ gerak hewan merupakan struktur vital yang memungkinkan mereka bergerak dengan grasi dan efisiensi. Namun,…

3 hari ago

Mengenal Organ Gerak Manusia: Pengertian, Fungsi, Kelainan, Gangguan, dan Contohnya

Masalahnya, organ gerak manusia seringkali diabaikan dalam kehidupan sehari-hari, tanpa kita sadari betapa pentingnya peran…

4 hari ago

Pentingnya Memahami Morfologi dan Semantik dalam Berbahasa

Morfologi dan semantik merupakan dua pilar penting dalam memahami bahasa, bagaikan dua sisi mata uang…

5 hari ago