Umum

Resolusi Tahun Baru Anak Sekolah dan Contohnya

Resolusi tahun baru anak sekolah penting ditanamkan pada siswa dan pelajar. Selain sebagai tonggak awal untuk kebangkitan semangat baru, resolusi juga berguna untuk merangsang harapan yang ingin diwujudkan pada tahun baru. Pastinya ada sejumlah cita-cita anak sekolah pada tahun baru ini.

Tahun baru, baru saja kita masuki. Ada banyak harapan seorang pelajar di tahun 2022 yang baru berjalan beberapa hari. Seperti mendapatkan ranking pertama di sekolah, mendapatkan prestasi yang baik dalam bidang olahraga yang diminatinya, menguasai bahasa Inggris, dan lain-lain. Namun resolusi tersebut bukan hanya sekedar cita-cita tapi harus diwujudkan dengan melakukan serangkaian tindakan nyata untuk mewujudkannya.

Tahun 2021 telah kita tinggalkan dengan dipenuhi kenangan manis dan pahit. Sudah banyak hal yang telah kita lewati pada tahun 2021. Apa-apa yang telah anda lalui dan lakukan di tahun 2021 menjadi sebuah kenangan dan sejarah. Sekarang di tahun 2022 anda bisa membuat sejarah lembaran baru yang tentu kehidupan anda diharapkan lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Salah satu kenangan di tahun 2020 adalah masa permulaan terjadinya wabah pandemi Covid-19 yang tak hanya terjadi di Indonesia tapi juga seluruh dunia. Sistem pendidikan di sekolah berubah secara drastis dari model tatap muka secara langsung menjadi dengan sistem daring dari rumah. Sebuah perubahan total yang belum pernah kita lakukan sebelumnya.

Tahun 2020 dan 2021 merupakan masa penuh tantangan dan cobaan khususnya dalam dunia pendidikan. Proses belajar mengajar dilakukan di rumah terkait upaya untuk menghentikan penyebaran virus Corona.

Setiap orang dianjurkan untuk belajar dan beraktivitas dari rumah serta menjaga kesehatan dengan baik dengan menerapkan prosedur kesehatan yang ketat. Seperti mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak aman, dan menghindarkan kerumunan dll.

Wabah pandemi Covid-19 pada tahun 2020 dan 2021 membawa dampak pada kehidupan dunia ekonomi dan pendidikan di masyarakat. Yang paling nyata, sistem pengajaran dijalankan secara online jarak jauh tanpa ada tatap muka. Hal tersebut berlangsung lama sampai pemerintah mulai membuka kembali pengajaran secara tatap muka secara bertahap pada akhir tahun 2021.

Cobaan yang dihadapi oleh dunia pendidikan di Indonesia pada tahun lalu cukup berat. Sekarang di tahun 2022 merupakan momen yang tepat untuk melakukan intropeksi, mengevaluasi dan menata ulang diri supaya pada tahun baru ini kehidupan dalam dunia pendidikan bisa lebih baik lagi.

Resolusi Tahun Baru Anak Sekolah

Anda yang sekarang menjadi pelajar tentu mempunyai harapan dan resolusi di tahun baru sekarang ini. Tahun 2022 yang baru anda masuki merupakan saat yang tepat untuk membuat resolusi-resolusi baru terhadap jenjang target sekolah atau kuliah maupun kehidupan anda seluruhnya.

Berikut ini beberapa resolusi tahun baru anak sekolah yang bisa dibuat untuk kehidupan yang lebih baik di masa sekarang, antara lain :

1.Kehidupan yang Lebih Sehat

Salah satu resolusi yang dapat dibuat oleh anda sebagai seorang pelajar adalah mendapatkan kehidupan yang lebih sehat di tahun 2022. Dengan bekal kesehatan yang baik maka proses belajar akan berjalan maksimal dan bisa mendapatkan impian-impian dan cita-cita dari resolusi baru yang telah ditetapkan.

Pada tahun 2020 dan 2021 merupakan masa munculnya pandemik covid19 di Indonesia dan dunia  yang telah menuntut kita dan seluruh manusia di muka bumi untuk hidup lebih sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh. Dengan cara rajin berolahraga, makan makanan bergizi secara teratur, dan menjaga kebersihan tangan dan badan secara menyeluruh.

2.Menguasai Keahlian Baru

Resolusi tahun baru anak sekolah berikutnya bisa berupa menguasai keahlian baru. Misalkan menambah dengan hobi baru yang dipelajari sampai dikuasai dengan baik. Hal tersebut diperlukan oleh seorang pelajar untuk meningkatkan skill dan kompetensi.

Contoh Resolusi Untuk Pelajar

Tahun baru bukanlah berarti segala sesuatu benda yang dimiliki harus menjadi baru. Seperti mobil baru, tas sekolah yang baru, sepatu baru, buku baru dan lain sebagainya. Namun yang lebih penting lagi adalah tahun baru adalah identik dengan saatnya memulai lembaran baru dengan semangat yang baru membara dan dengan cita-cita tinggi yang mesti diwujudkan di tahun sekarang untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik.

Bagi seorang pelajar, tahun baru adalah waktu yang pas untuk membuat resolusi-resolusi baru tentang pendidikannya di sekolah. Bagi pelajar SD bentuk resolusinya masih sangat sederhana seperti ingin naik kelas ke kelas berikutnya ataupun mendapatkan rangking pertama di sekolah. Bagi kalangan SMP dan SMA pun tidak jauh berbeda. Resolusi mereka tidak jauh dari prestasi belajar di sekolah yang lebih meningkat.

Namun bagi kalangan mahasiswa resolusi mereka mungkin lebih banyak dan lebih rumit lagi. Mungkin diantara mahasiswa dan mahasiswi ada yang memiliki resolusi baru seperti mendapatkan pekerjaan gaji tinggi ataupun menikah selepas lulus kuliah. Ataupula mencoba memulai untuk berwirausaha untuk mendapatkan uang sendiri atau mandiri secara finansial.

Membuat resolusi tahun baru anak sekolah merupakan hal yang umum bagi seorang pelajar. Semua itu  dilakukan dalam rangka menuju kehidupan yang lebih baik di tahun berikutnya. Sebab siapa sih manusia yang tidak ingin hidup yang lebih baik sekarang ketimbang tahun sebelumnya?

Setiap orang pastinya ingin mendapatkan kehidupan yang lebih baik dari tahun sekarang. Contohnya mendapatkan pekerjaan yang lebih layak dan lebih tinggi gajinya, mendapatkan kekayaan  yang lebih banyak, mempunyai kendaraan yang bagus dan lebih mewah, mempunyai rumah baru dan cita-cita lainnya.

Pendek kata, di tahun baru segala sesuatu yang baik harus diwujudkan secara lebih baik dan lebih cepat. Seperti dalam status jenjang pendidikan harus lebih baik, status ekonomi harus lebih baik, dan semua status di bidang kesehatan harus lebih baik, dan status di bidang  lainnya harus lebih baik pula. Itulah yang menjadi tonggak atau identitas dari tahun baru.

Lalu bisakah anda mewujudkan resolusi-resolusi yang lebih baik di tahun baru? Tentu saja anda bisa mewujudkan resolusi-resolusi atau cita-cita anda di tahun baru sekarang dengan cara bekerja keras mewujudkan resolusi tersebut dengan gigih dan pantang menyerah.

Resolusi adalah impian-impian dan cita-cita seseorang di tahun sekarang yang harus diwujudkan bukan sekedar wacana. Semua hal tersebut harus diwujudkan dalam rangka untuk menuju kehidupan yang lebih baik di masa sekarang sekaligus peningkatan kualitas hidup dari tahun sebelumnya.

Bagi seorang pelajar maka resolusi yang dibuatnya tidak jauh dari pendidikan yang ditempuhnya. Misalkan menjadi juara pertama dari kecerdasan akademik di sekolah.

Membuat resolusi baru seorang pelajar menjadi sebuah keharusan yang perlu dilakukan. Mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi kehidupan pelajar itu sendiri seperti  memotivasi diri untuk menjadi pribadi yang lebih baik dan untuk menjadi pribadi yang dinamis yang dari hari ke hari terus meningkatkan kualitas diri untuk merubah kehidupan jadi lebih baik.

Ada banyak resolusi tahun baru anak sekolah yang bisa Anda buat. Berikut ini beberapa contoh resolusi untuk pelajar, antara lain:

1.Menetapkan kumpulan buku yang mesti dibaca

Resolusi untuk pelajar lainnya dapat berupa dengan menyusun daftar buku yang harus dibaca dan dikuasai untuk meningkatkan kualitas hidup dan pengembangan diri lebih baik. Karena membaca buku manfaatnya sangat besar bagi diri sendiri.

2.Hentikan Kebiasaan Menunda

Salah satu sikap yang bisa menunda kesuksesan adalah kebiasaan suka menunda-nunda atas suatu pekerjaan. Di tahun baru seorang pelajar bisa berkomitmen untuk tidak lagi menunda menunda pada pekerjaan yang mesti dilakukan pada hari itu. Biasanya kebiasaan menunda disebabkan sibuk dengan kegiatan lain yang sepele atau tak penting.

Untuk mewujudkan hal tersebut yakni menghentikan atau menghilangkan kebiasan menunda pekerjaan bisa dilakukan dengan  berbagai macam cara agar tugas sekolah bisa cepat selesai. Misalkan mengurangi main game online, mengurangi bermain bersama teman atau mengurangi  bermain di social media.

3.Memahami suatu materi pelajaran yang belum dipahami dengan baik

Salah satu contoh resolusi untuk pelajar adalah memahami suatu bidang atau materi pelajaran yang belum dipahami secara baik. Ada banyak mata pelajaran di sekolah yang harus dikuasai oleh seorang pelajar dengan baik.

Namun ditengah keterbatasan waktu dan kecerdasan maka seorang pelajar bisa kurang fokus saat belajar sehingga sulit menguasai atau memahami atas suatu materi pelajaran tertentu. Oleh sebab itu, di tahun baru Anda bisa membuat resolusi tahun baru anak sekolah agar dapat memahami atas suatu materi pelajaran yang belum dipahami secara baik.

4.Aktif di Berbagai Organisasi

Contoh resolusi baru untuk pelajar selanjutnya adalah dengan menentukan beberapa organisasi yang harus diikutinya. Hal itu sangat berguna bagi seorang pelajar untuk meningkatkan kualitas diri dan potensi serta prestasinya dalam berbagai bidang yang ditekuni. Misalkan aktif di Paskibraka, Pramuka, PMR dan OSIS untuk meningkatkan kemampuan memimpin dan berorganisasi yang baik.

5.Hidup Sehat

Contoh resolusi tahun baru anak sekolah berikutnya adalah bisa hidup sehat di tahun baru 2022. Apalagi di tahun sekarang wabah pandemi covid 19 belum berakhir. Misalkan dengan target melakukan olahraga tertentu ataupun menghilangkan kebiasaan buruk yang dapat merugikan kesehatan.

6.Penghematan Keuangan

Contoh resolusi untuk pelajar lainnya adalah dari segi keuangan. Keuangan bisa diusahakan sehemat mungkin. Misalkan tidak jajan berlebihan di tahun baru maupun mulai menyisihkan sebagian uang saku atau uang jajan untuk menabung bagi kebutuhan di masa depan. Seperti untuk biaya melanjutkan kuliah.

7.Mencari sumber penghasilan

Resolusi tahun baru untuk pelajar lain bisa juga dari segi pemasukan keuangan yang bisa ditingkatkan yaitu dengan mencari suatu pemasukan baru. Misalkan dengan mencoba untuk membuka suatu usaha maupun melakukan pekerjaan paruh waktu (freelance) ataupun mencari sumber beasiswa baru. Hal tersebut berguna agar tidak membebani keuangan orang tua dan juga menjadikan pribadi yang lebih mandiri dan bertanggung jawab.

Demikianlah beberapa contoh resolusi untuk pelajar yang bisa Anda buat. Membuat resolusi tahun baru anak sekolah sangat penting agar hidup tidak monoton. Namun hidup bisa bersifat dinamis dan bisa menjadi kehidupan yang lebih baik di masa sekarang dibanding tahun lalu. Adanya resolusi akan memberi arahan agar hidup tidak bersifat statis namun bisa memberikan makna dan prestasi serta ladang amal jariyah yang kelak berguna bagi anda di kehidupan dunia maupun akhirat.

Yusuf C

Recent Posts

Mengenal Energi Kinetik: Manfaat, Bentuk, Rumus dan Contohnya

Energi kinetik, pernahkah kamu mendengarnya? Itu adalah kekuatan yang mendorong segala sesuatu bergerak, dari bola…

2 jam ago

Mengenal Pengertian Zat Aditif, Jenis, Ciri-Ciri, Dampak dan Contohnya

Apakah Anda tahu bahwa zat aditif sering digunakan dalam berbagai produk makanan dan minuman yang…

22 jam ago

Memahami Struktur Kloroplas, Fungsi, Ciri-Ciri dan Cara Kerjanya

Kloroplas merupakan struktur membran dari sel tumbuhan yang berfungsi sebagai mesin kehidupan yang mengubah sinar…

2 hari ago

Memahami Pengertian Zat Adiktif, Jenis, Ciri-Ciri, Contoh dan Dampaknya

Zat adiktif merajalela karena akan berpotensi merusak kehidupan banyak orang dan meruntuhkan masyarakat kita. Setiap…

3 hari ago

Apa itu Globalisasi, Ciri-Ciri, Proses, Bentuk dan Pengaruhnya

Globalisasi telah menjadi isu yang mendesak dalam beberapa dekade terakhir. Dengan semakin hilangnya batas-batas geografis,…

4 hari ago

10 Ide Rahasia Edit Video Wisuda Terbaik dan Berkesan

Pernahkah kamu berpikir untuk mengedit video wisuda yang berkesan? Wisuda merupakan salah satu momen penting…

5 hari ago