Umum

Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia serta Tokohnya

Sejarah pramuka Indonesia dan dunia merupakan sesuatu hal yang sangat menarik untuk kita pelajari. Gerakan pramuka yang sangat bermanfaat dalam melatih seseorang dalam kehidupaan sehari-hari. Gerakan Pramuka dapat membentuk mental dan kebiasaan baik pada seseorang. Banyak hal positif dari seseorang mengikuti gerakan Pramuka.

Di Indonesia sendiri, gerakan Pramuka atau Kepanduan sudah populer sejak lama. Sekarang perkembangan gerakan Pramuka di Indonesia sangat masif. Gerakan Pandu ini sudah memasuki lembaga pendidikan sekolah. Mulai dari sekolah dasar (SD), tingkat SMP, dan SMA sudah diperkenalkan dengan gerakan kepanduan.

Sejarah Pramuka Indonesia dan Dunia

Kata Pramuka sendiri adalah singkatan atau kepanjangan dari Praja Muda Karana. Pengertian manfaatnya secara istilah adalah membentuk seseorang yang mempunyai jiwa muda yang gemar berkarya dalam kebaikan. Dari sini, kita dapat menyimpulkan bahwa Pramuka adalah suatu gerakan kepanduan yang sudah diakui dan resmi yang berada di lembaga pendidikan. Karena itu penting mengenal sejarah pramuka Indonesia dan dunia.

Sejarah Pramuka Indonesia

Kehadiran gerakan Pramuka di Indonesia disambut baik oleh berbagai kalangan terutama civitas pendidikan. Mengingat manfaatnya yang sangat besar bagi setiap peserta yang sesuai dengan cita-cita pendidikan nasional. Untuk mengukuhkan gerakan Pramuka di setiap sekolah maka pemerintah menjadikan gerakan Pramuka sebagai organisasi. Secara berkala, gerakan Pramuka mengadakan kegiatan kepanduan.

Orang yang mengikuti kegiatan gerakan Pramuka berarti ia anggota Pramuka.  Organisasi Pramuka mempunyai struktur keanggotaan masing-masing. Yang mencakup :

  1. Majelis Pembimbing
  2. Staf Kwartir
  3. Pamong Saka
  4. Pelatih
  5. Andalan
  6. Pembina Pramuka
  7. Pramuka Pandega
  8. Pramuka Penegak
  9. Pramuka Penggalang
  10. Pramuka Siaga

Pramuka yang kita kenal adalah suatu gerakan kepanduan yang merupakan bagian dari metode pendidikan. Di dalam ruang lingkungan pendidikan di sekolah, gerakan Pramuka merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang sangat disukai oleh setiap siswa-siswi. Bahkan setiap siswa dan siswi secara tak langsung sudah menjadi bagian anggota gerakan Pramuka.

Baca juga Apa Isi Perjanjian Renville dan Dampaknya

Dalam proses seseorang untuk menjadi anggota Pramuka mesti melakukan beberapa tahapan. Yang paling utama adalah membaca ikrar janji Pramuka yang disebut Tri Satya Pramuka. Berikut ini isi Tri Satya Pramuka, antara lain:

“Demi kehormatanku, aku berjanji akan sungguh-sungguh menjalankan kewajiban kepada Tuhan Yang Maha Esa, Negara Kesatuan Indonesia dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Kedua, berjanji menolong sesama manusia dan mempersiapkan diri untuk membangun masyarakat. Ketiga, berjanji menepati Dasa Dharma.”

Perkembangan Pramuka di Indonesia

Mengenai perkembangan Pramuka di Indonesia berjalan secara dinamis. Sejarah pramuka indonesia dan dunia ini dimulai pada tahun 1923 dengan berdirinya organisasi kepanduan di Jakarta bernama JIPO dan di Bandung bernama Nationale Padvinderij Organisatie (NPO). Organisasi kepramukaan inilah yang kelak menjadi satu organisasi pandu Pramuka bernama INPO.

Pemerintah Indonesia melihat dengan sangat seksama bahwa gerakan Pramuka Indonesia sangat besar manfaatnya bagi generasi muda terutama para pelajar. Sehingga diikutsertakan menjadi kegiatan sekolah sebagai ekstrakurikuler. Kemudian DPR membuat Undang-Undang Gerakan Pramuka tanggal 26 Oktober 2010 yang menyatakan Pramuka diperkenankan mengadakan pendidikan Pramuka di ruang lingkup lingkungan sekolah formal.

Sebagai bagian dari sejarah pramuka indonesia dan dunia, perkembangan gerakan Pramuka di tanah air terbagi ke dalam berbagai tahapan. Tahapan pertama adalah masa penjajahan Belanda. Pada masa ini, peran pemuda sangat besar dalam membentuk beberapa organisasi politik dan kemasyarakatan yang bertujuan untuk memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Gerakan Pramuka di Indonesia mulai bergeliat. Karena adanya rasa satu nasib dan cita-cita yang sama dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Untuk mempersatukan para pemuda yang bergerak dalam Pramuka maka pada tanggal 23 Mei 1928 dibentuklah Persaudaraan Antara Pandu Indonesia (PAPI). Hingga pada tahun 1930 berganti nama dengan Kepanduan Bangsa Indonesia (KBI).

Pada jaman penjajahan Jepang, gerakan Pramuka Indonesia mendapatkan tekanan dari pemerintahan Jepang. Gerakan Pramuka dilarang beroperasi di wilayah Indonesia. Dengan alasan gerakan ini sangat kuat dan bisa menjalin persatuan bangsa Indonesia untuk melawan penjajahan Jepang.

Baca juga Penyebaran Islam di Indonesia dan Teorinya

Selepas penjajahan Jepang usai maka perkembangan pramuka di Indonesia mengalami babak baru yakni gerakan Pramuka pasca kemerdekaan RI. Pada masa ini beberapa tokoh kepanduan Indonesia bermusyawarah mengenai masa depan kepanduan di tanah air. Pada akhirnya, mereka sepakat untuk membuat organisasi pandu yang satu bagi seluruh rakyat Indonesia bernama Pandu Rakyat Indonesia.

Manfaat Pramuka

Berikut ini beberapa manfaat bagi seseorang yang mengikuti gerakan Pramuka, antara lain:

1.Mandiri

Gerakan Pramuka melatih siswa dan siswi untuk hidup lebih mandiri. Ia tidak bergantung lagi kepada orang lain di sekitarnya.

2.Mendidik Sikap Disiplin

Gerakan Pramuka juga melatih seseorang untuk bersikap lebih disiplin. Sehingga gerakan ini diperlukan bagi setiap siswa dan siswi di sekolah. Karena sejalan dengan tujuan sekolah yakni membentuk pribadi anak-anak yang mempunyai sikap disiplin tinggi.

3.Mendidik sikap kebersamaan dan gotong royong

Dalam gerakan Pramuka berguna untuk melatih setiap siswa dan siswi tidak egois dan mementingkan dirinya sendiri. Pramuka akan mengajarkan setiap peserta untuk bersikap selalu dalam kebersamaan dan gotong royong.

Tokoh Pramuka Indonesia

Pemerintah Indonesia sangat mendukung gerakan Pramuka di Indonesia. Untuk itu, pemerintah telah menetapkan tanggal 14 Agustus sebagai Hari Pramuka. Lalu yang menjadi pertanyaan sekarang ini siapakah Bapak Pramuka Indonesia sebagai tokoh pramuka indonesia?

Ternyata pemerintah telah menetapkan Bapak Pramuka Indonesia adalah Sultan Hamengkubuwono IX. Hal tersebut tentunya tidak tanpa alasan. Alasannya karena beliau sangat berjasa besar pada kemajuan gerakan pramuka di tanah air.

Baca juga Tokoh Perempuan Inspiratif Indonesia dan Biografinya

Sejarah pramuka Indonesia dan dunia menarik untuk disimak. Awal sejarah kehadiran gerakan Pramuka di Indonesia dimulai di kota Jakarta pada tanggal 14 Agustus 1961. Pada saat itu, Sultan Hamengkubuwono IX disebut sebagai orang yang paling berjasa dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Hingga pemerintah memberikannya gelar sebagai Bapak Pramuka Indonesia sekaligus Ketua Kwartir Nasional.

Pada tahun 1946, perjuangan revolusi fisik mendapatkan tantangan dari Belanda. Situasi genting menyelimuti pemerintahan Indonesia. Dengan ibu kota Jakarta dikuasai oleh tentara Belanda maka Sultan Hamengkubowono IX bersedia menjadikan Yogyakarta jadi ibukota negara Indonesia. Kekuasaan pemerintahan berjalan lancar di Yogyakarta. Dengan demikian, negara Indonesia masih eksis dan diakui dunia internasional.

Pada masa Presiden Ir Soekarno, Sultan Hamengkubowono IX telah diangkat sebagai Wakil Ketua Majelis Pimpinan Nasional Pramuka. Kemudian ia juga dipercaya sebagai Ketua Kwartir Nasional Pramuka yang kesatu di tahun 1961. Pada tahun berikutnya sampai tahun 1974, beliau menjabat lagi sebagai Ketua Kwartir Nasional. Pada akhirnya, beliau menjadi tokoh Pramuka Indonesia.

Sultan Hamengkubuwono IX bukan nama asing bagi penduduk Indonesia. Nama ini begitu familiar sebagai Raja dan Gubernur Daerah Istimewa Jogyakarta. Beliau dilahirkan di Jogyakarta pada tanggal 12 April 1912. Nama aslinya adalah Raden Mas Dorodjatun. Sebagai putra Raja Jogyakarta maka selanjutnya ia menjadi Raja dan Gubernur Yogyakarta.

Sejarah Pramuka di Dunia

Sejarah pramuka Indonesia dan dunia tentunya juga terkait dengan nama Robert Bade Powell. Pada tahun 1907 merupakan tahun lahirnya Pramuka. Pada waktu itu, pendiri Boys Brigade dan Letjen Britania Raya bernama Robert Bade Powell melangsungkan sebuah kepanduan perkemahan di daerah Kepulauan Brownsea negara Inggris. Ini merupakan cikal bakal lahirnya gerakan Pramuka di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Adapun sejarah yang melatarbelakangi, Robert Bade Powell melangsungkan perkemahan di Kepulauan Inggris itu adalah upayanya untuk menjaga wilayah tersebut dari ancaman penyerangan bala tentara Boer dari Afrika Selatan. Pada waktu itu, jumlah pasukan Robert Bade Powell sangat sedikit dan ia tidak ingin daerah itu dikuasai oleh tentara Boer. Oleh sebab itulah, Robert Bade Powell memobilisasi para pemuda di sekitarnya untuk jadi  sukarelawan sebagai tentara kala itu. Supaya pihak musuh tidak berani menyerang wilayah itu.

Adapun yang menjadi tugas para pemuda yang sukarela menjadi tentara itu adalah sangat ringan. Seperti sebagai kurir yang memberikan pesan dari Baden Powell ke semua tentara. Pada akhirnya, wilayah yang ditempati oleh pasukan Baden Powell dapat terjaga dengan baik. Dari situ para tentara sukarela itulah yang menjadi cikal bakal lahirnya gerakan Pramuka di dunia.

Bapak Pramuka Dunia

Nama Baden Powell juga terabadikan dalam sejarah pramuka indonesia dan dunia. Bagi mereka yang aktif sebagai anggota Pramuka pastinya mengenal sosok Baden Powell. Beliau adalah Bapak Pramuka Dunia. Lelaki yang dilahirkan pada tanggal 22 Februari 1857 di London ini mempunyai nama lengkap Robert Stephenson Baden Powell. Beliau seorang perwira tentara yang menjabat sebagai Komandan Militer Inggris.

Baden Powell merupakan anak seorang profesor yang mengajar di Oxford University. Kecerdasannya yang tinggi membuat karirnya sangat cepat dalam dunia militer. Dalam lingkungan keluarga, Baden Powell adalah anak ke-8 dari sepuluh bersaudara. Ketika ia berumur 3 tahun, sang ayahnya wafat. Praktis, ia dibesarkan oleh ibunda tercinta tanpa kasih sayang kehadiran seorang ayah.

Prestasi akademiknya sangat tinggi. Hal itu tak terlepas dari bakat yang mengalir dari ayahnya yang sangat cerdas. Baden Powell selalu mendapatkan peringkat pertama dalam ranking di kelas. Semua mata ujian ia mendapatkan nilai bagus. Pada akhirnya, ia diberikan fasilitas beasiswa untuk melanjutkan kuliah di Charterhouse School Inggris.

Pada waktu kuliah di Charterhouse School, jiwa petualang Baden Powell mulai terasah. Ia sangat menyukai kegiatan berjalan di alam bebas seperti hutan dan gunung. Seringkali ia berjalan santai di hutan dan gunung untuk menikmati alam sekaligus menangkap kelinci dan memasak dagingnya. Kemudian ia juga suka mencari jejak binatang liar di hutan.

Suatu hari, Akademi militer Inggris membuka lowongan pekerjaan sebagai tentara. Baden Powell mendaftarkan diri dan lulus di peringkat kedua. Bertugas di militer, Bade Powell langsung diberi misi untuk memimpin pasukan di India. Kemudian ia dipindahkan ke negara Balkan, Afrika Selatan selanjutnya ke negara Malta.

Oleh pemerintah Inggris, bapak pramuka dunia Balden Power diperintahkan menjaga kota Mafeking dari ancaman musuh.  Sebanyak lima ribu tentara Boer mengancam kota Mafeking. Tapi Balden Powell bisa mempertahankan kota Mafeking dari musuh.

Hingga ia diberi penghargaan sebagai pahlawan nasional. Ia pun memulai memperkenalkan gerakan Pramuka dengan berkemah di seluruh dunia. Itulah awal sejarah pramuka Indonesia dan dunia.

Yusuf C

Recent Posts

Rekomendasi Tempat Penitipan Anak di Bintaro

Apakah Anda sering kali merasa khawatir saat harus meninggalkan buah hati Anda untuk bekerja di…

33 menit ago

Rekomendasi Tempat Bermain Anak di Jakarta Selatan yang Lengkap dan Terjangkau

Ingin mencari tempat bermain anak di Jakarta Selatan yang tidak hanya menghibur, tetapi juga mendidik?…

23 jam ago

Memahami Statistik Inferensial : Pengertian, Ciri-Ciri, Fungsi, Rumus dan Contohnya

Statistik inferensial seringkali menjadi momok bagi banyak orang yang ingin memahami data dengan lebih dalam.…

2 hari ago

Memahami Materi Kewirausahaan SD: Pengertian, Tujuan, Ciri-Ciri dan Contohnya

Materi kewirausahaan sd merupakan aspek penting dalam kurikulum pendidikan, namun seringkali dihadapi dengan tantangan dalam…

2 hari ago

Memahami Cara Belajar Auditori pada Anak

Bosan belajar dengan cara biasa? Yuk, coba cara belajar auditori. Pernahkah kamu merasa kesulitan memahami…

4 hari ago

Cara Memilih Menu Makanan Anak yang Sehat dan Bergizi

Ingin memberi makan anak dengan cara yang sehat dan bergizi tetapi bingung cara memilih menu…

5 hari ago