Umum

Sekolah Internasional di Jakarta yang Terbaik dan Populer

Sekolah internasional di Jakarta menjadi salah satu jenis lembaga pendidikan favorit di ibukota Indonesia. Selain jenis sekolah unggulan pada level nasional yang kita kenal, jenis satu ini justru melewati batas negara. Artinya, kualitas pendidikan sekolah internasional setara dengan lembaga pendidikan dengan negara lain.

Keberadaan sekolah bertaraf internasional ini tersebar ke berbagai kawasan di wilayah ibukota. Baik yang ada di Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dan Jakarta Pusat.

Tak hanya orang asing saja, ternyata banyak orang tua yang lebih memilih memasukkan anaknya ke sekolah internasional. Karena sekolah ini dianggap lebih unggul dan memiliki kualitas lebih baik ketimbang sekolah nasional. Benarkah anggapan semacam itu? Untuk mengetahui dan mengenal lebih jauh, artikel ini akan mengulas berbagai aspek jenis pendidikan internasional dengan beragam manfaat dan keunggulannya.

Sekolah Internasional di Jakarta

Kehadiran sekolah internasional di Indonesia tentunya membawa pengaruh bagi sistem pendidikan kita. Baik dampak yang positif maupun sisi yang kurang baik. Saat ini jumlah lembaga pendidikan internasional sudah cukup banyak, khususnya di Jakarta.

Sekolah internasional memberikan perbedaan yang nyata dengan sistem pendidikan nasional. Sistem yang terdapat pada sekolah nasional tentunya mengacu pada kurikulum dan standar pendidikan yang dikeluarkan Kementerian Pendidikan Nasional. Sedangkan sekolah internasional mengacu pada standar internasional yang umumnya lebih global dan sesuai perkembangan jaman.

Terlepas dari aspek bisnis dibalik manajemen lembaga pendidikan semacam ini, tentunya ada tujuan yang lebih tinggi dengan keberadaan sekolah internasional. Terlebih Jakarta merupakan ibukota Indonesia sehingga banyak orang asing yang juga bekerja dan tinggal di kota ini. Untuk menyediakan layanan pendidikan bagi anak-anak mereka tentunya membutuhkan lembaga pendidikan bertaraf internasional.

Pengertian Sekolah Internasional

Perkembangan dunia yang terus berkembang dan menuju globalisasi saat ini membawa dampak perubahan ke dalam kehidupan masyarakat. Salah satunya aspek pendidikan. Sekarang sudah mulai marak sekolah-sekolah asing yang bertaraf internasional berdiri di Indonesia. Kurikulum yang digunakannya juga kurikulum internasional.

Adapun sekolah nasional menginduk kepada kurikulum nasional yang dibuat oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Adapun sekolah internasional menggunakan kurikulum berstandar internasional. Misalkan kurikulum Baccalaureate, Edexcel, atau Cambridge International.

Baca juga: TK Terbaik di Jakarta, Rekomendasi dari Biaya dan Jenis Sekolah

Para peminat sekolah internasional di Jakarta sangat besar jumlahnya. Pada umumnya, anggapan orangtua murid bahwa sekolah internasional mempunyai keunggulan atau kelebihan dari segalanya. Misalkan tenaga pengajar yang lebih hebat dan profesional ketimbang sekolah nasional. Sang anak didik mendapatkan keterampilan tambahan yang menunjang kehidupan anak di jaman canggih sekarang di samping mendapatkan pelajaran akademik.

Sekolah internasional umumnya terbagi ke dalam berbagai kategori berdasarkan levelnya. Seperti pra sekolah internasional, SD internasional, SMP, SMA, hingga universitas internasional.

Manfaat Sekolah Internasional di Jakarta

Kehadiran sekolah internasional di Jakarta membawa manfaat bagi masyarakat kota Jakarta. Mereka lebih banyak pilihan dalam menyekolahkan anak mereka ke jenjang pendidikan yang lebih baik dalam kurikulum dan sistem pendidikan. Semua sistem pendidikan yang kurang dari sekolah nasional dapat ditutupi dengan adanya sekolah internasional. Inilah yang membuat banyak orangtua mulai berbondong-bondong menyekolahkan anaknya ke sekolah internasional ketimbang sekolah nasional biasa.

Bukan tanpa alasan orangtua murid menyekolahkan anaknya ke sekolah internasional. Karena lembaga pendidikan internasional memberikan banyak keunggulan dan kelebihan yang tak dapat diperoleh dari sekolah nasional.

Berikut ini beberapa manfaat sekolah internasional di Jakarta bagi peserta didik, antara lain:

1.Level Dunia

Sekolah taraf internasional memberikan pendidikan yang bertaraf internasional. Sehingga peserta didik bisa bergaul dan berkembang di dunia internasional yang dinamis. Hal ini berbeda jika anak bersekolah di sekolah nasional. Ia belum menjamin peserta didik dapat beradaptasi dengan dunia internasional yang semakin dinamis.

2.Kurikulum Internasional

Manakah yang lebih baik antara kurikulum nasional dan kurukulum internasional? Semua orang sudah pasti mengetahui jawabannya. Kurikulum internasional mengadopsi kurikulum international Baccalaureate, Edexcel, dan Cambridge Assessment International Education. Sebuah sekolah bisa mendapat predikat sekolah internasional jika sudah memenuhi persyaratan. Yang meliputi : fasilitas dan tenaga pendidik yang hebat dan profesional.

Sekolah nasional yang berpredikat swasta maupun negeri mengambil kurikulum yang berpedoman pada kurikulum yang dibuat oleh Kemendiknas. Keterampilan yang diajarkan pada sekolah nasional umumnya seputar pengetahuan dan keterampilan sikap, keahlian dan pengetahuan tertentu. Sedangkan kurikulum internasional berfokus pada pengembangan keterampilan peserta didik dalam bersaing menghadapi dunia internasional.

3.Lebih Fleksibel

Manfaat sekolah internasional di Jakarta lainnya adalah sistem pendidikannya yang lebih fleksibel. Peserta didik tidak hanya diberikan pilihan jurusan IPS dan IPA. Namun sekolah internasional memberikan pilihan jurusan lainnya. Mata pelajaran yang tersedia banyak bisa dipilih setiap siswa berdasarkan minat dan bakat.

Sekolah internasional akan berusaha secara konsisten untuk membentuk karakter anak didik menjadi aktif, kreatif dan inovatif. Lembaga pendidikan semacam ini lebih fokus pada proses. Berbeda dengan sekolah nasional negeri dan swasta yang berorientasi pada hasil. Banyak mata pelajaran yang disediakan oleh kurikulum nasional bagi setiap peserta ddik untuk dipelajari.

Hal tersebut terkadang membuat siswa kebingungan dan kurang fokus dalam meningkatkan keterampilannya. Seperti adanya mata pelajaran keterampilan, olahraga, ilmu sosial, ilmu seni, ilmu pendidikan alam, ilmu bahasa, ilmu pasti matematika, dan lainnya.

Materi Sekolah Internasional di Jakarta

Materi sekolah internasional di Jakarta berbeda dengan materi yang disampaikan di sekolah nasional. Yang menjadi letak perbedaannya adalah materi sekolah di sekolah internasional disampaikan dalam bahasa asing seperti bahasa Mandarin atau bahasa inggris sebagai bahasa pergaulan internasional. Sedangkan di sekolah nasional umum, materi disampaikan dalam bahasa Indonesia.

Materi sekolah internasional di Jakarta, antara lain:

  1. Mata pelajaran bahasa asing. Seperti bahasa Inggris, bahasa Perancis, Bahasa Arab, bahasa Mandarin dan bahasa asing lainnya
  2. Keterampilan motorik dan kognitif
  3. Keterampilan interpersonal dan emosional serta spiritual

Ada banyak hal yang sering dipertanyakan orang tentang lembaga pendidikan internasional. Salah satunya adalah apakah sekolah internasional ada UN atau ujian nasional? Berdasarkan peraturan dari Kementerian Pendidikan yang berlaku secara nasional maka lembaga pendidikan internasional juga wajib mengikuti UN (Ujian Nasional).

Baca juga: Sekolah Kristen Jakarta yang Terbaik

Salah satu lembaga pendidikan internasional di Jakarta adalah British International School (BIS) atau British School Jakarta yang menyediakan layanan pendidikan dari tingkat Preschool hingga sekolah dasar. Adapun biaya di sekolah ini terbilang lumayan mahal. Untuk SPP bulanan saja dipatok sebesar Rp 21 juta. Ditambah dengan biaya layanan antar jemput siswa sebesar Rp 9,3 juta per enam bulan.

Biaya Sekolah Internasional di Jakarta

Anda dapat dengan mudah mendapatkan sekolah internasional di Jakarta. Cirinya dapat terlihat dari fasilitas yang disediakannya. Sekolah internasional mempunyai sarana dan fasilitas yang lebih lengkap dan nyaman ketimbang sekolah umum nasional, antara lain :

  • Layanan ruangan belajar sudah terpasang AC
  • Ruangan ekstrakurikuler
  • Ruangan pengembangan bakat dan minat
  • Ruangan laboratorium
  • Kantin sekolah yang komplit dan nyaman
  • Lapangan olahraga
  • Perpustakaan

Sementara itu, sekolah nasional bertaraf negeri dan swasta hanya dilengkapi sarana seadanya. Seperti ruangan kesenian, kantin, perpustakaan yang kurang lengkap dan lapangan olahraga seadanya. Hal itu sesuai anggaran keuangan yang diberikan oleh pemerintah.

Sehingga tak jarang beberapa sekolah nasional tidak mempunyai lapangan dan sarana belajar dan olahraga yang lengkap. Dari sinilah kita bisa melihat, sangat wajar biaya sekolah internasional di Jakarta lebih mahal ketimbang biaya sekolah nasional di sekolah negeri dan swasta.

Lembaga pendidikan internasional juga mendatangkan banyak tenaga guru yang benar-benar profesional berdasarkan kualifikasi keilmuan masing-masing. Sebagian diantara mereka ada yang didatangkan dari luar negeri. Sebagian lagi tenaga pengajar yang berasal dari dalam negeri dengan kemampuan berkaliber internasional. Guru-guru dari sekolah internasional sebagian berasal dari negara Amerika Serikat, Eropa, Singapura, China dan Filipina.

Sekarang bandingkan dengan tenaga pengajar di sekolah-sekolah nasional umum, swasta dan negeri yang semuanya berasal dari Indonesia. Dapat dinilai sangat wajar jika biaya lembaga pendidikan internasional lebih mahal ketimbang biaya di sekolah nasional. Karena ini juga menentukan kualitas pendidikan yang lebih baik dari lembaga pendidikan internasional.

Aspek lain yang membuat lebih mahal biaya sekolah internasional di Jakarta ketimbang sekolah nasional adalah aspek teknis belajar. Sekolah internasional umumnya melaksanakan kegiatan belajar dengan sering melakukan eksperimen dan praktik. Contohnya untuk mata studi ilmu Fisika, Biologi, dan Kimia. Sedangkan untuk sekolah nasional umumnya sering memberikan tugas tertulis pada setiap siswa. Misalkan Ujian Akhir Semester (UAS) atau Ujian Tengah Semester (UTS).

Daftar Sekolah Internasional di Jakarta

Siapa sih yang tidak ingin anaknya cerdas dengan kualitas internasional? Tentu setiap orang tua mengharapkannya. Pada periode jaman di masa depan pastinya tantangan bagi setiap anak berbeda. Di sinilah pentingnya, seorang anak diberikan mata pelajaran dan keterampilan yang berguna ketika ia dewasa dengan jaman yang berbeda pula.

Dengan sekolah internasional akan memberikan banyak keuntungan dan kelebihan bagi para peserta didiknya. Salah satunya adalah siswanya akan mampu bergaul secara internasional melewati batasan antar negara. Kemudian, ia bisa juga melanjutkan ke perguruan tinggi internasional seperti Cambridge University. Yang tak kalah penting, setelah lulus bisa bekerja di perusahaan-perusahaan skala internasional dengan gaji besar.

Untuk anda yang berminat untuk memasukkan anaknya untuk menempuh peneididikan pada sekolah jenis ini, berikut ini daftar sekolah internasional di Jakarta yang tergolong terbaik yang sebaiknya anda tahu.

Academic Colleges Group Jakarta

Sekolah internasional yang berada di kota Jakarta Selatan ini mampu eksis di tengah persaingan sekolah internasional yang terus bermunculan di Indonesia. Sekolah internasional yang berpusat di negara Selandia Baru menyediakan layanan pendidikan terbaik bagi anak dari mulai tingkat TK hingga kelas 13 dengan kurikulum internasional.

Fasilitas yang terdapat di sekolah Academic Colleges Group  Jakarta meliputi:

  • Ruangan ibadah untuk meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT
  • Lapangan olahraga outdoor dan indoor yang luas dan eksklusif.
  • Ruangan senam dan kebugaran tubuh.
  • Kolam renang yang luas dengan berbagai ukuran dan ketinggian.
  • Laboratorium sains untuk melakukan riset dan penelitian.
  • Perpustakaan yang nyaman dan lengkap dengan fasilitas AC.
  • Ruangan music dan seni representatif.

Untuk sekolah di ACG Jakarta Internasional dibutuhkan biaya pendidikan minimal Rp 100 juta selama satu tahun.

Jakarta Intercultural School

Daftar sekolah internasional di Jakarta yang terbaik lainnya adalah Jakarta Intercultural School yang dibangun pada tahun 1950. Dengan pengalaman yang lama inilah membuat sekolah internasional ini mampu menjadi sekolah internasional terbaik yang banyak digemari oleh ekspatriat di Indonesia. Kurikulum pendidikan yang digunakan adalah Advanced Placement dan IB.

Lihat juga: Guru Privat Bahasa Inggris Untuk Karyawan

SD dan SMA internasional di Jakarta ini disebut sebagai sekolah internasional terbaik di kota Jakarta Selatan. Prestasi yang diraihnya dari lembaga nasional sampai internasional. Fasilitas yang terdapat pada sekolah ini meliputi.

  • Kolam Renang
  • Lapangan Olahraga
  • Ruangan Kebugaran
  • Laboratorium Sains
  • Ruangan Perpustakaan dengan jumlah buku sampai 140 ribu lebih.

Untuk biaya sekolah internasional di Jakarta Intercultural School adalah sebesar Rp 478 juta untuk satu tahun.

Gandhi Memorial International School Kemayoran

Lembaga pendidikan internasional ini telah berdiri sejak tahun 1950. Sudah 71 tahun, sekolah ini berdiri. Sehingga sudah banyak pengalaman dalam menyelenggarakan pendidikan di Indonesia dengan kurikulum internasional. Seperti International Baccalaureate. Sudah banyak lulusannya yang bekerja di berbagai perusahaan swasta dan BUMN.

Gandhi Memorial International School Kemayoran memberikan pengajaran kepada setiap anak didik dengan penuh kasih sayang, sesuai gaya belajar setiap anak, pendidikan budaya, pendidikan fisik, sosial, emosional, spiritual, akademik, intelegence, dan bahasa.

Sekolah internasional ini menyediakan layanan pendidikan dari level TK, SD, SMP dan SMA. Kualitas belajar mengajar sangat bagus hingga mendapatkan predikat sebagai sekolah internasional terbaik di kota Jakarta. Untuk sekolah di sini, setiap orang tua harus mempersiapkan dana sebesar Rp 67 juta pertahun untuk tingkat Taman Kanak-Kanak. Untuk jenjang sekolah lebih tinggi, biaya masuk pendidikan akan lebih besar lagi.

Singapore International School

Untuk daftar sekolah internasional di Jakarta yang juga populer adalah Singapore International School. Sekolah bertaraf internasional ini menggunakan kurikulum Singapura dan Cambridge. Jenjang pendikan yang disediakan lembaga pendidikan yang berlokasi di Jakarta Utara ini antara lain SD, SMP dan SMA. Untuk sekolah di Singapore International School membutuhkan biaya pendidikan minimal Rp 39 juta per tahun.

Daftar Sekolah Islam Internasional di Jakarta

Islam mengajarkan pentingnya pendidikan agama Islam sejak dini. Salah satu pedomannya adalah carilah ilmu dari buaian ibu sampai masuk ke liang kubur. Pendidikan peranannya sangat penting bagi kehidupan manusia. Ia bisa mengajarkan manusia dari asalnya tidak tahu menjadi tahu. Pendidkan mengajarkan manusia dari yang asalnya bodoh menjadi pintar.

Pendidikan yang berlangsung di Indonesia terdapat beberapa jenjang atau tingkatan. Dari mulai preschool, TK, SD, SMP, SMA dan perguruan tinggi. Dari semua lembaga pendidikan yang terdapat di tanah air memang beragam kualitasnya.

Seiring dengan perkembangan jaman, sistem pendidikan di Indonesia mengalami perubahan. Untuk pendidikan di jaman sekarang membutuhkan pendidikan yang memiliki kualitas baik. Yang memberikan pendidikan secara akademik dan nilai-nilai agama Islam. Sebuah pendidikan yang memberikan dampak positif bagi perubahan manusia.

Salah satu sekolah yang menyediakan layanan itu adalah sekolah Islam internasional di Jakarta. Berikut ini sejumlah sekolah Islam internasional terbaik di Jakarta yang sebaiknya anda tahu.

International Islamic Secondary and High School

Sekolah Islam internasional ini menyelenggarakan pendidikan SMP dan SMA Islam internasional yang beralamat di Jakarta Utara.

Jakarta Islamic School

Sekolah Islam internasional yang berlokasi di Jakarta Utara ini menjadi favorit banyak orangtua murid.

Al Wildan Internasional Islamic School 4 Jakarta

Sekolah islam internasional di Jakarta ini berlokasi di Jakarta Selatan dan menjadi sekolah unggulan yang cukup populer.

Itulah informasi tentang sekolah internasional di Jakarta berikut daftarnya yang terbaik dan populer. Anda bisa memilih sekolah tersebut berdasarkan kebutuhan dan anggaran keuangan yang Anda miliki.

Yusuf C

Recent Posts

Tips Belajar saat Liburan yang Efektif dan Menyenangkan

Pada artikel kali ini Edumaster akan membahas tips belajar saat liburan agar kamu tidak tertinggal…

3 hari ago

Kenali 17 Ciri-Ciri Anak Jenius Menurut Mensa yang Perlu Diketahui Orangtua

Banyak orang tua yang tidak menyadari anak mereka itu termasuk ke dalam ciri-ciri anak jenius.…

5 hari ago

7 Kegiatan Saat Idul Adha yang Dapat Dilakukan Agar Berkesan

Tidak semua orang memiliki kegiatan saat Idul Adha kumpul bersama keluarga di waktu libur hari…

6 hari ago

10 Rekomendasi Harga Laptop untuk Anak SD Terbaik di Bawah 3 Juta Tahun 2024

Laptop untuk anak SD merupakan suatu kebutuhan alat yang penting untuk mendukung kegiatan belajar anak…

1 minggu ago

10 Film Indonesia Bertema Pendidikan yang Menginspirasi dan Menghibur

Film Indonesia bertema pendidikan selalu menarik minat para penikmat sinema tanah air. Tak hanya menghibur,…

2 minggu ago

10 Channel YouTube Edukasi Anak Indonesia Terbaik yang Harus Anda Tahu

Di era digital ini, channel YouTube edukasi anak Indonesia menjadi sumber belajar yang semakin populer…

2 minggu ago