Umum

Sekolah Kedinasan di Jakarta, Ini Daftarnya!

Sekolah kedinasan di Jakarta paling banyak dicari oleh lulusan SMA,SMK,MA dan sederajat terbaru yang ingin menempuh pendidikan tinggi di sekolah kedinasan di Indonesia. Karena  Jakarta sebagai pusat  ibukota Indonesia yang mempunyai banyak sekolah ikatan dinas terbaik di Indonesia yang biaya sekolah kedinasan gratis.

Kota Jakarta yang terdiri-dari Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Utara, Jakarta Timur dan Jakarta Pusat mempunyai segudang universitas negeri dan swasta terbaik skala nasional hingga internasional. Dukungan sarana dan prasarana di kota  Jakarta juga tersedia lengkap inilah yang membuat banyak orang memilih bekerja dan kuliah di Jakarta.

Di Jakarta terdapat tiga macam perguruan tinggi yakni perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta dan perguruan tinggi kedinasan yang sering disebut juga sekolah kedinasan. Dari semua jenis perguruan tinggi itu yang paling banyak menarik para lulusan SMA, SMK, MA dan sederajat lainnya adalah masuk ke sekolah kedinasan di Jakarta.

Yang membuat banyak orang tertarik kuliah di sekolah ikatan dinas di Jakarta adalah adanya  fasilitas biaya sekolah kedinasan gratis bahkan disalurkan bekerja sebagai PNS dalam lingkup di lembaga pemerintah dengan gaji sesuai standar ditambah tunjangan dan bonus.

Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Statistik

Dengan banyaknya daftar sekolah kedinasan Jakarta membuat anda bisa memilih sekolah ikatan dinas yang terbaik dan cokok bagi anda. Secara garis ada satu  sekolah ikatan dinas di Jakarta yang paling direkomendasikan dan banyak diminati yaitu STIS.

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS) atau lebih dikenal Politeknik Statistika. Kuliah di sekolah tinggi ini, anda akan dicetak menjadi pribadi yang pandai dalam ilmu perhitungan. Sekolah tinggi ini dikelola oleh Badan Pusat Statistik dan lululusannya akan langsung bekerja di lembaga independen BPS dengan status PNS.

Sekolah Kedinasan di Jakarta

Sekolah kedinasan di Indonesia tersebar di beberapa wilayah di tanah air seperti Bandung, Surabaya,Medan, Surabaya, Makasar, Semarang, Yogyakarta dan Jakarta. Sekolah ikatan dinas di Jakarta sama seperti perguruan tinggi kedinasan (PTK) yang memberikan beasiswa penuh dan jaminan bekerja. Dengan dua kelebihan itulah banyak orang yang berminat masuk sekolah kedinasan di Jakarta.

Setiap tahun, perguruan tinggi kedinasan membuka pendaftaran mahasiswa dan mahasiswi baru. Pada waktu inilah telah banyak lulusan SMA, SMK dan sederajat mulai mendaftarkan diri masuk sekolah ikatan dinas Jakarta. Yang pendaftaran dapat dilakukan secara online.

Baca juga Pilihan Jurusan Kuliah PTK, Ini Daftarnya!

Yang dilanjutkan dengan mengikuti tes masuk sekolah kedinasan secara tertulis dan wawancara. Pelaksanaan tes masuk dilakukan serentak dan diwajibkan peserta memilih salah satu dari daftar sekolah kedinasan Jakarta yang ada.

STAN Jakarta

Untuk lengkapnya, berikut ini beberapa sekolah kedinasan di Jakarta yang sedang membuka pendaftaran mahasiswa dan mahasiswi baru saat ini, antara lain:

  1. Akademi Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) Jakarta yang beralamat lengkap di jalan raya Gandul Cinere Jakarta Selatan
  2. Akademi Pimpinan Perusahaan Jakarta yang berada di jalan raya Timbul No.34 Cipedak Jagakarsa  Jakarta Selatan yang berada di bawah pengawasan Kementerian Perindustrian.
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS) terletak di jalan Otto Iskandardinata 34C Jakarta Timur  yang berada dalam naungan Badan Pusat Statistik (BPS).

Sekolah Kedinasan di Sekitar Jakarta

Sedangkan sekolah dinas di luar ibukota Jakarta terdapat di Depok, Bogor dan Bekasi dll. Untuk di Bogor dan Tangerang serta Jawa Tengah terdapat sekolah ikatan dinas, antara lain :

  1. Akademi Kimia Analisis Jawa Barat yang terletak di jalan raya Ir Haji Juanda nomor 7 Bogor.
  2. Badan Meteorologi Nasional (BMG) yang membuka sekolah kedinasan bernama Akademi Meteorologi dan Geofisika (AMG) yang terletak di jalan Perhubungan 1 no.5 Kompleks Metro Pondok Betung  Bintaro Tangerang. Sekolah ini gratis dan menyalurkan lulusannya pada lembaga yang berada di bawah naungan BMKG.
  3. Akademi Minyak dan Gas Bumi AKAMIGAS STEM berada di Cepu propinsi Jawa Tengah yang berdekatan dengan wilayah pengeboran minyak dan gas bumi. Sekolah kedinasan ini berada dalam naungan Kementerian ESDM

Daftar Sekolah Kedinasan di Jakarta Dan Biayanya

Mungkin sebagian dari anda masih asing mendengar nama sekolah ikatan dinas seperti halnya penulis dulu sehingga tidak  pernah masuk ke sekolah ikatan dinas. Padahal kalau diteliti lebih dalam sekolah kedinasan  termasuk salah satu tempat menuntut ilmu terbaik berdasarkan penilaian penulis.

Mengapa disebut demikian? Karena sekolah kedinasan yang terdapat di Jakarta, Bandung atau Makasar semuanya memberikan biaya pendidikan tinggi secara gratis dan selepas lulus diterima kerja sebagai PNS di lingkungan kementrian yang membawahinya.

Baca juga Sekolah Kedinasan Sepi Peminat Agar Mudah Jadi PNS

Di saat banyak jumlah pengangguran dan lulusan SMA, MA atau SMK di Indonesia yang mendaftarkan diri untuk mengikuti tes CPNS maka lulusan sekolah kedinasan dengan sendirinya selepas lulus akan otomatis diberikan status sebagai pegawai negeri sipil (PNS )yang bekerja di lembaga pemerintah dengan gaji yang terbilang tinggi untuk tahun ini.

Mahasiswa STIS Jakarta

Bagi anda yang berminat untuk masuk ke sekolah kedinasan dengan segala fasilitas yang ada maka anda bisa mempersiapkan diri hari ini untuk mengikuti testing masuk sekolah kedinasan. Alangkah baiknya pula, anda mengikuti bimbel masuk sekolah ikatan dinas yang memberikan jaminan masuk sekolah kedinasan.

Lembaga pendidikan kedinasan berada dalam pengelolaan pemerintah sehingga segala sesuatunya diatur oleh pemerintah. Yang menjadikan biaya kuliah sekolah kedinasan gratis atau kalau berbiaya maka biayanya sangat terjangkau ketimbang biaya kuliah di PTS ataupun PTN di Jakarta.

Seperti contoh saja, salah satu sekolah kedinasan di daerah Bogor yakni Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) memberikan biaya kuliah gratis. Yang berbayar hanya pada segi biaya tes SKD Rp 50 ribu. Sehingga jelas bahwa sekolah kedinasan di Jakarta sangat bisa dimasuki oleh semua kalangan. Karena biaya yang relatif lebih terjangkau ketimbang biaya kuliah di PTN dan PTS.

Sekolah Ikatan Dinas Tanpa Syarat Tinggi Badan

Yang membuat banyak lulusan SMA dan sederajat yang baru lulus bingung adalah memilih perguruan tinggi untuk melanjutkan sekolahnya. Ada tiga pilihan bagi lulusan SMA, MA, SMK dan sederajat untuk menuntut ilmu di lembaga pendidikan tinggi. Ia bisa memilih kuliah di perguruan tinggi swasta, perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi kedinasan.

Namun berdasarkan survey dan pengalaman maka perguruan tinggi yang paling banyak diminati lulusan SMA dan SMK adalah sekolah kedinasan. Bisa dibilang sekolah kedinasan merupakan salah satu jalur sekolah cepat sukses.

Mengapa bisa disebut demikian? Karena di saat lulusan sarjana PTS dan PTN sibuk mencari kerja maka lulusan sekolah kedinasan sudah dijamin mendapatkan pekerjaan yang menjanjikan sebagai PNS.

Untuk masuk ke sekolah ikatan dinas maka tidak bisa sembarangan orang. Beberapa sekolah kedinasan di Jakarta memberikan syarat yang sangat ketat sampai sangat mudah bagi mereka yang mau daftar di sekolah ikatan dinas di Jakarta.

Yang paling umum syarat yang diberikan adalah memenuhi kriteria minimal tinggi badan, tidak berkacamata dan lain- lain. Namun semua itu ada kekecualiannya karena masih ada beberapa sekolah ikatan dinas di Jakarta yang tidak mensyaratkan tinggi badan tertentu.

Di saat semakin sempitnya lapangan pekerjaan baru di tengah banyaknya perusahaan yang mengalami gulung tikar di era pandemik covid19 yang ditandai dengan pengurangan jumlah karyawan membuat profesi sebagai pegawai negeri sipil menjadi profesi yang berjaya di tengah masa pandemik covid19 ini.

Mahasiswa Poltekip Jakarta

Bagaimanapun setiap bulan seorang PNS mendapatkan gaji bulanan. Salah satu cara untuk mendapatkan pekerjaan sebagai PNS disamping mengikuti testing CPNS dari jalur umum maka anda bisa mengikuti jalur masuk CPNS lewat jalur sekolah kedinasan.

Bagi mereka yang masuk sekolah kedinasan di Jakarta maka otomatis selepas lulus kuliah akan diangkat sebagai PNS dan disalurkan untuk bekerja di lembaga pemerintahan sesuai jurusannya.

Lihat juga Sekolah Kedinasan di Bandung dan Pendaftarannya

Berikut ini sejumlah sekolah ikatan dinas tanpa syarat tinggi badan yang berat di Indonesia yang perlu Anda tahu.

  1. Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Syarat tinggi badan untuk laki-laki hanya 160 cm dan untuk wanita hanya 155 cm.
  2. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara(STAN)
  3. Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Daftar Sekolah Kedinasan Jakarta

Untuk daftar sekolah kedinasan Jakarta terbagi dua yakni sekolah kedinasan yang cocok untuk lulusan IPA dan sekolah yang cocok  untuk lulusan IPS. Bagi masyarakat yang ingin meningkatkan taraf kehidupan ekonomi dapat melakukan cara ini yakni dengan melanjutkan pendidikannya ke sekolah kedinasan.

Cara ini relatif mudah dengan syarat lulus tes masuk sekolah kedinasan. Yang menjadi keunggulan sekolah ini adalah adanya jaminan bekerja dan biaya kuliah gratis atau lebih terjangkau.

Di kalangan pedesaan dan perkotaan banyak masyarakat yang berminat masuk sekolah kedinasan. Bagi mereka yang lulus SMA atau sekolah sederajat dan ingin dapat bekerja maka orientasi mereka bukan hanya masuk sekolah kejuruan. Tapi dapat juga melanjutkan sekolah ke sekolah ikatan dinas.

Sekolah ini akan memberikan jaminan pekerjaan bagi setiap lulusannya. Di saat banyak lulusan perguruan tinggi negeri dan swasta kesulitan mendapatkan kerja maka lulusan perguruan tinggi kedinasan akan diberikan pekerjaan secara langsung sebagai PNS.

Bagi anda yang berada di kota Jakarta maka anda tidak usah jauh-jauh mencari dan mendaftarkan diri di sekolah kedinasan di Bandung, Medan, Surabaya atau Makasar karena di Jakarta sendiri banyak sekolah kedinasan yang tersebar luas di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Jakarta Utara, Jakarta Pusat dan  Jakarta Timur.

Sekolah di sekolah kedinasan di Jakarta akan terasa lebih menyenangkan ketimbang sekolah di sekolah ikatan dinas di daerah lain, apalagi daerah itu terpencil. Sekolah ikatan dinas di Jakarta akan dimudahkan dengan fasilitas yang lengkap yang berdekatan dengan pusat pemerintahan Indonesia. Anda akan mudah mendapatkan sarana transportasi, akses teknologi, sarana akomodasi penginapan, dan akses informasi dan lain sebagainya.

Jakarta sudah sangat terkenal di dunia sebagai pusat pendididkan tinggi terbaik di Indonesia selain Bandung dan Yogya. Bagi anda yang ingin sekolah sambil mendapatkan uang maka sangat tepat untuk memilih sekolah di perguruan tinggi kedinasan di Jakarta.

Berikut ini daftar sekolah kedinasan Jakarta yang bisa menjadi pilihan anda, antara lain:

1.Sekolah Tinggi Ilmu Statistik (STIS)

Bagi anda yang mempunyai hobi terhadap mempelajari ilmu perhitungan maka sangat cocok untuk kuliah di Sekolah Tinggi Ilmu Statistik yang termasuk salah satu sekolah kedinasan di Jakarta yang banyak diminati orang. Lulusannya disalurkan bekerja di lembaga yang berada di bawah naungan  Badan Pusat Statistik Republik Indonesia.

Kuliah di STIS, para mahasiswa akan belajar cara membuat indeks kependudukan, cara mengelola angka dan data kemiskinan, dan cara mengelola data negara yang berguna untuk memberikan data akurat untuk  melihat data dan angka terhadap semua data yang bermanfaat bagi pihak yang berkepentingan untuk bisnis maupun negara.

STIS Jakarta

Sekolah Tinggi Ilmu Statistik mempunyai  beberapa jurusan kuliah yang bisa dipilih yakni program  D3 dan D4 untuk jurusan Komputasi dan Statistika yang bergerak dalam aspek informasi, teknologi, sosial dan ekonomi.

Untuk bisa masuk ke sekolah kedinasan ini, anda diwajibkan mengikuti tes matematika.  Yang dilanjutkan dengan mengikuti tes komptetensi dasar dan psikotes. Yang terakhir, anda mesti mengikuti tes kesehatan dan kebugaran.

2.Sekolah Tinggi Akuntansi Negara

Daftar sekolah kedinasan Jakarta berikutnya adalah STAN yang paling banyak diminati lulusan SMA dan sederajat. Mengingat biaya sekolah kedinasan gratis dan diberikan jabatan pekerjaan seusai lulus kuliah dalam lingkup badan yang berada di bawah naungan Kementrian Keuangan.

Yang menjadi  keunggulan sekolah dinas ini sangat banyak. Seperti sekolah dinas terbaik di Jakarta dengan spesialisasi pada bidang akuntansi.

Ada beberapa jurusan yang bisa dipilih di STAN, antara lain jurusan akuntansi administrasi negara dan akuntansi keuangan negara dengan program studi D1 sampai D3. Jika anda ingin mendapatkan pekerjaan sebagai PNS dalam lingkup kementerian Keuangan yang ‘subur’ dengan uang maka anda bisa daftar kuliah di sekolah kedinasan di Jakarta STAN.

Yusuf C

Recent Posts

Panduan Lengkap Belajar Bahasa Belanda untuk Pemula

Belajar bahasa Belanda bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan berharga. Jika Anda mahir berbahasa Belanda,…

5 jam ago

Panduan Belajar Bahasa Korea: Dari Alasan Hingga Metode Efektif

Belajar bahasa baru seperti belajar bahasa Korea akan membuka banyak hal baik di masa mendatang.…

7 jam ago

Belajar Bahasa Jepang: Mengapa Penting dan Bagaimana Tahap Awalnya

Kenapa Belajar Bahasa Jepang itu Penting? Kenapa belajar bahasa Jepang itu penting? Karena ada banyak…

12 jam ago

Belajar Bahasa Arab: Kenapa Penting dan Bagaimana Tahapannya

Kenapa Belajar Bahasa Arab itu Penting? Kenapa belajar bahasa Arab itu penting? Bahasa Arab adalah…

1 hari ago

Memahami Harmoni Sosial Materi Kelas 11: Definisi, Ciri-Ciri, Prinsip dan Contohnya

Harmoni Sosial Adalah Harmoni sosial adalah suatu kondisi masyarakat di mana semua individu dan kelompok…

4 hari ago

Mengenal Apa itu Organisasi Budi Utomo, Sejarah, Pendiri, Tokoh dan Tujuan

Apa itu Organisasi Budi Utomo? Organisasi Budi Utomo adalah sebuah organisasi pemuda yang didirikan di…

5 hari ago